window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

City Car Rp35 Jutaan Antara Hyundai Atoz Vs Suzuki Karimun Kotak, Mana yang Lebih Unggul Soal Spesifikasi?

Enda · 3 Nov, 2021 13:30

City Car Rp35 Jutaan Antara Hyundai Atoz Vs Suzuki Karimun Kotak, Mana yang Lebih Unggul Soal Spesifikasi? 01

Hyundai Atoz Vs Suzuki Karmiun Kotak

Siapa yang nggak tahu sosok Hyundai Atoz dan Suzuki Karimun Kotak? Keduanya merupakan city car beratapkan tinggi yang hadir di era 2000-an dalam meramaikan kancah otomotif Tanah Air.

Seperti yang pernah kami ulas sebelumnya, baik Atoz maupun Karimun Kotak ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mengenai harga bekasnya, keduanya kini juga ditawarkan dengan harga yang kompetitif mulai dari Rp35 jutaan.

Membandingkan antara Hyundai Atoz dengan Suzuki Karimun Kotak dari segi spesifikasi, kira-kira siapa yang lebih unggul? Daripada penasaran, simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Selain Hyundai Getz, Ini Deretan Mobil Hatchback Rp50 Jutaan Tahun 2000-an ke Atas yang Bisa Kalian Pilih

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dimensi Suzuki Karimun Kotak Lebih Besar dari Hyundai Atoz?

City Car Rp35 Jutaan Antara Hyundai Atoz Vs Suzuki Karimun Kotak, Mana yang Lebih Unggul Soal Spesifikasi? 01

Dimensi Suzuki Karmiun Kotak lebih besar dari Hyundai Atoz

Meskipun terlihat mungil, baik Hyundai Atoz maupun Suzuki Karimun Kotak ini memiliki kabin yang cukup luas. Hal ini dibuktikan dari head room yang dibuat tinggi sehingga orang dengan postur tinggi 170 cm masih akan merasa nyaman didalamnya.

Dengan ketersedian ruang kabin yang cukup luas, tentunnya memiliki kelebihan lain yakni bisa memanfaatkannya untuk menbawa barang dengan jumlah yang cukup banyak.

Bicara soal dimensi, Hyundai Atoz memiliki panjang 3.495 mm, lebar 1.495 dan tinggi 1.580 mm. Sedangkan Suzuki Karimun Kotak mempunyai panjang 3.410 mm, lebar 1.575 mm dan tinggi 1.705 mm.

Dengan begitu dapat ditarik kesimpulan bahwa city car jenama Jepang ini lebih unggul dalam segi dimensi tinggi dan lebar dibandingkan kendaraan perkotaan asal Negeri Gingseng.

Hyundai Atoz Sudah Menggunakan Teknologi Injeksi

City Car Rp35 Jutaan Antara Hyundai Atoz Vs Suzuki Karimun Kotak, Mana yang Lebih Unggul Soal Spesifikasi? 02

Mesin Hyundai Atoz sudah memakai teknologi injeksi

Bicara Suzuki Karimun Kotak, mobil ini dibekali mesin berkode F10A yang dikenal bandel. Mesin yang sama persis juga tersematkan pada Carry 1.0L, Katana dan Forsa yang mana sudah teruji akan ketangguhannya di Tanah Air.

Menurut data di atas kertas, mesin 1.0L berkombusi karburator dengan kubikasi 970 cc 4-silinder 8 katup SOHC yang digunakannya tersebut mampu melecutkan tenaga hingga 56 PS @5.500 rpm dengan torsi puncak 100 Nm @4.000 rpm.

Mengetahui jantung pacu yang tersematkan pada Hyundai Atoz, generasi pertama (2000-2004) hadir dengan pilihan mesin injeksi G4HC 1.0L SOHC 4-silinder segaris 12 valve yang diketahui mampu memeras tenaga hingga 57 PS @5.500 rpm dengan torsi puncak 82 Nm @3.100 rpm. Sedangkan generasi keduanya (2005-2008) mendapat mesin injeksi G4HG 1.1L SOHC 4-silinder segaris 12 valve dengan memperoleh tenaga 64 PS @5.500 rpm serta torsi 97 Nm @3.000 rpm.

Baik Hyundai Atoz maupun Suzuki Karimun Kotak ini memiliki mesin dengan tingkat durabilitas cukup tinggi. Hanya saja teknologi yang diterima Karimun Kotak ini masih jadul dengan sistem pembakaran karburator.

Suzuki Karimun Kotak Hanya Tersedia Transmisi Manual

City Car Rp35 Jutaan Antara Hyundai Atoz Vs Suzuki Karimun Kotak, Mana yang Lebih Unggul Soal Spesifikasi? 03

Suzuki Karmiun Kotak hanya tersedia pilihan transmisi manual

Mengenai jenis transmisi Karimun Kotak, mobil ini hadir dengan satu pilihan transmisi saja, yakni manual 5-percepatan yang kemudian ditranslasi ke penggerak roda depannya (FWD). Berbeda dengan Atoz, mobil ini ditawarkan dengan dua pilihan transmisi, yaitu manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan yang juga digerakan melalui penggerak roda depan. Mengenai performanya, bagi kami yang pernah merasakan, tenaga yang dihasilkan cukup responsif.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Karimun Kotak, City Car Boxy Incaran Kawula Muda Saat Ini

Konsumsi BBM Hyundai Atoz Lebih Irit Dibanding Suzuki Karimun Kotak

City Car Rp35 Jutaan Antara Hyundai Atoz Vs Suzuki Karimun Kotak, Mana yang Lebih Unggul Soal Spesifikasi? 04

Konsumsi BBM Hyundai Atoz lebih irit dibandingkan Suzuki Karimun Kotak

Untuk konsumsi BBM Hyundai Atoz, seperti yang diketahui penggunaan dalam kotanya, mobil ini mampu mencatatkan angka 11-14 km/liter. Sedangkan penggunaan luar kota, catatan angka yang diraihnya bisa mencapai 16-18 km/liter.

Bagaimana dengan Suzuki Karimun Kotak? Meski masih menggunakan teknologi jadul, mobil ini terbilang irit dalam hal konsumsi bahan bakarnya. Hal ini dibuktikan dari penggunaan dalam kota, Karimun Kotak mampu menempuh jarak hingga 12 km/liter. Sedangkan luar kotanya, angka yang diraih mencapai 17 km/liter.

Suspensi dan Sistem Pengereman Keduanya Sama?

City Car Rp35 Jutaan Antara Hyundai Atoz Vs Suzuki Karimun Kotak, Mana yang Lebih Unggul Soal Spesifikasi? 05

Hyundai Atoz generasi pertama

Hyundai Atoz untuk suspensinya diketahui menggunakan MacPherson Strut di bagian depan dengan Torsion Beam Axle di roda belakangnya.

Pada Suzuki Karimun Kotak, pabrikan berlogokan ‘S’ sendiri menyematkan suspensi berjeniskan McPherson strut di bagian depan, serta isolated trailing link dengan pegas per di roda belakangnya.

Meski sedikit berbeda, keduanya menghasilkan handling yang cukup baik. Dengan begitu pengendara akan merasa lincah dan stabil ketika mengendarainya.

Oh iya, untuk sistem pengeremannya, keduanya diketahui telah mengunakan ventilated disc brake di roda depan dan drum brake di roda belakangnya.

Suzuki Karimun Kotak Punya Fitur Unggulan Sedikit Lebih Lengkap

City Car Rp35 Jutaan Antara Hyundai Atoz Vs Suzuki Karimun Kotak, Mana yang Lebih Unggul Soal Spesifikasi? 06

Suzuki Karmiun Kotak sedikit lebih lengkap mengenai fitur unggulan dibandingkan Hyundai Atoz

Seperti yang diketahui Hyundai Atoz maupun Suzuki Karimun Kotak ini telah dibekali dengan power steering, AC, Power window (pada kedua pintu depan), central lock, head unit single din, deffoger dan trim seat back pocket.

Berbeda dengan Atoz, Karimun Kotak telah tersematkan tachometer yang memudahkan pengguna untuk mengetahui angka putaran mesin.

Kesimpulan

Perbandingan spesifikasi Hyundai Atoz dengan Suzuki Karimun Kotak berhasil kami sampaikan di atas. Secara dimensi dan beberapa fiturnya, Karimun Kotak ini lebih unggul. Namun untuk teknologi mesin, performa, transmisi dan konsumsi BBM, Hyundai Atoz juaranya.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Atoz, City Car Lawan Beratnya Suzuki Karimun

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2020 Suzuki Karimun Wagon R MPV 7-Seater

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil