window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Mengenal Autofun Rating System, Cara Penilaian Kami Untuk Mereview Sepeda Motor

Harry · 27 Mar, 2021 13:00

Pengetesan langsung dengan mengendarai dan merasakan unit motor model teranyar, kerap dilakukan media-media otomotif tanah air. Pengetesan langsung ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran kepada pembaca, seperti apa rasa motor yang sedang diuji.

Mengenal Autofun Rating System, Cara Penilaian Kami Untuk Mereview Sepeda Motor 01

Penilaian dilakukan lengkap dengan data.

Penilaian yang dilakukan tentu saja berkaitan dengan aspek mesin, pengendalian, fitur dan teknologi, konsumsi bahan bakar dan juga harga jualnya. Namun kami memiliki penilaian yang berbeda.

Kami menyebutnya dengan Autofun Rating System, yang membagi aspek-aspek penilaian sepeda motor dan memberikan total 250 poin maksimal, jika motor tersebut benar-benar sempurna. 250 poin tadi kami bagikan untuk aspek penilaian, seperti yang bisa dilihat di bawah ini.

Aspek Penilaian
Performa 70 poin
Kenyamanan Berkendara 50 poin
Konsumsi Bahan Bakar 30 poin
Kualitas & Fitur 50 poin
Harga & Biaya 50 poin
Total 250 poin

Penilaian 250 Poin

Kenapa bukan 100 poin? Kami beralasan, jika hanya menggunakan angka 100 sebagai poin maksimal, ada kalanya sebuah motor tak akan bisa mencapai total 60 poin. Tentu ini terlihat kurang menyenangkan. Namun dengan total 250 poin, penilaian yang diberikan akan lebih adil untuk semuanya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });
Detail Nilai Performa
Mesin Akselerasi 10
Akselerasi Menengah 10
Respon Bukaan Gas 10
Transmisi Kehalusan Kinerja 5
Efisiensi 5
Putaran Menengah 2
Handling Keseimbangan 6
Kemudahan Manuver 7
Kinerja Suspensi 7
Rem Daya Pengereman 5
Feeling Pengereman 5
Total   70 poin

Terlebih dari setiap aspek tadi, kami juga paparkan lebih detail, seperti yang bisa dilihat pada tabel di atas dan tabel-tabel di bawahnya yang menjelaskan detail dari setiap aspek penilaian.

Detail Nilai Kenyamanan Berkendara
Suspensi 15
Kenyamanan Jok 10
Ergonomi 15
Kehalusan Mesin 10
Total  50 Poin

Aspek performa misalnya terdiri dari penilaian mesin, transmisi, handling dan pengereman. Kemudian aspek kenyamanan berkendara, terdiri dari suspensi, kenyamanan tempat duduk, posisi berkendara dan kinerja mesin.

Detail Nilai Konsumsi Bahan Bakar
Konsumsi Bahan Bakar 20
Akurasi Indikator Fuel Meter 10
Total 30

Aspek konsumsi bahan bakar terdiri dari konsumsi bahan bakar dan juga ketepatan indikator pada panel meter. Kemudian aspek kualitas dan fitur, terdiri dari kualitas keseluruhan dan penjabaran fitur yang dimiliki motor tersebut.

Detail Nilai Kualitas & Fitur
Kualitas Keseluruhan Material 6
Kualitas Perakitan 6
Kualitas Cat 6
Fitur Fitur Keselamatan 12
Akomodasi 10
Informasi 10
Total   50 Poin

Tak ketinggalan aspek harga dan biaya, yang membahas harga jual motor dan juga biaya yang dikeluarkan untuk perawatan motor tersebut. Terakhir tentunya adalah akumulasi poin dari seluruh aspek penilaian tadi.

Detail Nilai Harga & Biaya
Harga Harga Unit 20
Garansi 10
Biaya Perawatan 10
Bahan Bakar 10
Total   50

Pengetesan Menggunakan Data

Selain menjabarkan apa yang kami rasakan saat melakukan pengetesan, kami juga melengkapi mengetesan dengan alat khusus. Untuk mengukur akselerasi motor, kami menggunakan alat bernama Racebox yang berbasis satelit.

Penggunaan Racebox untuk mengetahui seberapa cepat akselerasi motor seperti dari 0-60 km/jam dan juga kecepatan motor dalam menempuh jarak tertentu misal 0-402 meter.

Mengenal Autofun Rating System, Cara Penilaian Kami Untuk Mereview Sepeda Motor 01

Alat Racebox untuk mengukur akselerasi dengan berbasis satelit.

Kecepatan puncak juga kami bandingkan antara yang tercatat pada Racebox dengan yang ditampilkan pada layar spidometer. Tentu angka yang ditampilkan keduanya akan berbeda.

Pengujian bahan bakar juga kami lakukan dengan dua cara, yakni melalui informasi konsumsi bahan bakar rata-rata pada panel meter dan juga metode full to full. Biasanya akan ada deviasi perhitungan konsumsi bahan bakar antara keduanya.

Mengenal Autofun Rating System, Cara Penilaian Kami Untuk Mereview Sepeda Motor 02

Pengetesan bukan hanya lewat feeling tapi juga dengan data.

Diharapkan dengan metode pengetesan yang kami lakukan, bisa memberikan gambaran yang lebih lengkap untuk Anda sebagai pembaca. Tidak hanya melalui feeling, namun juga data kami sediakan agar lebih akurat.

Tak lama lagi kami akan membuat artikel review pertama menggunakan Autofun Rating System. Semoga Anda semua terpuaskan dan bisa menjadi panduan untuk menentukan motor apa yang akan mengisi garasi rumah Anda.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });