Cek Lagi Nih, Kelebihan dan Kekurangan Honda Beat Bekas Non eSAF

Honda Beat eSP non eSAF
  • Desainnya tak ketinggalan jaman.
  • Harga jualnya masih tinggi.

Kasus rangka eSAF yang ramai beberapa waktu lalu membuat sejumlah tipe matic Honda lawas terdongkrak harga jualnya. Termasuk Honda Beat eSP non eSAF generasi terakhir dengan masa edar 2016-2019.

Bahkan di versi 2019 saja, harganya berani ditawarkan pada rentang Rp 13 jutaan. Banderol tersebut setara dengan edisi Beat eSAFyang lebih muda usianya seperti buatan 2020-2021.

Lalu apa kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan oleh Honda Beat bekas non eSAF selain rangkanya yang masih bertipe tubular?

Kelebihan Honda Beat

Ini sejumlah keunggulan yang disodorkan oleh Honda Beat eSP non eSAF:

Desain Timeless

Jika sekilas Anda melihat sosoknya, Honda Beat eSP non eSAF menghadirkan desain serba tajam dan terkesan ringkas. Hal ini pun masih dipertahankan pada model eSAF yang hadir pada 2020.

Desain sporty

Selain itu, meski lampu utamanya masih mengandalkan bohlam halogen, tapi kesan modern yang tampak pada desain reflektornya.

Oleh Honda sendiri, desain Beat eSP ini disebutkan sebagai motor stylish dan sporty karena mengincar segmen anak muda. Tampilan ini membuatnya tidak ketinggalan jaman. 

Baca Juga: Moto Guzzi V100 Mandello Aviazione Navale Masuk Indonesia, Harga Rp 750 Juta!

Fiturnya Komplet

Walau hadir sebagai matic entry level, di masanya Honda Beat eSP non eSAF sudah dibekali sejumlah fitur terbilang komplet. 

Mulai dari rem Combi Brake System (CBS) untuk membantu pengendara menyeimbangkan pengereman roda belakang dan depan. 

Selain itu, model ini juga dilengkapi standar samping otomatis (Side Stand Switch) yang membuat mesin tidak dapat menyala saat posisinya turun.

Ada pula fitur Parking Brake Lock yang lebih mudah dioperasikan agar motor aman ketika dinyalakan. Fungsi lainnya, bisa menjaga motor tetap dalam kondisi diam saat berhenti di tanjakan. 

Selain itu, fitur lain seperti pengaman kunci bermagnet (Magnetic Key Shutter) tetap dipertahankan.

Di versi tertinggi, ada pula fitur canggih Idling Stop System (ISS). Fitur ISS diklaim mampu menambah efisiensi BBM saat berkendara.

Mekanisme kerjanya, mesin akan mati otomatis saat motor berhenti lebih dari 3 detik, seperti ketika macet di lampu merah. Dan pengendara hanya perlu menarik tuas gas untuk menghidupkannya lagi.

Baca Juga: Part Motor MotoGP Suzuki GSX-RR Diecer, Sasisnya Cuma Rp 24 Juta!

Mesin Responsif

Tenaga Honda Beat eSP digemari karena terbilang responsif. Hal ini hadir dari penggunaan mesin 108,2 cc enhanced Smart Power (eSP) berpendingin udara.

Mesin ini terintegrasi dengan ACG Starter yang mampu menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara. Tenaganya 8,68 PS di 7.500 rpm dengan torsi 9,01 Nm per 6.500 rpm dan klaim konsumsi bensin BeAT eSP mencapai 55 km/liter di metode ECE R40.

Kekurangan Honda Beat

Selain keunggulan, sejumlah kekurangan juga ada di motor matic laris ini.

Harga Mahal

Dengan uang Rp 13 jutaan untuk sebuah motor matic entry level bekas, mungkin akan terasa mahal. Beberapa kompetitornya bahkan menawarkan harga sekitar Rp 10 jutaan untuk tahun pembuatan yang sama.

Kerap jadi andalan ojek online

Fenomena kasus rangka eSAF yang terjadi belakangan ini pun mempengaruhi harga jualnya. Sehingga ada kesan motor ini menjadi overpricing. Ini pun patut menjadi pertimbangan.

Usia Pakai

Honda Beat Bekas Non eSAF beredar sejak 2016-2019, meski usianya relatif muda tapi tak jarang, kondisi motor sudah 'capek' dengan jarak tempuh yang jauh. 

Ini karena penggunaannya beragam. Bisa jadi sebagai alat transportasi harian, bahkan tak sedikit yang memanfaatkannya sebagai armada ojek online.

Kondisi ini pun berpengaruh ke umur komponennya. Peranti fast moving seperti ban, kampas rem hingga jeroan CVT bisa saja sudah minta diganti.

Inden Komponen Lama

Keluhan inden komponen matic Honda yang terbilang lama kerap disampaikan bukan hanya oleh konsumennya, tapi juga penjual motor bekas sendiri.

Inden komponen lama

Sebab meski laris, tapi beberapa komponen terutama slow moving perlu ditunggu lebih lama sebelum bisa ditebus di bengkel resminya.

Kesimpulan

Nah, dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, ternyata Honda Beat Bekas Non eSAF juga memiliki sejumlah catatan kekurangan. 

Namun jika memang sudah sesuai dengan budget dan kebutuhan, maka motor ini tetap bisa ditebus.

Jadi, Anda tetap berminat?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Kenali Tanda Oli Mesin Motor Harus Diganti, Tarikan Berat dan Panas!

Ganti oli mesin tak harus saat servis. Oli sudah jelek bisa sebabkan mesin lebih panas. Tarikan berat terjadi karena kinerja oli sudah tak sempurna. Dari sekian banyak perawatan yang harus dilakukan pemilik sepeda motor, mengganti oli mesin motor adalah hal yang paling mudah dilakukan. Mengganti oli mesin tak selalu saat melakukan servis, karena kondisi jalan yang semakin padat dan cuaca panas juga mempersingkat masa pakai oli. Biar gak kelupaan, biasanya penggantian oli dipantau lewat odometer

Kapolri Usulkan Kembali Ganjil Genap Sepeda Motor di Jakarta

Kapolri Listyo Sigit Usulkan Ganjil Genap Sepeda Motor di Jakarta. Menurut Kapolri Usulan Gage Sepeda Motor Untuk Menakan Polusi. Ganjil genap di Jakarta saat ini diberlakukan untuk mobil atau kendaraan roda empat, namun kebijakan ini tidak menutup kemungkinan akan diberlakukan pada sepeda motor. Ya, perihal usulan ganjil genap untuk sepeda motor kembali mencuat setelah disampaikan Kepala Polisi RI (Kapolri) Listyo Sigit Prabowo saat menghadiri acara Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-68. "Sekarang

RSV Helmet Rilis FFS21, Helm Full Face Dengan Harga Terjangkau

Tersedia warna solid dan motif. Model sama dengan RSV FFC21. Punya bentuk sporty. Produsen helm lokal kian banyak dan semarak dengan beragam model yang ditawarkan, terbaru ada RSV Helmet yang merilis helm barunya yakni FFS21 di Jakarta (27/9/2023). Helm ini menjawab kebutuhan akan helm dengan harga terjangkau, dengan desain yang sporty serta memiliki fitur yang mumpuni. Secara desain sejatinya helm tersebut mirip dengan RSV FFC21 yang sudah rilis sejak tahun lalu, namun dibuat dengan bahan yang

Part Motor MotoGP Suzuki GSX-RR Diecer, Sasisnya Cuma Rp 24 Juta!

Knalpotnya dilepas Rp 77 jutaan. Suspensi depannya seharga mobil LCGC. Setelah Suzuki menyatakan untuk berhenti dari arena balap MotoGP di musim 2022, pabrikan asal Jepang ini juga mengumumkan untuk menghancurkan sebagian besar koleksi motor GSX-RR mereka. Namun belum lama ini sejumlah komponennya justru dijual umum secara eceran. Seperti bagian suspensi depan up side down keluaran Ohlins dan knalpot full system dari Akrapovic. Penjualan sejumlah komponen Suzuki GSX-RR ini diunggah oleh akun Fac

Moto Guzzi V100 Mandello Aviazione Navale Masuk Indonesia, Harga Rp 750 Juta!

Adopsi livery dari jet tempur Italia. Diproduksi terbatas 1.913 unit saja. Motor half fairing Moto Guzzi V100 Mandello Aviazione Navale melakukan debut di pameran EICMA 2022 akhir tahun lalu. Dan pekan ini, PT Piaggio Indonesia resmi memasarkannya di sini. Motor ini menjadi model terbaru dalam keluarga Moto Guzzi di Tanah Air dan mengambil varian V100 sebagai basisnya. “Kami dengan bangga mempersembahkan ke Indonesia edisi terbatas dari Moto Guzzi V100 Mandello Aviazione Navale. (Ini) perayaan p

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Beat
Lihat