Rp 34,45TBC Juta

Harga Honda CRF150L 2021 di Indonesia

Spesifikasi Honda CRF150L
ModelOff-Road
Tenaga Maksimal13hp
Panel InstrumenDigital
Kapasitas149.15 cc
Opsi startKick & Electric
ABSN

Kelebihan&Kekurangan Honda CRF150L

Kelebihan

  • Suspensi bawaan yang optimal karena hanya disediakan dalam satu tipe, semua konsumen pasti menikmati motor ini dengan maksimal. Contohnya, suspensi upside-down. Tabung berkelir emas ini, selain memberi nilai estetika lebih, juga membuat pengendalian semakin baik.

  • Performa mesin cukup tangguh

  • Tampilan desain tampak gagah dan elegan

  • Hemat bahan bakar

  • Sistem asupan bahan bakar injeksi memang lebih modern ketimbang karburator. 

  • Suspensi depan memberikan respons saat bekerja meredam guncangan

  • Panel instrumen digital cukup inovatif dan model case speedometernya juga terlihat kokoh dan mengesankan motor dual purpose.

Kekurangan

  • Berat kendaraan terlalu berat

  • Perpindahan gigi tidak lancar

  • Performa mesin tangguh

  • Varian motor ini cukup minim

  • Speedometer minim informasi

  • Hanya memiliki satu warna

Review Honda CRF150L

  • Overview
  • Desain
  • Pengendaraan dan Handling
  • Mesin & BBM
  • Pengereman dan Keamanan
  • Kesimpulan
  • Overview

    Honda CRF150L menjadi produk andalan PT Astra Honda Motor (AHM) untuk bersaing di segmen motor trail 150cc. Sebelumnya, di segmen ini cukup lama dihuni oleh satu pemain saja, yakni Kawasaki KLX150 dan disusul Yamaha WR 155 R.

    Menilik dari sejarahnya, segmen motor trail yang diikuti Honda CRF150L sebenarnya bukan menjadi pasar utama di Indonesia. Segmen skutiklah yang saat ini menjadi penyumbang terbesar angka penjualan sepeda motor, karena skutik dianggap motor yang sangat praktis untuk mobilitas dan harganya yang terjangkau. Saat ini di pasaran harga Honda CRF150L dibanderol sekitar Rp 34 juta dengan menawarkan tiga pilihan warna, yaitu Extreme Red (Merah), Extreme Black (Hitam), dan yang terbaru adalah Extreme Grey (Abu-Abu).

    Meski terlambat, kehadiran Honda CRF150L juga cukup penting bagi Honda. Pasalnya, olahraga adventure dengan menerabas medan off-road sangat diminati di Indonesia. Kondisi alam di berbagai daerah di Indonesia sangat cocok untuk berkendara dengan jenis motor trail.

    Setiap akhir pekan dipastikan ada saja bikers yang melakukan kegiatan di alam terbuka dengan motor trail. Rupanya, Honda juga tergoda oleh Kawasaki KLX150 yang sukses bermain sendiri beberapa tahun silam. Pun demikian juga dilakukan Yamaha menghadirkan Yamaha WR155 R. Persaingan di kelas pun semakin ramai.

    AHM meluncurkan Honda CRF150L pada November 2017 dengan tampilan dan performa mesin motor on-off sport sejati yang siap menghadirkan petualangan menyenangkan melebihi ekspektasi pengendaranya. Motor ini diklaim mampu menaklukan tantangan di segala kondisi medan sehingga memberikan kebebasan pengendaranya untuk menikmati segala petualangan.

    Dengan konsep terbaru “Take You to Off Fun Ride”, Honda CRF150L hadir melalui penyematan desain terbaru, fitur unggulan baru dan mesin baru yang nyaman digunakan untuk berkendara di jalan raya dan menaklukan berbagai rintangan.

    Ketangguhan All New Honda CRF150L dicapai berkat penyematan mesin 150cc SOHC PGM-FI berperforma tinggi, fitur terbaik seperti Long Travel Inverted Front Fork, ban dual purpose dan velg ukuran besar, serta Wavy Disc Brake yang mendukung kemampuan jelajah optimal dengan nyaman dan mudah dikendalikan di berbagai kondisi jalan.

    Perlu diketahui, sistem pengabutan bahan bakar yang dimiliki Honda CRF150L menjadi salah satu keunggulan tersendiri. Meski banyak pengguna motor trail yang lebih suka dengan teknologi karburator karena mudah untuk disetting, teknologi injeksi yang diusung Honda CRF150L tentu lebih ramah lingkungan.

    Selain itu, teknologi injeksi menjadikan distribusi bahan bakar lebih terkontrol mengalirkan kombinasi asupan udara dan bahan bakar (mixture) dalam ruang bakar. Efeknya, konsumsi bahan bakar lebih irit.

    AHM menghadirkan All New Honda CRF150L dengan konsep on-off Sport bagi pengendara di Indonesia untuk melengkapi jajaran motor Honda CRF series yang sudah hadir sebelumnya, yakin CRF1000L Africa Twin dan CRF250 Rally yang telah menghadirkan petualangan dengan sensasi berkendara baru.

  • Desain


    Tampilan desain fisik yang diusung spesifikasi Honda CRF150L sebagai motor trail buatan Honda yang satu ini menyuguhkan tampilan yang cukup menawan dan sangat kental dengan aura khas motor adventure dan memiliki desain motorcross yang terinspirasi dari Honda CRF. 

    Untuk desain lampu depannya didesain membentuk sudut tajam yang dapat memberikan kesan sebagai motor pertarung di jalanan sebagai motor trail dan lampu belakangnya juga memiliki desain tajam, sporty yang menamban kesan agresif pada motor trail Honda ini. 

    Honda CRF150L memiliki dimensi panjang 2.199 mm, lebar 793 mm, tinggi 1.153 mm dan jarak sumbu roda depan ke belakang mencapai 1.375 mm. Jadi, motor ini nyaman dikendarai melewati berbagai medan berat karena memiliki bodi ideal dengan memiliki bobot ringan. kesan garang bergaya off road pun tampak seimbang dengan blok mesin tanpa penutup yang semakin memperlihatkan aura kegaharan den dengan bentuk knalpot yang dibuat begitu besar. Selain itu, motor ini menggunakan jok membentuk huruf “V” yang memanjang sedikit ke belakang yang akanmemberikan posisi berkendara menjadi nyaman dan mudah.

  • Pengendaraan dan Handling


    Honda CRF150L mengusung rangka Semi Double Cradle yang sangat kokoh, yang mana mengingat sektor kaki-kaki dari motor trail yang satu ini merupakan suatu penunjang untuk menjaga keseimbangan dan kennyamanan ketika berkendara dengan mengusung dua suspensi handal yang disematkan pada kedua sisinya. 

    Pada bagian depannya mengusung suspensi tipe Upside Down dengan diameter 37 mm dan panjang stroke 225 mm yang dibalutdibukus dengan pipa berwarna emas yang memberikan tanda bahwa motor trail ini memakai Upside Down 

    Dan terlihat menarik dan untuk bagian belakangnya juga dilengkapi dengan adanya sistem Pro-Link dan satu buah monoshcok yang memberikan jarak main (travel axel) 210 mm. Jadi, kombinasi yang didapat dari kedua suspensi tersebut membuat pengendalian Honda CRF150L semakin baik dan membuat pengendara pun merasa nyaman ketika melewati jalanan yang bergelombang.

    Dengan dimensinya yang cukup jangkung, Honda CRF150L 2021 terlihat sangat tinggi. Bagi pengendara dengan postur tinggi di bawah 170 cm, tentu akan sedikit kesulitan untuk mengendarainya. Sebab, tinggi tempat duduknya mencapai 869 mm.

    Setangnya juga lebar dan radius putar setangnya cukup besar. Sehingga, memudahkan pengendalian motor untuk bermanuver. Tempat duduk khas motor trail yang tidak terlalu lebar tetap dipertahankan.

    Posisi duduk cukup ergonomis, karena jarak dengan setang normal dan posisi kaki ke footstep juga sesuai. Bobotnya yang hanya 122 kg juga terbilang tidak terlalu berat untuk ukuran motor trail.

  • Mesin & BBM


    Motor Honda CRF150L ini mengususng tipe mesin 4-Langkah, SOHC, Satu Silinder, berpendingin udara yang memiliki kapasitas 149.15cc. Dengan adanya mesin teesebut, Tenaga yang dikeluarkannya akan disalurkan pada sistem transmisi 5 percepatan yang mampu mencapai sebesar 12.91 PS pada putaran 8.000 rpm. 

    Kemudian untuk torsinya mampu mencapai 12.43 Nm pada putaran 6.500 rpm. Selain itu, motor ini juga sudah mengusung sistem pembakaran Fuel Injection (PGM-FI) yang membuat kemampuan akselerasi menjadi semakin maksimal dan meningatkan efiensi pemakaian bahan bakar, yang mana rasio konsumsi bahan bakarnya adalah 39.3 km/liter ketika itu diuji dengan metode pengetesan Euro 3. Dengan hal ini sudah dapat dipastikan bahwa sektor dapur pacu yang diusung bakal sangat gahar dan mumpuni di kelasnya.

    Spesifikasi Mesin Honda CRF150L
    Tipe Mesin 4-Langkah, berpendingin udara, SOHC, Satu Silinder
    Kapasitas 149.15 cc
    Sistem Suplai Bahan Bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection)
    Diameter X Langkah 57.3 x 57.8 mm
    Tipe Transmisi Manual, 5 Percepatan
    Rasio Kompresi 9.5:1
    Daya Maksimum 9,51 kW (12,91 PS) / 8.000 rpm
    Torsi Maksimum 12,43 Nm (1,27 kgf.m) / 6.500 rpm
    Rem Depan Cakram Hidrolik (Wavy Disc, 240 mm)
    Rem Belakang Cakram Hidrolik (Wavy Disc, 220 mm)
  • Pengereman dan Keamanan


    Untuk membuat pengereman yang maksimal, motor Honda CRF150L pun akan dilengkapi dengan tipe rem Wavy Disc Brake yang memiliki diamrter 240 mm pada bagian depan dan 220 mm pada bagian belakang. Namun, saat ini motor ini belum dilengkapi dengan fitur teknologi ABS. Selain itu AHM melengkapi Honda CRF150L dengan roda bergaya off road dengan velg 21 inci di bagian depan dan 18 inci di bagian belakang dan dengan ukuran ban 2.75 – 21 45P (Ban depan Dalam) dan 4.1 – 18 59P (Ban belakang Dalam). Sayangnya motor ini belum menggunakan ban bertipe tubeless. Nmaun, pada sektor ini dinilai sudah sangat tangguh untuk menjaga keseimbangan maupun kenyamanan berkendara.

  • Kesimpulan

    Sebagai salah satu motor trail yang dimiliki Honda, motor Honda CRF150L ini bisa menjadi pilihan terbaik bagi kalian yang memiliki hobi sebagai pecinta medan Offroad Tanah Air semua aspek yang di sinyalir sudah sangat mampu untuk menerobos berbagai medan dengan berbagai spesifikasi keunggulannya yang dapat meningkatkan performa motor ini. Selain itu, Harganya pun lebih murah dibandingkan Kawasaki KLX 150 BF.

FAQ Honda CRF150L

Model Populer

VS