Toyota Hilux Rangga 2024 Dipastikan Tidak Sama dengan Thailand

Bahkan pada acara Toyota Media Gathering hari ini, Jumat (02/02/2024), perdiksi sejumlah jurnalis akan jadi ajang peluncuran Toyota Hilux Rangga 2024 pun kandas.

TAM hanya menampilkan dua produk barunya, meskipun sama-sama di segmen kendaraan komersial, namun tipenya Toyota Hilux Double Cabin 4x4 terbaru.

"Tenang saja, Rangga tetap dalam persiapan kita, karena ini segmennya berbeda dari Hilux yang sudah ada, jadi kami masih perlu mendapatkan saran dan masukan dari konsumen yang lebih banyak laghi," ujar Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director TAM, dalam pemaparannya.

Ia juga berujar, meski pick up single cabin Toyota tersebut sudah rilis lebih dulu di Thailand, namun untuk pasar Indonesia ada beberapa persiapan yang harus dimatangkan lagi.

Peluncuran Toyota Hilux Rangga 2024 Mundur Lagi?

Hilux Rangga saat tampil di GIIAS Bandung 2023

Ketika didesak apa penyebab jadwal peluncuran Hilux Rangga seakan mundur terus, Anton menyebut kalau semuanya kembali pada persiapan yang tengah dijalani oleh TAM.

Menurutnya, untuk model Hilux lain, selama ini sudah diterima oleh pasar dan menjadi market leader, namun untuk Rangga akan memasuki satu pasar yang cukup berbeda dibanding lini Toyota Hilux lainnya.

"Banyak hal yang ternyata kita perlu persiapakn, tapi kita harapkan persiapan ini sudah semuanya dengan cepat karena kita mau tetap meluncurkannya di tahun ini," sebut Anton.

Kata dia, Rangga nantinya tetap akan menjadi keluarga dari lini produk Toyota Hilux, namun posisinya akan ada di bawah Hilux Single Cabin yang ada sekarang, serta secara harga lebih kompetitif dibanding Hilux yang ada sekarang.

"Semacam penggantinya Kijang pickup yang habis di 2006, dan saat itu kita ganti dengan Hilux, tapi ini tidak bisa menggantikan Kijang Pickup karena kita tau itu legenda pickup di Indonesia," kata Anton.

Baca juga: Toyota Hilux Berbahan Bakar Minyak Jelantah Ini Bakal Balapan di Reli Dakar 2024

Bukan Pakai Toyota Hilux Champ di Thailand

Toyota Hilux Champ

Walau di negara tetangga model yang mirip dengan Hilux Rangga sudah mulai beredar dan dinamai Hilux Champ, tetapi Anton menegaskan jika unit yang akan dipasarkan di Indonesia nantinya akan berbeda.

"Tapi permasalahannya tidak mudah memindahkan unit dari Hilux Champ menjadi Hilux Rangga. Harus ada perbedaannya, dari sisi produk, fitur, ekosistem, dan sebagainya yang harus menyesuaikan dengan Indonesia," kata dia.

Disebutkan Anton, di Thailand Hilux Champ lebih banyak digunakan sebagai kendaraan komersial untuk konsumen semi private atau private. 

Tapi di Indonesia mobil seperti Rangga akan digunakan hampir sepenuhnya sebagai kendaraan komersial perusahaan atau para pelaku UMKM, disinilah yang kata Anton butuh banyak penyesuaian.

"Jadi kebutuhannya berbeda sehingga kita butuh waktu entah itu untuk penyesuaian produk, mempersiapkan ekosistemnya, mempersiapkan paket kredit, dan kita harus mengkomunikasikan produk ini dengan semua pihak," jelas dia.

Peluncuran Hilux Champ di Thailand

Dari berbagai persiapan tersebut, kata Anton, antara lain juga mencangkup mengenai ketersediaan dan distribusi spare part baik yang genuine parts di bengkel resmi atau ketersediaan di toko sparepart.

Toyota juga sudah memikirkan untuk menyediakan suku cadang versi aftermarketnya yang akan didistribusikan ke seluruh pelosok Nusantara, karena konsumen mobil pikap seperti ini tidak semua melakukan servis di bengkel resmi.

Pria berkacamata ini juga menjelaskan, kalau ada beberapa gambar beredar di lini media sosial seperti Facebook atau Instagram yang memperlihatkan Hilux Rangga lagi dibawa di atas truk Car Carrier, sebenarnya itu bukan mobil untuk di launching.

"Itu mobil dari Thailand untuk kita lakukan studi disini, buat dibawa tes keliling Indonesia sekaligus diskusi dengan calon konsumen potensial, untuk kita dapat masukan lebih banyak apa saja yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan disini. Karena kalau menjelaskan soal mobil komersial tidak bisa cuma pakai gambar, harus ada mobilnya mereka harus coba dulu," sebut Anton.

Lantas apakah Toyota Hilux Rangga 2024 akan diproduksi di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat atau impor dari Thailand oleh Toyota Motor Thailand Co., Ltd. (TMT) yang diproduksi di pabrik Samrong?

Saat ditanyakan soal hal ini, Anton langsung buru-buru mengelak untuk menjawab, "Saya belum bisa komentar untuk produksinya dimana," tukasnya.

Baca juga: Masalah Toyota Kijang Innova Diesel yang Dikeluhkan Pemiliknya, Perhatikan Sebelum Memutuskan Membeli

Toyota Hilux Rangga 2024 Ada Varian Mesin Bensin dan Diesel

Akan ada varian mesin bensin dan diesel

Toyota Hilux Rangga 2024 dibangun berdasarkan platform IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicle) sama seperti yang digunakan Kijang Innova, Hilux, dan Fortuner.

Pickup single cabin ini hadir dalam varian mesin bensin 2.0-liter dan mesin diesel 2.4-liter.

Untuk varian Hilux Rangga bensin dibenamkan mesin berkodekan 1TR-FE 1.998 cc  4 silinder 16 valve dengan teknologi DOHC Dual VVT-i.

Jantung pacunya diklaim sanggup menghasilkan tenaga puncak sebesar 139 PS di 5.600 rpm dengan torsi maksimum 183 Nm pada 4.000 rpm.

Sekedar informasi, mesin yang sama juga juga digunakan pada Hilux single cab, dan Kijang Innova generasi pertama hingga generasi kedua.

Adapun untuk Hilux Rangga diesel disematkan mesin dengan kode 2GD-FTV berkapasitas 2.393 cc 4 silinder 16 valve dengan tambahan teknologi DOHC dan VNT Intercooler.

Kapasitas baknya cukup lebar

Di atas kertas mesin yang turut digunakan Innova Reborn, Fortuner 2.4 dan Hilux 2.4 ini mampu memproduksi daya maksimum 150 PS di 3.400 rpm dan torsi mencapai 343 Nm pada putaran 1.200 – 2.600 rpm.

Total ada lima varian Toyota Hilux Rangga 2024 yang kabarnya akan disodorkan TAM melalui jaringan dealernya se-Indonesia.

Kelimanya adalah Rangga tipe Standard Gasoline 2.0 M/T, Standard Diesel 2.4 M/T, High Gasoline 2.0 M/T, High Diesel 2.4 M/T, dan High Diesel 2.4 A/T sebagai tipe tertingginya.

Untuk varian flagship sudah dilengkapi fitur-fitur kekinian layaknya mobil penumpang terbaru keluaran Toyota.

Mulai dari lampu depan sudah menggunakan LED, kemudian guna menunjang kenyamanan selama berkendara, di dalam untuk joknya tipe ini dibuat terpisah antara pengemudi dan penumpang, dan joknya pun sudah dilengkapi head rest dengan pengaturan adjustable.

Interior Hilux Rangga varian tertinggi

Kemudian di bagian dasbor, kisi-kisi AC, serta trim pintu pada tipe tetinggi ini juga sudah diberi tambahan ornamen warna oranye yang membuatnya terlihat lebih sporty dan mewah.

Untuk menambah kenyamanan pengemudi dan penumpang, disematkan juga headunit monitor dengan menggunakan Premium Audio, dan Power Steering.

Untuk perangkat keselamatan aktif dan pasifnya juga cukup lengkap, seperti keberadaan Airbag untuk pengemudi serta Anti-lock Braking System (ABS).

Nah kalau mau Hilux Rangga untuk kebutuhan kendaraan penunjang kegiatan usaha Anda, bisa juga pilih tipe Standard yang hadir dengan varian pick up dengan bukaan bak 1 Way atau 3 Way, serta opsi mobil box atau Cooling Box.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Hilux

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Memperkenalkan New Toyota Hilux - Apakah Anda Cukup Tangguh?

2021 Toyota Hilux Titan Bronze metallic body colour || Design & Interior

ALL NEW 2021 HILUX Toyota POWERFUL & AESTHETIC!

NEW DESIGN! 2021 HILUX Toyota

ALL NEW 2021 TOYOTA HILUX Facelift

Morris Garages (MG) Motor Indonesia bakal ikut serta meramaikan ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, dengan menghadirkan produk terbarunya yang digadang-gadang merupakan mobil listrik MG Maxus 9. Diketahui sebelumnya MG Motor Indonesia tidak hanya fokus pada mobil ICE (Internal Combustion Engine), secara lini bisnis juga fokus terhadap perkembangan serta kemajuan mobil listrik di Tanah Air. Diketahui sebelumnya pabrikan otomotif jenama asal Tiongkok berdarah Inggris tersebut tel
Toyota Hilux Rangga 2024 yang sudah lama dinanti sejak GIIAS tahun lalu, ternyata tak kunjung diluncurkan oleh PT Toyota Motor Indonesia (TAM) di awal 2024. Bahkan pada acara Toyota Media Gathering hari ini, Jumat (02/02/2024), perdiksi sejumlah jurnalis akan jadi ajang peluncuran Toyota Hilux Rangga 2024 pun kandas. TAM hanya menampilkan dua produk barunya, meskipun sama-sama di segmen kendaraan komersial, namun tipenya Toyota Hilux Double Cabin 4x4 terbaru. "Tenang saja, Rangga tetap dalam per
Mobil baru di Indonesia pada bulan pembuka tahun 2024 diisi oleh hadirnya gerombolan mobil listrik BYD. Melalui PT BYD Motor Indonesia, pabrikan yang namanya singkatan dari Build Your Dreams itu langsung merilis tiga mobil listrik sekaligus, yakni BYD Dolphin, BYD Atto 3, dan BYD Seal. BYD Dolphin diposisikan sebagai kendaraan listrik berbasis baterai (BEV) untuk segmen hatchback yang sepertinya belum ada pemain di kelas tersebut untuk pasar Indonesia. Kemudian BYD Atto 3 adalah BEV berjenis SUV
Varian Suzuki Ertiga dihadirkan dalam beberapa tipe untuk menyesuaikan selera dan budget calon konsumennya. Startegi ini pun ternyata cukup sukses, mengingat varian Suzuki Ertiga tipe paling bawah juga banyak dibeli terutama dari kalangan perusahaan (fleet) sebagai armada kegiatan usaha mereka. Sedikit kilas balik tentang sejarah Suzuki Ertiga, rival utama Avanza di segmen Low MPV ini pertama kali diperkenalkan pada 19 April 2018 di ajang pagelaran otomotif Indonesia International Motor Show (II
Bicara mobil Toyota bekas seharga LCGC baru tentu ada banyak pilihannya. Mulai dari city car, sedan, MPV hingga SUV pabrikan tiga oval seken seharga LCGC baru ini bisa kalian pilih sesuai keinginan dan kebutuhan. Umumnya harga baru mobil baru jenis LCGC kini dikisaran angka Rp150 juta hingga Rp190 jutaan. Mengetahui apa saja model mobil Toyota bekas seharga LCGC baru, berikut pilihannya Pilihan Mobil Toyota Bekas Seharga LCGC Baru 1. Toyota Fortuner 2005-2009 Pilihan pertama mobil Toyota bekas d

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 161,50 - 181,10 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
BYD

BYD ATTO 3

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Neta

Neta V

Rp 379,00 Milyar

Lihat Mobil
DFSK

DFSK Seres E1

Rp 189,00 - 219,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Neta

Neta S

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Maxus

Maxus Mifa

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Toyota

Toyota GR Corolla

Belum Tersedia

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Hilux
Lihat