Beragam Kelemahan yang Muncul di Suzuki Ignis Pre Facelift, Bikin Pemiliknya Bisa Senewen

Suzuki Ignis menjadi salah satu city car yang cukup fenomenal, pasalnya mobil yang diimpor dari India ini punya gaya maskulin ala SUV. Tak kalah fenomenal yaitu Suzuki Ignis ini pakai transmisi otomatis AGS, alias transmisi manual yang bisa berpindah secara otomatis. Dengan segala keunikan yang dimiliki, kita harus waspada akan kelemahan yang muncul dari Suzuki Ignis tersebut.

Pasalnya, tak jarang keluhan yang dialami pemilik Suzuki Ignis terutama generasi pre facelift ini cukup menjengkelkan. Hal ini lantas dianggap seperti suatu momok yang harus diwaspadai saat ingin beli Ignis bekas.

Keluhan standar seperti suspensi keras, atau sistem AGS yang kurang responsif menjadi makanan biasa bagi pengguna Suzuki Ignis pre facelift. Namun, jangan keburu paranoid menganggap kalau Suzuki Ignis ini mobil penuh masalah. Berstatus sebagai mobil non LCGC, Suzuki Ignis dahulu harganya termasuk ekonomis dan fiturnya cukup beragam.

Lantas, apa saja masalah yang jadi kelemahan mendasar di Suzuki Ignis? Mari kita bahas satu persatu.

Kelemahan Suzuki Ignis, Transmisi AGS Tidak Responsif di Mode Otomatis

Sejatinya, Suzuki Ignis ini hadir dalam transmisi manual dan manual yang diotomatiskan. Kok begitu? Karena sistem Automated Gear Shift ini aslinya adalah transmisi manual yang bisa berpindah secara otomatis melalui sistem elektrik. Teknologinya juga berbeda dengan transmisi otomatis konvensional.

Kalau diaktifkan mode manualnya, maka tarikan maupun akselerasi Suzuki Ignis bisa cukup responsif. Beda cerita kalau kita memakai opsi otomatis saat berkendara. Jeda saat pindah gigi cukup terasa, jadi ada efek ndut-ndutan.

"Kelemahannya AGS nya suka bikin orang mual kalau belum terbiasa. AGS nya kadang suka ndut ndutan atau dalam posisi mode Drive ya begitu suka lemot," Jelas Adiyasa Prahenda, selaku pemilik Suzuki Ignis pre facelift.

Rupanya, transmisi AGS yang dimiliki Ignis ini menjadi keluhan utama yang paling sering terjadi. Efek lemot dan ndut-ndutan di mode otomatis ini membuat Ignis jadi payah saat menghadapi tanjakan. Mobil jadi rentan melorot saat menghadapi jalan menanjak.

"Pas nanjak suka mundur sendiri, bisa karena efek lemot sama telat injek gas," tambahnya.

Ternyata, hal ini memang menjadi kelemahan mendasar dari sistem transmisi AGS. Masalah serupa juga dialami oleh para pemilik Suzuki Wagon R AGS dimana transmisi AGS terkadang seperti kelamaan saat mencari posisi gigi yang ideal. dalam melakukan perpindahan gigi.

ECU dan ECM sebagai sistem computer tidak begitu presisi dalam menentukan komposisi gigi yang terbaik. Hal ini membuat pengemudi merasa kondisi mobil seperti kurang tenaga. Ini karena sistem komputer terlambat menurunkan gigi saat pengemudi menurukan kecepatan lalu ingin berakselerasi kembali.

Kelemahan Suzuki Ignis, Suspensi Belakang Keras Bikin Penumpang Kurang Nyaman

Masalah lain yang juga jadi kelemahan pada Suzuki Ignis ialah suspensi belakang yang agak keras. Karakter seperti ini sebenarnya cocok untuk gaya SUV urban dari Ignis, supaya handling tidak limbung ketika lewat jalan berbatu. Namun dampaknya, tingkat kenyamanan jadi berkurang terutama pada kursi belakang.

Saat menghantam lubang atau melewati speed trap, bantingan Ignis di bagian belakang terasa keras. Ini juga karena ground clearance-nya cukup tinggi sehingga travel suspension cukup besar.

Kombinasi ban ramping dan suspensi keras membuat guncangannya jadi cukup terasa. Untuk mengurangi efek kerasnya guncangan dari kontur jalan kasar, bisa dengan mengganti ban bawaan dengan ukuran yang lebih besar. Profil ban tebal bisa lebih meredam guncangan dari permukaan jalan.

"Ban bisa naik satu step dari standarnya. Selain kelihatan kekar, lumayan meredam karena agak empukan," sebutnya.

Putaran Setir Terlalu Ringan, Kadang Suka Ogah Balik

Kelemahan terakhir yang muncul di Suzuki Ignis pre facelift ialah setir yang kadang ogah balik. Kalau masalah ringan sih masih tidak seberapa karena di Nissan pun juga setirnya enteng. Namun, setir yang tidak langsung balik sendiri kadang membuat pengemudi jadi kurang percaya diri.

Feedback dari setir jadi terasa hampa, karena saat belok pun kita harus memutar kembali setir supaya kembali lurus. Sebenarnya, masalah yang satu ini bukan hal yang fatal karena kita bisa meminta disetel ulang ke bengkel Suzuki supaya setir lebih berat dan bisa langsung balik sendiri. Hanya saja, effort harus ke bengkel tentu agak merepotkan bagi pemilik Ignis yang cukup sibuk.

Kesimpulan

Melihat harga yang ditawarkan, Suzuki Ignis pre facelift ini dulu punya fitur paling beragam dengan harga mirip LCGC. Keluhan di atas, terutama soal transmisi ini memang paling menjengkelkan karena pengguna AGS menginginkan kinerja transmisi yang mirip AT konvensional.

Namun apa daya, sistem komputer yang mengatur perpindahan gigi di AGS kurang responsif sehingga kita memang harus memanfaatkan mode manual ketika melewati jalan menanjak atau berliku pegunungan. Dengan demikian, kita bisa memposisikan transmisi pada gigi yang tepat sesuai kondisi medan.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki Ignis

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 178,00 Juta
Rp 3,63 Juta/bln

5.503 km

0,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

16.096 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Honda BRIO RS 1.2

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

17.289 km

2,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 188,00 Juta
Rp 3,83 Juta/bln

3.226 km

3,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Suzuki Ignis Tersedia Dalam Tujuh Warna Untuk Dipilih Pemiliknya

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Suzuki Ignis
    Rp 175,50 Juta
    VS
    Renault Kwid
    Rp 149,90 Juta
    Ignis vs Kwid
  • Suzuki Ignis
    Rp 175,50 Juta
    VS
    Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    Ignis vs Brio
  • Suzuki Ignis
    Rp 175,50 Juta
    VS
    Toyota Agya
    Rp 175,40 Juta
    Ignis vs Agya
  • Suzuki Ignis
    Rp 175,50 Juta
    VS
    Suzuki Baleno
    Rp 235,00 Juta
    Ignis vs Baleno
  • Suzuki Ignis
    Rp 175,50 Juta
    VS
    Wuling Air EV
    Rp 238,00 Juta
    Ignis vs Air EV
Suzuki Ignis
Lihat