Ketahui 3 Kelemahan di Suzuki XL7 2021 Sebelum Membeli, Low SUV Berbasis Ertiga

Suzuki XL7 hadir untuk menjawab tren low SUV berbasis MPV yang terus meningkat. Mobil ini dirancang dari basis Suzuki Ertiga yang cukup populer di masyarakat. Punya sejumlah keunggulan yang diturunkan dari Ertiga, apakah Suzuki XL7 2021 tidak memiliki kelemahan? 

Tentunya kelemahan dari setiap produk tetap ada, tinggal kita sebagai konsumen yang jeli melihat kelemahan tadi apakah membuat Suzuki XL7 ini jadi mobil yang value  for money atau tidak. 

Baca juga:

Beli Suzuki XL7 Harus Inden 3 Bulan. Ini Harga Diskon PPnBM 50% Mulai Juni Mendatang

FAQ: Fakta Menarik Suzuki XL7 2021, Mobil Penumpang Terlaris Suzuki

Dapat Relakasasi PPnBM dan Diskon Dealer, Berapa Harga Suzuki Ertiga 2021 dan Suzuki XL7 2021?

Uniknya pihak Suzuki sendiri mengklaim jika XL7 ini masuk ke dalam segmen Medium SUV lantaran mengacu dari data GAIKINDO. Walau sebenarnya kelas mobil ini setara dengan Low SUV. 

Profil Singkat Suzuki XL7 2021, Bukan Lagi Keluarga Escudo

Sebelum mengulas apa saja kelemahan Suzuki XL7 ini, kita bahas terlebih dahulu profil versi SUV dari Ertiga ini. Melihat sosok XL7 ini punya desain gagah, muat 7-orang, dan punya fitur modern. Harganya pun paling murah dibanding kompetitor, mulai Rp230.257.000 sampai dengan Rp266.330.500. 

Dahulu, nama XL7 ini digunakan sebagai varian 7-seater dari Suzuki Vitara. Karena memiliki tubuh paling bongsor, Escudo XL7 di tahun 2006 dijadikan sebagai tipe termahalnya. Saat menjadi keluarga Escudo, XL7 ini pakai sasis ladder frame. 

Sementara untuk Suzuki XL7 2021 ini memiliki dimensi panjang 4.450 mm, lebar 1.775 mm dan tinggi 1.710 mm, dan wheelbase 2.740 mm. Banyak yang menyebut kalau XL7 ini cuma Ertiga yang upgrade kaki-kaki dan muka saja. Apa iya? 

Ada benarnya karena basis yang digunakan berasal dari Suzuki Ertiga. Sasisnya juga monokok seperti saudara tuanya itu, hanya penampilannya lebih macho. Kalau mengutip istilah zaman sekarang, XL7 ini adalah Ertiga yang ikut program fitness body builder. 

Namun, pihak Suzuki menampik kalau XL7 ini cuma sekedar Ertiga yang digedein. menurut Suzuki Indonesia, ada sekitar 211 komponen yang berbeda pada XL7 dibandingkan Ertiga. 

Secara dimensi XL7 lebih panjang 55 mm, lebih lebar 40 mm, dan lebih tinggi 20 mm dari All New Suzuki Ertiga. Suzuki Indomobil Sales berusaha agar XL7 punya aksen SUV yang kuat, bukan cuma merombak MPV. 

Tapi kenapa banyak aksen Ertiga di XL7? Ini karena sharing platform tadi, sehingga banyak kesamaan supaya menekan budget pengembangan dan biaya produksi. 

Nah, setelah tahu profil Suzuki XL7 2021, mari kita bahas kelemahannya. 

Walau Murah, Suzuki XL7 Minus Fitur Cruise Control

Fitur cruise control kini tak lagi monopoli mobil-mobil mahal, karena di kelas menengah range Rp250-350 juta telah banyak yang menggunakan fitur ini. Namun disayangkan karena Suzuki XL7 tidak mendapatkan cruise control.

Memang, baru Xpander Cross saja model di segmen Low SUV yang mendapatkan fitur laju otomatis itu. Kelebihan fitur ini bisa membuat mobil melaju otomatis tanpa perlu kita menginjak gas. Kecepatan kendaraan diatur melalui tombol yang ada di kemudi.

Alhasil dengan cruise control, kaki kanan pengemudi dapat beristirahat sejenak saat melewati jalan bebas hambatan. Fitur ini bisa kita non aktifkan saat menginjak pedal rem atau dari tombol di setir.

Tidak ada Headrest Tengah di Kursi Baris Kedua Suzuki XL7, Bikin Kurang Nyaman

Kelemahan lainnya yang terdapat di Suzuki XL7 ialah tidak menyediakan headrest bagian tengah di kursi baris kedua. Padahal sejatinya kursi panjang ini dipersiapkan untuk duduk tiga orang, namun hanya penumpang sisi kiri dan kanan saja yang dapat headrest.

Penumpang yang harus duduk di tengah, akan kesulitan menyandarkan kepala. Mau tidak mau, kepala terdongak karena hanya bertumpu pada bagian atas sandaran kursi saja. Tentu ini mengurangi kenyamanan saat perjalanan. 

Lebih riskan lagi, bila terjadi tabrakan. Kepala penumpang tidak tersangga dan bisa terayun ke depan dan belakang sebagai efek gaya benturan.

Pakai Mesin Suzuki Ertiga, Tenaga di XL7 Tidak Di-upgrade

Walaupun memakai basis mesin yang sama, ternyata pihak Suzuki tidak melakukan pembenahan pada sisi output mesin K15B. Padahal sebagai sebuah low SUV, bobot XL7 pasti lebih berat daripada Suzuki Ertiga. 

Berdasarkan data spesifikasi, mesin 1.462cc VVT DOHC 16 Valve ini memproduksi daya 103 hp pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm. Tenaganya mirip dengan Xpander Cross, namun XL7 kalah dari low SUV besutan Mitsubishi tersebut. 

Kalau dibandingkan dengan Honda BR-V bakal kalah banyak outputnya. Sebab, mesin 1.497 cc VTEC SOHC 16 Valve di BR-V bisa memproduksi tenaga 118 hp pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.600 rpm. 

Mungkin, Suzuki bisa mengikuti resep Honda pada BR-V yang meng-upgrade tenaga sekitar 2 hp lebih besar daripada Mobilio. Dengan demikian, bertambahnya konsumsi bahan bakar jadi lebih bermanfaat untuk tenaga yang besar. 

Kesimpulan

Tiga poin di atas adalah kelemahan elementer yang terdapat di Suzuki XL7. Sebenarnya masih ada banyak catatan yang mungkin bisa kalian pertimbangkan sebelum membeli low SUV produksi Suzuki Indomobil Sales ini.

Untuk kamu yang sering makan di kabin, mungkin kurang cocok dengan material jok berbahan fabric. Sebab, kain lebih sulit dibersihkan dan butuh usaha ekstra daripada membersihkan jok kulit saat terkena tumpahan makanan. 

Namun, bahan fabric sebenarnya lebih nyaman karena hangat dan lembut bila dalam kondisi dingin. Aroma khas mobil baru pun tak tercium kuat bila di mobil dengan jok beludru atau fabric, sehingga risiko mual atau pusing cenderung minim.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki XL7

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota RAIZE S 1.0

Rp 235,00 Juta
Rp 4,79 Juta/bln

15.274 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5

Rp 251,00 Juta
Rp 5,11 Juta/bln

12.742 km

2 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0

Rp 243,00 Juta
Rp 4,95 Juta/bln

14.811 km

2 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE GR 1.0

Rp 234,00 Juta
Rp 4,77 Juta/bln

16.422 km

2 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota RUSH S GR SPORT 1.5

Rp 253,00 Juta
Rp 5,15 Juta/bln

14.366 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Suzuki XL7 Pesaing Xpander Cross yang Sekarang Jadi Hybrid!

Is the SUZUKI XL7 just a muscular ERTIGA? Full REVIEW and DRIVE IMPRESSIONS!!

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    XL7 vs Rush
  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    XL7 vs Raize
  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    XL7 vs Almaz
  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    XL7 vs Terios
  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Daihatsu Rocky
    Rp 214,20 Juta
    XL7 vs Rocky
Suzuki XL7
Lihat