5 Alasan Chery Omoda E5 Mau Pakai Baterai LFP, Tidah Mudah Meledak Hingga Jangkauan Jauh

PT Chery Sales Indonesia (CSI) mengumumkan bahwa mobil listrik Omoda E5 yang akan meluncur pada 5 Februari 2024 akan menggunakan baterai Lithium Ferrous Phosphate (LFP). 

Menurut Head of Brand Departemen PT CSI, Rifkie Setiawan, baterai LFP merupakan dengan bahan katoda yang materialnya terbuat dari besi fosfat. 

"Sehingga (baterai LFP) tidak berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan," ungkap Rifkie dalam keterangannya, Jumat (2/2/2024).

Jadi mobil listrik pertama Chery di Indonesia

Penggunaan baterai LFP ini memang banyak digunakan pabrikan mobil listrik asal China, sehingga berbeda dengan mobil listrik Korea Selatan yang material nikel atau disebut baterai Nikel Mangan Cobalt (NMC).

Rifkie juga menyatakan, penggunaan baterai LFP banyak keunggulannya sehingga ini jadi penyebab alasan Chery menerapkannya pada Omoda E5.

Nah, Anda mau tahu apa saja keunggulan baterai LFP yang dipakai Chery Omoda E5, berikut ulasannya.

Baca juga: Daftar Mobil Listrik di Indonesia yang Enggan Pakai Baterai Nikel, Keamanan Jadi Faktor Utama

1. Lebih Aman dari Panas

Rifkie menyebutkan jika baterai LFP tahan panas dan tidak mudah meledak. 

Baterai ini juga tahan terhadap tusukan benda tajam dan lebih stabil jika terkena suhu panas.

2. Aman Meski Lewati Banjir

Seperti diketahui sejumlah wilayah Indonesia jika turun hujan, maka kerap mengalami genangan air yang cukup tinggi atau banjir. 

Akan tetapi Chery mengklaim bahwa Omoda E5 aman saat melewati banjir hingga ketinggian 45 cm di musim hujan.

Dengan ground clearance mencapai 190 mm, Omoda E5 dan plat baja yang kuat untuk melindungi baterai dari benturan keras.

3. Bisa Menempuh Jarak Lebih Jauh

Baterai LFP yang digunakan Chery Omoda E5 diketahui berkapasitas 61 kWh. 

Nah, daya baterai tersebut, mobil listrik ini dapat menempuh jarak hingga 430 km dengan metode Worldwide harmonized Light Vehicles Test Procedure (WLTP) dan 505 km dengan metode New European Driving Cycle (NEDC) untuk satu kali pengisian penuh baterai.

4. Cocok untuk Fitur Fast Charging

Penggunaan baterai LFP pada Chery Omoda E5 sangat cocok jika digunakan dengan fitur Fast Charging. 

Menurut catatan Chery, untuk mengisi daya baterai dari 30 persen hingga 80 persen, maka hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit.

5. Berbagai Kelebihan Lainnya

Baterai LFP juga memiliki keunggulan lain, seperti pelepasan panas yang lambat, produksi panas yang rendah, suhu awal tinggi untuk reaksi eksotermik, dan kemampuan untuk tidak melepaskan oksigen saat rusak. 

Semua keunggulan ini menjadikan baterai LFP Chery OMODA E5 sebagai pilihan yang tepat bagi konsumen yang mencari mobil listrik yang aman, efisien, dan tahan lama.

Sekadar informasi, pemilihan jenis baterai untuk mobil listrik sempat jadi bahan perbincangan pasca debat calon wakil presiden beberapa waktu lalu. 

Kala itu, Cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka berdebat dengan Cawapres 01, mengenai pembahasan baterai nikel untuk kendaraan listrik.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Chery Omoda 5

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Chery Omoda 5 GT Jauh Lebih Bertenaga dari HR-V Turbo, Harganya Masih Masuk Akal?

Mobil Listrik China Jadi Banyak Banget!

Lima Amunisi Chery Omoda 5 Buat Lawan HR-V! | First Look

First Drive Chery Omoda 5, Si Pesaing Honda HR-V dan Hyundai Creta

Toyota Hilux Rangga 2024 yang sudah lama dinanti sejak GIIAS tahun lalu, ternyata tak kunjung diluncurkan oleh PT Toyota Motor Indonesia (TAM) di awal 2024. Bahkan pada acara Toyota Media Gathering hari ini, Jumat (02/02/2024), perdiksi sejumlah jurnalis akan jadi ajang peluncuran Toyota Hilux Rangga 2024 pun kandas. TAM hanya menampilkan dua produk barunya, meskipun sama-sama di segmen kendaraan komersial, namun tipenya Toyota Hilux Double Cabin 4x4 terbaru. "Tenang saja, Rangga tetap dalam per
Mobil baru di Indonesia pada bulan pembuka tahun 2024 diisi oleh hadirnya gerombolan mobil listrik BYD. Melalui PT BYD Motor Indonesia, pabrikan yang namanya singkatan dari Build Your Dreams itu langsung merilis tiga mobil listrik sekaligus, yakni BYD Dolphin, BYD Atto 3, dan BYD Seal. BYD Dolphin diposisikan sebagai kendaraan listrik berbasis baterai (BEV) untuk segmen hatchback yang sepertinya belum ada pemain di kelas tersebut untuk pasar Indonesia. Kemudian BYD Atto 3 adalah BEV berjenis SUV
Varian Suzuki Ertiga dihadirkan dalam beberapa tipe untuk menyesuaikan selera dan budget calon konsumennya. Startegi ini pun ternyata cukup sukses, mengingat varian Suzuki Ertiga tipe paling bawah juga banyak dibeli terutama dari kalangan perusahaan (fleet) sebagai armada kegiatan usaha mereka. Sedikit kilas balik tentang sejarah Suzuki Ertiga, rival utama Avanza di segmen Low MPV ini pertama kali diperkenalkan pada 19 April 2018 di ajang pagelaran otomotif Indonesia International Motor Show (II
Bicara mobil Toyota bekas seharga LCGC baru tentu ada banyak pilihannya. Mulai dari city car, sedan, MPV hingga SUV pabrikan tiga oval seken seharga LCGC baru ini bisa kalian pilih sesuai keinginan dan kebutuhan. Umumnya harga baru mobil baru jenis LCGC kini dikisaran angka Rp150 juta hingga Rp190 jutaan. Mengetahui apa saja model mobil Toyota bekas seharga LCGC baru, berikut pilihannya Pilihan Mobil Toyota Bekas Seharga LCGC Baru 1. Toyota Fortuner 2005-2009 Pilihan pertama mobil Toyota bekas d
Di tengah permasalahan skandal yang mendera, raksasa otomotif asal Jepang, Toyota Group, kembali dinobatkan sebagai merek mobil terlaris di dunia sepanjang tahun 2023. Bagaimana tidak, sepanjang Januari-Desember 2023 penjualan Toyota di pasar otomotif global tembus diangka 11.233.039 unit. Penjualan Toyota Group diketahui meningkat 7,2 persen dibandingkan periode 2022, dan menjadikan memecahkan penjualan terlaris di dunia sejak tahun 2019. Baca juga: 5 Catatan Unik dari Dunia Otomotif, Ada Mobil

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 161,50 - 181,10 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
BYD

BYD ATTO 3

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Neta

Neta V

Rp 379,00 Milyar

Lihat Mobil
DFSK

DFSK Seres E1

Rp 189,00 - 219,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Neta

Neta S

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Maxus

Maxus Mifa

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Toyota

Toyota GR Corolla

Belum Tersedia

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Chery Omoda 5
Lihat