Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Fitur Suzuki Ertiga vs XL7 2022

  • Suzuki Ertiga vs XL7 2022 sudah diluncurkan di India dan segera menyusul ke Indonesia.
  • Suzuki Ertiga 2022 dan Suzuki XL7 2022 memiliki desain yang berbeda.
  • Fitur Suzuki XL7 2022 lebih lengkap dari Ertiga 2022 tapi harganya pun lebih mahal.

Maruti Suzuki sudah meluncurkan dua jagoan produk terbarunya, yakni Ertiga 2022 dan XL6 2022. Kedua mobil ini pun dipastikan segera hadir di Indonesia, namun untuk XL6 akan berubah namanya jadi Suzuki XL7 2022.

Suzuki Ertiga 2022

Menurut sumber internal Suzuki Indonesia, Ertiga terbaru akan dirilis awal Mei 2022. Sementara XL7 2022 akan menyusul di beberapa bulan berikutnya, namun tetap masih di tahun ini.

Antara Suzuki Ertiga 2022 dan Suzuki XL7 2022 memang masih menjadi dua mobil satu basis yang sama. Keduanya saling berbagi platform dan mesin, namun beda segmentasi penjualan.

Di Indonesia akan pakai nama XL7

Untuk harganya juga belum ada bocoran, tetapi kemungkinan tidak akan terpaut jauh dari harga Ertiga dan XL7 yang dicantumkan Suzuki Indonesia saat ini. Namun beberapa waktu lalu, sumber kami mendapati jika Suzuki Ertiga 2022 sudah ada di Indonesia.

Kabarnya proses produksi telah berlangsung namun belum berjalan untuk mencapai volume unit seutuhnya. Sehingga unit tersebut belum bisa didistribusikan ke jaringan dealer resmi Suzuki.

Tetapi kalau Anda sudah berencana untuk siap-siap melakukan booking sebelum antre inden makin mengular, yuk ketahui dulu perbedaan fitur dari Suzuki Ertiga vs XL7 2022.

Baca juga : Suzuki Ertiga 2022 Resmi Diluncurkan, Pakai Mesin Hybrid, Harganya Bikin Avanza Minder

Perubahan di Bagian Eksterior

Grill depan Suzuki Ertiga 2022

Seperti kita ketahui, meskipun punya basis model yang serupa, namun antara Ertiga dengan XL7 sudah memiliki positioning sendiri. Ertiga masuk kelas LMPV sementara XL7 LSUV. Karenanya pahatan tubuh juga dibuat sedikit berbeda karena pada XL7 Suzuki membentuknya lebih terlihat kekar sebagaimana layaknya SUV.

Namun kali ini kita coba bandingkan apa saja yang berubah dari Suzuki Ertiga 2022 vs XL7 2022 dari segi sekteriornya. Dikutip dari website resmi Maruti Suzuki, Ertiga 2022 alami perubahan di bagian grill depan yang kini bermotif Dynamic Winged dengan sentuhan krom. Grill depan XL7 2022 juga berubah dari model sebelumnya, pun sekarang diberi finishing chrome.

Tampilan depan XL7

Untuk lampu depan, di Ertiga 2022 tak alami perubahan dibanding model terdahulu. Namun pada XL7, seluruh tipe kini pakai Quad Chamber LED yang terintegrasi dengan LED Daytime Running Lights (DRL).

Lantas pada lampu belakangnya XL7 diberi aksen Smoke Grey, namun pada Ertiga masih tetap sama seperti model sebelumnya. Masih dari bagian belakang, baik Ertiga 2022 maupun XL7 2022, sama-sama sudah pakai chrome garnish di pintu bagasi tepatnya di bawah kaca belakang.

Garnish belakang dan desain velg Ertiga 2022

Tapi kalau urusan roda, Ertiga diseluruh varian sekarang pakai velg alloy dengan ban ukuran 185/65 R15, tapi di XL7 semuanya pakai velg ukuran 16 inci.

Interior Beda Tema Warna

Interior Suzuki Ertiga 2022

Kalau kita melihat bagian interiornya, ternyata ada perbedaan cukup signifikan antara Suzuki Ertiga vs XL7 2022. Di Ertiga tema warnanya masih Beige dengan aksen kayu yang sekarang warna cokelat muda. Sementara di XL7 sisi kabin tampil dengan warna hitam pada keseluruhannya.

Kemudian material pembungkus seluruh jok di interior kedua mobil ini juga ternyata berbeda. Pada Ertiga masih pakai bahan fabric tapi pakai kombinasi dua warna, sementara di XL7 sudah full Premium Leather termasuk ke bagian setirnya.

Baca juga : Suzuki XL7 2022 Mendebut di India, Fiturnya Bikin Keok Rush - Terios

Interior Suzuki XL7 2022

Hal beda lainnya adalah jok baris kedua pada Suzuki XL7 2022 sudah model captain seat lengkap degan armrest. Lantas pada jok pengemudi dan penumpang depan sudah ada fitur Ventilated Seat. Di Ertiga fitur ini belum ada, keberadaan armrest di jok kedua pun cuma ada pada tipe tertinggi.

Kelengkapan fitur lainnya seperti setir dengan Tilt and Telescopic, Tombol Start/Stop Engine, Cruise Control, dan Paddle Shift di keduanya ada. 

Sama-sama Sudah Ada Suzuki Connect

Di XL7 sudah ada kamera 360

Dari segi perangkat hiburan, baik Suzuki Ertiga 2022 ataupun Suzuki XL7 2022 telah dibekali monitor 7 inci yang terpasnag di bagian tengah dasbor. Perangkat ini sudah ada fitur SmartPlay dan bisa terkoneksi dengan Android Auto serta Apple Cay Play. Ada pula sisitem perintah suara "Hi Suzuki" untuk mengakses sejumlah fitur di perangkat tersebut.

Fitur keselamatannya juga hampir setara. Yakni dengan keberadaan 4 Airbags di bagain depan, ABS, EBD, dan BA, ESP, Hill Hold, Seat Belt Reminder, dan Rear Camera. Bedanya, pada XL7 ada Tire Pressure Monitoring System (TPMS) dan Camera 360, sementara di Ertiga fitur ini absen.

Suzuki Connect bisa terintegrasi ke aplikasi pada ponsel

Namun kedua mobil ini sama-sama sudah dibekali Suzuki Connect. Teknologi ini memungkinkan mobil terhubung dengan perangkat mobile seperti ponsel yang sudah terpasang aplikasi. Sehingga nantinya pemilik bisa mengoperasikan sejumlah sistem di mobil dari jarak jauh hanya menggunakan ponsel.

Kesimpulan

Masih datang dengan dua segmentasi berbeda, ternyata kelengkapan fitur Suzuki Ertiga vs XL7 2022 juag berbeda. Ini terlihat dari fitur yang ada di Suzuki XL7 2022 lebih lengkap, namun disatu sisi membuat harganya juga lebih mahal.

Baca juga : Adu Fitur Suzuki Ertiga 2022 vs Toyota Avanza, Siapa yang Lebih Lengkap?

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki Ertiga

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota RAIZE S 1.0

Rp 235,00 Juta
Rp 4,79 Juta/bln

15.274 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5

Rp 251,00 Juta
Rp 5,11 Juta/bln

12.742 km

2 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AVANZA G 1.5

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

7.835 km

1,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2020 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 214,00 Juta
Rp 4,36 Juta/bln

15.086 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 222,00 Juta
Rp 4,52 Juta/bln

17.091 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Avanza, Xpander, Ertiga, Siapa yang Paling Lega dan Banyak Fitur? | Mobil Baru di GIIAS 2021

Suzuki XL7 Pesaing Xpander Cross yang Sekarang Jadi Hybrid!

Is the SUZUKI XL7 just a muscular ERTIGA? Full REVIEW and DRIVE IMPRESSIONS!!

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Suzuki Ertiga
Lihat