Generasi kedua Navara datang dalam tiga desain kabin: sederhana, raja, dan ganda. Di pasar Eropa, namanya Navara, sementara di pasar lain mengenakan nama perbatasan. Generasi kedua Navara diluncurkan pada 2005 dan itu adalah model yang memulai perubahan menuju kendaraan rekreasi, bukan model utilitas yang kokoh seperti yang diketahui. Di beberapa pasar, Navara 2005 (D40) dijual secara paralel dengan versi yang lebih lama (D21) hingga penampilan generasi ketiga Navara pada tahun 2015. Versi King Cab dibangun dengan satu set setengah berengsel. pintu di belakang. Bahkan menampilkan dua kursi lipat kecil yang bisa digunakan dalam keadaan darurat. Itu bukan untuk penggunaan sehari-hari kecuali penghuni berukuran anak-anak atau anak-anak. Bagian depan mobil sama tetapi tempat tidur belakang lebih panjang dari pada versi double-cab. Panjangnya sudah cukup untuk mengakomodasi dua sepeda motor berdampingan atau ATV 4x4. Di dalam, Navara dilengkapi dengan fitur SUV seperti kontrol iklim otomatis, kursi kulit berpemanas, dan sistem navigasi. Itu bisa dilengkapi dengan kamera tampilan belakang juga. Tetapi pembuat mobil tidak terlalu memperhatikan keselamatan dan mobil itu menerima bintang yang memalukan dengan pemogokan dalam tes EuronCap. Setelah bekerja kembali darurat di mobil, itu bisa mengelola peringkat bintang 3 yang pitty. King Cab tersedia dengan sistem penggerak empat roda dan kotak transfer jarak rendah. Tergantung pada pasar, tersedia dengan berbagai pilihan bensin atau mesin diesel. Di Eropa, ada dua versi dengan 2,5 liter inline-empat atau 3,0 liter v6. Itu bisa membawa hingga satu ton (2204 lbs).