Keunikan Motor Bebek Kawasaki ZX130 yang Katanya Kalau Tabrakan Gampang Meledak

Kawasaki ZX130 jadi bagian dari awal tahun 2000 dimana masa-masa munculnya beragam inovasi sepeda motor. Saat itu demam motor bebek masih merajalela, makanya banyak pabrikan roda dua yang coba tawarkan terobosan baru. 

Misalnya Yamaha Jupiter MX 135 yang punya desain motor bebek sporty, Honda CS1 yang mengusung tema serupa tapi dibuat ala motor sport, hingga TVS Tormax yang dirancang punya fitur knalpot dua suara sampai panel meter digital. 

Bentuknya tak begitu beda dari motor bebek. Hanya saja disandingkan dengan para kompetitornya itu, motor besutan 'geng hijau' ini lebih padat dan berisi. Bodinya dibuat kekar mulai dari depan hingga samping. 

Kawasaki ZX130 tawarkan inovasi baru motor bebek pada awal dekade era 2000.

Terkecuali area buritan yang dibuat ramping. Tengok saja bagian handgrip dan lampu belakang si motor. Dibuat melancip dari yang semula bodinya melebar.

Kawasaki ZX130 Si Baby Ninja 

Dari desain yang unik yang itu banyak orang yang melabelinya sebagai 'baby Ninja'. Sederhananya bagi yang belum mampu beli Kawasaki Ninja 250, ya bolehlah beli ZX130 dulu. Hitung-hitung adaptasi kepemilikan motor Kawasaki. 

Terlebih dia masuk keluarga ZX, yang jadi nomenklatur motor sport Kawasaki. Nama lengkap motor ini aslinya adalah Kawasaki Kaze ZX130. Pabrikan menyebutnya sebagai bebek inovatif, turunan ninja versi bebek yang dilengkapi berbagai fitur canggih, yang jarang dimiliki motor bebek lain. 

Motor bebek Kawasaki ZX130 punya fitur unik yang tak dimiliki kompetitor.

Kemudian bila ingat, materi promosinya dulu memperlihatkan Teuku Edwin yang menunggangi ZX130, kemudian berubah menjadi Ninja RR, lalu kembali lagi seperti semula. Lalu Edwin juga mengatakan slogan: 'Kawasaki ZX130 Motor Bebek, Rasa Ninja. Super Juga Hokinya'. Masih ingat? 

Baca Juga: Mengenal TVS Tormax, Motor Bebek Sport yang Harusnya Bisa Ngalahin Jupiter MX 135

Isi Bensin Tak Perlu Turun dari Motor

Beranjak bicara fitur, motor ini memiliki beberapa keunggulan yang tak dimiliki motor bebek di kelasnya. Pertama panel meter analog yang menampilkan informasi speedometer, sisa bensin, dan putaran mesin atau takometer. Ya layaknya motor sport. Di atasnya ada indikator posisi gigi, netral, dan lampu sein.  

Layaknya motor sport, Kawasaki ZX130 punya takometer.

Kedua adalah letak tangki bensinnya. Biasanya pabrikan menyematkan tangki bahan bakar pada sisi belakang atau tengah rangka supaya menjaga desain bodi tetap ramping, serta memanfaatkan ruang yang ada. 

Alasan lain agar distribusi bobot motor merata. Namun Kawasaki punya ide lain, tangki bahan bakar dengan kapasitas 3,7 liternya disematkan pada dekat 'leher' motor. Kemudian mulut tangkinya berada di depan, alias tameng motor di bawah batok lampu. 

Isi bensin Kawasaki ZX130 dari depan, tak perlu lagi buka jok.

Lewat desain tersebut, proses isi bensin jadi lebih mudah. Bahkan iklan memperlihatkan pengendara tak perlu turun dari motor untuk buka bagasi. Jadi tinggal buka cover, lalu minta tolong petugas pom bensin buka penutup tangkinya, kemudian isi bahan bakar bisa dilakukan. 

Praktis memang, hanya saja motor ini dapat stigma negatif di pasaran. Sebab umpama terjadi tabrakan frontal, motor mudah terbakar karena bahan bakar yang bisa langsung merembes. Apa benar hal demikian? 

Kapasitas bagasi Kawasaki ZX130 dulu terbilang yang paling luas volumenya.

Lalu ketiga, lantaran bagian bawah tempat duduknya tak dijadikan tempat sebagai tangki bensin, maka desainer Kawasaki membuatnya sebagai ruang penyimpanan. Tak tanggung-tanggung kapasitas bagasi Kawasaki ZX130 mencapai 16,3 liter, yang muat helm. 

Dan tak cuma satu ruang penyimpanan. Ada satu bagasi lagi pada bagian belakang. Ruangnya cukup untuk menyimpan jas hujan atau perkakas. Ya boleh dikatakan Kawasaki saat itu coba menjawab kebutuhan motor yang praktis dan punya akomodasi yang baik. 

Pakai Mesin yang Tak Biasa

Kenapa tak biasa? Karena kapasitasnya 130 cc. Saat merek lain menjual motor bebek 110 cc atau 125 cc, Kawasaki coba menawarkan alternatif lain. motor bergaya serupa yang baik akomodasinya, sekaligus menjanjikan performa yang lebih bertenaga. 

Kawasaki ZX130 lahir pada 2005.

Spesifikasi teknis dari mesin yang digunakan dalam Yamaha ZX130, termasuk kubikasi mesin, konfigurasi silinder, sistem pendinginan, dan karakteristik lainnya.

Berikut adalah penjelasan mengenai maksud dari data tersebut:

Yamaha ZX130 memiliki mesin dengan kubikasi sebesar 130,1 cc. Kubikasi mesin ini menunjukkan volume total dari ruang bakar dalam silinder mesin, yang merupakan faktor penting dalam menentukan performa mesin.

Mesin Yamaha ZX130 adalah mesin 1-silinder yang beroperasi menggunakan siklus empat tak (4-tak). Hal ini berarti mesin melakukan empat langkah siklus pembakaran: hisap, kompresi, langkah pembakaran, dan langkah pembuangan.

Mesin Yamaha ZX130 menggunakan sistem pendinginan udara, yang berarti udara di sekitar mesin digunakan untuk mendinginkan suhu mesin.

Sistem pendinginan seperti ini umumnya digunakan pada mesin motor yang ringan dan sederhana.

Mesin ini menggunakan sistem SOHC (Single Overhead Camshaft) 2-katup. Ini berarti mesin memiliki satu camshaft yang menggerakkan katup masuk dan keluar.

Dengan hanya dua katup per silinder, mesin ini mungkin lebih sederhana daripada mesin yang menggunakan lebih banyak katup.

Jeroan mesin Yamaha ZX130 memiliki ukuran bore (diameter dalam silinder) sebesar 53 mm dan stroke (jarak perjalanan piston) sebesar 59,1 mm.

Ukuran bore dan stroke ini mempengaruhi volume total ruang bakar dan pergerakan piston dalam silinder, yang memengaruhi karakteristik tenaga dan torsi mesin.

Yamaha ZX130 mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 10,1 PS pada 7.500 rpm (rotasi per menit) dan torsi sebesar 10,7 Nm pada putaran mesin 5.500 rpm.

Tenaga dan torsi ini merupakan indikator dari performa mesin dalam memberikan akselerasi dan daya tarik pada motor.

 Tenaga dari mesin disalurkan melalui transmisi semi manual 4-percepatan. Transmisi semi manual ini memberikan pengendalian lebih baik kepada pengendara dalam memilih gigi yang sesuai dengan kondisi jalan dan kecepatan berkendara.

Dengan demikian, data tersebut memberikan gambaran rinci tentang spesifikasi teknis dan karakteristik performa dari mesin Yamaha ZX130, yang merupakan faktor penting dalam menentukan kinerja dan pengalaman berkendara dari motor tersebut.   

