Toyota Luncurkan MPV Berbasis Suzuki Ertiga di Afrika Selatan, Tampangnya Mirip Kijang Innova Reborn!

Selain Daihatsu di Indonesia, Toyota juga melakukan kolaborasi produk dengan Suzuki untuk pasar India dan Afrika Selatan. Baru-baru ini pabrikan Jepang berlogokan tiga oval meluncurkan generasi terbaru Toyota Rumion yang dibangun berdasarkan Suzuki Ertiga (Spesifikasi | Berita) di Afrika Selatan.

Perlu diketahui sebelumnya Rumion telah lebih dulu meramaikan pasar otomotif Afrika Selatan pada Oktober 2021. Berbagi tempat produksi dengan Ertiga, mobil ini dipasok oleh Maruti Suzuki India.

Bicara generasi terbarunya, Rumion kini terlihat lebih mewah sekaligus futuristis bila dibandingkan dengan model sebelumnya. Di bagian fascianya sekilas mobil ini kini terlihat seperti Toyota Kijang Innova (Spesifikasi | Berita) Reborn.

Dimana untuk grillnya tidak lagi terbagi menjadi tiga bilah, melainkan sudah menggunakan desain trapezoidal seperti produk terbaru Toyota lainnya. Tak berhenti sampai di situ, kisi-kisi grillnya juga terlihat lebih modern berkat menganut gaya desain honey comb atau sarang lebah.

Pada bagian bumper, Rumion atau Suzuki Ertiga Afrika ini juga mendapatkan improvement. Lekukan yang diterimanya dibuat lebih menyudut yang menampilkan kesan sporty.

Melihat bagian lain, rumah foglamp kini berubah serta adanya air dam dengan bentuk trapesium yang dikelilingin aksen krom di area pinggir.

Tampilan belakang Toyota Rumion facelift

Identik dengan Suzuki Ertiga, di bagian samping Rumion facelift mendapatkan velg dengan desain baru yang terlihat lebih ataktif. Sedangkan untuk buritannya masih dibiarkan tetap sama dengan generasi sebelumnya.

Sebagai pembeda dengan Ertiga, di atas garnsih krom terdapat logo tiga oval serta emblem TOYOTA RUMION di pintu bagasi sebelah kiri.

Oh iya, untuk tampilan interior Rumion juga terlihat identik dengan Ertiga. Hanya saja Rumion memiliki nuansa serba hitam.

Baca juga: Susul XL7 Hybrid, Suzuki Bakal Tambah Kapasitas Baterai Suzuki Ertiga Hybrid Terbaru

Pakai Basis Suzuki Ertiga, Toyota Rumion Harganya Mulai Rp235 Jutaan

Interior Toyota Rumion facelift

Dengan menemapati segmen Low MPV, Toyota Rumion di Afrika Selatan diposisikan tepat di bawah Innova series. Untuk harganya, di sana mobil ini ditawarkan 296.900 rand (Rp235 juta) tipe S MT, kemudian 331.600 rand (Rp262 jutaan) varian SX MT, dan terakhir 351.700 rand (Rp278 jutaan) model flagshipnya SX AT.

Mengenai fitur yang digunakan masih sama, yakni disematkan head unit layar sentuh 8 inci yang mendukung konektifitas smartphone connection dengan tombol pengaturan dari lingkar kemudi.

Dari segi kelesamatan berkendara telah mendapatkan ABS, EBD, dual SRS airbag, ISOFIX dan cruise sontrol. Namun yang terbarunya untuk semua varian telah dilengkapi Electronic Stability Control (ESC).

Berbeda dengan di India yang sudah menggunakan mesin baru serta teknologi SHVS, Rumion facelift masih mengandalkan jantung pacu K15B 4-silinder segaris DOHC 16 valve multipoint injection 1.462 cc yang dapat memeras tenaga hingga 103 Hp dengan torsi 138 Nm.

Transmisinya menggunakan manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan torque converter yang selanjutnya diteruskan ke roda depan.

Baca juga: 3 Kelemahan Suzuki Ertiga Diesel Hybrid, Dulunya Bikin Susah Laku

Rumion Diluncurkan di India pada September 2023

Kembaran Ertiga, Rumion terlihat lebih sport dan futuristis

Memperluas kehadirannya di pasar India, dilansir dari Rushlane.com Toyota juga berencana menghadirkan Rumion di Negeri Hindustan pada September mendatang. Hal ini dilakukan karena Toyota terus memenuhi kebutuhan konsumen India yang terus berkembang.

Di India Rumion akan menjadi produk kolaborasi keempat antara Suzuki dengan Toyota. Diketahui sebelumnya di sana kedua pabrikan telah memiliki produk kolaboarasi yang diantaranya; Baleno-Glanza, Grand Vitara-Hyryder, dan Innova HyCross-Invicto. 

Belum ada informasi detail mengenai spesifikasi seperti apa yang akan didapatkan Rumion, namun disebutkan bahwa mobil ini akan sama persis dengan Etiga yang menggunakan bahan bakar Compressed Natural Gas (CNG). Mesin CNG sudah mematuhi standar emisi Bharat Stage 6 (BS6) yang dapat membatasi zat beracun dari sisa pembakaran.

Baca juga: 5 Alternatif Mobil Baru Harga Rp250 Jutaan yang Mirip Hyundai Stargazer Active, Ada Toyota Agya Hingga Suzuki Ertiga

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Lanjut membaca

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki Ertiga

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2020 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 214,00 Juta
Rp 4,36 Juta/bln

15.086 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 222,00 Juta
Rp 4,52 Juta/bln

17.091 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 216,00 Juta
Rp 4,40 Juta/bln

8.996 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Honda MOBILIO RS 1.5

Rp 220,00 Juta
Rp 4,48 Juta/bln

12.090 km

2,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AVANZA G 1.5

Rp 225,00 Juta
Rp 4,58 Juta/bln

12.211 km

1,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Related Videos

Avanza, Xpander, Ertiga, Siapa yang Paling Lega dan Banyak Fitur? | Mobil Baru di GIIAS 2021

Berita Terbaru

Biarpun Toyota yang Laris, Daihatsu Ternyata Juga Sudah Produksi 8 Juta Unit Mobil di Indonesia

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengumumkan bahwa perusahaannya telah memproduksi mobil-mobil Daihatsu secara lokal hingga sebanyak 8 juta unit. Proses produksi yang dilakukan Daihatsu ini ternyata sudah dilakukan 45 tahun lalu, atau sejak tahun 1978 sampai 7 Juli 2023, dimana mobil yang dibuat tidak hanya untuk pasar domestik, tetapi juga ekspor. Menurut Presiden Direktur PT ADM Yasushi Kyoda, capaian produksi ke 8 juta unit ini merupakan sebuah pencapaian penting bagi Daihatsu atas usahanya dala

8 Hal Menarik Isuzu D-Max, Sang Kuda Hitam Penantang Hilux dan Triton

Nama Isuzu D-Max di Indonesia mungkin tertutup oleh dominasi dua model yaitu Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton. Namun begitu, mobil pick up double cabin dari Isuzu itu tak kalah menarik dan patut dilirik. Secara tampilan dan kemampuannya, mobil double cabin D-Max juga tak kalah hebat. Baca juga: Isuzu MU-X dan D-MAX 2023 Terbaru Meluncur di Filipina, Tampil Lebih Mewah Nah, Anda mau tahu apa saja fakta menarik dari Isuzu D-Max, kita simak ulasanya di bawah ini. 1. Isuzu D-Max Lahir di 2002 Di I

Beli Mobil Bekas Juga Wajib Ada Garansi, Biar Gak Was-was

Beli mobil bekas adalah pilihan bagi sebagian kalangan masyarakat saat hendak memiliki kendaraan pribadi. Alasannya bisa beragam, namun kebanyakan faktor depresiasi harga mobil bekas dibanding yang baru menjadi pemicunya. Misal dengan dana Rp100 jutaan, Anda hanya bisa dapat mobil baru kelas LCGC tipe terendah. Tapi di mobil bekas dana sebesar itu sudah bisa dpaat mobil tipe SUV atau MPV yang fitur dan kenyamanannya lebih baik. Namun jangan tergiur dulu soal harga mobil bekas yang lebih murah, k

Penyebab Bensin Bisa Basi atau Kadaluarsa, Begini Cara Mengatasinya

Sering dianggap lelucon, ternyata bensin juga bisa basi atau kadaluarsa loh… Melansir dari tips Sahabat Daihatsu, bensin bisa basi apabila tersimpan di dalam tangki kendaraan terlalu lama terlebih dalam keadaan tutup tidak rapat. Meski begitu bahan bakar yang basi tersebut tidak akan mengubah warna maupun bau. Yang berpengaruh dari bensin basi yakni kualitas yang menurun. Baca juga: 7 Gejala Filter Bensin Mobil Rusak, Awas Turun Mesin Selain itu, ketika bensin didiamkan dalam waktu cukup lama di

Siap-siap Ada Kontes Modifikasi Truk di Jakarta 29-30 Juli 2023

Buat penggemar modifikasi truk, sebaiknya jangan sampai terlewat acara yang satu ini. Berjuluk Truck Contest, akan ada puluhan truk-truk yang sudah dimodifikasi untuk dicari mana yang terbaik. Penyelenggaraannya akan ada di Museum Purna Bhakti Pertiwi, Taman Mini Indonesia INdah (TMII), Jakarta, 29-30 Juli 2023. Baca juga: Gak Lagi Minum Solar, Truk Isuzu Siap Geser ke Mesin Hidrogen Hasil Kreasi Honda Truck Contest ini merupakan bagian dari rangkaian acara Parjo (Pasar Jongkok Otomotif) ke-11.

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Hot
Toyota

Toyota Agya

Rp 144,90 - 173,30 Juta

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Suzuki Ertiga
Lihat