Daihatsu Gran Max PU Wajib Waspada, Tata Intra 2022 Bakal Masuk Indonesia Bulan Depan

PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) dikabarkan segera mendatangkan Tata Intra 2022 sebagai line up terbarunya. Intra akan bermain di segmen pick up muatan ringan calon pesaing Daihatsu Gran Max PU.

"Saat ini stok unit baru pick up Tata bermuatan ringan seperti Ace EX2 dan Super Ace HT di Jakarta kosong. Untuk pick up baru nantinya digantikan Tata Intra," ujar satu sumber kami dari pihak Tata Motors Indonesia yang tidak ingin disebutkan namanya.

Tata Intra akan mengisi segmen Super Ace

Diketahui sebelumnya produsen kendaraan niaga terbesar di India, Tata Motors, terus berupaya memperkuat posisinya di segmen Small Commercial Vehicles (SCV) Karena itulah diluncurkan Tata Intra pertama kali pada Mei 2019.

Setelah banyak melakukan riset pasar dan umpan balik pelanggan yang dikonseptualisasikan, Tata Intra tidak hanya menjanjikan performa yang unggul, fitur terdepan, kapasitas muatan besar, dan efisiensi bahan bakar, namun juga tingkat durabilitas yang tinggi.

Baca juga:  Daihatsu Gran Max Pick Up 1.3 Vs 1.5, Mana yang Cocok Untuk Bisnis?

Eksterior Tata Intra 2022 Terkesan Begitu Mewah

Tampilan depan Tata Intra 2022 

Tata secara khusus merancang Intra tidak hanya kuat dan dapat diandalkan, namun juga memperlihatkan kesan yang prestisius. Seperti yang bisa dilihat, pada fascia mobil niaga ini begelimang aksen krom pada garnish depan serta reflektor lampunya.

Agar lebih berkesan, grill serta air-dam dibuat berkarakter dengan garis horizontal tegas yang dilabur warna gray finishing doff. Sebagai tambahan, di kedua ujung bumpernya terdapat lubang yang bisa digunakan untuk menambah fog lamp agar visibilitas pengendara semakin baik.

Tampilan samping Tata Intra 2022 

Melihat bagian sampingnya, bagi kami Tata Intra 2022 terkesan begitu kekar. Hal ini dibuktikan berkat tarikan garis meruncing yang disambungkan dari ujung lampu utamanya. Bukan cuma itu, lekukan vender di atas roda juga terlihat begitu macho yang membuatnya semakin kokoh. Disisi lain, agar pengendara lain bisa lebih waspada, maka di atas mud guard roda depannya diletakan sinyal lampu berbelok.

Mengenai lingkar rodanya, Tata Intra 2022 diaplikasikan dengan velg kaleng R14 yang dibungkus dengan wheel dop dengan gaya desain yang berkarakter sehingga membuat mobil bermuatan ringan ini berbeda dengan pick up lainnya.

Pada tampilan bak, menurut kami Tata Intra 2022 seperti pick up muatan ringan lainnya yang tidak menganut model 3-way. Untuk dimensi secara keseluruhan, mobil niaga jenama Negeri Bollywood itu memiliki panjang keseluruhan 4.460 dengan wheelbase 2.450 mm. Sedangkan baknya sendiri mempunyai panjang 2.690 mm, lebar 1.607 mm dan tinggi 463 mm.

 

Ruang kargo Tata Intra 2022

Untuk payload atau beban muatannya, kabin ini mampu mengangkat beban 1.300 kg sekaligus, dengan Gross Vehicle Weight (GVW) atau berat kotor kendaraan 2.565 kg.

Interior Tata Intra 2022 Juga Sangat Modern

Interior Tata Intra 2022 terkesan begitu modern

Menilik sisi ruang kabin daripada Tata Intra 2022, tampilannya terlihat sangat modern seperti tidak kebanyakan mobil niaga pada umumnya. Dashboardnya sendiri menganut desain membulat yang sekaligus membuatnya terlihat unik dengan dua console box terbuka dan tertutup di bagian penumpangnya.

Pada center clusternya juga telah disematkan head unit singe din, tombol pengaturan AC dan kotak penyimpanan kecil di bagian atasnya. Tuas perindahan giginya juga diletakkan di center cluster yang menurut pandangan kami terasa pas tidak terlalu tinggi maupun rendah.

Baca juga: 3 Mobil Pick Up Terlaris di Indonesia : Daihatsu Gran Max Belum Bisa Salip Suzuki Carry

Instrument cluster berpenampilan digital

Selain itu, pengemudi juga akan disuguhkan tampilan eyes-catching pada speedometernya. Dimana beragam informasi kendaraan ini seluruhnya ditampilkan melalui instrument TFT digital dengan GSA (Gear shift advisor) yang membantu pengemudi dalam berpindah gigi serta tambahan moder ECO dan Normal.

Pengemudi dapat beralih ke mode ECO melalui tombol pada dashboard untuk mendapatkan penghematan bahan bakar yang lebih baik. Mode Normal dapat digunakan untuk tanjakan curam, serta kondisi muatan beban berat.

Dengan penggunaan ECO mode, tentunya akan membantu pengguna mendapatkan efisiensi bahan bakar terbaik di kelasnya.

Fitur Unggulan Tata Intra 2022

Fiturnya lebih lengkap dari pick up lain

Mengenai fitur unggulan yang disematkan Tata Intra 2022, seperti yang kami sampaikan sebelumnya mobil ini telah memperoleh mode berkendara ECO dan Normal. Disisi lain, tombol pengaturan tinggi dan rendah lampu, HVAC (Heating Ventilation, Air-Conditioning) dan sistem infotaiment yang hanya mendukung format radio juga telah diaplikasikan pada mobil ini.

Selain itu, mobil niaga terbaru Tata yang diperkirakan akan melantai di Tanah Air pada Oktober mendatang ini juga disematkan port charging, Electric power-assisted steering, serta suspensi Semi-elliptical leaf springs with Anti roll Bar (5 lapis di depan dan 8 lapis di belakang).

Bicara sistem pengereman yang digunakan, mobil ini mengandalkan mekanisme pengereman hidrolis sirkuit ganda dengan diagonal split with boos. Rem depan tipe cakram dan rem belakang drum brakes plus rem parkir yang dioperasikan secara mekanikal dengan kabel yang tersambung ke roda belakang.

Disematkan Jantung Pacu Diesel dengan Turbo Intercooler

Pakai mesin diesel 1.5L dengan kemampuan menanjak terbaik

Mengetahui jantung pacu yang digunakan, Tata Intra 2022 ditanami mesin diesel dengan turbo intercooler 4-silinder segaris, 1.496 cc DI engine yang dapat menghasilkan tenaga 72 PS @4.000 rpm serta torsi maksimal 140 Nm @1.800-3.000 rpm. Untuk membuatnya dapat berjalan, putaran mesin yang dihasilkan dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan with a single plate dry friction type clutch.

Performa yang didapatkan mesin dieselnya tersebut disinyalir menghasilkan kemampuan menanjak terbaik di kelasnya sebesar 37% dengan konsumsi BBM 1:14.

Kesimpulan

Tata Intra 2022 yang dikabarkan akan meramaikan kancah otomotif Tanah Air untuk segmen Small Commercial Vehicles (SCV) pada Oktober 2021 ini, menurut pandangan kami adalah generasi penerus dari Tata Super ACE HT.

Secara tampilan, calon pesaing Daihatsu Gran Max PU ini terkesan sangat modern baik pada sisi eksterior, interior, maupun fiturnya. Mengenai kapasitas muat barangnya juga cukup besar sehingga diyakini bisa bersaing dengan para kompetitor terdekatnya.

Untuk jantung pacunya, mesin diesel yang digunakan diklaim memiliki kemampuan menanjak terbaik di kelasnya sebesar 37% dengan konsumsi BBM 1:14.

Jika benar masuk Indonesia pada Oktober mendatang, apa Anda  tertarik meminang Tata Intra 2022 untuk menemani kegiatan bisnis sehari-hari?

Baca juga: Tata Xenon XT Menang Murah, Alternatif Menarik Double Cabin 4x4 Selain Hilux dan Triton

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Tata Super Ace

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

12.488 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Tata Super Ace
Lihat