5 Alasan Kenapa Pilih Isuzu Panther Bekas Rp100 Jutaan Lebih Baik Daripada Beli Mobil Baru

Isuzu Panther tahun ini resmi masuk purna bakti setelah genap 3 dekade turut meramaikan kancah otomotif nasional. Meskipun sudah berhenti diproduksi, Isuzu Panther tetap jadi primadona, dan kini unit bekasnya banyak diburu. Dengan uang Rp 100 jutaan, Isuzu Panther bekas jauh lebih memikat daripada mobil keluarga yang baru.

Tangguh di Segala Kondisi, Isuzu Panther Generasi Pertama Andalan Masyarakat Pedesaan

Sejarah Ketangguhan Mesin Isuzu, Mulai Dari Elf yang Disiksa di Antartika Hingga Panther Melegenda di Indonesia

Bila kita membandingkan harga dengan range Rp 100-130 jutaan, maka kita bisa mendapatkan Isuzu Panther Kapsul alias Panther generasi kedua facelift pertama. Sementara itu bila beli mobil baru, duit segitu hanya cukup untuk beli LCGC 7-seater. Sebab, harga Toyota Calya mulai dari Rp146.190.000 dan Daihatsu Sigra 1.0 MT Rp 120.650.000.

Sudah cukup kontras bedanya, karena Panther ini dikategorikan MPV medium yang kelasnya setara Toyota Kijang. Lantas, apa saja kelebihan si kucing hitam ini sehingga selalu jadi incaran? Yuk kita ulas kehebatan MPV diesel ini.

Isuzu Panther Punya Mesin Diesel yang Tangguh Legendaris

Isuzu Panther generasi kedua dibekali mesin 4JA1-L yang sudah dilengkapi teknologi Turbocharger Direct Injection. Tenaga yang dihasilkan 80 PS @3.900 rpm serta torsi 170 Nm @2.300 Rpm. Artinya, teknologi yang diusung belum begitu modern dan mesin ini cukup mudah dalam perbaikan. 

Teknologi Direct Injection pada mesin Isuzu Panther ini hanya memiliki satu ruang bakar diatas piston yang terletak di cekungan di atas piston. Diesel dengan Direct Injection tidak membutuhkan busi pijar dan injektor akan langsung dimasukkan ke bagian dalam ruang bakar melalui kepala silinder bagian atas.

Karena masih konvensional, mesin Direct Injection pada Isuzu Panther dapat disetel powernya menyesuaikan feeling pemilik. Jangan khawatir bepergian jarak jauh karena Panther dapat dengan bebas menenggak solar dengan kualitas yang rendah.

Mesin Isuzu Panther Irit Bahan Bakar, Nggak Bikin Tekor Kalau Jalan Jauh

Masih berhubungan dengan poin pertama, Isuzu Panther ini angka konsumsi bahan bakarnya juga irit. Dengan memakai solar bersubsidi, angka konsumsi BBM rata-rata 10 km/liter sampai 13 km/liter. Catatan yang impresif untuk ukuran mobil bermesin 2,5 liter.

Teknologi Overhead Valve Engine Direct Injection yang terdapat di mesin Panther ini diklaim oleh pabrikan mampu membuat konsumsi BBM tetap irit meskipun memiliki semburan tenaga yang besar. Dengan harga BBM jenis Bio Solar kini dibandrol Rp5.150 perliter, perjalanan jarak jauh ratusan kilometer pun tetap hemat.

Perawatan Isuzu Panther Bekas Mudah dan Sparepart Melimpah

Jangan khawatir soal perawatan Isuzu Panther, karena teknologi yang diusungnya masih cukup konvensional. Ini membuat banyak bengkel umum yang bisa menangani 'si kucing hitam'. Ketersediaan suku cadangnya juga tetap aman, apalagi sparepart mesin.

Sebab, mesin 4JA1-L milik Panther kini diwariskan ke Isuzu Traga, yang artinya masih tetap eksis. Untuk sparepart lainnya masih tersedia hingga delapan tahun ke depan.

"Kami menyediakan spare part itu sampai delapan tahun sejak run out (dihentikan). Jadi untuk delapan tahun ke depan masih kami jamin. Untuk ketersediaan spart part pun rasanya tidak perlu dikhawatirkan," ungkap Heri Wasesa, After Sales Service Division Head Astra International-Isuzu beberapa waktu lalu. 

Minim Fitur Bawaan, Kabin Isuzu Panther Tetap Nyaman untuk Perjalanan Bersama Keluarga

Sisi kenyamanan tak melulu diukur dari banyaknya fitur yang terdapat pada interior suatu mobil. Sebagai mobil yang berusia cukup lawas, Isuzu Panther memang tak dilengkapi fitur hiburan yang berlimpah. 

Namun Isuzu tetap berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada penghuni kabin Panther. Kabin luas, jok dan soft touch berbalut kulit, dan AC yang super dingin sebenarnya sudah cukup untuk memenuhi kenyamanan bagi sebagian orang. 

Isuzu Panther dimensinya cukup besar dengan panjang 4.535 mm, lebar 1.770 mm dan tinggi 1.920 mm. Memang bukan yang terbesar di kelasnya. Tapi ukurannya ini cukup untuk menampung 7-penumpang dengan nyaman. 

Untuk menutupi kelemahan dari kelengkapan fitur, Isuzu Panther mengoptimalkan kemampuan fitur yang ada. Pada kenyataannya, hembusan udara dari AC mobil ini terasa begitu dingin.

Hal ini jadi kelebihan Panther yang beberapa variannya tidak dilengkapi dengan double blower. Dengan begitu, penumpang baris kedua dan ketiga tidak perlu khawatir merasa gerah meskipun udara sejuk hanya disalurkan melalui bagian depan saja.

Harga Jual Isuzu Panther Bekas Paling Stabil

Isuzu Panther masih memiliki harga yang cukup stabil meskipun secara tampilan, fitur, serta teknologi tertinggal jauh dari Toyota Kijang Innova diesel di tahun yang sama. Bila dibandingkan dengan Kijang Innova diesel generasi pertama dengan mesin 2KD-FTV turbo non intercooler maka Panther ini bisa jadi alternatif pilihan yang murah meriah. 

Sebagai perbandingan, pasaran Kijang Innova diesel manual 2005 di angka Rp135 juta, sementara itu Isuzu Panther di tahun yang sama di angka Rp 120 juta. Mungkin, ini adalah bentuk kompensasi dari fitur dan dimensi mobil yang lebih kecil. 

Selisih harganya, bisa kamu manfaatkan untuk upgrade fitur yang lebih kekinian, misalnya ganti head unit dengan layar monitor berikut sound system. Jadi, Isuzu Panther milikmu bisa lebih nyaman kan? 

 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Isuzu Panther

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

12.488 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AVANZA G 1.5

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

7.835 km

1,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Related Videos

Lima Hal Menarik dari Isuzu Panther!

Isuzu Panther Bekas, Layak Jadi Alternatif Calya-Sigra?

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil