Kawasaki Kenalkan Ninja 500 dan Z500 2024, Pakai Mesin Generasi Baru!

Kawasaki Ninja 500 2024.
  • Pakai mesin 451 cc terbaru.
  • Dimensi masih mirip model 400 cc.
  • Berpotensi masuk Indonesia.

Pabrikan motor asal Jepang, Kawasaki, tak ketinggalan meramaikanpameran EICMA 2023 di Milan dengan merilis Ninja 500 dan Z500 model 2024.

Keduanya mendapatkan upgrade yang signifikan dari sisi fitur, teknologi dan juga dapur pacunya.

Sebelumnya, kedua motor tersebut disematkan embel-embel angka 400 karena menggunakan mesin 399cc dua silinder segaris.

Dan kini statusnya meningkat menjadi 500 karena menggunakan mesin berkubikasi 451cc yang sama dengan milik Kawasaki Eliminator.

Dan jika kalian ingat, Ninja 400 dan Z400 merupakan perubahan dari Ninja 300 dan Z300 untuk pasar Eropa dan beberapa negara Asia.

Indonesia sendiri tetap kebagian versi mesin 250cc, dan jika dengan kubikasi yang kini menjadi 500cc, apakah keduanya akan masuk pasar lokal?

Baca juga : Banjir Moge Baru Honda di EICMA 2023, Ada yang Bakal Dijual di Indonesia?

Keduanya pakai basis yang sama.

Ada kemungkinan karena dengan kubikasi mesin yang lebih besar, bisa jadi keduanya dipersiapkan sebagai moge kelas menengah.

Nah, kembali pada bahasan Kawasaki Ninja 500 dan Z500 2024, seperti apa detail keduanya?

Kawasaki Ninja 500 dan Z500 2024 Berbagi Basis

Kedua model ini menggunakan DNA yang sama dengan model 400 yang sebelumnya beredar, diantaranya rangka tralis dan juga jenis suspensinya.

Penggunaan cakram tunggal di depan pun, menjelaskan motor ini juga punya basis yang sama dengan Ninja 250 di Indonesia.

Kawasaki Z500 2024, gahar!

Bahkan jika melihat tangki bahan bakar pun masih mirip, meski ada sedikit revisi tampilan saja.

Ninja 500 tentu saja merupakan versi full fairing, dengan fascia baru dan juga desain lampu ala Ninja ZX-6R terbaru.

Pun sama halnya dengan Z500 yang mendapatkan desain anyar pada sisi samping tangki dan juga lekuk lampu depan yang kian agresif.

Meski begitu bentuk buritan kedua motor ini relatif mirip, dengan lekuk dinamis, jok model split dan lampu belakang anyar.

Baca juga : Vespa 946 10 Anniversario Dijual Seharga Avanza Baru, Apa Bagusnya?

Tampak belakang masih relatif mirip.

Perkara dimensi pun diyakini tak berubah banyak dibandingkan Ninja 400 dan Z400 sebagai pendahulunya.

Kawasaki sendiri belum merilis detail spesifikasi lengkap keduanya, namun dari fitur terlihat sudah pakai layar TFT 5 inci.

Kemudian bisa terhubung dengan smartphone pengendara, terdapat port USB Type C.

Penambahan kapasitas mesin berkat penggunaan piston 58,6 mm, naik dari sebelumnya yang 51,8 mm, dengan piston tetap 70 mm.

Usung mesin dua silinder segaris.

Diyakini jika mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga dan torsi yang lebih kuat pada putaran rendah hingga menengah.

Dan jika melihat pasar global, maka pesaing dari keduanya adalah Honda CB500 Hornet dan CBR500R yang juga debut di EICMA 2023.

Dan jika banyak kalian yang menantikan seperti apa update dari Kawasaki Ninja 250 yang akan datang, maka sosoknya tak akan jauh dari bentuk Ninja 500.

Berpotensi masuk pasar Indonesia?

Lantas dengan kubikasi mesin yang lebih besar, apakah keduanya atau salah satunya akan hadir untuk pasar Indonesia?

Potensi itu tentu saja ada, apalagi dengan racikan harga khas Kawasaki, yakin keduanya bisa dijual dengan banderol kompetitif.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Harganya Rp 260 juta on the road Jakarta. Dirilis untuk rayakan 10 tahun model Vespa 946. Tahun 2023 ini, Vespa merayakan ulang tahun ke-10 dari model flagship mereka, 946 Series. Julukannya Vespa 946 10° Anniversario Limited Edition. Oleh pabrikan skuter legendaris Italia ini, tema zodiak Cina atau shio kelinci menjadi simbol di motor tersebut. Hal ini terlihat jelas dari tampilnya beberapa gambar kelinci imut di sekujur bodi motor. Shio kelinci sendiri diambil karena sesuai dengan tahun produk
Ada Suzuki GSX-8R di segmen sport fairing 2-silinder. Suzuki GSX-S1000GX incar penggemar touring. Pameran sepeda motor global, EICMA 2023 resmi dibuka di Milan, Italia pada Selasa (7/11/2023). Sejumlah model baru diperkenalkan oleh pabrikan dunia, termasuk juga Suzuki. Produsen motor asal Jepang ini mengenalkan dua model baru dari jenis sport fairing di sana. Keduanya juga hadir dari keluarga Suzuki GSX Series. Diantaranya Suzuki GSX-8R dan GSX-S1000GX. Meski sama-sama dari keluarga GSX Series,
Jadi ajang balap one make race Yamaha R7. Hanya digelar di sirkuit Eropa. Lembaga balap motor dunia FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme) mengumumkan untuk menghadirkan kelas khusus wanita musim depan. Kejuaraan balap wanita tingkat dunia ini akan bertajuk FIM Women’s Motorcycling World Championship 2024. Untuk musim pembuka di tahun depan, balap motor wanita ini akan ada enam seri yang digelar. Dilansir Ride Apart, hadirnya kompetisi khusus ini dibuka untuk mewadahi makin banyaknya pe
Banyak merek dan ukuran yang bisa dipilih. Masih ada yang di bawah Rp 190 ribu. Ban menjadi salah satu komponen penting di motor, termasuk jenis skuter matic. Peranti berbahan dasar karet ini berperan penting sebagai penunjang handling, kenyamanan dan keselamatan berkendara. Usia pakai ban ini bisa dicek lewat batas indikator keausan atau TWI (Thread Wear Indicator). Dan saat tapak ban mulai tipis, sebaiknya mulai siapkan dana untuk penggantiannya. Jenis ban yang praktis dan bisa dipilih untuk p
Belum ada 10% yang tersalurkan. Kuota subsidi motor listrik tahun ini 200.000 unit. Besaran subsidi Rp 7 juta. Untuk mendorong percepatan konversi energi dari kendaraan bermotor bensin menjadi motor listrik, pemerintah memberikan subsidi. Besaran yang diberikan yakni Rp 7 juta untuk setiap pembelian motor listrik yang memenuhi syarat. Bahkan kini persyaratannya pun dipermudah, lewat Peraturan Menteri (Permen) Perindustrian Nomor 21 Tahun 2023. Baca juga : Daftar Harga Motor Listrik Bersubsidi, M

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Kawasaki Ninja 250
Lihat