Kawasaki Ninja ZX-25R Kena Recall di Jepang, Unit di Indonesia Terdampak?

Kawasaki Ninja ZX-4RR
  • Kawasaki recall 4 model Ninja
  • Recall dikarenakan lubang drainase

Pabrikan sepeda motor asal Jepang, Kawasaki, telah  mengumumkan sejumlah produk motor sportnya harus mengalami recall pada model Ninja.

Beberapa sepeda motor yang terkena recall diantaranya Ninja ZX-25R, Ninja ZX-25R SE, Ninja ZX-4R SE, Ninja ZX-4RR. 

Disebutkan bahwa recall untuk keempat produk tersebut dilakukan sejak 26 Januari 2024. 

Adapun bagian Ninja ZX-25R, Ninja ZX-25R SE, Ninja ZX-4R SE, dan Ninja ZX-4RR yang terkena recall berasal dari bagian bawah rangka.

Baca juga: Kawasaki Ninja 250 SL Semakin Langka, Jadi Motor Buruan Kolektor?

Dengan quick shifter, pengendara tak perlu menekan kopling saat melakukan downshift jelang tikungan.

"Karena posisi lubang drainase tidak sesuai dalam rangka kendaraan, sulit bagi air yang telah masuk ke dalam rangka di tengah hujan atau mencuci untuk mengalir keluar." 

"Dan kelembaban dapat tinggal dirangka untuk waktu yang lama," tulis Kawasaki dalam informasi recall.

Nah, jika motor terus digunakan tanpa pertimbangan, maka resikonya yang terjadi adalah cat akan mengelupas karena karat yang ada di sekitar lubang drainase.

Maka dari itu, Kawasaki akan menambah lubang drainase di bagian bawah sisi kiri dan kanan rangka untuk semua kendaraan. 

Adapun jika cat pada rangka sudah terkelupas di sekitar lubang drainase, maka Kawasaki akan mengecat ulang. 

Baca juga: Update Harga Kawasaki Ninja 2024 Series, Termurah Rp36 Jutaan

Belum diketahui apakah sudah terjadi masalah serius seperti rangka yang tiba-tiba patah atau lainnya

Namun disebutkan, dari keempat motor yang disebutkan setidaknya jumlah yang terkena recall mencapai 17.987 unit. 

Tak hanya Jepang, Kawasaki Malaysia juga sudah mengumumkan recall untuk masalah serupa, dan menyebut perbaikan butuh waktu sekitar 1,5 jam.

Untuk detail sepeda motor yang terkena recall, sebagai berikut:

Kawasaki Ninja ZX-25R dan Ninja ZX-25R SE

Ketangguhan Kawasaki Ninja ZX-25R diuji di Sirkuit Sentul.

Rentang nomor sasis (nomor seri) kendaraan tergantung pada kampanye layanan dan periode produksi yaitu ZX250E-A01321 dan ZX250E-A23856.

Unit kedua motor tersebut diproduksi antara 14 Juli 2020 sampai 21 Oktober 2020 dengan jumlah motor yang beresiko recall sekitar 13.510 unit.

Selain itu, ada juga Ninja ZX-25R SE dengan nomor ZX250H-A25461 dan ZX250H-A31670, yang dibuat pada 28 Februari sampai 7 December 2020, sebanyak 1.937 unit.

Baca juga: Merah Kesemek, Kelir Kawasaki Ninja ZX-25R SE 2024 Selain Biru

Kawasaki Ninja ZX-4R SE dan Ninja ZX-4RR

Motor yang terkena recall selanjutnya adalah Ninja ZX-4R SE dan Ninja ZX-4RR.

Kedua motor yang terkena recall ini memiliki nomor rangka ZX400P-A01691 hingga ZX400P-A10050.

Nomor rangka itu dibuat pada 6 Juni-19 Desember 2020, dengan total motor yang beresiko sebanyak 2.540 unit. 

Ninja di Indonesia Terdampak?

Kawasaki Ninja ZX-25R

Dengan adanya pengumuman recall ini, tentu saja yang menjadi tanda tanya apakah hal tersebut berlaku juga untuk motor Kawasaki yang dijual di Indonesia.

Terlebih produk-produk yang terdampak di Jepang, juga diniagakan oleh Kawasaki di Tanah Air saat ini.

"Saat ini masih dalam penyelidikan," singkat Line Head Marketing PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), Sucipto Wijono kepada Autofun, Senin (18/3/2024).

Nah, Anda yang memiliki model sepeda motor terkait recall di atas, maka cukup menunggunya untuk dilakukan panggilan, baik berupa email atau dikontak langsung pihak Kawasaki. 
 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Update harga Honda PCX 160. Pilihan motor sport 250 cc. Motor matic murah terbaru. Sepekan kemarin kami memberikan update mengenai pilihan motor baru dari beragam model dan merek. Diantaranya update harga motor sport 250 cc untuk tipe naked dan juga full fairing. Lalu ada cek harga Maxi Yamaha terbaru, Honda PCX 160 hingga ragam pilihan motor matic murah. Jadi yang ada rencana mudik Lebaran pakai motor baru, bisa dibaca-baca nih. Dan berikut top 5 artikel sepekan. 1. Ragam Motor Sport 250 Cc Ter
Ada 13 model, Yamaha jadi yang paling banyak. Hadir dalam berbagai pilihan model, dari klasik sampai sporty. Motor matic 125 cc saat ini identik dengan Honda Vario 125, pasalnya produk satu itu memang paling sering terlihat di jalanan. Tapi nyatanya, di Indonesia saat ini ada banyak sekali pilihan motor matic bermesin 125 cc yang tersedia. Dari merek Jepang, Eropa bahkan India, menawarkan beragam motor matic dengan kubikasi tersebut. Selain Honda Vario 125 dengan harga jual Rp 22, 550 juta - Rp
Ragam pilihan motor sport 150 cc ditawarkan sejumlah brand Motor sport 150 cc masih dipilih konsumen di Indonesia Harga motor sport 150 cc memang tak bisa dipandang murah atau mahal di pasar otomotif nasional. Akan tetapi, sepeda motor sport 150 cc ternyata masih banyak penggemarnya, khususnya bagi masyarakat yang merasa bosan dengan jenis skuter matik atau bebek yang bentuknya begitu-begitu saja. Untuk motor sport 150 cc disebut memiliki pasar tersendiri, meski secara keseluruhan segmen motor s
Tipe S Version jadi lebih mewah. Tipe Standard punya lima opsi warna. Harga naik tipis dari awal tahun 2024. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menghadirkan Yamaha Gear 125 2024. Skuter entry level tersebut bersolek dengan mendapatkan opsi warna baru yang lebih menarik. Dari keterangan resminya disebutkan, kelir baru ini hadir dengan kombinasi warna dan grafis energik dengan desain sporty. "Warna dan grafis baru ini mampu meningkatkan kepercayaan diri dari penggunanya," kata Antonius
Punya oil jacket untuk maksimalkan pendinginan. Diklaim lebih minim perawatan. Cukup perawatan rutin dan ganti oli teratur. Suzuki V-Strom 250 SX merupakan salah satu motor terbaru dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Motor touring adventure itu mengandalkan mesin 250 cc, 4-tak, SOHC 4 katup dengan pendingin oli. Nah yang menarik, pendingin olinya bukan model biasa seperti Suzuki Satria F150 versi karburator dulu. Baca juga : Honda Monkey x Dragon Ball, Tribut untuk Akira Toriyama Tapi sudah ca

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Kawasaki Ninja ZX-25R
Lihat