Sayangnya pamor Kawasaki ZX130 tak bertahan lama, pada 2009 harus disuntik mati.

Detail lain yang bisa diceritakan adalah suspensi depannya pakai teleskopik, sedangkan belakang lengan ayun dengan double shockbreaker. Adapun pengeremannya kombinasi cakram dan tromol. Kemudian tinggi joknya 752 mm. 

Kawasaki ZX130 meluncur pertama kali pada 2005. Tapi penjualannya jauh dari kata melejit. Persaingan pasar membuat pamornya terus meredup hingga akhirnya disuntik mati pada 2011.  

Baca Juga: Punya Bentuk Unik, Ini Daya Tarik Honda CS1 Yang Dijuluki Domba Garut

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Ada 3 merek yang hadir di Indonesia. Paling mahal ada Royal Alloy TG150i seharga Rp 75 juta. Kelas skuter retro premium harga Rp 60 jutaan di Indonesia semakin beragam karena maraknya produsen sepeda motor baru yang hadir membawa line up terbaiknya. Tapi memang di kelas ini nama besar Vespa menjadi yang paling membekas karena memiliki history panjang, termasuk di Indonesia. Kalau sedang mencari skuter retro premium harga Rp 60 jutaan dan bosan dengan Vespa, berikut ada beberapa pilihan merek dan
AHM adakan safety riding sepeda motor listrik di Ancol Ada perbedaan mengendarai motor bensin dan motor listrik Sepeda motor listrik kini semakin marak diluncurkan, hanya saja untuk mengendarai motor tanpa emisi pengendara wajib beradaptasi. Ini lantaran ada beberapa hal yang berbeda dari motor konvensional. Beberapa hal yang sangat berbeda jika kita merasakan motor listrik, biasanya akan sangat terasa hentakan cukup keras di awal handle gas diputar. Kendati demikian, Instruktur Safet Riding PT
Kawasaki miliki saham Modenas. Modenas menjual motor Kawasaki di Malaysia. Modenas adalah merek motor asli Malaysia. Jika suatu saat kalian jalan-jalan ke Malaysia, yang melihat sosok Ninja 250 justru bukan berlabel Kawasaki, jangan kaget ya. Pasalnya memang Kawasaki sudah angkat kaki dari negeri jiran tersebut. Dituliskan Wapcar.my, ini lantaran kerjasama antara Modenas, yang merupakan merek lokal Malaysia dengan Kawasaki. Urusan penjualan motor Kawasaki kini menjadi distributor resmi merek yan
330 unit untuk Kepala Desa dan 13 untuk Lurah. Anggarkan dana Rp 11 miliar. Dimaksudnya untuk mendukung kinerja dan pelayanan. Sepertinya Yamaha NMax jadi salah satu motor yang favorit untuk dijadikan motor dinas pejebar pemerintahan. Pasalnya baru-baru ini ratusan Kepala Desa (Kades) dan Lurah se-Kabupaten Majalengka mendapat motor tersebut. Penyerahan ratusan motor dinas tersebut dilakukan Selasa (27/2/2024) kemarin di Pendopo Bupati Majalengka. Baca juga : Berkah Ramadan, Ratusan Lurah dan Ka
Volta Virgo meluncur, harganya cuma Rp 15 jutaan Daya jelajah motor listrik ini sekitar 60 km, seperti Jakarta-Bogor Fiturnya sudah keyless, panel instrumen digital, dan punya speaker Pabrikan motor listrik Volta asal Semarang meluncurkan produk baru di pameran otomotif IIMS 2022 lalu. Kemampuan baterainya ketika diisi penuh daya listrik, bisa menjangkau jarak sekitar 60 km, atau rute yang sama dari Jakarta ke Bogor. Adapun kecepatan maksimalnya dibatasi hanya 55 km/jam agar daya tempuhnya terja

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor