First Drive Volkswagen Tiguan Allspace 2023, SUV Keluarga yang Tawarkan Paket Komplit

All New Volkswagen Tiguan Allspace 2023 diluncurkan di Indonesia melalui ajang GIIAS 2023 yang diselenggarakan pada Agustus lalu di ICE BSD City, Tangerang.

Bermain di segmen Medium SUV, versi facelift Tiguan Allspace saat ini dibandrol Rp854 juta OTR Jakarta.

Sebagai model VW terlaris di Tanah Air, Tiguan Allspace menarik untuk diulas, beruntung kami diberi kesempatan untuk melakukan tes drive secara singkat mobil berparas tampan ini.

Penasaran Ingin tahu bagaimana impresi berkendaranya? Simak terus ulasan berikut.

Baca juga: Ini Keunggulan Volkswagen Tiguan Allspace 2023 yang Tidak Dimiliki Medium SUV Kebanyakan

Volkswagen Tiguan Allspace 2023 Dilengkapi Memory Seat Bikin Posisi Duduk Nyaman

Fitur memory seat

Ketika masuk ke dalam kabin dan langsung singgah di kursi pengemudi, kami langsung merasakan posisi duduk yang nyaman.

Faktor yang membuat posisi duduk mengemudi All New Volkswagen Tiguan Allspace terasa nyaman lantaran joknya dibungkus menggunakan kulit Vienna premium serta adanya fitur memory seat.

Memory seat yang dimiliki secara otomatis menyesuaikan posisi duduk ideal pengendara dengan cara menekan tombol.

Bicara memory seat, fitur ini bukan hanya tersedia di jok pengemudi, namun juga penumpang depan.

Tidak hanya memory seat, fitur lain yang menurut kami juga memberikan kenyamanan dalam berkendara berkat hadirnya ventilasi udara serta heater yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Gunakan Turbo, Tenaga Ngejambak Sejak Putaran Bawah

Mesin 1.4 TSI

All New Tiguan Allspace disematkan mesin bensin 1.4 TSI 4-silinder segaris 1.395 cc turbocharger yang dapat menghasilkan tenaga 150 Bhp di 5.000-6.000 rpm dan torsi puncak 250 Nm pada putaran 1.500-3.500 rpm.

Tenaga yang dihasilkan datur menggunakan transmisi otomatis 6-speed kopling ganda (DSG) plus triptonic sebelum diteruskan ke roda depan.

Dari segi performa, All New Tiguan Allspace memiliki karakter yang responsif di putaran bawah yang membuat kami cukup impresif untuk sebuah Medium SUV 7-seater.

Menggunakan mode Normal, mobil ini mampu menunjukan taringnya ketika putaran mesin berada di kisaran angka 2.500 rpm.

Ketika mencoba menggunakan mode Sport, akselerasi yang disuguhkan terasa lebih singkat.

Kami bisa merasakan tekanan udara dari turbo mendorong paksa piston untuk bergerak lebih cepat di kisaran angka 1.800 rpm.

Menariknya, transmisi otomatis 6 percepatan dengan kopling ganda yang digunakan terasa cukup halus namun cekatan, terlebih saat kami memanfaatkan paddle shift di balik kemudi untuk menambah dan menurunkan gigi.

Manuver Cukup Lincah

Bodi besar tapi tetap lincah

Untuk sebuah mobil keluarga jenis Medium SUV, untuk manuver yang dihasilkan All New Tiguan Allspace terasa cukup lincah.

Hal ini kami rasakan ketika mengendarainya melewati beberapa ruas jalan di BSD dari kondisi jalan yang sepi hingga padat.

Saat berbelok dengan keceptaan cukup tinggi suspensinya terasa rigid.

Namun ketika melewati garis pita penggaduh dengan kecepatan 50 km/jam, yang kami rasakan bagian belakang mobil seperti terlempar keluar.

Baca juga: Sudah Bertemu Jokowi, VW Niat Bangun Industri Baterai Kendaraan Listrik di Indonesia

Performa Mesin, Suspensi dan Setir Menyesuaikan Mode Berkendara

Pandangan mengemudi All New Tiguan Allspace

Pengendaraan All New Tiguan Allspace didukung dengan 5 mode berkendara yaitu; Eco, Normal, Comfort, Sport dan Individual yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengemudi.

Mobil ini juga memiliki fitur Adaptive Chassis Control (DCC) yang menjadikan sistem peredaman suspensinya beradaptasi secara elektronik sesuai mode berkendara yang digunakan.

Ketika kami mencoba masing-masing mode berkendara, tak hanya performanya yang berubah, namun juga karakter setir serta suspensi.

Contohnya ketika kami menggunakan mode Comfort, untuk performa yang dihasilkan terasa lebih smooth, setir lebih enteng, serta bantingan suspensi yang lebih empuk.

Berbeda saat mengaplikasikan mode berkendara Sport, yang kami rasakan setirnya terasa lebih berat, suspensi cenderung stiff dan lebih rigid, serta performa yang responsif.

Kesimpulan

Setelah melakukan test drive singkat Volkswagen Tiguan Allspace 2023, dapat disimpulkan bahwa untuk sebuah Medium SUV 7-seater mobil ini sangat asik dikendarai untuk kalian yang menyukai gaya berkendara sporty saat sendirian, dan nyaman ketika bersama keluarga berkat mode berkendara yang ditawarkan.

Tak hanya menawarkan gaya berkendara yang responsif dan nyaman, mobil ini juga memiliki radius putar yang tidak terlalu besar sehingga memudahkankan pengguna ketika melakukan manuver maupun saat melakukan parkir.

Baca juga: VW Rilis Logo Baru GTI, Tanda-tanda Golf Bermesin Turbo Akan Pensiun

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Volkswagen Tiguan Allspace

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Mobil berjensikan minibus, Suzuki APV kerap digunakan sebagai mobil ambulans. Dan bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada tanggal 12 November, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia menghadirkan program perawatan mobil ambulans yang digunakan untuk mengantar dan memberikan pertolongan pertama pada pasien. Program yang diberikan yakni layanan service gratis untuk unit ambulans plat merah milik Pemerintah
Simak beragam fitur keunggulan Volkswagen Tiguan Allspace 2023 yang tidak dimiliki Medium SUV 7-seater kebanyakan. PT Garuda Mataram Motor (GMM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Volkswagen di Tanah Air mengajak rekan media untuk dapat melihat lebih dekat All New Volkswagen Tiguan Allspace, dalam kegiatan acara "Media Test Drive - Volkswagen The All New Tiguan Allspace", yang diselenggarakan di BSD City, Tangerang - Banten, Kamis (16/11). Perlu diketahui sebelumnya, versi penyegaran Tiguan Allspa
Mitsubishi Triton 2024 sepertinya sudah bersiap untuk diluncurkan di Indonesia untuk melawan kompetitor terberatnya, Toyota Hilux. Bahkan ada unit penampakan pickup double cabin berlogo Tiga Berlian ini yang sudah mendarat di Tanah Air. Adalah akun Instagram @sbfcikarang yang mengunggah sosok Mitsubishi Triton 2024 berwarna silver dan masih menggunakan plat nomor putih. Akun milik toko penyedia kaca film tersebut menuliskan jika posisi outlet mereka ada di Jln.Raya Industri Jababeka II Pasir Sar
Wuling Motors (Wuling) menawarkan program menarik bagi 1.000 konsumen pertama yang melakukan pemesanan selama periode pre-book mobil listrik Wuling Binguo EV. Dengan tajuk Electric Icon Priority Pack, konsumen yang memesan Binguo EV diantaranya bisa mendapatkan program Lifetime Core EV Component Warranty, meliputi power battery, drive motor, dan motor control unit. Pada dasarnya, program ini memberikan Lifetime Core EV Component Warranty merupakan garansi seumur hidup. Baca juga: Wuling Binguo E
Setelah sebelumnya BYD Atto 3 dan BYD Dolphin, baru-baru ini BYD Seal tertangkap kamera sedang melakukan tes jalan di salah satu ruas jalan tol di Jakarta. Sebagai sedan listrik dengan bentuk sport, BYD Seal sudah lebih dulu diluncurkan di Thailand pada September 2023 kemarin. Di Negeri Gajah Putih sendiri sedan listrik ini hadir dalam tiga varian, yakni; BYD Seal Dynamic yang dibandrol 1.325.000 baht (Rp579 juta), BYD Seal Premium 1.449.000 baht (Rp633,2 juta) dan BYD Seal AWD Performance 1.599

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Volkswagen Tiguan Allspace
Lihat