window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ini Keunggulan Volkswagen Tiguan Allspace 2023 yang Tidak Dimiliki Medium SUV Kebanyakan

Enda · 17 Nov, 2023 12:05

Volkswagen Tiguan Allspace 2023

Simak beragam fitur keunggulan Volkswagen Tiguan Allspace 2023 yang tidak dimiliki Medium SUV 7-seater kebanyakan.

PT Garuda Mataram Motor (GMM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Volkswagen di Tanah Air mengajak rekan media untuk dapat melihat lebih dekat All New Volkswagen Tiguan Allspace, dalam kegiatan acara "Media Test Drive - Volkswagen The All New Tiguan Allspace", yang diselenggarakan di BSD City, Tangerang - Banten, Kamis (16/11).

Perlu diketahui sebelumnya, versi penyegaran Tiguan Allspace diluncurkan di Tanah Air pada Agustus lalu di ajang GIIAS 2023.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sebagai SUV 7-seater unggulan Volkswagen, All New Tiguan Allspace merupakan model VW terlaris di Indonesia, yang sejak pertama kali diluncurkan secara  global pada tahun 2017, dan telah terjual lebih dari 1,5 juta unit di seluruh dunia.

Dibandrol Rp854 juta OTR Jakarta, berikut ini keunggulan All New Volkswagen Tiguan Allspace 2023 yang tidak diketahui kebanyak orang.

Baca juga: Road to Pecah Volkswagen 2024, Pemilik Mobil VW Diundang ke Gedung MPR RI

All New Volkswagen Tiguan Allspace Tampil Lebih Futuristik

All New Volkswagen Tiguan Allspace

All New Volkswagen Tiguan Allspace vs pre-facelift

Versi penyegaran dari generasi kedua Volkswagen Tiguan Allspace hadir dengan bentuk yang terlihat semakin sporty, modern, dan juga futuristik.

Pada fascia, Medium SUV ini memiliki grille lebih lebar dengan mempertahankan bentuk horizontal sebagai ikoniknya.

Selain itu desain lampunya pun berubah yang mana kini terlihat lebih tajam dan dinamis.   

Untuk bumper depannya mempunyai bentuk lebih futuristik berkat lekukan yang diterima.

Bergeser melihat bagian samping, sekilas versi faceliftnya terlihat sama dengan model sebelumnya.

All New Volkswagen Tiguan Allspace

Tampilan belakang All New Volkswagen Tiguan Allspace

Hanya saja kini Tiguan Allspace mendapat tambahan body cladding serta velg alloy model Frankfurt berpola baling-baling berukuran 18 inci.

Volkswagen Indonesia juga memberikan tambahan berupa satu set velg Missano alloy wheels berdiameter 20 Inci yang membuat All New Tiguan Allspace terlihat lebih gagah dan sporty.  

Oh iya, dibandingkan Tiguan Allspace sebelumnya, All New Tiguan Allspace memperoleh perubahan dimensi 27 mm lebih panjang, 20 mm lebih lebar, 12 mm lebih tinggi dan wheelbase yang bertambah 1 mm.

Dengan begitu secara dimensi keseluruhan untuk panjangnya All New Tiguan Allspace mencapai 4.728 mm, lebar 1.839 mm dan tinggi 1.686 mm.

Interior Semakin Mewah dan Nyaman

All New Volkswagen Tiguan Allspace

Tampilan interior All New Volkswagen Tiguan Allspace

Melihat ke bagian dalam,  untuk joknya All New Tiguan Allspace dibalut menggunakan kulit Vienna berwarna hitam yang menampilkan kesan mewah serta mempertegas aura sporty pada mobil ini.

Bicara mengenai joknya, baik sisi pengemudi maupun penumpang depan kini dilengkapi ventilasi udara serta heater yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Masih pada jok baris pertama, keduanya kini mendapatkan fitur pengaturan elektrik termasuk adanya power-adjustable lumbar supports - ErgoActive. 

Menariknya untuk joknya tersebut sudah dibekali memory seat yang dapat menyesuaikan secara otomatis mencari posisi duduk ternyaman.

Untuk area kokpit, pada center clusternya terdapat head unit baru dengan sistem Discover Pro berukuran layar 9,2 inci yang mendukung konektivitas nirkabel Apple CarPlay dan Android Auto, serta kendali suara.

