Cocok Untuk Mobil Keluarga, Apa Kelebihan dan Kekurangan Nissan Serena C26?

Pada 2013 Nissan Indonesia memperkenalkan Nissan Serena C26 di Tanah Air. Sebagai High Roof Medium MPV keluarga yang menempati posisi di bawah Elgrand dan di atas Evalia, mobil ini sejatinya telah lebih dulu diperkenalkan di negara asalnya pada tahun 2010.

Memiliki kabin yang lapang serta dapat mengakomodasi anggota keluarga hingga tujuh orang sekaligus, Nissan Serena C26 sendiri dihadrikan dalam beberapa varian, yakni X dan Highway Star (HWS). Ada juga tipe Autech yang diperkenalkan saat mobil ini mendapatkan penyegaran setelah dua tahun peluncurannya.

Dijajakan hingga 2018, Nissan Serena C26 berhadapan langsung dengan Mitsubishi Delica, Toyota Nav1 dan Mazda Biante. Mengetahui harga bekasnya, untuk pasaran saat ini Serena C26 ditawarkan mulai dari Rp130 jutaan.

Apabila kalian tertarik meminangnya dalam waktu dekat, baiknya simak lebih dulu kelebihan dan kekurangan Nissan Serena C26 di bawah ini.

Baca juga: Toyota Voxy 2022 Vs Nissan Serena C27, Mana yang Lebih Praktis dan Nyaman?

Kelebihan Nissan Serena C26

1. Kabin Luas Sangat Cocok Digunakan Sebagai Mobil Keluarga

Nissan Serena C26 punya kabin yang luas

Melihat daripada data di atas kertas, secara dimensi Nissan Serena C26 memiliki panjang 4.770 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.865 mm. Untuk wheelbase nya sendiri mencapai 2.860 mm. Mengenai dimensi yang dimiliki, mobil ini sedikit lebih gambot dibandingkan Serena C25 yang masuk ke Indonesia lewat Importir Umum (IU).

Mempunyai ukuran yang lebih besar dari generasi sebelumnya, secara keluasan kabin mobil ini terbilang lapang. Terlebih di baris keduanya, selain posisi duduknya sangat nyaman dengan busa yang tebal, Serena C26 memiliki jarak legroom yang terbilang jauh sehingga dapat memberikan kenyamanan dalam berkendara.

Tak hanya itu, di baris ketiganya penumpang dewasa juga akan merasakan nyaman saat berpergian berkat lantai kabin yang dibuat rata secara keseluruhan. Oh iya, selain terasa nyaman berkat jok busa yang dibuat tebal, semua baris jok sudah dapat fitur reclining.

Bicara akan kapasitas daya angkut barang, semua jok dalam kondisi tegak menyisakan ruang bagasi sebesar 213 liter. Berbeda apabila jok paling belakangnya dilipat ke samping, kapasitas bagasinya meningkat menjadi 758 liter.

2. Nissan Serena C26 Nyaman Berkat Fitur Unggulan yang Dimiliki

Fitur unggulan pada Nissan Serena C26

Sebagai MPV kelas menengah, Nissan Serena C26 memiliki fitur modern yang mampu memberikan kesan nyaman saat berkendara. Seperti yang terlihat, didalamnya kalian bisa menjumpai adanya fitur berupa head unit layar sentuh berukuran 6 inci pada center clusternya yang dapat diatur menggunakan steering wheel audio control switch.

Lain dari itu kalian juga bisa menjumpai adanya layar LCD berukuran 10 inci yang menempel di plafon, cruise control, engine start/stop, tilt&telescopic, auto digital AC climate control with heater, double blower dan auto sliding door.

Guna memberikan kenyaman lebih, jok baris kedua juga sudah dilengkapi dengan armrest tengah, meja multifungsi, dan cupholder. Tempat penyimpanan kecil juga sangat banyak, mulai dari dua buah glovebox di bagian penumpang tengah, hingga laci penyimpanan di bawah jok baris kedua.

Pada tipe teratasnya, kalian bisa menemukan panoramic sunroof dengan ukuran cukup besar yang mana selain meningkatkan visibilitas mengemudi juga dapat memberikan gaya berkendara.

Sebagai informasi, untuk keselamatan serta keamanannya, Serena C26 telah dibekali dual front airbags, front side airbags, curtain airbags, ABS, EBD, Brake Assist (BA), Hill Start Assis (HSA) keyless entry, engine immobilizer dan alarm system.

3. Suspensi Nissan Serena C26 Karakternya Empuk

Suspensi Nissan Serena C26 terbilang empuk

Menurut spesifikasi Nissan Serena C26 disematkan suspensi berjeniskan MacPherson Strut with Stabilizer di bagian depan serta Torsion Beam with Stabilizer di roda belakang. Mengenai ayunan yang dihasilkan, mobil ini terasa empuk ketika melewati jalan yang berkontur.

4. Perpindahan Gigi Terasa Halus

Transmisi CVT X-Tronic pada Nissan Serena C26

Pada bagian dapur pacunya, Serena C26 tersematkan mesin bensin 2.000 cc berkodekan MR20DD DOHC 4-silinder segaris 16 valve yang mampu meletupkan tenaga hingga 147 PS @5.600 rpm serta torsi puncak sebesar 210 Nm @4.400 rpm.

Mengenai tingkat percepatannya, mesin yang diletakan secara melintang tersebut dikawinkan dengan transmisi CVT X-Tronic yang sama persis digunakan X-Trail. Mengenai performa yang dihasilkan, perpaduan antara mesin dengan transmisi CVT nya tersebut menghasilkan gaya berkendara yang halus dan nyaman. Namun apabila menggunakan mode S (Sport), tenaga yang dihasilkan terasa cukup buas.

Baca juga: Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Nissan Serena C24, MPV Mewah yang Harganya Terjangkau

Kekurangan Nissan Serena C26

1. Belum Dilengkapi Tiptronic

Sebagai MPV mewah, transmisi CVT X-Tronic Nissan Serena C26 tidak dilengkapi dengan fitur tiptronic. Hal ini sebenarnya cukup disayangkan karena penggunanya tidak bisa mengganti posisi tingkat percepatan sesuai dengan keinginan berkendara.

2. Gejala Limbung Cukup Terasa

Memiliki postur tubuh yang jangkung serta karakter suspensinya yang empuk, saat dipacu melebihi 120 km/jam tak jarang penggunanya akan merasakan gejala limbung. Hal ini tentunya bisa berbahaya apabila pengemudi kehilangan dalam konsentrasi berkendara.

3. Konsumsi BBM Tidak Bisa Dibilang Irit

Bermodalkan mesin 2.000 cc serta bobot kendaraan yang terbilang berat, untuk konsumsi BBM nya mobil ini tidak bisa dibilang irit. Beberapa sumber menyebutkan bahwa penggunaan dalam kotanya mobil ini hanya bisa menempuh jarak 9-10 km/liter. Sedangkan pemakaian luar kotanya, jarak yang ditempuhnya bisa berada di angka 10-13 km/liter.

4. Radius Putar Besar Menyulitkan Pengguna Ketika Putar Arah

Selain tubuhnya yang bongsor, nyatanya Nissan Serena C26 juga memiliki radius putar yang besar mencapai 5.7 meter. Hal ini tentunya akan sedikit menyulitkan penggunanya ketika melewati jalan yang sempit serta melakukan parkir dan putar arah. Di sini pengemudi diharuskan mengambil ancang-ancang atau jarak supaya bisa mengendalikan handlingnya dengan mudah.

5. Kekedapan Kabin Kurang Senyap

Kekedapan kabin Nissan Serena C26 kurang senyap

Soal kekedapan kabin, Nissan Serena C26 dirasa kurang senyap. Hal ini bisa dirasakan ketika menggunakan mode Sport, dimana raungan suara mesin bisa terdengar jelas di dalam kabain. Tak hanya itu, suara lain dari luar kabin juga merangsek masuk ke dalam seperti gesekan permukaan ban dengan aspal saat melaju di kecepatan tinggi serta suara lainnya dari luar kendaraan.

Kesimpulan

Harga bekas yang cukup terjangkau untuk sebuah mobil keluarga, saat ini Nissan Serena C26 masih sangat ‘worth it’ digunakan. Selain umurnya yang masih muda, dan rasa berkendara nyaman, secara tidak langsung status sosial penggunanya juga meningkat berkat segmentasi kendaraan yang bermain di kelas MPV menengah.

Namun sebelum benar-benar meminangnya, kalian diharuskan menyiapkan dana lebih apabila melakukan perbaikan atau perawatan dikemudian hari. Pasalnya untuk suku cadangnya, mobil ini bisa menguras isi dompet.

Baca juga: Harga Mirip, Beberapa Fitur Ini Bikin Nissan Serena C24 Lebih Nyaman Dari Kijang Kapsul

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Nissan Serena

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota INNOVA VENTURER 2.4

Rp 463,00 Juta
Rp 9,43 Juta/bln

13.833 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

12.488 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Bandingin Kabin Voxy 2022 dan Serena, Enak Mana?

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Nissan Serena
Lihat