Bocah Mengendarai Motor Makin Marak, Pengamat: Menjerumuskan Terjadi Kecelakaan

Pelajar SMP mengendarai sepeda motor. (Foto: NTMC Polri)
  • Bocah mengendarai sepeda motor semakin sering
  • Pelajar SMP dan SMA mengendarai sepeda motor tanpa SIM

Fenomena bocah di bawah umur seperti pelajar sekolah mengendarai sepeda motor terus terjadi di Indonesia.

Bahkan beberapa waktu sempat, kepolisian Semarang, Jawa Tengah, memberhentikan dua orang bocah dari Madura yang hendak ke Jakarta.

Seorang bocah sekolah disetop polisi saat mengendarai sepeda motor. (Pelajar SMP mengendarai sepeda motor. (Foto: NTMC Polri)

Kasus anak-anak di bawah umur yang mengendarai sepeda motor inilah yang membuat Pemerhati Transportasi dan Hukum, Budiyanto angkat bicara. 

Menurutnya, fenomena anak di bawah umur mengendarai sepeda motor saat ini relatif banyak dan ada kecenderungan pembiaran. 

"Padahal ini sangat beresiko terjadi kecelakaan lalu lintas," ungkap Budiyanto kepada Autofun dalam pesan tertulis, Kamis (14/12/2023).

Baca jugaViral Anak Petinggi Polisi Bawa Mercy, Tabrak Pemotor Hingga Tewas

Fenomesna bocah sekolah mengendarai sepeda motor listrik kini semakin ramai (Foto: NTMC Polri)

Budiyanto yang merupakan pensiunan Polri dengan jabatan terakhir AKBP menyebutkan, kecelakaan lalu lintas melibatkan anak tergolong tinggi, yaitu bisa mencapai 20 persen. 

Dia menyebutkan, jika terjadi kecelakaan, maka dapat berakibat pada hilangnya masa depan karena bisa berakibat meninggal dunia, terganggunya pertumbuhan anak, sehingga hilangnya kesempatan untuk meraih cita-cita yang diinginkan. 

"Kecintaan orang tua mengizinkan anaknya mengendarai sepeda motor saya kira berbanding terbalik karena malah menjerumuskan mereka."

"Coba dibayangkan apabila terjadi kecelakaan bisa beresiko fatal terhadap variabel tersebut di atas," jelas Budiyanto. 

Baca juga: Sepeda Listrik Kerap Terlibat Kecelakaan, Begini Tips Aman Buat Pemotor

Kewajiban Punya SIM Sepeda Motor

Sudah seharusnya pengendara mereka yang mengendarai sepeda motor punya SIM melalui syarat yang sudah ditentukan dalam Undang-Undang

Bagi Budiyanto, sudah waktunya orang tua dan guru serta masyarakat, secara bersama memberikan edukasi.

Mengingatkan kepada anak-anak untuk tidak menggunakan atau mengemudikan kendaraan sebelum memiliki SIM karena sangat berisiko.

"SIM adalah Surat Izin mengemudi, bukti legitimasi kompetensi seseorang untuk mengemudikan kendaraan bermotor sesuai dengan jenis golongan," ucapnya. 

Untuk kompetensi, kata Budiyanto, ada beberapa faktor yang wajib dimiliki yaitu meliputi pengetahuan, keterampilan dan juga perilaku atau sikap.

Dalam ujian pembuatan SIM C, pemohon wajib melakukan tes praktek. (Foto: NTMC Polri)

"Sehingga dalam permohonan untuk mendapatkan SIM, minimal berusia 17 tahun."

"Sebagai persyaratan administrasi, memenuhi syarat kesehatan (jasmani dan rohani), serta lulus ujian teori, ujian praktek dan atau ujian keterampilan melalui simulator," terangnya. 

Budiyanto membeberkan, pelajar secara umum banyak yang masuk golongan anak di bawah umur 17 tahun. Jika pun ada biasanya tidak banyak, dan sudah masuk dibangku kelas 2-3.

"Bisa kita bayangkan seseorang yang belum memiliki SIM kemudian mengendarai sepeda motor."

"Mereka masih labil belum bisa mengambil keputusan apabila di jalan dihadapkan pada permasalahan lalu lintas," ujar Budiyanto.

Pelajar SMA berkendara dengan cara berbahaya karena berboncengan lebih dari dua orang 

Budiyanto menyatakan, attitude atau sikap perilaku anak di bawah umur yang sering dilihat saat mengendarai sepeda motor banyak melanggar seperti tidak menggunakan helm, boncengan lebih dari satu, kebut-kebutan, dan lainnya.

"Pengetahuan tentang lalu lintas masih minim bahkan mungkin minus skill atau ketrampilan, mengendarai sepeda motor masih sangat minim bahkan mungkin hanya coba mengikuti trend teman-temannya," tutupnya.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Promo mega sale hingga 40% untuk 250SR. 250 CL-X kini kena potongan harga Rp 17,380 juta. Sudah bukan hal baru kalau menjelang akhir tahun jadi salah satu momen yang banyak dimanfaatkan oleh berbagai produsen untuk memberikan promo menarik bagi para calon konsumennya. Salah satu yang memanfaatkan momentum ini adalah PT MForce Indonesia selaku distributor CFMoto di Indonesia yang memberikan promo potongan harga cukup besar untuk produk 250 CL-X dan 250SR. Program promonya ini disebut sebagai Prom
Sebagai identitas kendaraan. Nomor rangka motor bisa dicek online. Nomor rangka harus sesuai dengan BPKB dan STNK. Membeli motor bekas jadi alternatif untuk bisa memiliki motor dengan harga terjangkau. Lantaran biaya yang dikeluarkan bisa jauh lebih hemat atau setidaknya lebih murah ketimbang beli motor keluaran baru. Selain membeli lewat dealer khusus motor bekas, bisa juga lewat perorangan yang menjualnya lewat berbagai platform. Misalnya situs jual beli online atau media sosial seperti Facebo
Piaggio Indonesia menghadirkan program pembelian di penghujung tahun 2023 Vespa Batik mendapatkan diskon paling besar Begitu pula dengan Aprilia SRGT 200 Program penjualan menarik dihadirkan PT Piaggio Indonesia (PID) jelang tutup tahun 2023. Salah satunya Vespa Batik yang kedapatan diskon lumayan besar. Bukan kali pertama, mengingat diskon Vespa Batik sudah beberapa kali ditawarkan kepada masyarakat. Sebagai contoh pada Februari 2023 di mana besarannya saat itu adalah Rp14 juta. Sebulan bersela
Viral pengawal ambulans di stop polisi Ambulans yang membawa pasien jadi ngerem mendadak Jagat maya dihebohkan dengan sebuah peristiwa relawan pengawal ambulans yang membawa seorang pasien dihentikan petugas polisi lalu lintas di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Insiden penyetopan relawan yang kini viral di berbagai media sosial tersebut diunggah akun Tiktok @/teamsetulushati_01. "Ambulance dan tim patwal dihentikan pakpol, padahal sudah taruna ada pasiennya. Kalo pasien urgent, siapa yang sal
Diawali dengan sunmori. Cosplayer jadi model foto. Jadi ajang cross community. Kegiatan sunmori atau Sunday Morning Ride memberikan ruang baru bagi fotografer dan videografer untuk mengeksplorasi kreativitasnya. Mereka kerap mendokumentasikan kegiatan sunmori tersebut, yang kemudian ditampilkan pada media sosial. Hal itu menjadi kebangaan tersendiri, terlebih hasil karya mereka kerap diunggah oleh sosok yang mereka bidik. Speedrenaline pun melihat hal ini sebagai potensi untuk membuat sebuah aca

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor