First Drive Hyundai Creta 2022: Coba Ini Dulu Sebelum Nyesel Beli Honda HR-V

Seperti apa sensasi berkendara dengan Hyundai Creta 2022? Kami pun mencobanya
  • Hyundai Creta 2022 menawarkan pengalaman baru, mulai dari beli hingga layanan purnajual.
  • Fitur Hyundai Creta bikin pengendaraan lebih nyaman ketimbang rivalnya.
  • Banyak pengaturan kustomisasi di Hyundai Creta untuk menyesuaikan preferensi pengemudi.

Hyundai Creta bisa jadi SUV berukuran kompak terlaris selanjutnya, menumbangkan Honda HR-V yang sejak lama menguasai pasar di segmennya. Sebab pabrikan melego mobil pertama yang diproduksi di Indonesia itu dengan sejumlah keunggulan. Bahkan dari sejak awal melakukan pembelian, pengalaman berkendara, hingga layanan purnajual.

Ini karena Hyundai mempersilahkan konsumen bisa mengkustom fitur pada Creta yang diinginkan. Itu pertama, kedua dari pengalaman berkendara ada banyak fitur modern dan penunjang keselamatan yang tak dimiliki kompetitor. Ketiga adalah purnajual dari Hyundai, berupa servis gratis selama 5 tahun atau 75 ribu kilometer. 

Berikut ini AutoFun Indonesia rangkai bagaimana pengalaman first drive Hyundai Creta 2022. 

Posisi Berkendara yang Nyaman, Tapi Pilar A-nya Sedikit Mengintimidasi

Kami mendapat kesempatan menjajal mobil baru ini di pabriknya langsung. Tak lama memang, hanya mengitari kompleks fasilitas produksi HMMI. Kebetulan unit yang saya coba merupakan tipe tertinggi yakni Prime IVT yang harganya Rp397,5 juta dengan fitur yang paling lengkap. 

Interior Hyundai Creta, dashboard-nya driver oriented

Pertama kali masuk ke kabin Creta, nuansanya lapang dan disuguhi desain dashboard tengah berorientasi pada pengemudi. Jadi jangan heran apabila bentuknya tidak simetris dan condong ke arah pengemudi. Ini bertujuan agar siapapun yang mengemudi bisa mudah mengatur AC maupun head unit

Oh iya desain dashboard bukan yang neko-neko, minimalis tapi berfungsionalitas tinggi. Semua menunya informatif termasuk panel instrumen yang sudah sepenuhnya menggunakan layar TFT dan bisa berubah desainnya mengikuti mode berkendara. 

Posisi berkendara Hyundai Creta 2022

Saat duduk di kursi pengemudi rasanya sejuk dan menenangkan. Ini karena ada fitur ventilated seat yang bukan cuma di jok pengemudi tapi juga hadir di kursi penumpang depan. Fungsinya bisa dimatikan bila punggung terasa dingin. Adapun soal postur, karena pengaturan jok maupun setirnya bisa tilt atau teleskopik, duduknya bisa diatur sesuai selera. 

Tapi ketika posisi duduknya disetting sedikit rendah, pilar A mobil sedikit mengintimidasi. Apalagi ketika hendak berbelok, bidang pandang secara diagonal sedikit terhalangi. Manakala melihat dari foto, tampak pilar A-nya tidak begitu tebal. Blind spot terjadi karena dudukan spion samping yang rendah, sehingga pandangan ke arah serong di bawah spion terhalang oleh door trim. 

Keheningan Kabin yang Bikin Pengendaraan Selalu Nyaman

Selain kelegaan kabin, keheningan kabin mobil juga jadi nilai plus Hyundai Creta 2022. Ketika kami menjajalnya di arena tes Hyundai, hanya hembusan angin dari kisi-kisi AC yang terdengar. Suara mesin dapat diredam baik oleh insulasi di mobil. Ruangan mesin sayup-sayup terdengar ketika putaran mesin di atas sekitar 2.500 rpm. 

Jok Hyundai Creta tipe Prime lengkap dengan fitur ventilated seat

Namun saat dibawa santai dengan kecepatan lebih dari 70 kilometer per jam, suara ban mulai masuk ke kabin. Dengungan khas suara roda kemudian turbulensi angin di area bawah mobil kian terdengar jelas. Namun tidak sampai mengganggu kenyamanan berkendara. Semua itu masih dapat dimaklumi sambil mendengarkan musik, lantaran sistem audionya besutan Bose. 

Baca Juga: Hyundai Creta 2021 Lebih Canggih dari Honda HR-V, Ada Fitur Anti Maling

Dimanjakan Lewat Mode Berkendara, Bisa Irit Banget!

Lanjut ke pembahasan performa mesin. Di atas kertas Hyundai Creta mengusung mesin 1.500 cc tanpa turbo dan menjanjikan tenaga hingga 115 PS di 6.300 rpm dan torsi 144 Nm pada putaran 4.500 rpm. Maka dari itu gerak translasi mobil terasa lembut dan anti nyentak. Ketika pedal gas diinjak dalam juga tidak terlalu membuat badan sampai terdorong ke belakang, sebab butuh momentum torsi puncak dengan mencapai putaran 4 ribuan rpm. 

Tampilan panel meter Hyundai Creta mirip Hyundai Santa Fe dan Palisade

Oleh karena itu profil tenaganya cocok buat konsumen yang orientasinya pada kenyamanan dan kelembutan akselerasi. Tapi di samping itu, manakala butuh percepatan yang responsif, tinggal aktifkan mode Sport dan pilih penggantian transmisi manual lewat paddle shift. 

Sementara itu untuk mode Normal, kami perhatikan di kecepatan 80 kilometer per jam, putaran mesin berada di angka 2.500 rpm. Adapun di 100 kilometer per jam, putaran mesinnya di 2.800 rpm. Bagus tidak sampai 3.000 rpm, jadi konsumsi bahan bakar Hyundai Creta bisa terbilang irit. Tapi balik lagi tergantung gaya berkendaranya.

Panel instrumen Hyundai Creta saat mengaktifkan mode Eco.

Namun begitu kalau mau lebih irit lagi tinggal pilih mode Eco. Laju di 80 kilometer per jam lebih rendah lagi sekitar 2.200-2.300 rpm. Adapun di kcepatan 100 kilometer per jam, putaran mesin di 2.500 rpm. Pada kondisi ini, raungan mesin mulai masuk, tapi tidak sampai kencang banget kok. 

Selebihnya dari kelengkapan fitur Hyundai Creta 2022, panoramic sunroof dengan bukaan lebar bisa membuat pengalaman berkendara makin syahdu, apalagi di bawah guyuran gerimis atau di malam hari. Kemudian ada penjernih udara yang disematkan di konsol boks tengah, kemudian pengoreksi laju mobil supaya tetap di dalam marka jalan juga membantu pengendaraan makin aman. 

Ada kamera belakang yang bisa selalu diaktifkan

Oh iya ada lagi kamera belakang yang bisa diaktifkan ketika sedang melaju biasa. Ini membuat berkendara jadi lebih seru dan beda dari yang lain. Serasa punya dua visibilitas belakang, lewat spion tengah maupun di layar head unit. 

Meskipun selain yang telah disebutkan tadi, ada fitur keselamatan yang masuk ke dalam paket Hyundai SmartSense. Secara keseluruhan, dalam first drive ini Hyundai Creta punya daya pikat yang lebih baik ketimbang rivalnya. Menawarkan pengalaman berkendara baru, ditunjang fitur sesuai kebutuhan masa kini. Untuk pengetesan yang lebih lengkap, nantikan laporan AutoFun Indonesia berikutnya termasuk konsumsi bahan bakarnya nanti ya! 

Baca Juga: Galeri Foto Hyundai Creta 2022: Mobil Pertama yang Diproduksi Hyundai di Indonesia

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Hyundai Creta

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Wuling ALMAZ LT LUX CVT 1.5

Rp 280,00 Juta
Rp 5,71 Juta/bln

18.872 km

2,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2018 Honda HR-V SE 1.5

Rp 270,00 Juta
Rp 5,50 Juta/bln

43.740 km

4,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2018 Honda HR-V SE 1.5

Rp 266,00 Juta
Rp 5,42 Juta/bln

62.209 km

5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Wuling ALMAZ RS LT LUX + SC CVT 1.5

Rp 295,00 Juta
Rp 6,01 Juta/bln

38.223 km

2 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Wuling ALMAZ RS LT LUX + SC CVT 1.5

Rp 295,00 Juta
Rp 6,01 Juta/bln

49.476 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Tiga Hal yang Perlu Diketahui dari Hyundai CRETA

Adu Fitur Honda HR-V SE dan Hyundai CRETA Prime

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Hyundai Creta
    Rp 288,00 Juta
    VS
    Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    Creta vs Almaz
  • Hyundai Creta
    Rp 288,00 Juta
    VS
    Honda HR-V
    Rp 355,90 Juta
    Creta vs HR-V
  • Hyundai Creta
    Rp 288,00 Juta
    VS
    Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    Creta vs XL7
  • Hyundai Creta
    Rp 288,00 Juta
    VS
    Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    Creta vs Rush
  • Hyundai Creta
    Rp 288,00 Juta
    VS
    Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    Creta vs Raize
Hyundai Creta
Lihat