Rp 138,85 - 156,40TBC Juta

Harga di Indonesia

Toyota Calya Spesifikasi
SegmenSegmen B
Tipe bodiMPV
Jenis penggerakFWD
Kapasitas mesin1.2L
Tenaga88PS
Tempat Duduk7

Toyota Calya Daftar Harga Varian Mobil

Wajib Baca

Kelebihan

  • Harga Terjangkau

  • Memiliki Head Unit Layar Sentuh Dengan Berbagai Fitur

  • Setir Multifungsi, Lebih Mudah Mengatur Audio

  • Hemat Bahan Bakar

  • Kabin Lebih Luas

  • Dilengkapi Berbagai Fitur Keselamatan

Kekurangan

  • Belum Memiliki AC Double Blower

  • Setir Hanya Berteknologi Tilt, Kurang Fleksibel

  • Mesin Kurang Bertenaga

Toyota Calya Gambar

Eksterior

Interior

Toyota Calya Ulasan

  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur
  • Mesin dan Performa
  • Kesimpulan
  • Overview

    Toyota Calya dikembangkan bersama Daihatsu Sigra sebagai mobil Low Cost Green Car (LCGC) di Indonesia. Inilah yang membuat harganya sangat terjangkau, namun tetap menawarkan kabin yang lapang. Harga Toyota Calya terbaru 2020 mulai dari Rp147 jutaan untuk Toyota Calya E MT yang menjadi varian terendah, serta varian tertinggi dihargai Rp165 jutaan untuk Toyota Calya G AT.

    Sama seperti kembarannya, MPV kompak Toyota Calya debut tahun 2016 dan mengalami sedikit penyegaran pada 16 September 2019 silam. Meskipun produk Toyota, tapi mobil MPV Segmen A ini diproduksi di pabrik Astra Daihatsu Motor di Karang, Jawa Barat. Berbeda dengan Sigra, Calya hanya mendapatkan satu pilihan mesin, yaitu 3NR-VE 1.2L 4-silinder dengan bahan bakar bensin dan teknologi DOHC dan Dual VVT-i.

    Saat ini, Avanza sudah memasuki generasi kedua dan dengan harga yang menembus Rp 200 juta-an. Alhasil, Toyota menghadirkan MPV 7-seater yang lebih murah dan kompak dibandingkan Avanza.

    Daftar harga Toyota Calya :

    Tipe Harga 
    Toyota Calya E M/T Rp 147.350.000 
    New Calya G M/T  Rp 153.650.000 
    New Calya G A/T   Rp 165.850.000

    Spesifiksi Toyota Calya :

    Mesin Toyota Calya 
    Tipe Mesin  3NR-VE 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i
    Kapasitas Silinder  1.197 cc
    Tenaga Maksimal 88 PS @ 6.000 rpm
    Torsi Maksimal 107 Nm @ 4.200 rpm
    Akselerasi 0-100 km/jam 12,5 detik
    Konsumsi bahan bakar  14 km/liter (dalam kota) 20 km/liter (jalan tol)
    Transmisi  5-Speed Manual & 4-Speed Automatic
    Sistem Penggerak Front-wheel Drive
    Dimensi Toyota Calya
    Wheelbase 2.525 mm
    Radius Putar 4,5 m
    Kaki-kaki dan Suspensi Toyota Calya
    Suspensi Depan/Belakang  MacPherson Strut with Coil Spring & Stabilizer / Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring & Stabilizer
    Rem Depan/Belakang Ventilated Disc Brake / Drum, Leading - Trailing / Mekanis pada Roda Belakang
    Pelek  R14 Dual-tone Polished Alloy
    Ukuran Ban 175/65 R14


    Toyota Calya dan saudraya, Daihatsu Sigra hadir berkat inisiasi PT Toyota Astra Motor dengan PT Astra Daihatsu Motor yang menghadirkan alterntif lebih murah dari MPV 7-Seater populer seperti Avanza dan Xenia.

    Daihatsu memamerkan mobil konsep UFC-3 di IIMS 2014, yang digadang gadang jadi basis LMPV 7-Seater yang lebih murah dari Avanza-Xenia. Dua tahun berselang, tepatnya pada GIIAS 2016, Toyota Calya dan Daihtsu Sigra resmi diperkenalkan ke publik.

    Toyota Calya pun cukup diminati dengan dimensi yang sangat kompak, mesin yang irit bbm, serta kemampuan mengangkut 7 penumpang. Ya, pada dasarnya Calya dan Sigra adalah LCGC versi 7-Seater sebagai alternatif Avanza-Xenia.

    Setelah tiga tahun, Toyota Calya mendapatkan facelift yang diluncurkan pada September 2019. Ubahan yang didapat lumayan banyak, terutama bagian eksterior dan fitur yang kini semakin lengkap.

    Penasaran? Simak review Toyota New Calya 2020 yang telah disusun oleh redaksi AutoFun ini ya.

  • Eksterior

    Tampak Depan Bawah Toyota Calya

    Secara umum, ubahan paling dramatis di Toyota New Calya 2020 terdapat di fascia depan. Tampilannya serba baru, mulai dari bumper depan yang punya tampilan lebih agresif dikombinasikan gril depan baru yang cukup besar, sampai lampu depan yang sudah mengusung teknologi LED (Light Emitting Diode) dengan sinar yang putih dan cukup terang.

    Beralih ke samping, sepintas tidak ada ubahan signifikan di Toyota New Calya 2020. Paling cuma desain pelek 14 inci yang disegarkan saja, padahal untuk varian tertinggi spionnya sudah auto-retractable, cukup membantu ketika melewati jalanan sempit.

    Desain buritan Toyota Calya 2020 juga tidak mendapat makeover berat. Ya, paling cuma ornamen di atas dudukan pelat nomor yang berubah dari sebelumnya krom mengkilat jadi dark chrome yang lebih elegan, secara ukuran pun kini lebih besar dan memanjang.

  • Interior

    Dashboard Calya

    Beralih ke dalam, secara umum layout interior Toyota New Calya 2020 tidak berbeda jauh dari model pre-facelift. Paling hanya permainan warna yang kini jadi coklat gelap dari sebelumnya krem, dan juga fitur hiburan dan kepkraktisan yang semakin mumpuni.

    Kita mulai dari depan, layout dasbor Toyota Calya facelift dengan model pre-facelift tidak mendapat ubahan signifikan. Tapi bukan berarti minim hal baru, untuk tipe G terdapat console multifungsi di bawah tuas transmisi.

    Head-unit Toyota New Calya 2020 juga sudah lebih modern dengan layar sentuh yang hadir dengan fitur kekinian seperti USB, DVD, Bluetooth, dan AUX in. Satu lagi, tombol pengatur AC juga berubah jadi model knob yang lebih modern, tidak lagi model kompor gas.

    Salah satu daya tarik dari Toyota Calya adalah kursi yang cukup nyaman di kelasnya, serta kemampuan mengangkut 7 penumpang, kelebihan ini dipertahankan di New Calya 2020. 

    Semua kursi sudah dilengkapi headrest dan sabuk pengaman 3 point, namun desain kursi baris depan masih menyatu, atau biasa disebut model pocong yang tidak terlalu ergonomis.

    Selain kenyamanan, kepraktisan kabin Toyota Calya juga cukup baik. Khusus untuk Toyota Calya tipe G, Anda mendapatkan seat back pocket yang praktis untuk menaruh barang-barang tertentu. Sementara itu di bawah kursi penumpang depan tersedia under tray yang bisa menaruh barang bawaan dengan kapasitas maksimal 2 kg. 

  • Fitur

    Meski ditawarkan dengan harga tak lebih dari Rp 150 juta, Toyota Calya punya fitur keselamatan yang cukup lengkap. Untuk fitur keamanan pasif, hadir dual-SRS airbag, sabuk pengaman tiga titik dengan pretensioner & force limiter, dan ISOFIX.

    Fitur keselamatan yang lebih canggih seperti Anti-lock Braking System dan Electronic Brake-Force Distribution (EBD). Selain itu, hadir juga rear parking sensor yang memudahkan parkir dengan sensor di bumper belakang mobil.

    Keamanan mobil juga terjaga berkat fitur Immobilizer key dengan remote untuk mencegah mobil dari tindakan pencurian.

  • Mesin dan Performa

    Berbeda dari Sigra yang hadir dengan dua varian mesin, Toyota Calya 2020 cuma dibekali satu pilihan powertrain. Sebuah mesin iline-4 1.197 cc Dual VVT-I berkode 3NR-VE yang menghasilkan tenaga 88 PS di 6.000 rpm dan torsi puncak 108 Nm di 4.200 rpm.

    Mesin ini dihubungkan dengan dua pilihan transmisi, yakni otomatis 4-percepatan khusus varian G dan manual 5-percepatan yang hadir di varian E dan G.

    Performa dan Handling

    Toyota Calya menggunakan mesin 3NR-FE 1.2L Dual VVT-i Inline-4, secara performa sih tidak spesial-spesial amat. Akselerasi 0-100 tuntas dalam waktu 12,5 detik, tidak terlalu buruk meski sama sekali tidak impresif. 

    Yang menarik justru dari segi handling, di mana mobil terasa cukup stabil saat dipacu dengan kecepatan di atas 100 km/jam. Bisa dibilang ini adalah imbas penggunaan sasis monokok serta double stabilizer di depan dan belakang.

    Dilengkapi Electronic Power steering, setir Toyota Calya sangat ringan dalam kecepatan rendah yang memudahkan manuver di jalan sempit, atau saat parkir. Namun ketika dipacu lebih kencang, karater setirnya berubah lebih berat.

    Pada model pre-facelift, Toyota Calya punya kelemahan yakni mudah amblas mobil terisi tujuh penumpang. Untuk mengatasinya, per belakang diganti dengan yang lebih kaku agar mobil tak mudah amblas.

    Konsumsi BBM

    Konsumsi BBM ToyotaCalya cukup irit, menurut MID tercatat rata-rata konsumsi bahan bakar berada di 16 km/l dengan rute kombinasi jalan tol, macet dan tanjakan dengan gaya mengemudi yang cukup agresif.

    Jika gaya bawanya diubah menjadi eco-driving, rute yang sama bisa mencatatkan konsumsi bbm 19 km/l. Dengan konsumsi pemakaian dalam kota berkisar di 13 km/l dan konsumsi jalan tol menyentuh 20 km/l.

  • Kesimpulan

    Facelift yang didapat Toyota Calya terbaru makin mengukuhkan posisinya sebagai alternatif MPV 7-Seater dari Toyota Avanza yang harganya semakin mahal.

    Hadir dengan fitur cukup lengkap dan mumpuni, konsumsi bbm yang impresif, serta kemampuan mengangkut tujuh penumpang secara layak jadi daya tarik Calya untuk bertarung di kelas entry level LMPV. 

Toyota Calya FAQ

  • Apakah Toyota Calya tersedia di Telescopic steering?

    • Alysha R

      Alysha R

      Tidak, Toyota Calya tidak tersedia di Telescopic steering.

  • Apakah Toyota Calya memiliki Airbag sisi depan / belakang?

    • Abhijit S

      Abhijit S

      Tidak, Toyota Calya tidak memiliki Airbag sisi depan / belakang.

  • Apa Model dari Toyota Calya?

    • Carolyn...

      Carolyn...

      Berikut adalah Model dan varian Toyota Calya:

      VarianToyota Calya E MTToyota Calya G MTToyota Calya G AT
      ModelToyota CalyaToyota CalyaToyota Calya

Model Populer

VS