Kelebihan dan Kekurangan Transmisi AGS Suzuki Ignis, Nyaman Nggak Sih Buat Berkendara?

Kelebihan dan kekurangan transmisi AGS (Auto Gear Shift) yang sudah diterapkan pada sejumlah mobil Suzuki di Indonesia wajib diketahui sebelum kalian terlanjut membelinya.

Transmisi AGS (Auto Gear Shift) yang juga disebut Auto atau Self-Shifting transmission ini pertama kali dikembangkan oleh Suzuki Motor Corporation, India.

Transmisi AGS sendiri merupakan transmisi manual tanpa adanya pedal kopling.

Perpindahan gear dilakukan secara otomatis yang dilakukan sistem elektronik (ECU) yang terpasang pada mobil.

Di Indonesia, penerapan transmisi ini lebih dulu dihadirkan pada Suzuki Wagon R.

Namun ketika Suzuki Ignis diluncurkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada April 2017 lalu, hatchback kompak berpenampilan crossover ini ditawarkan dengan pilihan transmisi AGS atau manual 5-percepatan.

Model facelift dari Ignis pun hadir di April 2020 atau tepat tiga tahun sejak kemunculan perdananya di Tanah Air.

Sampai saat ini pihak Suzuki Indonesia masih terus menjual Ignis baik dengan varian transmisi manual maupun AGS.

Berikut daftar harga Suzuki Ignis terbaru 2024:

  • Ignis GX MT: Rp 212.000.000
  • Ignis GX MT Two Tone: Rp 214.000.000
  • Ignis GX AGS: Rp 222.000.000
  • Ignis GX AGS Two Tone: Rp 224.000.000

Baca juga: Dirilis Seharga Ayla, Hyundai Casper 2022 Langsung Diserbu Pembeli, Presiden Korsel pun Ikutan Pesan

Cara Kerja Transmisi AGS Suzuki

Varian AGS ada di Suzuki Wagon R dan Ignis

Penamaan AGS sendiri sebenarnya hanya untuk produk Suzuki saja.

Pada umumnya transmisi jenis ini dinamai Automated Manual Transmission (AMT).

AMT didasarkan pada konsep transmisi manual, sementara teknologi AGS lebih maju dan berdasarkan pada transmisi DSG dan CVT. 

AMT membutuhkan waktu hingga satu detik untuk gigi upshift atau downshift - yang dapat menimbulkan rasa seperti sentakan kecil.

Cara kerja AGS sendiri menggantikan pedal kopling kaki yang kemudian digantikan oleh kopling hidrolik yang dikendalikan oleh Transmission Control Module (TCM) bekerja sama dengan Electronic Control Unit (ECU).

Ketika mode otomatis diaktifkan, sistem akan bekerja menentukan perpindahan gigi saat dibutuhkan berdasarkan sensor yang ada di putaran mesin.

Karena transmisi AGS pada dasarnya adalah transmisi manual yang sistem pengoperasiannya dilakukan secara otomotais, maka kalian tidak bisa menjumpai mode "P" (Parking) di tuas persenelingnya.

Untuk pengoperasiannya, kalian cukup menggeser tuas persneling ke posisi  "D" (Drive) untuk memulai berkendara, dan menggeser di mode "N" (Netral) dan mengaktifkan rem parkir ketika hendak memarkirkannya.

Pengemudi juga bisa memindahkan tuas transmisi ke posisi "M" (manual) jika ingin pengaturan gigi dilakukan secara manual sesuai keinginan tanpa bantuan pedal kopling.

Cara Menggunakan Mode Matic Transmisi AGS Pada Suzuki Ignis

Transmisi AGS

Sebelum bicara mengenai kelebihan dan kekurangan transmisi AGS pada Suzuki Ignis, ada baiknya ketahui lebih dulu cara menggunakan transmisi ini.

Sebelum berkendara, pastikan tuas persenilng berada pada posisi D.

Saat menginjak peda gas, maka bisa dilihat pada posisi layar MID akan berada di gigi 1.

Injak pedal gas kembali dan ketika posisi RPM memasuki angka 2000 maka bisa dilihat kembali pada layar MID sudah berada pada gigi 2 begitu seterusnya.

Menggunakan Mode Manual Transmisi AGS di Suzuki Ignis

Penggunaan mode manual transmisi AGS

Ketika ingin melakukan perjalanan, pastikan tuas transmisi berada pada posisi N (Netral).

Untuk memindahkan percepatan, geser tuas persenilng ke posisi bawah atau posisi tanda plus.

Selanjutnya, dalam menurunkan gigi geser tuas ke atas atau posisi tanda minus.

Untuk mengetahui penggunaan di gigi berapa, kalian cukup melihat keterangan yang muncul pada layar MID kendaraan, sehingga tidak perlu repot lagi melihat pada tuas pada gear yang dimaksudkan agar kalian tetap berkonsentrasi dalam berkendara.

Baca juga: Harga Terjun Bebas Setara LCGC, Suzuki Ignis GL Bekas 2017 Mulai Rp90 Jutaan!

Kelebihan Transmisi AGS

Setelah mengetahui cara kerja transmisi unik yang satu ini, mari kita ketahui apa kelebihan dan kekurangan transmisi AGS Suzuki yang bisa kalian rasakan.

1. Lebih Nyaman Saat Macet

Tidak perlu menginjak kopling

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, transmisi AGS di Suzuki Ignis ini tidak menggunakan pedal kopling.

Dimana keunggulan daripada mobil ini ada pada fungsi Creeping.

Disaat kondisi macet, fungsi Creeping ini akan membuat mobil berjalan secara perlahan tanpa perlu menginjak pedal gas, yang mana kalian hanya perlu melakukan kontrol laju kendaraan dengan menginjak pedal rem.

Selain dapat meningkatkan keadaan berkendara, Creeping juga dapat meminimalis kopling over heat.

Dengan transmisi matic bila dibutuhkan untuk takeover atau menyalip kendaraan lain, cukup tekan pedal gas secara dalam maka posisi gear akan berpindah sesuai akselarasi yang dibutuhkan.

Sama halnya jika ingin menyalip di jalan yang menanjak, kalian juga cukup injak pedal gas dalam-dalam dan gear akan berpindah otomatis sesuai dengan kondisi tanjakan tersebut.

2. Tetap Bisa Melakukan Engine Brake

Transmisi ini juga bisa melakukan engine brake

Keunggulan berikutnya dari transmisi AMT milik Suzuki ini adalah tetap bisa melakukan engine brake.

Cara yang dilakukan sebenarnya sama seperti kalian saat mengendarai mobil dengan transmisi manual.

Pada AGS, kalian dapat melakukannya dengan memindahkan tuas gear dari posisi D atau geser ke posisi M kemudian geser keatas atau posisi minus (-).

Ketika menggeser transmisi dari posisi netral, tentunya pedal rem harus diinjak.

Apabila pedal rem tidak diinjak, bisa dipastikan buzzer akan berbunyi dan indikator pedal rem di meter cluster menyala.

3. Lebih Hemat Kopling

Kopling lebih awet

Sama seperti transmisi manual, AGS juga menggunakan kopling kering ketika setiap melakukan perindahan giginya.

Hanya saja seperti yang kami sampaikan sebelumnya, untuk menekan kopling menggunakan aktuator atau alat pengendali elektonik.

Dengan begitu kopling pada transmisi AGS akan lebih awet dibandingkan dengan kopling yang ada di transmisi manual.

4. Diklaim Lebih Irit BBM

Suzuki Ignis AGS diklaim lebih hemat BBM

Suzuki Ignis AGS diklaim lebih hemat dalam penggunaan BBM, dibandingkan dengan transmisi manualnya, varian ini lebih irit 5% sampai dengan 10%.

Tercatat untuk penggunaan dalam kotanya mobil ini mampu mencatatkan angka 18-19 km/liter, berbeda jika dibawa ke luar kota, konsumsi BBM yang diraih mencapai 20-22 km/liter.

Kekurangan Transmisi AGS

Selain bberapa keunggulannya tadi, tentu saja sebuah produk ada kelemahan yang harus diketahui.

1. Terasa Tersendat Setiap Gigi Berpindah Secara Otomatis

Suzuki Ignis AGS terasa tersendat ketika berpindah gigi secara otomatis

Kekurangan yang jamak dirasakan dari AGS yang ada di Suzuki Ignis ini adalah rasa tersendat setiap melakukan perpindahan gigi secara otomatis yang diperintahkan oleh ECU.

Rasa seperti tersendat ini sebenarnya bisa diatasi yaitu setiap melakukan perpindahan gigi secara otomatis di angka 2.000-2.500 rpm, kalian bisa sedikit mengangkat kaki dari pedal gas dan kemudian menginjak pedal gas lagi untuk menambahkan kecepatan.

2. Tidak Cukup Responsif

Sebagian besar pengguna Suzuki Ignis dengan transmisi AGS mengeluhkan soal tingkat responsif yang dihasilkan.

Mobil ini dirasa ‘lemot’ ataupun kehabisan tenaga di saat menggunakan mode otomatis melewati jalan yang menanjak dan ketika ingin menyalip kendaraan didepannya.

3. Jika Rusak, Biaya Perbaikan Transmisi Mahal

Harga modul elektonik AGS Suzuki Ignis terbilang mahal

Perangkat yang digunakan transmisi AGS Suzuki Ignis untuk memindahkan gigi secara otomatis sebagian besar dikendalikan oleh komputer atau ECU.

Jika rusak, yang perlu diganti yakni modul kopling elektroniknya secara utuh.

Modul elektronik yang wajib diganti adalah actuator assy ketika terjadi transmission failure.

Baca juga: Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Ignis

Kesimpulan

Dengan kehadiran transmisi AGS pada Suzuki Ignis, tentunya menghadirkan gaya berkendara yang berbeda dibanding transmisi otomatis lainnya.

Namun kelebihan dan kekurangan transmisi AGS Suzuki juga patut kalian ketahui sebelum membeli Ignis baru atau bekas.

Poin plusnya, dengan trnsmisi tanpa pedal kopling ini kalian tetap bisa merasakan gaya berkendara layaknya mengendarai mobil dengan transmisi manual.

Namun untuk kekurangannya, bagi yang belum biasa mengendarai mobil dengan transmisi ini kalian merasa seperti tersendat ketika transmisi berpindah gigi secara otomatis.

Tidak hanya itu, apabila rusak perbaikannya transmisi ini akan mahal.

Kelebihan dan kekurangan transmisi AGS Suzuki

Kelebihan:

  • Lebih nyaman dari transmisi manual
  • Tetap bisa engine brake
  • Hemat kopling
  • Irit BBM

Kekurangan:

  • Tersendat setiap kali ganti posisi gear
  • Kurang responsif
  • Biaya perbaikan mahal

 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki Ignis

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Suzuki Ignis Tersedia Dalam Tujuh Warna Untuk Dipilih Pemiliknya

Pengendara yang tiba-tiba belok di persimpangan jalan tanpa memperhatikan situasi dan kendaraan lain sehingga menimbulkan kecelakaan, kini bisa diancam pidana pejara. Pengendara kendaraan bermotor harus ekstra hati-hati saat di jalan, karena kecelakaan lalu lintas bisa saja disebabkan kesalahan pengendara lain yang tidak mematuhi aturan berlaku. Termasuk ketika di persimpangan jalan, atau belokan yang kerap kali jadi lokasi kecelakaan. Menurut Pemerhati Transportasi dan Hukum, Budiyanto, kasus k
Berbagai kelebihan dan kekurangan Honda CR-V Gen 2 RD4 akan kami bahas secara tuntas di dalam artikel ini. Sebagai suksesor Honda CR-V gen 1 RD1, CR-V gen 2 di Indonesia pertama kali diluncurkan pada tahun 2002. Berhadapan secara langsung dengan Nissan X-Trail T30 dan Suzuki Grand Escudo, mobil yang menempati segmen Medium SUV ini dipasarkan hingga 2007 sebelum digantikan dengan penerusnya CR-V RE, yang memiliki julukan CR-V kura-kura. Harga Honda CR-V gen 2 RD4 bekas saat ini ditawarkan mulai d
Harga dan varian Daihatsu Terios Facelift 2023 ditawarkan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam beberapa opsi yang bisa disesuaikan dengan budget dan selera calon konsumennya. Sebagai informasi, ADM menghadirkan Terios Facelift pada Juni 2023 dengan berbagai penyegaran yang membuat mobil Low Sport Utility Vehicle (SUV) itu jadi tampak lebih menarik. Berbeda dengan kembarannya, Toyota Rush yang tidak hadir versi penyegarannya, Terios Facelift kini memiliki tampilan eksterior lebih sporty, inte
Sebuah rekaman video baru-baru ini viral di lini media sosial yang memperlihatkan Chef Juna cekcok di gerbang pintu Tol Ranji dengan sopir truk. Dalam video yang diunggah akun Tiktok @andruwhite_ ini viral dengan narasi 'Diduga supir truk dan mobil yang dikendarai Chef Juna saling pepet'. Dari rekaman video tersebut, terlihat Chef Juna menghentikan mobil Chevrolet Trailblazer di gerbang pintu, kemudian mendatangi sang sopir lalu menegurnya. Baca juga: Viral Kecelakaan Karena Alat Peraga Kampanye
Top 5 artikel di Autofun Indonesia pada sepekan ke belakang, ternyata dibanjiri para peminat Motuba (Mobil tua bangka) alias mobil-mobil lawas keluaran Toyota dan Nissan. Ini terlihat dari banyaknya pembaca artikel mengenai konsumsi BBM Toyota Kijang Innova diesel generasi pertama yang mash pakai mesin berkode 2KD. Kemudioan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Toyota Harrier bekas yang secara tampilan masih terlihat berwibawa juga diserbu banyak pembaca. Tak ketinggalan informasi mengena

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 161,50 - 181,10 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
BYD

BYD ATTO 3

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Neta

Neta V

Rp 379,00 Milyar

Lihat Mobil
DFSK

DFSK Seres E1

Rp 189,00 - 219,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Neta

Neta S

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Maxus

Maxus Mifa

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Toyota

Toyota GR Corolla

Belum Tersedia

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Suzuki Ignis
    Rp 175,50 Juta
    VS
    Nissan March
    Rp 185,80 Juta
    Ignis vs March
  • Suzuki Ignis
    Rp 175,50 Juta
    VS
    Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    Ignis vs Brio
  • Suzuki Ignis
    Rp 175,50 Juta
    VS
    Toyota Agya
    Rp 175,40 Juta
    Ignis vs Agya
  • Suzuki Ignis
    Rp 175,50 Juta
    VS
    Daihatsu Ayla
    Rp 103,30 Juta
    Ignis vs Ayla
  • Suzuki Ignis
    Rp 175,50 Juta
    VS
    Suzuki Baleno
    Rp 235,00 Juta
    Ignis vs Baleno
Suzuki Ignis
Lihat