window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Heboh Suzuki Hayabusa Disumbangkan Untuk Siswa SMK di Purwokerto

Herdi · 19 Apr, 2024 09:30

 

Heboh Suzuki Hayabusa Disumbangkan Untuk Siswa SMK di Purwokerto 01

Dua moge Suzuki jadi bahan praktik SMK.
  • Viral Suzuki Hayabusa jadi alat praktek SMK Wiworotomo, Purwokerto
  • Selain Hayabusa ada juga GSX-R600 Kenny Roberts Edition dan GSX-R150

Jagat maya otomotif dihebohkan dengan keberadan Suzuki Hayabusa yang menjadi bahan praktik siswa Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK Wiworotomo, Purwokerto, Jawa Tengah. 

Bagaimana tidak, alat praktek yang biasanya berupa sepeda motor yang dibuat masal seperti jenis bebek atau matik, namun kali ini tidak untuk SMK Wiworotomo.

Kehebohan Suzuki Hayabusa untuk alat praktek yang dioperek siswa SMK Wiworotomo ini semakin viral setelah foto-fotonya diunggah akun @fakta_gue di media sosial Instagram.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Padahal serah terima unit ini sudah lama dilakukan, namun kembali ramai belakangan ini.

Dalam foto yang beredar, tertulis juga ucapan terima kasih untuk PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang telah memberikan Suzuki Hayabusa dan dua motor lainnya, yang diketahui merupakan GSX-R600 Kenny Roberts Edition, dan GSX-R150.

"Terima kasih kepada PT Suzuki Indomobil Sales Jakarta yang sudah memberikan tiga unit sepeda motor sebagai hadiah HUT SMK Wiworotomo Purwokerto ke-64. Berkah, berkah selalu," tulisnya.

Suzuki Hayabusa atau GSX1300R Hayabusa ini bukan motor sembarang, melainkan motor gede (moge) bahkan sempat dinobatkan sebagai motor tercepat sejagat beberapa tahun lalu. 

Selain itu, Suzuki Hayabusa juga memiliki harga cukup fantastis yaitu lebih mahal dari Suzuki Ertiga, yaitu dengan banderol lebih dari Rp400 jutaan. 

Suzuki Hayabusa Bagian Dari CSR

Suzuki Hayabusa

Suzuki Hayabusa

Suzuki Hayabusa yang diserahkan untuk siswa SMK ini tentu saja banyak yang tidak percaya.

Pasalnya, memang jarang sekali motor mahal dijadikan sebagai alat praktek yang di oprek jeroan mesinnya untuk siswa sekolah. 

Bahkan komentar netizen juga banyak yang tak menyangka.

@sepatupinggian sulit dipercaya, bahkan sangat sulit dipercaya
@mhdwahid_ Alamuni kah kepala pt suzukinya🙌
@mfthr_azu Kirain ngasih GSX 150 doang ternyata sama hayabusa bjir🗿
@sdlmzkr Jago bat editnya

Heboh Suzuki Hayabusa Disumbangkan Untuk Siswa SMK di Purwokerto 02

Suzuki Hayabusa

Kendati ada yang tidak percaya, namun beberapa netizen lainnya justru membenarkan karena dirinya juga alumni di sekolah yang sama. 

Selain itu, kebenaran moge dijadikan alat praktek ini diperkuat melalui akun Instagram @smkwiber_purwokerto yang mengunggahnya dengan keterangan.

"Terimakasih Kepada PT. Suzuki Indomobil Sales Jakarta atas Hadiah Ulang Tahun ke-64 yang diberikan kepada SMK Wiworotomo Purwokerto semoga berkah."

GSX-R600 Kenny Roberts Edition,

Suzuki GSX-R600 Kenny Roberts Edition

Perlu dicatat unggahan viral tersebut rupanya bukan yang terbaru, melainkan sudah ada sejak 27 Agustus 2022.

Hal ini pun membuat Autofun langsung mengkonfirmasi faktanya langsung kepada 2W & OBM Service Head Suzuki Indomobil Sales (SIS) Victor Assani.  

Menurut Victor, pemberiran Suzuki GSX1300R Hayabusa, GSX-R600 Kenny Roberts Edition, dan GSX-R150 memang benar.

Dimana ketiganya memang diserahkan kepada SMK di Purwokerto, sebagai bagian dari program Corporate Social Responsibility alias CSR yang biasa dilakukan Suzuki.

"Iya kami memang dalam beberapa waktu lalu memberi donasi baik mesin maupun sepeda motor ke lembaga-lembaga pendidikan termasuk SMK, dan ini merupakan kepedulian dan perhatian kami ke dunia pendindidikan," ungkap Victor kepada Autofun. 

Dia juga menyebutkan, sebenarnya motor besar adalah sebagian kecil dari donasi yang diberikan Suzuki, namun mungkin karena ini motor besar jadi lebih menjadi perhatian.

Menurut Victor, motor besar yang disumbangkan tidak hanya Hayabusa, tapi juga ada Burgman, DR650 dan lainnya. 

"Pemberian donasi ini memang tidak hanya di SMK Wiworotomo Purwokerto tapi beberapa SMK ada yang beruntung mendapatkan yang type motor besar," tuturnya.

Kebetulan, SMK Wiworotomo merupakan sekolah yang sudah lama melakukan kerjasama dengan Suzuki Indonesia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });