window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Apa Bedanya Sensasi Berkendara Civic Hatchback dengan Sedan?

Alex · 29 Apr, 2020 14:00

Apa Bedanya Sensasi Berkendara Civic Hatchback dengan Sedan? 01

Honda Civic Hatchback sangat menarik untuk dibahas karena menawarkan sejumlah keunikan dan keunggulan. Mulai dari tampilannya yang keren dan performa mesinnya yang terkenal mantap, membuat siapapun bertanya-tanya mengenai keasyikan mengemudinya.

Civic Hatchback sendiri memiliki "saudara kandung" yang bermodel sedan. Keduanya lahir dari platform yang sama, namun tentu perbedaan mendasar ada bagian buntut. Jika Anda mementingkan bagasi maka Civic Hatchback bukan pilihan tepat.

Lantas bagaimana perbandingan mengemudi Civic Hatchback dengan versi sedannya? Mari langsung kita kupas saja. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pada intinya, kedua mobil ini menggunakan mesin yang sama, fitur-fitur yang dimiliki keduanya pun sama. Terlebih karena mesinnya mengusung turbo, pastilah siapapun yang berada di balik kemudi mobil ini penasaran akan performanya.

Civic Hatchback terasa mampu memberikan pengalaman mengemudi yang sangat impresif. Tenaga dari mesin VTEC mampu dikendalikan pengemudi dengan baik dan presisi.

Apa Bedanya Sensasi Berkendara Civic Hatchback dengan Sedan? 01

Transmisi berteknologi CVT bukan cuma halus, namun juga presisi. Hal yang sama juga terasa pada saat mengemudi Civic model sedan. Tenaga kedua mobil ini memang besar, namun bukan berarti secara spontan bisa keluar.

Lupakan membeli Civic Hatchback varian bertransmisi manual untuk memperoleh akselerasi instan. Sebabnya, Honda Indonesia hanya menjual Civic dalam transmisi otomatik saja, baik hatchback maupun sedan. 

Beruntung pada kedua model Civic ini tersedia fitur paddle shift. Jika menggunakan paddle shift dan otomatis pindah ke mode manual 7 percepatan maka tarikannya agak lebih galak.

Bagaimana dengan suspensinya? Nah, ada perbedaan pada kedua model ini. Sebab, pada Honda Civic Hatchback bantingan suspensinya terasa lebih keras. Hal ini tentu mengurangi kenyamanan, namun dengan karakter suspensi tersebut cukup membuat nilai plus untuk urusan maneuverability.

Masih bicara maneuverability, secara teori tentu Civic Hatchback lebih pas untuk diajak bermanuver selap-selip. Hal ini karena panjang total dimensinya yang l47 mm lebih pendek dari versi sedan. 

Apa Bedanya Sensasi Berkendara Civic Hatchback dengan Sedan? 02

Satu hal positif lagi dari mobil ini, yakni dari sisi peredaman kabin. Baik saat melaju dalam kecepatan tinggi di tol maupun santai di jalanan biasa, kabin terasa kedap. Suara bising dari luar sulit masuk.

Bisa disimpulkan, Civic Hatchback benar-benar ditujukan bagi konsumen yang mengincar keasyikan berkendara. Walau kenikmatan berkendara dengan performa maksimal, namun kepraktisan tetap bisa didapat dengan Civic Hatchback. Terlebih bagi yang mengincar sensasi mesin turbo Honda dengan harga tak semahal Civic sedan tentu mobil ini jadi pilihan pas.

Alex

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya adalah mobil analog dengan enam silinder

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Civic Hatchback RS

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil