5 Hal Menarik Suzuki Karimun Kotak, Kini Lagi Naik Daun

Suzuki sudah sejak lama terkenal sebagai pabrikan yang piawai memproduksi mobil murah tapi punya durabilitas oke. Salah satu mobil murah yang ikonik dari pabrikan berlogo huruf S ialah Karimun kotak. 

Mobil mungil ini tak hanya ada di Indonesia tapi juga dijual dalam versi Japanese Domestic Market dengan nama Wagon R. Meluncur pertama kali pada pertengahan dekade 1990-an, kini Karimun Kotak bekas popularitasnya mulai naik daun lagi.

Baca juga:

City Car Rp35 Jutaan Antara Hyundai Atoz Vs Suzuki Karimun Kotak, Mana yang Lebih Unggul Soal Spesifikasi?

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Karimun Kotak, City Car Boxy Incaran Kawula Muda Saat Ini

Foto: Autoevolution

Mundur ke belakang, Suzuki Karimun kotak awalnya datang sebagai kendaraan Completely Built Up (CBU), yang diproduksi langsung dari Jepang pada tahun 1998. Kemudian pada 1999, Suzuki Indomobil merakit Karimun Kotak di Indonesia alias Completely Knocked down (CKD). 

Inspirasi nama mobil ini muncul dari sebuah frase, yaitu “Carry to the Moon”. Bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, memiliki arti “bawa ke bulan”.

Brosur Suzuki Karimun Facelift (Foto: Karimunestillo.com)

Suzuki Karimun awalnya hanya hadir dengan satu tipe/varian. Lantas, di tahun 2002 dikenalkan versi facelift dengan menggunakan trim DX (tipe terendah) dan trim GX (tipe tertinggi).

Wajar saja Karko alias Karimun Kotak kini kembali digandrungi, karena desainnya boxy khas mobil Jepang, ruang kabin interiornya terbilang cukup lega. Selain itu Karko konsumsi bahan bakarnya juga irit.

Nah itu tadi sekilas hal menarik dari Suzuki Karimun Kotak. Lebih lengkapnya, simak ulasan soal Karko berikut ini.

1. Kabin Suzuki Karimun Kotak Lega dan Sangat Lapang 

Suzuki Karimun Kotak memiliki panjang 3.410 mm, lebar 1.575 mm dan tinggi 1.705 mm. Dengan postur yang tinggi dan lebar, membuat mobil ini mempunyai ruang kabin yang cukup luas serta 
head room yang tinggi.

Interior Karimun kotak terbilang sederhana dan mementingkan utilitas ketimbang desain. Warna abu-abu tua jadi identitas interior di Karimun Kotak. Bentuk dashboard sisi penumpang bagian atas modelnya terbuka dan bagian bawahnya laci tertutup. 

Sebagaimana umumnya mobil era 90-an, jok versi bawaan pabrik memakai bahan fabric. 

Untuk kenyamanan berkendara tersedia fitur audio single din yang bisa memutar radio dan tape. Di atasnya terdapat tuas dengan sistem geser untuk pengoperasian AC. Oh ya, di bawah fitur audio juga terdapat asbak dan fitur lighter car.

2. Perawatan Mudah dan Murah 

Servis AC Suzuki Karimun Kotak (Foto: Youtube Ivan Pasa Ibrani)

Kelebihan dari brand Suzuki ialah membangun mobil yang common part antara satu model dengan model lain yang berbeda, meski usianya sudah mencapai 25 tahun. Sparepart Karko dapat disubstitusi dengan Carry, Jimny dan Forsa.

 

Karena saling berbagi mesin dengan mobil Suzuki lain, jadi kalian dapat dengan mudah untuk mencari sparepartnya.

3. Konsumsi BBM Irit

Mesin yang digunakan oleh Karimun Kotak sama seperti mesin milik Suzuki Carry dan Suzuki Katana dengan kode F10A. Mesin berkapasitas 970 cc 4-silinder SOHC dengan transmisi manual 5-percepatan itu terkenal tangguh dan irit. 

Tenaga maksimumnya sebesar 56 PS di 5.500 rpm. Sementara untuk torsinya puncaknya tercatat 100 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm. Mobil ini hadir dengan satu pilihan transmisi saja, yakni manual 5-percepatan yang kemudian disalurkan ke penggerak roda depan. 

Karena ukuran mobilnya imut, maka konsumsi BBM Karko bisa lebih irit dari Carry atau Katana. Catatan Konsumsi BBM dalam kota berkisar 8-12 km/liter, dan untuk rute luar kota mencapai kisaran 13-17 km/liter. 

4. Suspensi Empuk Tapi Bikin Limbung 

Suspensi di Karimun Kotak dirancang untuk kenyamamanan, bukan untuk performa

Suzuki Karimun Kotak diketahui menggunakan suspensi berjeniskan McPherson strut di bagian depan. Kemudian, isolated trailing link dengan pegas per di roda belakangnya. 

Karakter suspensi Karimun ini tergolong nyaman dan empuk untuk kondisi jalanan di Indonesia yang kadang bergelombang. Sayangnya, suspensi seperti ini malah jadi limbung bila mobil dipacu kecepatan tinggi. 

Untuk mengurangi gejala limbung, banyak pemilik Karimun yang mengganti shockbreaker bawaan dengan versi aftermarket seperti KYB Excel G gas.

5. Harga Jual Kembali Cukup Bertahan

Bicara harga bekas Suzuki Karimun Kotak, mobil ini memiliki harga yang bervariatif. Kini harga bekasnya merangkak naik seiring makin banyaknya penghobi yang mencari mobil ini. 

Harga pasaran Karimun Kotak di wilayah Jakarta ditawarkan mulai dari Rp42 jutaan hingga Rp75 jutaan. Untuk barang kondisi istimewa alias collectible item ada yang menjual di angka Rp88 juta.  

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Lanjut membaca

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki Karimun Wagon R

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota CALYA G 1.2

Rp 150,00 Juta
Rp 3,06 Juta/bln

12.503 km

2 tahun

Jakarta

Lihat Rincian

2017 Toyota AVANZA G 1.3

Rp 155,00 Juta
Rp 3,16 Juta/bln

8.485 km

6,5 tahun

Jakarta

Lihat Rincian

2021 Toyota CALYA G 1.2

Rp 147,00 Juta
Rp 3,00 Juta/bln

18.150 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Lihat Rincian

2018 Daihatsu SIGRA R STD 1.2

Rp 120,00 Juta
Rp 2,44 Juta/bln

9.834 km

5 tahun

Jawa Barat

Lihat Rincian

2017 Daihatsu SIGRA R DLX 1.2

Rp 115,00 Juta
Rp 2,34 Juta/bln

50.491 km

6 tahun

Banten

Lihat Rincian
Lihat Lebih

Related Videos

Suzuki Karimun Wagon R AGS Terkejut 60-an

Berita Terbaru

SUV Mitsubishi Terbaru Pakai Mesin Xpander yang Diracik Ulang, Ada Hybridnya?

Informasi soal kehadiran mobil Sport Utility Vehicle (SUV) terbaru yang diluncurkan Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) semakin terungkap. Sebelum resmi meluncur di Gaikindo Indonesia INternational Auto Show (GIIAS) 10 Agustus 2023, kini disebutkan bahwa SUV Mitsubishi berbasis XFC Concept bakal menggunakan mesin baru. Baca juga: Bocoran Fitur Mitsubishi Destinator SUV, Modal Lawan HR-V Hingga Yaris Cross "Tapi pengembangan dari mesin yang sudah ada, bukan mesin benar-benar bar

Honda City Hatchback Facelift 2023 Juga Bersiap untuk Dirilis

Honda City Hatchback facelift 2023 sepertinya akan menyusul versi sedannya yang mendapatkan penyegaran. Hal ini diketahui dari beberapa spyshot yang diambil oleh Maek Wongvedchasarn di Thailand. Foto-foto ini memperlihatkan dua unit City Hatchback dengan kamuflase di bagian bumper belakang yang sedang melintas di jalanan negara tersebut. Baca juga: Honda City Facelift 2023 Dapatkan Update, Kini Pakai Mesin Hybrid dan VTEC Turbo Spekulasi pun mencuat kalau ini adalah persiapan munculnya Honda Cit

Mitsubishi Pastikan Nama SUV Barunya Bukan Destinator, Netizen Sebut Xforce hingga Xplorer

Sebelum Mitsubishi resmi meluncurkan mobil Sport Utility Vehicle atau SUV terbaru, muncul nama Destinator yang digadang-gadang disematkan pada mobil tersebut. Ya, penyebutan Mitsubishi Destinator mencuat di sebuah di media sosial setelah tercatat di Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Indonesia Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM RI (Kemenkumham). Baca juga: Mitsubishi Daftarkan Nama Destinator, Inikah Calon SUV yang Jadi Penantang Honda HR-V Cs? Nama Destin

20 Persimpangan Jalan di Jakarta Sudah Pakai Teknologi AI Supaya Bisa Urai Kemacetan

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kini telah memiliki lampu lalu lintas atau lampu merah canggih yang mampu mengurai kepadatan lalu lintas di persimpangan jalan. Setidaknya, ada 20 persimpangan yang memiliki lampu merah telah dilengkapi sistem pemantauan lalu lintas bertajuk Network Operation Centre (NOC) Intelligent Traffict light System (ITS). Baca juga: Siap-siap, Akan Ada Lampu Merah Pakai Teknologi AI Buat Bantu Mengurai Kemacetan Jalan Menurut Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, deng

Hasil Tes Konsumsi BBM Suzuki XL7 Hybrid Full-To-Full, Apakah Bisa Irit Banget?

Melalui kegiatan energetic adventure – media test drive, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengajak rekan media untuk merasakan secara langsung bagaimana impresi berkendara menggunakan Suzuki XL7 (Spesifikasi | Berita) Hybrid. Sebagai produk terbarunya yang menempati segmen Low SUV 7-seater, saat ini XL7 Hybrid merupakan satu-satunya mobil di kelasnya yang mengusung teknologi hybrid dengan sebutan Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Dalam kegiatan media test drive kali ini terbagi menjadi 2 bat

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Hot
Toyota

Toyota Agya

Rp 144,90 - 173,30 Juta

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Suzuki Karimun Wagon R
Lihat