Honda Brio

Rp 147,00 - 199,50 TBC Juta
  • Hatchback Tipe bodi
  • 1.2 L Kapasitas mesin
  • FWD Jenis penggerak
  • 89 PS Tenaga
Cek Specs

Honda Brio Varian

2019 | 1.2 L | -
Satya S

Rp 147,00Juta

Rp 3,35Juta/pembayaran

Satya E

Rp 155,50Juta

Rp 3,55Juta/pembayaran

Satya E CVT

Rp 171,00Juta

Rp 3,90Juta/pembayaran

RS

Rp 184,00Juta

Rp 4,20Juta/pembayaran

RS CVT

Rp 199,50Juta

Rp 4,55Juta/pembayaran

lebih

Specs Utama dari Honda Brio

Segmen Segmen A
Tipe bodi Hatchback
Jenis penggerak FWD
Kapasitas mesin 1.2 L
Tenaga 89 PS
Tempat Duduk 5
Lihat Specs Honda Brio

Review Honda Brio

  • Overview

    Honda Brio Satya 2020 menjadi salah satu mobil Low Cost Green Car (LCGC) terpopuler yang tersedia di pasar mobil bekas Tanah Air. Harganya yang terjangkau serta tampilannya yang sporty membuat mobil ini menjadi pilihan mobil pertama yang ramah lingkungan.
    Di Indonesia, Honda Brio hadir dalam dua model, Honda Brio Satya dan Honda Brio RS. Dan kali ini kita akan melihat apa saja yang ditawarkan oleh Honda Brio Satya 2020 dibandingkan dengan Honda Brio RS yang memiliki harga yang lebih tinggi (mulai dari Rp184 jutaan).

    Harga

    Tipe Harga
    Honda Brio Satya E M/T Rp 146.000.000
    Honda Brio Satya E CVT Rp 154.700.000
    Honda Brio Satya S M/T Rp 170.100.000

    Specs

    Mesin
    Tipe L12 B 1.2L SOHC 4-silinder segaris i-VTEC + DBW
    Isi Silinder 1.199 cc
    Tenaga Maksimum 88.5 dk @ 6.000 rpm
    Torsi Maksimum 110 Nm @ 4.800 rpm
    Transmisi Manual 5-percepatan dan CVT otomatis
    Sistem Penggerak Front-wheel-drive
    Dimensi
    P x L x T 3.185 x 1.680 x 1.485 mm
    Jarak Poros Roda 2.405 mm
    Kaki-Kaki dan Suspensi
    Suspensi Depan MacPherson Strut
    Suspensi Belakang H-Shpae Torsion Beam
    Rem Depan/ Belakang Ventilated Disc/ Drum
    Velg Allow 14 inci


    Sejarah

    Honda Brio bisa dibilang sebagai motor kesuksesan Honda selama beberapa tahun terakhir. Desainnya yang menawan ditambah harga yang terjangkau sebagai salah satu mobil LCGC membuat penjualannya tetap stabil selama beberapa tahun belakangan.

    Awalnya, Honda Brio pertama kali diperkenalkan pada Agustus 2012 untuk dipasarkan setahun setelahnya, kehadirannya menjawab kebutuhan konsumen Tanah Air yang menginginkan mobil murah dengan fitur yang tak murahan.

    Generasi pertama Brio ditawarkan dengan 6 level trim, Satya A, Satya S, Satya E, S, dan E yang dibuat secara lokal dengan mesin 1.2L. Sedangkan Brio Sport diimpor langsung dari Thailand berbekal mesin 1.3L. Namun penjualannya dihentikan pada Desember 2013.

    Brio di pasar Indonesia menerima facelift pada April 2016 di gelaran Indonesia International Motor Show. Ubahan terbaru mencakup fasia depan, lampu belakang, desain dashboard, transmisi CVT baru, serta trim Brio RS sebagai varian tertinggi.

    Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 menjadi tempat peluncuran generasi kedua mobil ini. Menggunakan platform yang sama dengan model generasi pertama, ubahan yang diberikan seperti grille, bagasi, serta tampilan baru lampu depan dan belakang.

    Penjualannya terus meningkat, dengan 70.344 unit terjual tahun lalu. Saat ini, Brio menjadi satu diantara produksi Honda di Indonesia yang diekspor ke luar negeri. Tercatat pemasaran Honda Brio di ASEAN, termasuk Vietnam dan Thailand dikirim dari Indonesia.

  • Eksterior


    Secara umum, tidak ada berbedaan berarti pada eksterior Brio Satya dengan Brio RS. Desain luarnya juga sekilas memiliki kesamaan dengan Honda Mobilio generasi terakhir. Namun ada beberapa pengurangan aksen yang diberikan pada Brio Satya.

    Contohnya saja Brio Satya S yang menjadi varian terendah hadir dengan wajah yang polos tanpa adanya lampu kabut. Namun tampilannya tetap sporty menggunakan desain grille solid wing face khas Honda dengan lampu depan DRL (Daytime Running Lights).

    Perbedaan antara Brio Satya dan RS terletak pada tipe pelek. Satya S hanya ditawarkan dengan pelek berbahan kaleng, Desain pelek antara Satya E dan Satya S juga berbeda, dimana tipe E terlihat lebih menarik dengan desain aerodinamis untuk membantu mengurangi hambatan udara selama berkendara.
    Beralih ke bagian belakang, tampilannya tetap menarik dengan antenna shark fin walaupun pintu belakang tidak dilengkapi dengan wiper belakang. Ada pula body spoiler dengan LED mount stop lamp sampai rear combination lamp.

    Sayang bagian bawah dari eksterior belakang Brio Satya E hanya dibuat polos mengikuti warna bodi. Berbeda dengan Brio RS yang sudah mendapatkan bumper garnish dengan aksen diffuser untuk tampilan yang lebih sporty.

  • Interior

     

    Mendapatkan pembaruan pada 2018 silam, Brio Satya masih mendapatkan tampilan kabin yang hampir sama dengan Brio paska facelift yang dibawa tahun 2016. Walaupun material kabin sebagian besar didominasi oleh material plastik, tentu saja untuk menekan harga yang ditawarkan.

    Tapi hal tersebut tak mengurangi desainnya yang menawan. Dashboard hadir dengan tema single tone berkelir hitam dihiasi aksen garis berwarna silver melintang. Tapi sedikit perbedaan terlihat ketika aksen silver dihilangkan pada Satya tipe E.

    Ada head unit 2DIN dengan fitur USB port, radio, yang bisa terkoneksi dengan iPhone dan iPod serta hands free telephone. Untuk memudahkan Anda selama berkendara, Brio juga sudah mendapatkan sistem pendingin AC Digital.

    Setir multi-fungsi untuk pengaturan audio dan telepon hand-free hanya tersedia pada Brio E yang lebih tinggi. Hanya saja kenyamanan berkendara berkurang dikarenakan Brio hanya memiliki pengaturan tilt, dan belum telescopic.

    Dimensi Brio Satya memang dibuat kompak, tetapi tak membuat ruang kursi belakang terbilang sempit. Memang tak terlalu lapang, tetapi bisa menampung hingga tiga orang dengan cukup nyaman. Meskipun di atas kerta, Honda Brio memang dipasarkan untuk lima tempat duduk.

    Konfigurasi dua baris tempat duduk dilapisi dengan bahan fabric serta dua headrest di kursi baris kedua. Ubahan yang baru diberikan dua tahun lalu yaitu head rest bisa diatur ketinggiannya sesuai selera.

    Dibandingkan generasi sebelumnya, ada ruang yang bisa Anda dapatkan untuk menyimpan barang-barang di belakang dengan tambahan panjang 60 mm. Cukup untuk membawa tas maupun sepatu. Walalu memang tidak bisa dibandingkan dengan SUV maupun segmen MPV.

  • Fitur Keselamatan


    Sistem keselamatan yang diberikan memang tak selengkap mobil lainnya yang lebih mahal. Tetapi varian terendah Brio Satya S sudah mendapatkan Dual Front SRS Airbags dan struktur rangka bodi G-CON + ACE sebagai sistem keselamatan pertama selama berkendara.

    Brio Satya juga sudah mendapatkan fitur keselamatan yang cukup mumpuni pada segmennya. Fitur keselamatan aktif yang bisa Anda dapatkan yaitu sistem pengereman Anti-Lock Braking System dengan Electronic Brake Distribution (EBD).

    Baru pada Satya E M/T dan CVT Anda bisa mendapatkan door lock otomatis serta sistem alarm dan keyless entry. Anda juga mendapatkan seatbelt reminder untuk pengemudi dan pretensioner pada kursi baris kedua.

  • Mesin dan Performa


    Mesin

    Honda Brio memang dipasarkan sebagai mobil perkotaan. Karena itu mesin yang digunakan tak terlalu besar. Brio Satya masih menggunakan mesin 1.2L 4-silinder i-VTEC yang menawarkan bahan bakar yang irit serta pengalamanan berkendara yang menyenangkan khas Honda.

    Performa juga cukup mumpuni, dengan keluaran tenaga maksimal mencapai 88.5 daya kuda serta torsi maksimal 110 Nm. Dipadukan dengan dua pilihan transmisi, yaitu 5-percepatan manual dan transmisi otomatis CVT untuk Brio E. Tenaga yang sama dengan yang digunakan pada Brio RS.

    Performa dan handling

    Dimensi yang lebih besar dari generasi sebelumnya membuat All New Brio Satya memiliki bobot yang lebih berat. Tetapi penambahan berat tersebut memiliki keuntungan sendiri bagi mobil ini: pengendaraannya menjadi lebih stabil di jalanan.

    Transmisi manual memang lebih murah. Tetapi kombinasi transmisi CVT dan mesin 4-silinder membuat tarikan bawahnya responsif walaupun tidak begitu bertenaga. Tapi Honda membatasi kecepatan tertingginya secara elektronik menjadi 145 km/jam.

    Menyempurnakan pengendalian yang menyenangkan, Anda akan mendapatkan sistem kemudi Electric Steering System (ESP), suspensi depan MacPherson Strut dan belakang H-Shaped Torsion Beam, ada pegas stabilizer yang lebih besar guna memberikan pengendaraan yang lebih stabil.

    Jika melihat masalah handling, tak bisa disangkal bahwa Brios RS terbilang lebih presisi dibandingkan Brio Satya. Dimana RS mengandalkan ban Bridgestone Potenza yang lebih lebar dan lebih besar.

  • Kesimpulan

    Honda Brio Satya memang menjadi salah satu mobil murah untuk masyarakat perkotaan yang dinamis. Mengingat desainnya yang kompak dan harga yang terjangkau namun masih menghadikan fitur-fitur terbaru.

    Efisiensi bahan bakar cukup maksimal dengan mesin 1.2L yang ditawarkan. Tentu saja dengan tenaga dan akselerasi yang tak begitu kuat. Karena jika Anda menginginkan mobil yang lebih bertenaga, segmen SUV dan MPV bisa menjadi pilihan Anda.

    Tampilannya yang mungil memang berimbas pada ruang kepala dan ruang kaki yang tak terlalu lapang pada kursi baris kedua. Namun untuk Anda yang masih sendiri dan mencari mobil pertama untuk pemakaian sehari-hari, Honda Brio Satya 2020 patut jadi pertimbangan.

Bandingkan
0
Cari perbandingan (0/4)