3 Hal Menarik Suzuki Every, Kembaran Carry Versi Built Up Jepang yang Harga Bekasnya Rp65 Jutaan

Suzuki Every (foto: Handy Pratama)

Suzuki Every masuk ke Tanah Air pada tahun 2003 dengan cara import CBU (Completely Build Up) Jepang. Saat itu Suzuki Every dihadirkan sebagai mobil contoh untuk tes pasar di Indonesia,

Di Indonesia kiprah mobil ini terbilang sangat singkat. Tercatat PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) hanya berhasil menjualnya hingga 2004 dengan 550 unit terjual.

Sebagai minibus, awalnya Every dihadirkan secara khusus untuk pasar Jepang atau yang disebut Japan Domestic Market (JDM). Di sana mobil ini ditujukan sebagai kendaraan keluarga atau niaga terjangkau yang hemat bahan bakar.

Memiliki nama lain Suzuki Every landy di negara asalnya, mobil ini kini mulai banyak dilirik para pecinta otomotif Tanah Air baik digunakan sebagai kendaraan hobi atau mobil keluarga.

Bicara pasaran harga bekasnya Every kini ditawarkan mulai dari Rp65 jutaan. Mirip seperti Carry, ketahui 5 hal menarik Suzuki Every melalui ulasan berikut. 

1. Suzuki Every Memiliki Bentuk Khas Mobil JDM

Tampilan belakang Every (foto: Tikol's Garage)

Bagi kalian yang menyukai mobil Japanese Domestic Market alias Jepangan dengan isi dompet pas-pasan, Suzuki Every ini sangat cocok untuk dimiliki. Memiliki desain kotak, Every membawa aura kental khas mobil Jepang.

Mempunyai dimensi mungil, untuk atapnya mobil ini dibuat tinggi. Sehingga head roomnya terasa luas.

Semi bonnet yang berada di bagian depan hanya sebagai tempat radiator, booster rem dan beberapa komponen penting lainnya.

Untuk pintu tengahnya menggunakan model sliding door dengan bukaan besar yang memudahkan penumpang ketika hendak keluar-masuk kabin.

Baca juga: Suzuki Pernah Menjual Carry Pick Up Bermesin Diesel Turbocharger, Begini Penampakannya!

2. Fitur Komplit dan Canggih di Zamannya

Fitur Suzuki Every (foto: Handy Pratama)

Di era 2000-an awal, Suzuki Every memiliki fitur yang terbilang komplit dan canggih di zamannya. Seperti yang bisa dilihat di bagian dalam khususnya center cluster terdapat pengaturan AC dengan beberapa arah semburan. Bahkan untuk AC nya sudah dibekali heater dan defogger.

Untuk panel instrumentnya mobil ini lengkap dengan tachometer serta odometer berpenampilan digital. Bicara setir, bentuknya terlihat sederhana. Meski begitu kemudinya telah dilengkapi airbags yang dapat meminimalisir cedera ketika mengalami benturan cukup keras.

Oh iya, untuk menaikan dan menurunkan keempat kacanya mobil ini telah dibekali power window. Selain itu juga kuncinya mendapatkan fitur central lock, yang mana semua pintunya dapat terkunci secara otomatis ketika pengemudi menekannya.

Meski secara tampilan terlihat sederhana, menariknya pada plafon antara baris pertama dan keduanya dibenamkan panoramic sunroof berukuran besar. Sunroof ini dapat dikendalikan hanya dengan menekan tombol. Dengan kehadiran fitur ini tentunya mampu meningkatkan visibilitas serta gaya berkendara.

Bergeser ke baris kedua, ruang kabin yang disuguhkan terbilang cukup luas. Hal menari dari interior Every yaitu joknya menggunakan model captain seat.

Selain lebih nyaman, dengan penggunaan jok captain seat, penumpang baris ketiganya dapat secara bebas keluar-masuk kabin melewati lorong di tengah tanpa harus melipat bangku.

Supaya penumpang baris kedua dan ketiganya merasa nyaman, mobil ini juga telah disematkan AC double blower yang tersedia di setiap barisnya.

Baca juga: Suzuki Carry ala Sultan, BMW Mau Bikin Pickup?

3. Pakai Mesin Carry dengan Transmisi Matic

Mesin G13B Suzuki Every

Suzuki Every dibekali mesin G13B 4-ilinder segaris SOHC dengan kapasitas 1.300 cc. Mesin ini memiliki basic sama dengan yang digunakan Carry Futura 1.3L.

Bedanya, pada Every jantung pacunya telah menganut teknologi multi-point injection yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 82 PS dan torsi 111 Nm. Dengan menganut teknologi injeksi tentunya Every selain hemat bahan bakar, untuk perawatannya juga lebih mudah.

Mengenai transmisi, Suzuki Every hadir dengan pilihan gear box matic 4-percepatan torque converter yang selanjutnya diteruskan ke roda belakang untuk membuatnya berjalan.

Baca juga: Tiruan Suzuki Carry 1.0 Asal China, Changan SC 1011 CG Pernah Dijual di Indonesia

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Lanjut membaca

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki Carry

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 149,00 Juta
Rp 3,04 Juta/bln

5.751 km

1 tahun

Jawa Barat

Lihat Rincian

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 152,00 Juta
Rp 3,10 Juta/bln

15.855 km

2,5 tahun

Jakarta

Lihat Rincian

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

16.096 km

3 tahun

Jawa Barat

Lihat Rincian

2021 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 156,00 Juta
Rp 3,18 Juta/bln

14.892 km

2 tahun

Jawa Barat

Lihat Rincian

2017 Toyota AVANZA G 1.3

Rp 155,00 Juta
Rp 3,16 Juta/bln

8.485 km

6,5 tahun

Jakarta

Lihat Rincian
Lihat Lebih

Related Videos

Akhir Perjalanan Tour ILMU Suzuki New Carry Pick Up

Berita Terbaru

3 Kelemahan Mitsubishi Pajero Sport Bensin yang Perlu Diwaspadai Apa Aja?

Pada varian bensin, Mitsubishi Pajero Sport sempat hadir pada 2014 sebagai alternatif dari mesin diesel. Tentu, kehadiran Pajero Sport bermesin 3.0 itu jadi keunikan tersendiri karena karakter mesin yang suaranya lebih halus. Mitsubishi Indonesia memilih mesin 3.0 dengan alasan keunggulan tenaga dibanding SUV lain dikelasnya. Sebagai varian minoritas, tentu banyak yang skeptis soal kemampuan mesin bensin di Pajero Sport bila dibandingkan versi dieselnya. Terlebih, kapasitasnya yang mencapai 3.00

Awam Sama Otomotif Tapi Pengen Beli Mobil Bekas? Begini Tips Amannya

Buat Anda yang awam sama dunia otomotif dan ingin membeli mobil bekas, kadang ada rasa khawatir tertipu oleh penjual. Tetapi kini hal itu tidak perlu terjadi karena ada beberapa tips beli mobil bekas buat Anda yang awam sama dunia otomotif. 1. Sesuaikan anggaran Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan anggaran atau budget untuk beli mobil bekas. Apakah ingin mencari mobil dengan rentang harga Rp 100 jutaan, Rp 200 jutaan atau Rp 300 jutaan. Bila sudah menetapkan anggaran untuk membeli

Tarikan Awal pada Daihatsu Sigra dan Toyota Calya Ndut-ndutan? Begini Mengatasinya

Pemilik Daihatsu Sigra dan Toyota Calya acap kali merasakan ndut-ndutan saat pertama kali jalan. Kejadian seperti ini tentunya mengurangi rasa nyaman dalam berkendara. Rasa ndut-ndutan pada Sigra maupun Calya bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Untuk mengtahui apa saja penyebabnya, simak ulasan berikut ini. Baca juga: Biar Kuat Lewat Tanjakan Batu Jomba, Daihatsu Sigra Nekat Jalan Mundur 1. Selang Vacum Daihatsu Sigra dan Toyota Calya Lepas Melansir salah satu forum, gejala ndut-ndutan pada Da

Rilis Juli 2023, Berapa harga Pertamax Green 95 yang Pantas?

PT Pertamina (Persero) akan meluncur produk bahan bakar minyak terbaru yang disebut Pertamax Green 95 di Indonesia. BBM jenis baru yang bisa digunakan untuk kendaraan berjenis bensin ini, diketahui lebih rendah dari Pertamax Turbo (RON 98) dan lebih tinggi dari Pertamax (RON 92). Baca juga: Pertamax Green 95 Jadi BBM Baru dari Pertamina, Lebih Bagus dari Pertamax Dirilis Juli 2023 Jenis BBM Pertamax Green 95 sendiri disebutkan hasil dari campuran Pertamax dengan etanol sebanyak lima persen yang

Harga BBM Terbaru Juli 2023, Semua SPBU Kompak Naik

Seperti biasanya, sejumlah operator Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) mengalami revisi harga BBM Juli 2023. Berdasarkan pantauan Autofun di sejumlah SPBU di wilayah Jakarta, maka kompak sejumlah jenis bahan bakar minyak atau BBM mengalami kenaikan harga. Hanya saja untuk bulan ini, rata-rata kenaikan harga BBM tidak sampai Rp1000 per liter. Baca juga: Pertamax Green 95 Jadi BBM Baru dari Pertamina, Lebih Bagus dari Pertamax Dirilis Juli 2023 Untuk Pertamina, kenaikan Pertalite tidak meng

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Hot
Toyota

Toyota Agya

Rp 144,90 - 173,30 Juta

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Suzuki Carry
Lihat