Produk pertama Alva hadir di Indonesia pada tahun 2022 dengan nama Alva One, di tahun 2024 ini mendapatkan update serta mengubah nama menjadi Alva One XP.
versi terbaru ini dibanderol dengan harga Rp 38,5 juta dengan beberapa update, pertama ada desain striping baru yang memiliki variasi warna unik pada bagian depan.
Striping itu juga memberikan visual yang lebih baik sehingga meningkatkan rasa percaya diri pengendaranya.
Tercatat ada 5 pilihan warna baru yang kini mengusung konsep dual tone, jadi tiap pilihan warnanya menggunakan kombinasi warna sehingga membuatnya terlihat lebih menarik.
Motor listrik ini dilengkapi spidometer dengan layar Dynamic TFT 7 inci yang punya interface visual lebih besar.
Lebih responsif serta lebih adaptif terhadap cuaca, dimana memungkinkan pengendara mengakses informasi lebih baik pada siang dan malam hari.
Baca juga: Dua Cara Supaya Naik Motor Listrik Bisa Nanjak
Layar Dynamic TFT ini juga dapat dipersonalisasi dengan menyajikan informasi yang dibutuhkan pengendara seperti kecepatan, status baterai, jarak tempuh, dan petunjuk navigasi.
Menilik performa Alva One XP, motor listrik ini secara spesifikasi tidak berubah, tetap dibekali dengan mesin listrik hub drive 4.000 watt dengan kecepatan maksimum hingga 90 km/jam yang rasanya sudah cukup untuk digunakan di perkotaan.
Ditunjang juga dengan torsi maksimum 46,5 Nm serta penggerak hub-drive yang telah disempurnakan.
Ini menjadikannya cocok digunakan para kaum urban yang ingin berkendara ramah lingkungan dengan performa mumpuni.
Tapi sayangnya area test ride yang disuguhkan terbilang sempit sehingga tidak bisa merasakan sensasi dari Alva One XP sepenuhnya.
Baca juga: Diskon Ramadhan Gila-Gilaan, Motor Listrik ECGO Jadi Rp 6 Jutaan!
Hanya bisa merasakan hentakan awal saja, memang terasa beda antara 3 riding modes yang disediakan pada motor ini, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
Improvement pada hub drive di sini ternyata bukan soal performa, melainkan soal ketahanan hub drive terhadap air saat diajak melewati genangan air.
Ada peningkatan pada sisi sealant yang mengelilingi hub drive untuk membuatnya lebih kedap.
Tiap pembelian Alva One XP mendapatkan satu buah baterai Lithium Ion dengan spesifikasi 60 V - 45 Ah.
Namun di bawah joknya sudah dibekali dengan 2 slot baterai lengkap dengan kabel penghubungnya.
Jadi kalau sewaktu-waktu ingin memiliki daya tempuh yang lebih jauh cukup membeli 1 buah baterai lagi dan bisa langsung pasang di slot baterai yang sudah disiapkan.
Baca juga: SMEV Tantang Builder Tanah Air Modifikasi Motor Listrik
Infonya saat 2 baterai terpasang, sistemnya tetap mengatur keluaran baterai dengan sistem seri, artinya akan menghabiskan dulu baterai pertama baru berpindah ke baterai kedua.
Beda dengan Alva Cervo yang dua baterainya langsung bekerja berbarengan atau paralel.
Salah satunya karena tenaga yang dihasilkan Cervo cukup besar sehingga butuh keluaran daya yang juga lebih besar.
Klaimnya 1 buah baterai ini maksimal bisa membawa Alva One XP melaju sejauh 70 km.
Namun bisa jadi lebih rendah karena banyak faktor yang mempengaruhi jarak tempuh kendaraan listrik.
Pengisian daya baterainya kurang lebih memakan waktu 4 jam kalau dari kondisi 0-100%, artinya kalau baterai tidak sampai habis, maka waktu pengisian akan lebih singkat.
Baca juga: Honda Akan Tambah Model Motor Listrik Lagi Tahun Ini
Daya listrik yang dibutuhkan chargernya kurang lebih bermain di angka 1.000 watt, karenanya disarankan listrik rumah minimal memiliki daya 2.200 watt.
Dari segi posisi berkendara juga tidak ada perbedaan berarti dari Alva One dan Alva One XP, masih menyuguhkan posisi berkendara santai untuk postur 170 cm.
Dimulai dari joknya yang lebar dan ada sandaran untuk tulang ekor sehingga nyaman untuk dibawa berkendara lama, kaki pun masih bisa menapak dengan baik tanpa masalah.
Pengendara disuguhkan dengan 2 posisi kaki, bisa posisi normal atau bisa juga sedikit meluruskan kaki layaknya menunggangi maxi scooter.
Baca juga: Awas Kaget, Begini Tips Aman Berkendara Motor Listrik Honda
Yang terasa kurang enak adalah sudut pijakan kaki depannya ini lumayan menukik, jadi kalau terlalu lama terasa sedikit pegal pada pergelangan kaki.
Setang pipanya juga memiliki bentuk tinggi dan tidak terlalu lebar, ini otomatis membuat lengan dan pundak pengendara lebih santai selama perjalanan.
Pundak pengendara juga tidak sampai ketarik saat setang berbelok patah, masih ada jarak bebas sehingga tidak perlu merubah posisi duduk saat berputar arah.
Di sektor rem depan dan belakang juga tidak ada perubahan, tetap menggunakan cakram depan dan belakang serta teknologi CBS.
Sayangnya cakram dan kampas rem masih baru jadi belum terasa pakem saat kami cobai.
Baca juga: Motor Listrik Paling Mahal dan Murah di IIMS 2024, Rp 2 Jutaan Berbanding Rp 400 Jutaan!
Suspensi depan pakai teleskopik dan belakang monosok, untuk suspensi depan tidak ada kendala karena terasa empuk saat melewati jalur gravel dan simulasi polisi tidur.
Untuk yang belakang justru kebalikannya, karena terasa sedikit stiff atau kaku terutama saat melewati polisi tidur agak cepat, hentakan cukup terasa di badan pengendara 60 kg.
Mungkin sisi positifnya suspensi belakang jadi tetap tegap atau tidak amblas ketika diberi beban yang lebih berat, baik dipakai boncengan maupun ditambah beban top boks.
Lainnya tentu saja suspensi yang sedikit kaku ini akan memberi feeling stabil selama berkendara.
Terutama saat digunakan melewati jalur bergelombang atau saat melahap tikungan dengan cepat.
Dari sisi connectivity, Alva One XP telah dilengkapi dengan aplikasi My Alva yang dapat diunduh di smartphone pengendara.
Fitur ini memastikan pengendara terintegrasi dengan motornya untuk mengakses rangkaian fitur canggih.
Baca juga: Motor Listrik Selis DNA e-Citi Dijual Rp 90 Jutaan, Apa Bagusnya?
Seperti Anti-theft emergency turn off, yang bisa mematikan motor ketika dicuri; MyAlva Locator, memungkinkan kita melihat lokasi motor, stasiun pengisian daya,.
Alva Experience Center terdekat; serta fitur pendukung lainnya seperti Battery Status Checking, Live Map Tracking, Trip History & Analytic, hingga pilihan untuk membagikan perjalanan.
Kenyamanan pengendara dan penumpang juga menjadi prioritas, di mana Alva One XP dirakit dengan diameter roda yang besar serta jok dan legroom yang luas.
Sehingga akan memberikan kenyamanan maksimal untuk melintasi segala medan menantang.
Melengkapi rangkaian fitur, teknologi, serta performa yang disajikan, Alva juga melengkapi penawarannya dengan layanan purnajual.
Melalui layanan customer service dan Roadside Assistance 24 jam yang akan memastikan pengalaman berkendara menjadi menenangkan.
Spesifikasi ALVA One XP | ||
---|---|---|
P x L x T | 1.960 mm x 755 mm x 1.200 mm | |
Kecepatan maksimal | 90 km/jam | |
Jarak tempuh maksimal | 70 km (1 Baterai) | |
Jarak sumbu roda | 1.370 mm | |
Jarak terendah ke tanah | 135 mm | |
Tipe mesin listrik | Hub Drive | |
Tenaga rata-rata | 4 kW (5.4 PS) | |
Torsi maksimal | 46.5 Nm | |
Tipe barerai | Lithium | |
Kapasitas baterai | 60 V 45 Ah (2.7 kWh) | |
Lama pengecasan | 4 jam untuk 1 Baterai (0-100%) | |
Ban depan | 90/90-14 M/C | |
Ban belakang | 110/80-14 M/C | |
Rem | Cakram, CBS | |
Suspensi depan | Teleskopik | |
Suspensi belakang | Monoshock | |
Harga | Rp 38,5 juta OTR Jakarta |