Ini Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Baleno Millenium, Harga Makin Murah Gimana Suku Cadangnya?

Enda · 6 Des, 2021 14:10

Suzuki Baleno Millenium

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Baleno Millenium

Sosok Suzuki Baleno Millenium merupakan varian facelift Baleno yang diluncurkan di Tanah Air tahun 1999 dan diproduksi hingga 2002. Untuk kalian ketahui, generasi pertamanya sendiri punya ciri khas lampu pipih sebagai mobil perkotaan jenis sedan kompak pesaing utama Honda City dan Toyota Corolla.

Punya tampilan yang tak kalah menarik dari rivalnya, Suzuki Baleno Millenium hingga kini punya pamor yang cukup populer. Selain karena tampilannya, mobil ini cukup digandrungi masyarakat Tanah Air karena memiliki harga bekas yang terjangkau.

Jika kalian tertarik membeli untuk digunakan sebagai mobil keluarga ataupun kendaraan sehar-hari, simak dulu kelebihan dan kekurangan Suzuki Baleno Millenium berikut ini.

Baca juga: Mengenal Suzuki Baleno dari Masa ke Masa

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Apa Saja Kelebihan Suzuki Baleno Millenium?

1. Tampilan Modis Ala Suzuki Baleno Millenium

Suzuki Baleno Millenium

Suzuki Baleno Millenium punya bentuk timeless

Hal pertama untuk membahas kelebihan dan kekurangan Suzuki Baleno Millenium adalah soal tampilannya. Sedan ini punya bentuk yang tak ketinggalan zaman, atau bahasa kerennya timeless. Seperti yang bisa dilihat, bodynya masih bisa diterima sampai sat ini. Tidak terlihat kaku, banyak mengimplementasikan desain membulat yang terkesan elegan tapi ada sedikit sentuhan sporty.

Pada bagian wajahnya, generasi faceliftnya ini mendapat lampu berbahan dasar polycarbonate dengan bentuk lebar dan membulat yang di smoke hitam di bagian lis dalamnya, guna menyuguhkan kesan sporty. Bonnet atau penutup mesinnya sendiri memperoleh improvement dengan lekukan garis yang dinamis.

Melihat grillnya, bagian terpenting mobil ini juga punya tampilan yang tak kalah modern berkat adanya aksen krom horizontal. Melihat sisi samping dan belakang, Baleno Millenium tak mengalami ubahan dari generasi sebelumnya terkecuali desain velg yang terkesan jauh lebih atraktif.

2. Selain Modern, di Bagian Dalamnya Tersematkan Fitur Cukup Lengkap

Suzuki Baleno Millenium

Interior Suzuki Baleno Millenium

Dibagian dalamnya, nuansa kokpit mobil ini menampilkan kesan elegan dan ergonomis. Dengan banyak menampilkan bentuk membulat, bentuk yang diterimanya tidak terlihat kaku. Pada center clusternya sendiri dibuat berkelompok sehingga memundahkan penggunannya ketika ingin menjalankan fitur.

Di penumpang depan, pada dashboardnya terdapat console terbuka yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna untuk menaruh barang bawaan berukuran kecil atau tissue.  

Bicara fitur yang ada didalamnya, sedan kompak ini telah dilengkapi dengan tilt steering, power steering, power window, electric mirror, central door lock, head unit single din yang bisa diupgrade double din, AC dan heater.  

Meskipun di Indonesia fitur ini tidak memiliki fungsi yang terlalu penting, namun dengan adanya heater setidaknya mampu membuat suhu kabin menjadi hangat disaat musim hujan ataupun sedang berpergian ke dataran tinggi.

3. Suzuki Baleno Millenium Punya Mesin yang Bandel dan Responsif

Suzuki Baleno Millenium

Mesin G15B responsif dan punya durabilitas tinggi

Generasi pertama Suzuki Baleno varian faceliftnya memperoleh mesin sidikit lebih kecil dibandingkan model pre facelift. Jika generasi pre facelfitnya mendapatkan mesin 1.6L, faceliftnya sendiri dibenamkan jantung pacu 1.5L.

Menurut data, mesin G15B 1.500 cc 4-silinder segaris SOHC dengan kombusi injeksi yang tersematkan pada varian faceliftnya terebut mampu memeras tenaga sebesar 105 PS@6.000 rpm dengan torsi puncak 128 Nm @4.500 rpm. Suzuki Baleno Millenium sendiri ditawarkan dengan dua pilihan transmisi, yakni manual 5-percepatan dan otomatis.

Bicara mesin yang digunakan, jantung mekanisnya tersebut selain bandel juga terkenal cukup responsif terutama pada putaran bawahnya. Disisi lain putaran tenaga diatasnya juga terasa ngejambak.

4. Bagaimana Konsumsi BBM Suzuki Baleno Ini?

Suzuki Baleno Millenium

Konsumsi BBM Suzuki Baleno terbilang irit

Mengenai konsumsi BBM-nya, Suzuki Baleno Millenium terbilang irit. Seperti yang diketahui, untuk penggunaan dalam kota saja mobil ini mampu menempuh jarak 10-12 km/liter. Berbeda jika kalian memakainya berpergian ke luar kota, tercatat angka konsumsi yang diraihnya mencapai 14-16 km/liter.

5. Perawatan Mudah, Suku Cadang Suzuki Baleno Millenium Juga Murah

Suzuki Baleno Millenium

Suku cadang Suzuki Baleno Millenium murah dan mudah ditemukan

Kelebihan lain dari Suzuki Baleno Millenium adalah perawatan mudah dan suku cadang yang murah. Hal ini penyebab kenapa beberapa masyarakat Tanah Air mengidamkan mobil ini.

Memiliki perawatan yang mudah serta harga suku cadang murah, tentunya membantu pemilik mobil dalam melakukan perbaikan atau perawatan secara berkala tanpa khawatir kesusahan mendapatkan spare part dengan harga yang mahal.

Baca juga: Perbandingan Toyota Great Corolla (Greco) vs Honda Civic Genio, Icon Sedan Gaul 90-an

Kekurangan Suzuki Baleno Millenium

1. Awas Masalah di Kaki-kaki Suzuki Baleno

Suzuki Baleno Millenium

Suzuki Baleno Millenium lemah di kaki-kaki bagian depan

Untuk membuatnya dapat berjalan, Suzuki Baleno Millenium menggunakan penggerak roda depan (FWD). Pada kaki-kakinya, mobil ini terbilang lemah. Dimana pengendara kerap kali mendengar dan merasakan suara ‘gluduk’ pada bagian roda depannya.

Hal ini diakbiatkan karena karet bushing di swing arm sudah mulai mulai getas, karet ball joint pecah, serta karet tie rod yang jebol yang sudah termakan usia.

2. Suspensi Empuk Malah Mengakibatkan Limbung

Pada bagian depannya, mobil ini menggunakan suspensi jenis MacPherson Strut Independent dan MacPherson Strut Per keong dibelakangnya. Untuk bantingannya, mobil ini terasa empuk ketika melewati jalan yang sedikit hancur. Meski empuk, Suzuki Baleno Millenium terasa sedikit limbung ketika dipacu dalam kecepatan tinggi dan sedikit bermanuver, terlebih jika berkendara sendirian.

3. Air Kerap Kali Masuk ke Dalam Bagasi

Suzuki Baleno Millenium

Area bagasi Baleno Millenium kerap kemasukan air

Hal yang menjadi perhatian penting mobil ini disaat mencucinya. Karenanya air kerap kali masuk melewati celah-celah dan tergenang di bagasi. Jika dibiarkan dalam jangka waktu yang cukup lama, tentunya dapat menimbulkan karat di bawah ban cadangan. Setelah mencuci mobil, sebaiknya kalian juga mengelap sisa air cucian di bawah ban cadangan guna menghindari karat.

4. Peredam Kabin Kurang Baik

Peredam kabin pada mobil ini dianggap kurang baik meredam suara bising dari luar. Dengan begitu kalian masih bisa mendengar dengan jelas suara kendaraan yang berlalu lalang, serta suara raungan mesin ketika dipacu di atas 80 km/jam.

5. Penumpang Mudah Lelah Ketika Berpergian Jauh

Suzuki Baleno Millenium

Sandaran jok penumpang kurang nyaman

Sandaran jok penumpang baris belakang mobil ini tidak bisa direbahkan secara maksimal. Dengan posisinya yang tegak, penumpang akan merasa mudah lelah ketika berpergian ke luar kota.

Kesimpulan

Mengetahui harga bekasnya saat ini di rentang Rp35 jutaan serta kelebihan dan kekurangan Suzuki Baleno Millenium dari beberapa parameter di atas, mobil ini masih sangat layak untuk dikendarai termasuk untuk mendukung aktifitas sehari-hari.

Tak hanya itu, perawatan yang mudah, cukup nyaman, suku cadang murah dan mudah ditemukan, serta punya tenaga yang responsif, Baleno Millenium juga sangat cocok digunakan sebagai mobil keluarga.

Baca juga: Harga Bekas Menggiurkan, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Soluna

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Suzuki Baleno 2020 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru