window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Tak rela menjadi Toyota Rush 2021 yang diganti logo, Daihatsu Terios 2021 mulai bangkit

Esther · 21 Des, 2020 12:00

Sama seperti mobil lainnya, Daihatsu Terios bukanlah langsung ada begitu saja dan memiliki nama yang terkenal seperti sekarang. Daihatsu juga harus berjalan selangkah demi selangkah untuk mendapatkan posisinya yang sekarang. Yuk, mari kita lihat gimana perkembangan Daihatsu Terios.

Tak rela menjadi Toyota Rush 2021 yang diganti logo, Daihatsu Terios 2021 mulai bangkit 01

Daihatsu Terios pertama kali muncul di Indonesia pada akhir tahun 2006. Bukan rahasia lagi kalau Daihatsu Terios memiliki kembaran yang berasal dari pabrikan otomotif yang namanya sudah tidak asing di telinga orang Indonesia, yakni Toyota Rush. Yah, Daihatsu dan Toyota Rush lahir dari hasil kolaborasi PT TAM (Toyota Astra Motor) dan PT ADM (Astra Daihatsu Motor).

Meskipun Daihatsu Terios merupakan hasil kolaborasi antara dua pabrikan otomotif Jepang, namun untuk urusan pengembangan produknya tetap diserahkan kepada Daihatsu. Kata ‘Terios’ memiliki arti ‘membuat mimpi menjadi kenyataan’, jadi Daihatsu mengembangkan mobil ini menjadi yang terdepan di kelasnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Bisa dikatakan Daihatsu Terios merupakan generasi penerus dari Taruna salah satu model Daihatsu di Indonesia, karena hadirnya Daihatsu Terios bertepatan dengan berakhirnya masa Daihatsu Taruna.

Daihatsu Terios merupakan salah satu mobil tipe SUV (Sport Utility Vehicle) yang ada di Indonesia dengan harga yang terjangkau dan memiliki tampilan yang gagah. Mobil ini juga menjadi salah satu mobil yang bersanding dengan mobil pabrikan otomotif lainnya, seperti Xenia dan Avanza.

Daihatsu menggarap Terios menjadi mobil keluarga yang membutuhkan kendaraan tangguh. Mobil Daihatsu Terios ini harus bisa untuk penggunaan keseharian dan bisa menampung banyak penumpang, dan bisa mengatasi semua masalah yang ada di jalan. 

Tak rela menjadi Toyota Rush 2021 yang diganti logo, Daihatsu Terios 2021 mulai bangkit 01

Mari kita melihat bagaimana perkembangan Daihatsu Terios, dimulai dari generasi pertamanya. Pada generasi pertama ini sebenarnya sudah ada di Jepang, namun diberikan dengan nama Daihatsu Be-Go yang diluncurkan pada bulan Januari tahun 2006. Kemudian setelah itu diekspor ke berbagai negara di Asia, Eropa, Oseania, Timur Tengah dan Amerika Selatan.

Daihatsu Terios dirancang untuk menyesuaikan kebutuhan pasar Indonesia. Perbedaan antara Daihatsu Terios dengan Daihatsu Be-Go adalah Terios memiliki ukuran bodi yang lebih panjang 14 cm daripada Be-Go. Hal berbeda lainnya adalah dikarenakan Daihatsu memiliki kapasitas 7 orang penumpang.

Dengan kapasitasnya yang terbilang banyak, Daihatsu Terios tentu saja memiliki dimensi kabin yang lebih lebar sehingga membuat penumpang di dalamnya merasa nyaman. Hal inilah yang membuat Daihatsu Terios lebih unggul dan banyak peminatnya.

Mobil Daihatsu Terios dibekali dengan mesin berkapasitas 1.5L 4 silinder, dengan pilihan transmisi otomatis empat percepatan dan transmisi manual lima percepatan. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 109 PS pada 6000 rpm dan torsi maksimal 14.4 kgm pada 4400 rpm. Mesin ini juga sangat efisiensi dalam menghemat bahan bakar dengan adanya teknologi Electronic Fuel Injection. 

Di Indonesia, Daihatsu Terios dipasarkan dalam tiga varian, yakni Daihatsu Terios TS, TX A/T, dan TX M/T. Tapi masih ada lagi, varian TS dipisahkan menjadi Standar dan Standar plus Extra. Kemudian varian TX dipilah lagi menjadi Standar, Elegant, dan Adventure yang masih dibagi dalam pilihan transmisi manual dan otomatis.

Tak rela menjadi Toyota Rush 2021 yang diganti logo, Daihatsu Terios 2021 mulai bangkit 02

Kemudian, perkembangan selanjutnya dari Daihatsu Terios adalah New Daihatsu Terios 2010. Yah, model facelift dari Terios 2010 ini hadir dengan konsep ‘Stylish and Adventure SUV’. Di mana semua bagian mobil mulai dari tampilan eksterior maupun interiornya mengalami perubahan yang semakin sporty.

Selain itu, mobil Daihatsu Terios ini juga mendapatkan penambahan dan penyempurnaan beberapa fitur untuk meningkatkan rasa kenyamanannya sebagai salah satu mobil SUV dengan 7-seater.

The New Daihatsu Terios 2010 hadir dalam 4 varian factory standard, yakni Daihatsu Terios TS M/T, TS A/T, TX M/T dan TX A/T, dengan 6 pilihan warna. Untuk aksesoris, disediakan paket Extra untuk variant TS dan Adventure TX.

Pada bagian eksterior, Daihatsu memberikan New Terios 2010 dengan perubahan di grill depan dan bumper depan. Ini membuat New Daihatsu Terios menjadi lebih kokoh, gagah, dinamis dan juga stylish

Pada bagian belakang, bumper mobil ini mendapat membaruan desain dan dilengkapi dengan reflektor yang lebih terang dan lampu belakang dengan tipe clear lens.

Tak rela menjadi Toyota Rush 2021 yang diganti logo, Daihatsu Terios 2021 mulai bangkit 03

Pada bagian interior Daihatsu terios memiliki kabin yang tampil semakin mewah dengan adanya warna dan motif baru, yang sedikit lebih gelap dari sebelumnya. Selain itu, dashboard New Terios 2010 yang baru mengaplikasikan integrated head unit berpadu dengan center meter cluster, dilengkapi dengan tombol audio pada setir.

Untuk meningkatkan kenyamanan, 7-seater SUV ini dengan kursi pengemudi dapat diatur ketinggiannya sesuai dengan postur tubuh. Ada juga fitur 1-touch tumble yang memudahkan keluar masuk penumpang ke baris ketiga, serta sandaran kursi baris ketiga yang dapat dilipat terpisah.

Ada juga coil spring dan shock absorber Daihatsu Terios yang lebih disempurnakan, yang membuat penumpang di baris ketiga lebih nyaman serta kestabilan berkendara yang lebih baik. Insulator juga disempurnakan sehingga menghasilkan suhu kabin yang lebih dingin.

Tak rela menjadi Toyota Rush 2021 yang diganti logo, Daihatsu Terios 2021 mulai bangkit 04

Penggunaan teknologi EPS (Electronic Power Steering) pada sistem kemudi membuat The New Daihatsu Terios lebih nyaman dikendarai, karena setir lebih ringan dan konsumsi bahan bakar juga lebih hemat 6% dari versi yang lama. 

Daihatsu New Terios 2013

Tiga tahun kemudian, pada 2013 Daihatsu resmi meluncurkan Daihatsu new Terios. New Terios ini hanya mendapat tambahan fitur keselamatan yaitu dual airbag dan sabuk pengaman pretensioner dan force limiter. Serta fasilitas penahan kepala dan seat belt bagi 7 penumpangnya. Selain itu, AC double blower dan cabin air filter juga telah disematkan pada seluruh varian.

Penyegaran di sisi eksterior Daihatsu new Terios yang turut dirombak dengan perubahan pada front dan rear bumper guard, over fender dan side stone guard. Sementara pada edisi tertinggi TX telah dilengkapi spare wheel cover, rear spoiler dan spion retractable.

Tak rela menjadi Toyota Rush 2021 yang diganti logo, Daihatsu Terios 2021 mulai bangkit 05

Nah, ini dia memasuki generasi kedua Daihatsu Terios dengan label ‘All New Terios’. Setelah 12 tahun lamanya mempertahankan model lama, akhirnya Daihatsu mengubah Terios di tahun 2017. Generasi awalnya memiliki ban serep di pintu belakang, sedangkan di generasi terbaru ini dihilangkan tanpa ban serep di belakang.

Desain ini memang sempat kontroversial, karena menghilangkan kesan SUV tangguh sebagaimana generasi pertama. Daihatsu Terios generasi kedua ini punya ban cadangan yang disimpan di bawah kolong mobil. Mengubah posisi ban serep dan desain ternyata malah membuat bobot Terios ini semakin berat.

Tak rela menjadi Toyota Rush 2021 yang diganti logo, Daihatsu Terios 2021 mulai bangkit 06

Daihatsu Terios generasi kedua dibekali mesin generasi baru 2NR-VE berkapasitas 1.5L yang juga sudah digunakan duet kembar Xenia dan Avanza sejak 2015. Mesin ini dikenal irit, namun tetap memiliki performa yang optimal. Daihatsu Terios generasi terbaru ini tersedia dalam dua pilihan tipe, yaitu 1.5 X, 1.5 X Deluxe, 1.5 R dan 1.5 R Deluxe.

Desain eksterior All New Terios tampil lebih modern dan mewah. Pada bagian depan, perubahan pada grillnya yang berubah menjadi lebih lebar dan menyatu dengan lampu utama. Selanjutnya pada lampu belakang, bentuknya lebih sipit mengikuti gaya Toyota Fortuner yang dibekali dengan lampu berteknologi LED.

Pada bagian atap mobil, ada Shark Fin Antena (sirip hiu) yang membuat mobil ini tampak semakin stylish dan modern. Daihatsu sebagai penanggung jawab pengembangan lantas juga meningkatkan fitur dan peranti safety pada All New Terios. SUV  Daihatsu ini sekarang sudah menggunakan digital Auto AC.

Selanjutnya fitur keselamatan sudah dilengkapi dengan Anti Lock Brake System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) pada seluruh varian. ADM pun menyediakan fitur Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA) pada varian tertinggi.

Model All New Terios ini juga bertahan hingga ke ke tahun 2019 dengan sedikit pembaharuan yang membuatnya menjadi lebih menarik. Adapun harga Daihatsu Terios 2019 dibanderol dengan biaya mulai dari Rp 202 juta hingga Rp 257 jutaan. Lalu, bagaimana kabar Daihatsu Terios 2021?

Tak rela menjadi Toyota Rush 2021 yang diganti logo, Daihatsu Terios 2021 mulai bangkit 07

Saat ini, segmen SUV semakin digemari oleh masyarakat luas. Jika ada yang mencari mobil baru, maka Daihatsu Terios 2021 bisa menjadi pilihan. Yah, Daihatsu merupakan mobil tipe SUV satu-satunya yang diluncurkan PT Astra Daihatsu Motor.

Daihatsu Terios 2021 memiliki tampilan yang berbeda dengan generasi sebelumnya, yakni menggunakan desain yang radikal. Bentuk tampak lebih aerodinamis, mekanisme untuk membuka dan menutup bagasi menjadi ke arah atas.

Tak hanya itu, Daihatsu Terios 2021 kini dibekali dengan lampu depan dengan teknologi LED untuk semua varian. Ditambah lagi dengan fog lamp yang dibatasi dengan garis vertikal. 

Tak rela menjadi Toyota Rush 2021 yang diganti logo, Daihatsu Terios 2021 mulai bangkit 08

Hal lain yang berubah dari Daihatsu Terios 2021 adalah perubahan ukuran panjang dan tinggi mobil. Dimana panjang mobil Terios dari 4.385 mm menjadi 4.435 mm, bertambah sekitar 50 mm. Lalu, ground clearance Terios juga bertambah 20 mm, dari 200 mm menjadi 220 mm.

Harga Daihatsu Terios 2021 dibanderol dengan biaya mulai dari Rp 212 juta hingga Rp 265 jutaan. Harga ini hanya berbeda jauh dengan harga Terios 2019.

Ini dia sekilas tentang perkembangan Daihatsu Terios 2021 dari nol hingga sekarang. Mobil SUV keluaran Daihatsu terkenal dengan tampilannya yang gagah dan juga harga yang murah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca atau penggemar Daihatsu Terios 2021 di Indonesia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Terios X M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil