Suzuki Burgman 200 Bekas Menarik Dilirik, Harga Rp 30 Jutaan Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Suzuki Burgman 200 suguhkan posisi berkendara nyaman | Foto: Motorcyclist
  • Harga bekasnya mulai Rp 30 jutaan.
  • Dimensi cukup gambot seperti matic 250 cc.

Jauh sebelum Suzuki Burgman Street 125 EX hadir di Indonesia, PT Suzuki Indomobil Sales telah lebih dulu menjual Burgman 200.

Diperkenalkan pada tahun 2014 dengan harga Rp 54 juta OTR Jakarta, motor ini jadi matic besar satu-satunya dari brand Jepang kala itu.

Dari harga pun sudah terlihat kalau Burgman 200 ini memang menyangsa pasar menengah ke atas, didatangkan secara utuh atau CBU dari Thailand.

Di tahun 2024 ini kalau melihat beberapa situs jual beli, Suzuki Burgman 200 bekas berada di angka Rp 30 juta sampai Rp 37 juta tergantung kondisi tiap unitnya.

Populasinya pun tak banyak, sehingga menjadi motor langka di jalanan dan pastinya jadi beda dari yang lain.

Dan dengan budget setara Yamaha NMax terbaru, motor ini bisa jadi opsi alternatif matic gambot dengan harga lebih ekonomis.

Apalagi umumnya pemilik motor ini adalah penghobi saja, hanya memakainya pada akhir pekan dan  bukan motor harian.

Alhasil odometer akan lebih rendah serta kondisinya pun masih terhitung apik untuk sebuah motor yang rilis tahun 2014 lalu.

Kelebihan Suzuki Burgman 200

Ada yang tertarik meminang Suzuki Burgman 200 di tahun 2024 ini? Simak dulu kelebihannya ya.

Riding Position Nyaman

Dimensinya cukup gambot sehingga cukup merepotkan digunakan di jalur padat

Hal pertama yang menjadi kelebihan dari matic ini adalah suguhan posisi berkendaranya yang cukup nyaman.

Dimulai dari posisi setang tinggi dan tidak terlalu lebar sehingga memberi rasa nyaman juga santai pada lengan juga pundak.

Baca juga: Heboh Suzuki Hayabusa Disumbangkan Untuk Siswa SMK di Purwokerto

Sisi kenyamanan kembali terasa ketika duduk di atas joknya yang cukup empuk dan juga lebar.

Bokong pengendara benar-benar bisa ditopang dengan sangat baik, ada pula sandaran tulang ekor yang membuat perjalanan kian nyaman.

Desain jok lebar dan empuk

Kaki pengendara disuguhkan 2 posisi berkendara posisi normal dan sedikit agak meluruskan kaki.

Memang tidak bisa full selonjoran tapi cukup membantu agar kaki lebih rileks selama perjalanan.

Asiknya jok Burgman 200 cuma punya tinggi 735 mm ditambah adanya cutaway footboards, ini memberikan ruang lebih saat kaki pengendara menapak.

Pengendara kian nyaman karena adanya windshield cukup tinggi, dengan begitu angin yang menerpa badan akan lebih minim.

Kompartemen Lega Suzuki Burgman 200

Bodinya yang gambot tentunya dapat dimanfaatkan untuk memberikan ruang penyimpanan lebih lega dibandingkan Yamaha NMax.

Sisi depan punya banyak ruang penyimpanan

Baca juga: Gokil, Polisi Dorong Avanza Mogok di Jalan Tol Pakai Suzuki Hayate

Seperti di sisi depan terdapat kompartemen seluas 7 liter yang bisa dikunci, lalu di sebelahnya juga ada kompartemen yang dilengkapi dengan power outlet.

Ruang lebih besar terdapat di bawah joknya, karena gak tanggung-tanggung nih kapasitasnya mencapai 41 liter!

Kapasitasnya bahkan lebih besar dari Honda Forza 250 atau Yamaha XMax sekalipun, yang punya kapasitas mesin 250 cc.

Jadi tak heran kalau 2 buah helm tipe full face bisa disimpan bersamaan di dalamnya.

Bahkan pada beberapa sisinya masih terdapat ruang untuk menyimpan jaket atau sarung tangan.

Dua helm full face bisa disimpan dengan mudah

Bagasinya juga dilengkapi dengan lampu penerang mungil yang lumayan membantu saat mengambil atau menyimpan barang di kondisi minim cahaya.

Kekurangan Suzuki Burgman 200

Meski demikian, motor ini tetap memiliki beberapa kekurangan yang bisa jadi catatakan saat sudah mendapatkan unit bekasnya nanti.

Mesin Kurang Responsif

Suzuki Burgman 200 dibekali dengan mesin 1 silinder, SOHC, fuel injection, dan pakai pendingin cairan untuk menjaga suhu mesinnya.

Baca juga: Cara Bikin Bodi Suzuki Burgman Street 125 EX Tetap Mulus

Karakter mesin bertenaga di putaran tinggi

Diameter piston yang digunakan berdiameter 69 mm dengan panjang langkah 53,4 mm, tentu saja karakter mesin 199,5 cc ini langsung menjadi overbore yang mana kuat di putaran tinggi.

Klaim tenaga maksimalnya 18,3 ps di 8.000 rpm dan torsi maksimalnya 17 Nm pada 8.000 rpm, baik tenaga maupun torsi puncak bisa dicapai di putaran mesin cukup tinggi.

Ini membuat putaran rendah Burgman 200 terasa tidak begitu responsif, cenderung lemot terutama kalau digunakan pada karakter jalur stop and go.

Seperti di perkotaan yang didominasi jalan macet. Dan hal ini juga akan membuat konsumsi bahan bakar lebih boros.

Namun ketika diajak berkendara jauh dengan jalur lenggang barulah tenaga Burgman 200 terasa padat dan berisi.

Ini juga jadi salah satu karakter beberapa motor Suzuki yang lemot di putaran rendah tapi kuat di putaran tengah hingga tinggi.

Kurang Lincah

Menurut data spesifikasinya Burgman 200 memiliki dimensi panjang 2.055 mm, lebar 700 mm, dan tinggi 1.355 mm yang mana ini tergolong gambot.

Baca juga: Suzuki Peduli Mudik, Ada Towing yang Siap Angkut Motor Bermasalah

Cutaway footboards bikin kaki tidak terganjal saat menapak

Belum lagi sumbu rodanya yang mencapai 1.465 mm tentu membuat motor ini tidak bisa lincah di jalur sempit.

Karenanya untuk area perkotaan dan digunakan sehari-hari yang mayoritas jalannya padat tentu akan sedikit merepotka.

Jadi rasanya akan lebih cocok dan nyaman digunakan turing yang didominasi dengan jalur lancar.

Harga Sparepart Tinggi

Karena hadir di Indonesia dalam keadaan CBU, jadi tidak heran kalau komponen Burgman 200 punya harga cukup tinggi.

Sebagai contoh kalau melihat part katalog, filter udara Burgman 200 punya harga Rp 337 ribu, Rp 124.500 untuk 6 buah roller,  bahkan untuk kampas koplingnya mencapai Rp 1.835.500.

Kesimpulan

Suzuki Burgman 200 jelas jadi alternatif yang lebih bergengsi jika dibandingkan matic 150-160 keluaran terbaru.

Dengan harga yang setara, bisa mendapatkan motor yang lebih besar dengan segmen yang lebih premium.

Dimensi bodi yang besar memberikan kesan gagah, dan juga unit yang tak pasaran menjadikannya perhatian.

Tapi harus juga siap dengan karakter mesin, handlingnya dan juga harga suku cadangnya yang cukup tinggi.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Suzuki Hayabusa jadi bahan praktik SMK. CFMoto 450 MT segera masuk Indonesia. Sewa baterai motor listrik lebih menguntungkan. Kembali kami merangkum berita-berita favorit sepanjang pekan lalu, dan banyak berita menarik yang layak disimak. Diantaranya ada kabar moge Suzuki Hayabusa yang jadi donasi untuk bahan praktik SMK di Purwokerto. Meski sudah beberapa tahun lewat, namun informasi ini kembali ramai usai diunggah ulang oleh sejumlah akun Instagram. Kemudian ada pilihan motor bebek seharga Rp
Harga bekas kurang dari Rp 15 juta. Mesin injeksi berperforma tinggi. Banyak fitur modern. Di Indonesia, TVS Motor Company sudah eksis cukup lama, mereka awalnya fokus pada model motor tipe sport. Ini karena kala itu ada banyak pemainnya yakni Yamaha Scorpio, Honda Megapro, Honda Tiger dan Suzuki Thunder. TVS pun ikut meramaikan dengan model TVS Apache RTR, dengan berbagai kapasitas mesin. RTR sendiri yang merupakan singkatan Racing Throttle Response, jadi bisa dikatakan respon gasnya seperti mo
Desain futuristik dengan fitur modern. Menyalakan motor menggunakan kartu NFC. Mesin punya performa tinggi berpendingin radiator. Test ride kali ini tim AutoFun Indonesia menjajal salah satu motor listrik premium asal Tiongkok, yaitu Zeeho dengan tipe AE8. Motor yang kami pinjam dari dealer CFMoto Ciledug ini punya harga tergolong tinggi, karena mencapai Rp 63,8 juta. Kalau dibandingkan dengan motor bensin, harga tersebut hampir setara dengan Yamaha XMax Connected yang punya harga Rp 66,450 juta
Penjualan motor kuartal pertama 2024 sebanyak 1.735.090 Jumlah tersebut turun 4,87 persen dibandingkan periode 2023 Penjualan sepeda motor domestik pada kuartal I tahun 2024 mencapai 1.735.090 unit atau turun 4,87 persen dari periode sama di tahun lalu. Merujuk data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan motor domestik pada periode Januari-Maret 2023 justru lebih besar, karena tembus di angka 1.824.073 unit. Melansir Bisnis, penurunan penjualan sepeda motor nasional pada kuar
Dibekali beragam fitur modern. Klaim jarak tempuh 120-190 km. Motor listrik memang masih menarik untuk dibahas karena bisa menjadi kendaraan alternatif dari motor bensin, seperti Zeeho AE8 yang baru tim AutoFun Indonesia jajal. Zeeho sendiri merupakan produsen motor listrik asal Tiongkok yang memiliki produk dengan grade cukup baik. Satu grup dengan CFMoto yang dijual di Indonesia dengan harga Rp 63,8 juta on the road. Hal yang cukup menarik dari motor ini tentu saja dari suguhan desainnya yang

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda Stylo 160

Rp 27,55 - 30,43 Juta

Lihat Motor
ION Mobility

ION Mobility M1-S

Rp 49,00 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda EM1 e

Rp 400,00 Juta

Lihat Motor
Vespa

Vespa Elettrica

Rp 198,00 Juta

Lihat Motor
BSA

BSA Gold Star 650

Rp 380,00 Juta

Lihat Motor
Alva

Alva Cervo

Rp 37,75 Juta

Lihat Motor
Piaggio

Piaggio MP3 300

Rp 330,00 Juta

Lihat Motor
Mendatang
Kawasaki

Kawasaki Ninja ZX-4R

Rp 239,90 Juta

Lihat Motor