Kelebihan dan Kekurangan Mazda Astina, Si Mata Genit yang Harganya Kian Merangkak Naik

Kelebihan dan kekurangan Mazda Astina

Populasi Mazda Astina di Indonesia kini sudah mulai jarang ditemui. Sosok kendaraan empat pintu bermodelkan liftback tersebut merupakan salah satu mobil dengan teknologi canggih sekaligus kencang melebihi mobil-mobil di zamannya.

Mengetahui sedikit sejarahnya, eksistensi Mazda Astina sendiri pertama kali diperkenalkan lewat PT National Motors Co. yang merupakan bagian dari Indomobil Group pada tahun 1990. Mobil bergayakan sport dengan lampu pop-up sebagai ikoniknya yang sempat populer di era 90-an tersebut, diproduksi secara global mulai dari 1989 hingga 1994.

Tak hanya Indonesia, Astina sendiri juga didistribusikan ke beberapa negara, diantaranya; 323F di Eropa, Familia Astina di Jepang, dan sempat menjadi bagian dari sub-brand mewah Eunos Mazda dengan nama Eunos 100.

Dibangun menggunakan sasis dengan kode BG, Astina merupakan bagian dari keluarga Mazda Familia generasi keenam yang kini harga bekasnya mulai merangkak naik. Mengetahui pasarannya, mobil ini dibandrol mulai dari Rp40 juta sampai Rp60 jutaan untuk kondisi yang benar-benar orisinil.

Kepincut Mazda Astina untuk dijadikan sebagai mobil hoby? Jika kalian tertarik, ketahui kelebihan dan kekurangannya di bawah ini.

Baca juga: Ini Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Baleno Millenium, Harga Makin Murah Gimana Suku Cadangnya?

Kelebihan Mazda Astina

1. Tampilan Unik Sekaligus Aerodinamis

Mazda Astina tak hanya unik, tapi juga aerodinamis

Selain unik, Mazda Astina ini juga terasa aerodinamis. Pada bagian fascianya, mobil ini menggunakan lampu model pop-up yang terlihat genit karena bisa membuka dan menutup secara bergantian ataupun bersamaan. Dalam kondisi lampu tertutup, tingkat keaerodinamisan mobil ini tentunya semakin meningkat. Terlebih kap mesinnya dibuat melandai dan lebar, yang tentunya dapat membelah angin secara lebih cepat ke belakang.

Guna mendukung tingkat keaerodinamisan berkendara, dari pilar A menuju pilar C nya pun dibuat sedikit menurun. Selain itu ditambahkanya spoiler diujung buritannya mampu memberikan gaya down force cukup baik ketika mobil sedang beakselerasi di kecepatan tinggi.

Oh iya, keunikan lain dari mobil ini ada pada lampu stoplampnya yang dibuat seolah menyambung untuk kedua sisinya berkat adannya garnish dengan tulisan 323 ditengahnya.

2. Fitur Mazda Astina Terbilang Lengkap di Zamannya

Fitur Mazda Astina lengkap di zamannya

Bicara fitur, Mazda Astina yang didistribusikan di Indonesia bisa dibilang memiliki fitur lengkap di zamannya. Bagaimana tidak, lahir di era 90-an mobil ini telah dilengkapi dengan tilt steering, adjustable seat, electric mirror with retractable, AC Eco, power window, power steering, central lock, hingga defogger di kaca belakangnya.

Untuk meter clusternya, mobil ini berhasil diaplikasikan dengan tachometer guna mengtahui angka putaran mesin. Namun uniknya, tampilan speedometernya tersebut telah menggunakan model digital.

Oh iya, Mazda Astina memiliki jok depan bergayakan sedan sport. Menggunakan bahan fabric, modelnya tersebut semi bucket teruntuk di bagian paha dan punggung, wow!

Di penumpang belakangnya, kalian bisa menjumpai adanya armrest yang bisa dibuka dan ditutup menyesuaikan keinginan pengguna. Bukan cuma itu, beberapa bagian interior nya pun berhasil dibungkus dengan sentuhan soft touch yang tentunya dapat meningkatkan kenyaman sekaligus memberikan kemewahan mobil ini.

Sebagai informasi, gaya berkendara Astina terasa begitu sporty layaknya mengendarai mobil balap. Hal ini dikarenakan posisi ketiga pedal antara kopling, rem serta gasnya tersebut dibuat rapat sehingga memudahkan penggunanya ketika melakukan ‘left foot braking’ baik saat balapan ataupun berkendara di kecepatan tinggi.

Supaya pengendara dapat lebih mudah mengontrol serta memperlambat laju kendaraan, semua rodanya telah dibekali rem carkam dengan kaliper cukup besar.

3. Selain Tangguh, Mesin Mazda Astina Terbilang Kencang

Mesin 1.8L Mazda Astina

Tak hanya tampilan yang terkesan sporty, jantung pacu mobil ini juga dibuat kencang. Dibenamkan mesin BP05 4-silinder segaris, 16 valve DOHC 1.840 cc berkombusi injeksi, secara data liftback tersebut dapat menyemburkan tenaga sebesar 142 PS dengan torsi 165 Nm. Untuk kecepatan maksimalnya, kabarnya mobil ini mampu melaju hingga 200 km/jam!

4. Spare Part Mazda Astina Banyak Substitusinya

Spare part Mazda Astina banyak substitusinya

Jangan takut akan kesulitan mendapatkan spare part Mazda Astina. Pasalnya, mesin dan kaki mobil ini memiliki banyak persamaan dengan beberapa mobil buatan Ford, Hyundai bahkan Timor.

Baca juga: Pahami Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Katana, Harga Bekas Stabil Tapi Enak Buat Offroad dan Harian

Kekurangan Mazda Asrtina

1. Mesin Akan Ngelitik Jika Salah Menggunakan Oli dan Bensin

Mazda Astina akan ngelitik jika tidak tepat menggunakan oli dan BBM 

Mazda Astina sedikit memperoleh DNA balap dari pabrikan. Dengan begitu penggunaan oli tidak boleh sembarangan dan telat dalam penggantian. Selain itu, kalian juga tidak disarankan menggunakan bensin dengan oktan di bawah 92 supaya mesin mobil tidak ngelitik atau knocking.

2. BBM Mazda Astina Terbilang Boros

Meski sudah menggunakan teknologi injeksi, konsumsi BBM yang diperoleh Mazda Astina ini terbilang boros. Hal ini sebenarnya dikatakan wajar, mengingat kapasitas mesinnya sendiri di atas 1.500 cc. Untuk penggunaan dalam kota, konsumsi BBM nya sendiri berada di angka 8 km/liter, sedangkan luar kotanya 9-10 km/liter.

3. Mazda Astina di Indonesia Hanya Tersedia Pilihan Manual Saja

Mazda Astina hanya tersedia pilihan transmisi manual 5-percepatan

Tidak seperti di beberapa negara yang ditawarkan pilihan transmisi otomatis, di Indonesia Mazda Astina hanya mendapatkan pilihan transmisi manual 5-percepatan. Untuk itu penggunaan sehari-hari khusunya di kota-kota besar tentunya akan terasa sedikit merepotkan.

4. Kerusakan HLA dan Pustunya Timming Belt

Mazda Astina memiliki kekurangan di sektor mesin, salah satunya disebabkan oleh HLA (Hydraulic Laster Adjuster) yang aus karena termakan usia. Gejala yang dirasakan ialah munculnya suara berisik di bagian ini. Selain itu, mobil ini juga masih mengandalkan timming belt. Jika sampai putus, tentunya mesin mobil tidak bisa hidup. Namun begitu, timing belt yang putus tersebut tidak akan merusak piston, katup serta komponen lainnya. 

5. Airflow dan Radiator Bisa Bikin Pemiliknya Pusing

Air flow Mazda Astina bermasalah menyebabkan idle mesin tidak stabil

Beberapa pemilik Mazda Astina mengeluhkan akan kerusakan pada airflow. Jika bagian ini bermasalah, idle gas tentunya menjadi tidak stabil. Selain itu, sistem pendingin mesin seperti radiator juga mudah overheat. Guna mengatasinya, kalian bisa menambahkan extra fan tambahan serta membersihkan saluran pipa dan radiator.

6. Kaki-kaki Mazda Astina Butuh Perhatian

Mobil dengan penggerak roda depan tak terlepas dari kaki-kaki yang sering bemasalah. Ditambah masa usia pakai kendaraan yang sudah menginjak di atas 30 tahun, Mazda Astina juga memerlukan perhatian khusus. Umumnya masalah yang terjadi pada bagian kaki-kakinya yaitu karet bushing pecah, ball joint, tie rod, long tie rod serta rack steer oblak.

7. Part Body dan Ornamen Interior Sulit Didapat

Kekurangan terakhir Mazda Astina adalah part body dan ornamen interior yang sulit didapatkan, mengingat populasinya di Indonesia kian sedikit. Jika pun ada, harganya bisa dipastikan mahal.

Kesimpulan

Mazda Astina merupakan mobil liftback bergayakan sporty dengan lampu pop-up sebagai ciri khasnya. Jika kalian merasa car enthusiast terlebih menyukai mobil-mobil bergayakan JDM, Astina ini layak kalian pertimbangkan sebagai mobil hoby.

Memilihara mobil ini sebenarnya tidak terlalu repot. Mengingat untuk spare partnya sendiri masih mudah untuk dijumpai. Kecuali jika kalian mencari part body ataupun ornamen di bagian dalam interior, tentunya diharuskan lebih bersabar.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Toyota Starlet Kapsul, Hatchback Setengah Tua yang Lagi Naik Daun

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Mazda 3

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2019 BMW 3 20I (CKD) 2.0

Rp 551,00 Juta
Rp 11,23 Juta/bln

47.554 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Honda ACCORD TC EL 1.5

Rp 494,00 Juta
Rp 10,07 Juta/bln

30.464 km

4 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2015 Honda CIVIC 1.8

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

40.865 km

7,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota COROLLA ALTIS V 1.8

Rp 408,00 Juta
Rp 8,31 Juta/bln

12.662 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2017 Toyota VIOS G 1.5

Rp 170,00 Juta
Rp 3,46 Juta/bln

88.383 km

6 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Mazda 3 Hatchback Warna Baru Dirilis, Warna Premium Polymetal Grey

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Mazda 3
Lihat