Ingat! Fitur WISE milik Wuling Almaz RS Bukan Berarti Pengemudinya Bisa Lepas Kemudi!

Wuling Almaz RS menawarkan ragam fitur canggih. Pabrikan berdarah China itu memberinya nama Wuling Interconnected Smart Ecosystem atau WISE, untuk memaksimalkan kerja teknologi Advance Driving Assistance System (ADAS). 

Sistem kerja ADAS milik Wuling Almaz RS

Sistem kerjanya memanfaatkan sensor dan kamera untuk mendeteksi kendaraan atau objek di sekitar. Bisa juga mengenali kesalahan pengemudi ketika menyetir, lalu sistem ADAS Wuling Almaz RS akan meresponsnya agar kendali terjaga. 

Hal ini berangkat dari mayoritas kecelakaan yang terjadi di jalan merupakan kesalahan manusia. Kemudian ADAS dikembangkan untuk mengotomatisasi, mengadaptasi, serta meningkatkan teknologi kendaraan demi keselamatan dan aspek berkendara yang lebih baik. 

Fitur ADAS Wuling Almaz RS bertindak layaknya asisten mengemudi. 

Makanya banyak fitur yang kerjanya secara otomatis bisa menginterupsi kendali mobil seperti Intelligent Cruise Assistance, Bend Cruise Assistance, Traffic Jam Assistance, Lane Departure Warning, Collision Mitigation System, Lane Keeping Assistance, dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan asisten mengemudi pada Wuling Almaz RS.

Namun sayangnya banyak pengemudi yang justru kurang menangkap substansi fitur keselamatan tersebut. Beberapa penggunanya kerap memperlihatkan 'kehebatan' SUV monokok itu bisa jalan sendiri, setir mampu bergerak secara otomatis, demikian akselerasinya yang dikontrol oleh sistem. 

Tangkapan layar (instagram.com/indra_fathan/) pengemudi Wuling Almaz RS tengah menjajal fitur ADAS.

Seperti baru-baru ini ramai di media sosial, salah satu penggunanya menunjukkan Wuling Almaz RS melaju secara otomatis tanpa tangan pengemudinya memegang setir. Bahkan beberapa footage memperlihatkan sambil menyuap makanan. 

Product Planning PT SGMW Motors Danang Wiratmoko pernah menjelaskan sebaiknya para pengemudi tetap menaruh kendali penuh. Meskipun bisa bekerja otomatis, sistem ADAS pada varian baru tersebut tidak sepenuhnya mandiri. 

Interior Wuling Almaz RS yang mewah dan elegan.

"Fitur WISE dan ADAS pada Wuling Almaz RS haruslah digunakan secara bijak dan berkendara dengan aman. Setiap pengguna Almaz RS hendaknya memahami prosedur pengoperasian dan batasan-batasan fitur sebelum berkendara," katanya. 

Ragam fitur keselamatan tadi bukan berarti bisa membuat pengemudinya lepas tangan hingga membiarkan kendalinya dipegang oleh sistem. Tambah Danang, produknya itu masuk ke dalam kendaraan otonom level 2, karena memiliki minimal 2 fitur yang kerjanya mandiri.

Wuling Almaz RS punya beberapa ubahan dibanding tipe reguler.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Bodoh yang Sering Terjadi Saat Berkendara, Pernah Melakukannya?

Kendali Pengemudi Tetap Jadi Prioritas

Lebih lanjut mengacu konsensus Society of Automotive Engineers (SAE) International, maupun National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), pengemudi kendaraan otonom level 2 seperti Wuling Almaz RS harus tetap memegang kendali. Artinya atensi dan kontrol pengemudi tetap dibutuhkan. 

Pengemudi harus serta merta memperhatikan kerja fitur, selalu memegang setir, melakukan pengereman dan akselerasi sendiri untuk meningkatkan keselamatan. Sebab kerja fitur tadi memberikan dukungan kepada pengemudi. Makanya salah satu fitur bisa mempertahankan posisi mobil tetap dalam lajur. 

Penjelasan level kendaraan otonom oleh SAE International.

Dalam dokumen 'Human Factors Evaluation of Level 2 and Level 3 Automated Driving Concepts' dari NHTSA yang terbit 2015 lalu juga menjelaskan, pengemudi kendaraan otonom level 2 (seperti Wuling Almaz RS) harus bertanggung jawab mencermati lingkungan dan menerapkan upaya keselamatan, dengan mengontrol kendali. 

"Secanggih-canggihnya fitur tersebut, kendaraan tersebut bukan full otonom, fungsi pengemudi tak bisa digantikan perannya," imbuh Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana.

Ilustrasi mobil otonom bekerja secara mandiri.

Bahkan ditambahkan pula, sistem (kendali otomatis misalnya fitur ADAS di Wuling Almaz RS) dapat melepaskan kontrol tanpa peringatan terlebih dahulu. Ini artinya setiap pengemudi harus siap untuk mengendalikan kendaraan dengan aman setiap saat.

Makanya Danang menyerukan bahwa penggunaan fitur asisten mengemudi harus digunakan bijak. Jangan sampai terlena lewat kemudahan dan kecanggihannya. Khawatir perilaku lepas kendali tadi bisa menjadi preseden yang kurang baik di kemudian hari. 

Meskipun ada ADAS, pengemudi Wuling Almaz RS juga harus mengontrol penuh kendali mobilnya.

"Secara singkat Wuling Almaz RS bukan mobil otonom spenuhnya. Fitur ADAS merupakan support peran pengemudi, jadi sama sekali tidak menggantikan pengemudi, bebannya dibantu dengan adanya sistem," lanjut Danang. 

Baca Juga: Penjualan Wuling Almaz RS Kian Moncer, Fansnya Makin Banyak

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Wuling Almaz

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2022 Toyota RUSH S GR SPORT 1.5

Rp 253,00 Juta
Rp 5,15 Juta/bln

14.366 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Wuling ALMAZ LT LUX CVT 1.5

Rp 280,00 Juta
Rp 5,71 Juta/bln

18.872 km

2,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2018 Honda HR-V SE 1.5

Rp 270,00 Juta
Rp 5,50 Juta/bln

43.740 km

4,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2018 Honda HR-V SE 1.5

Rp 266,00 Juta
Rp 5,42 Juta/bln

62.209 km

5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Wuling ALMAZ RS LT LUX + SC CVT 1.5

Rp 295,00 Juta
Rp 6,01 Juta/bln

38.223 km

2 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Haval H6 HEV 2021: Lawan Berat Honda CR-V dan Wuling Almaz! | First Look

MG HS i-SMART Magnify, Pesaing Wuling Almaz RS yang Tak Kalah Keren, Honda CR V Mana Bisa?

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    VS
    Honda HR-V
    Rp 355,90 Juta
    Almaz vs HR-V
  • Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    VS
    Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    Almaz vs XL7
  • Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    VS
    Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    Almaz vs Rush
  • Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    VS
    Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    Almaz vs Raize
  • Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    VS
    Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    Almaz vs Terios
Wuling Almaz
Lihat