Uno dibangun sebagai pengganti model 127, dan berkat kesuksesan besar, itu dianggap Juruselamat Fiat. Pada 1983, Fiat sudah dalam situasi keuangan yang buruk. Modelnya tidak menarik seperti sebelumnya, dan merek-merek Jerman semakin banyak dan lebih banyak pangsa pasar. Perusahaan-perusahaan Prancis juga lebih kuat dan membuat perjuangan Fiat untuk sepotong pasar. Ritmo-nya, Argenta, dan 127 tidak bisa mengikuti persaingan. Kemudian, pembuat mobil itu meminta Giugiaro untuk membuat mobil baru untuk mereka, dan hasilnya adalah UNO. Dengan desainnya yang sederhana, tetapi tidak membosankan, UNO memenangkan pelanggan. Permukaan rata berarti bahwa itu murah untuk dibangun, dan isyarat desain cerdas membuatnya menjadi favorit di pasar. Lampu depannya, grille datar, dan panel lurus mudah dimengerti. Mobil menawarkan ingress dan jalan keluar yang lebih baik untuk penumpang depan dalam versi tiga pintu, sementara pilar ramping membuatnya mudah untuk dikendarai, menawarkan visibilitas all-around yang sangat baik. Di dalam, fiat mencoba menjaga hal-hal sederhana. Dasbor yang tampak kuadrat dengan ventilasi di tengah dan area penyimpanan yang luas di atas panel ramah pengguna, belum lagi asbak yang sangat mudah dijangkau. Kembali di tahun 80-an, merokok adalah perilaku umum, dan menyembunyikan bahwa fitur di bagian bawah stack tengah bukanlah ide yang baik. Versi tiga pintu adalah yang paling terjangkau jika dilengkapi dengan versi mesin dasar. Fiat memasang mesin turbocharged untuk versi paling kuat, Uno Turbo, yang menyediakan 105 hp pada akhir skala.