Yadea T9 Nyaman dan Handlingnya Lincah, Tapi Hal Ini Jadi Kekurangannya

Posisi berkendara santai disuguhkan Yadea T9.
  • Desain setang lebar dan tidak terlalu menekuk.
  • Dek kaki pengendara lebar.
  • Rem depan dan belakang sudah cakram.

Untuk yang bosan dengan motor listrik bergaya ‘Vespa’, mungkin Yadea T9 bisa menjadi opsi dari sekian banyak motor listrik dengan gaya lain.

Bisa dikatakan kalau desainnya lebih modern dengan penggunaan lampu full LED.

Yadea sendiri tergabung dalam grup besar Indomobil, tipe T9 merupakan varian paling paling terjangkau atau paling murah.

banderolnya Rp 21,5 juta on the road Jakarta namun bisa lebih murah ketika calon pembelinya memenuhi syarat untuk mendapatkan subsidi motor listrik.

Dimensi Yadea T9 tidak terlalu besar, menurut data spesifikasinya motor ini punya panjang 1.869 mm dengan lebar 715 mm dan tinggi 1.070 mm.

Dengan spesifikasi tersebut artinya secara dimensi tidak berbeda jauh jika dibandingkan dengan Honda BeAT.

Jadi tidak heran jika Yadea T9 cukup bersahabat untuk pengendara dengan postur 170 cm atau di bawahnya.

Ini karena selain bodi ramping posisi joknya juga rendah sehingga kedua kaki bisa menapak dengan sempurna.

Posisi Berkendara Yadea T9

Desain jok lebar di belakang dan tirus di depan

Desain joknya juga lebar di belakang namun ramping di sisi depan, sayangnya kulit jok yang lentur tidak dibarengi dengan karakter busa empuk.

Baca juga: Agresif, Motor Listrik Yadea Kini Sudah Punya 80 Dealer di Indonesia

Yadea T9 juga menyuguhkan pijakan kaki untuk pengendara sangat luas, sehingga kaki bisa bebas menentukan posisi.

Juga bisa membawa barang di sisi tengah dengan dimensi besar, seperti kardus atau 2 buah ransel.

Namun sayang mirip seperti motor listrik pada umumnya, dek kaki Yadea T9 terasa tinggi atau tebal sehingga posisi paha saat berkendara hampir lurus.

Ini disebabkan karena di bawah pijakan kaki pengendara terdapat baterai sebagai sumber daya motor ini.

Pijakan kaki luas yang bisa juga dibuat untuk membawa barang bawaan

Kemudian pengendaranya disuguhkan dengan posisi setang tinggi yang cukup memberi kesan santai pada lengan.

Ini karena pundak pengendara jadi dibuat tegak sehingga tidak mudah pegal selama perjalanan.

Desain setang lebar tidak terlalu menekuk ke pengendara

Yang unik justru desain setangnya tidak terlalu menekuk, terasa hampir lurus sehingga memberikan kesan lebar.

Dengan begitu badan pengendara harus jadi lebih tegap ketika mengendarai Yadea T9.

Baca juga: Honda Genio Sampai Yadea Tampil Bergaya Barbie, Ada yang Dibagi Gratis Lho!

Sisi yang kurang nyaman juga ditunjukan dengan setang yang tidak terlalu rigid, efeknya setang kerap bergetar ketika melewati jalur rusak.

Begitu pula dengan karet handgrip yang kurang empuk jadi kurang nyaman saat digenggam dalam waktu lama.

Handling Nurut

Dimensi Yadea T9 tidak terlalu besar

Motor ini dibekali dengan lingkar pelek 12 inci di depan dan belakang, efeknya tentu bisa meredam guncangan lebih baik dibandingkan yang pakai pelek ring 10 inci.

Kelebihan lainnya tentu saja punya kestabilan lebih tinggi saat dibawa pada kecepatan tinggi.

Sayangnya ban ukuran 90/90-12 depan dan 100/80-12 belakang punya karakter karet yang tidak terlalu empuk.

Efeknya tentu saja sedikit licin ketika berjalan di jalur basah, namun efek positifnya rolling resistance dari ban ini bisa lebih jauh.

Handling lincah dan 'nurut'

Sehingga harapannya bisa membuat jarak tempuh Yadea T9 tetap jauh, plus minus lah ya…

Baca juga: Yadea Pilih Bangun Pabrik Rp 15 Triliun di Filipina, Kok Bukan Indonesia?

Suspensi depannya menggunakan teleskopik yang dilengkapi karet boot atau karet pelindung.

Sehingga as suspensi depan bisa lebih terjaga kebersihannya, sedangkan yang belakang pakai suspensi ganda.

Karakter redaman suspensi depannya sebenarnya cukup, hanya saja travelnya terasa kurang panjang sehingga kurang bisa menahan guncangan saat melewati lubang jalanan.

Rem depan pakai cakram namun slang rem masih slang karet

Ini berbanding terbalik dengan suspensi belakang karena karakternya sangat lembut dan minim bottoming meskipun dipakai boncengan.

Tapi efek negatifnya jadi sedikit limbung ketika menikung kencang dan ground clearance menjadi rendah ketika beban penuh sehingga rawan mentok.

Letak baterai yang berada di tengah dan rendah membuat handling Yadea T9 cukup menyenangkan, karena terasa ringan dan ‘nurut’ ke mana pengendara ingin meliuk. 

Suspensi belakang ganda dengan karakter redaman cukup lembut minim bottoming

Baca juga: Modal Tampang Eropa, Yadea VoltGuard VFV Siap Mengaspal di Indonesia

Namun ketika memposisikan ke standar tengah atau ingin menggeser buritannya saat di parkiran barulah terasa kalau motor ini cukup berat, butuh tenaga lebih untuk melakukannya.

Yadea T9 dibekali dengan rem cakram yang diapit kaliper 2 piston baik di depan maupun belakang.

Uniknya rem depan justru masih menggunakan slang rem model karet sedangkan yang belakang model rajut atau braided.

Tentunya ini berpengaruh terhadap performa pengeremannya, untuk rem depan terasa empuk namun butuh tekanan lebih agar bisa menghentikan laju.

sedangkan yang belakang tidak terlalu butuh tekanan lebih terasa sudah mengigit.

Namun hal tersebut berlaku jika melakukan pengereman di kecepatan tinggi.

Kalau hanya kecepatan rendah di bawah 40 km/jam rasanya tidak akan ada masalah di sektor pengereman ini.

Spesifikasi Yadea T9
Tenaga maksimal 2.000 watt
Klaim kecepatan maksimal 60 km/jam
Klaim jarak tempuh 100 km
Tipe baterai Graphene
Kapasitas baterai 72V 38Ah
Ban depan 90/90-12
Ban belakang 100/80-12
Rem Cakram, kaliper 2 piston
Lampu Full LED
P x L x T 1.869 x 715 x 1.070 mm
Harga Rp 21,5 juta OTR Jakarta
Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Punya dek rata. Bagasi muat helm. Mesin pendingin udara. Honda Vario 125 jadi salah satu motor matic bermesin 125 cc di Indonesia yang bisa dikatakan punya track record apik. Sejak dikenalkan generasi pertamanya tahun 2012 silam, motor ini selalu jadi produ yang disukai konsumen. Kompetitornya pun juga sudah ada, dari Yamaha Lexi 125 dan ada lagi penantang asal Taiwan yakni Kymco Micare 125. Meski motor tersebut belum dijual di Indonesia, namun potensi itu tetap ada mengingat Kymco juga aktif di
Jok menjadi item paling mahal dari Yamaha XMax Tech Max. Bukan sekadar aksesoris, struktur jok dari XMax Eropa ini juga mendukung buat touring. Beberapa aksesoris ditawarkan Yamaha XMax Tech Max sebagai diferesiasi. Salah satunya jok yang menjadi item paling mahal dalam daftar produk pendukung XMax tertinggi ini. Bertepatan pula dengan kehadirannya di Bali, Yamaha Indonesia pun mengundang Autofun.co.id untuk merasakan langsung perbedaan dari Yamaha XMax 250 satu ini. Fokus kami lantas mengarah k
Kerap jadi momen habiskan cuti. Perjalanan jarak jauh harus dipersiapkan matang. Atur jalur dan ritme berkendara. Momen libur Natal dan Tahun Baru kerap menjadi waktu untuk menghabiskan cuti tahunan dengan beragam kegiatan. Salah satu hal yang kerap dilakukan bikers adalah touring dengan melakukan perjalanan luar kota yang punya jarak jauh. Entah menuju daerah pegunungan, pantai atau perkebunan yang berujung dengan camping. Tentunya melakukan kegiatan tersebut akan menyenangkan sebagai pelepas p
Pakai mesin 125 cc eSP+, 4 klep, dan radiator. Kapasitas bagasi 30 liter, tangki bensin 5,4 liter. PT Astra Honda Motor (AHM) sudah menyebarkan undangan untuk menghadiri peluncuran produk barunya yang digelar pada hari Kamis 21 Desember 2023. Desas-desus terus bertebaran di dunia maya, namun yang paling kuat adalah AHM akan memperkenalkan matic 125 cc. Motor terbarunya itu kemungkinan besar bernama Honda Stylo atau jika di Thailand namanya Honda Giorno+. Matic ini digadang-gadang akan menjadi li
PT Astra Honda Motor akan melakukan peluncuran motor baru, lusa ini. Motor baru Honda tersebut diduga Honda Stylo yang berbasis Honda Giorno+ dari Thailand. Mengandalkan mesin 125 cc 4 katup. Peluncuran Honda Stylo tinggal menghitung hari. Jika benar demikian, motor ini digadang menjadi bintang baru PT Astra Honda Motor (AHM) di Indonesia. Tentu saja hal tersebut berkaitan erat dengan undangan PT AHM yang masuk ke redaksi Autofun.co.id, beberapa hari lalu. Tertulis jelas pula jika pihak pemegang

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yadea T9
Lihat