Mengenai panel instrument, mobil ini diaplikasikan Digital Cockpit berukuran 11,7 inci dengan resolusi tinggi yang dapat menampilkan beragam informasi secara informatif.

Guna memberikan kenyamanan selama berkendara, All New Tiguan Allspace kini disediakan 2 port USB-C di bagian depan dan 1 port USB-C di konsol tengah.

Lainnya,SUV ini memiliki shift knob atau tuas perpindahan gigi yang menampilkan posisi gear dengan iluminasi untuk menunjukkan gear yang tengah digunakan, serta lampu ambient dengan 30 pilihan warna

Lebih ergonomis, All New Tiguan Allspace mendapatkan pengaturan AC dengan pengoperasian layar sentuh yang mendukung Climatronic 3-zona berbagai mode.

Bukan cuma itu, sistem pendingin udaranya pun berhasil tersematkan fungsi Air Care yang menjamin kenyamanan seluruh penggunanya.

Baca juga: VW Rilis Logo Baru GTI, Tanda-tanda Golf Bermesin Turbo Akan Pensiun

All New Volkswagen Tiguan Allspace

Jok baris kedua All New Volkswagen Tiguan Allspace

Pada bangku baris kedua dan ketiga menawarkan fleksibilitas pelipatan bangku yang membuat ruang kabin Tiguan Allspace lebih dinamis.

Kapasitas bagasi dalam kondisi seluruh bangku ditegakkan mencapai 230 liter, sementara saat bangku baris ketiga dilipat, kapasitasnya mencapai 700 liter, dan saat kedua baris bangku belakang terlipat, kapasitas terdongkrak menjadi 1.775 liter.

Untuk menunjang kepraktisan, fitur “Easy Open” disematkan agar membuka pintu bagasi belakang lebih mudah, hanya dengan menggerakkan kaki di bawah bumper belakang.

Memiliki 5 Mode Berkendara

All New Volkswagen Tiguan Allspace

Mesin 1.4 TSI

Sama seperti model sebelumnya, All New VolksWagen Tiguan Allspace dibekali mesin 1.4 TSI yang mampu menghasilkan tenaga puncak 150 bhp serta torsi 250 Nm yang dipadukan dengan transmisi otomatis 6-speed kopling ganda (DSG) plus triptonic.

Menurut pengetesan yang dilakukan, mobil ini dapat berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam waktu 9,5 detik dengan kecepatan maksimal hingga 202 km/jam.

Pengendaraan Tiguan Allspace didukung fitur Adaptive Chassis Control (DCC) yang memberikan pilihan 5 mode pengendaraan yakni; Eco, Normal, Comfort, Sport dan Individual yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengemudi, dan menjadikan sistem peredaman suspensinya beradaptasi secara elektronik sesuai pilihan pengemudi.

All New Volkswagen Tiguan Allspace

5 mode bekendara All New Volkswagen Tiguan Allspace

Guna menjamin keselamatan berkendara, mobil ini memiliki beragam fitur keselamatan berkendara, seperti; kamera 360° “Area View”, Electronic Stability Control (ESC), Park Assist System, enam buah Airbag, Tire Pressure Monitoring, Electronic Parking Brake dengan Autohold dan ISOFIX.

Selain itu ada juga Park Assist System yang dapat mendeteksi lokasi tempat parkir untuk memarkirkan mobil dengan menggunakan sensor ultrasonik.

Pengoperasiannya pun sangat simple dimana cukup dengan mengoperasikan pedal gas dan rem serta memindahkan tuas transmisi.

Hebatnya, fitur ini dapat digunakan untuk kebutuhan saat parkir parallel maupun seri.

Tidak berhenti sampai di situ, mobil ini juga memiliki Automatic Post Collision Brake System.

Dengan input sensor dari airbag, Automatic Post Collision Braking System akan bekerja untuk menghindari akibat benturan agar tidak semakin parah.

Secara otomatis fitur ini akan memulai pengereman setelah kendaraan mengalami tabrakan dan mempercepat pengereman untuk meminimalkan benturan yang mungkin terjadi selanjutnya.

Baca juga: Sudah Bertemu Jokowi, VW Niat Bangun Industri Baterai Kendaraan Listrik di Indonesia

 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Volkswagen Tiguan Allspace 1.4L TSI

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil