Kepincut Suzuki Ignis? Ini Varian yang Paling Cocok Untuk Dipilih

Menempati segmen mini crossover perkotaan, menjadikan Suzuki Ignis banyak disukai kaula muda yang ingin tampil berbeda dari biasanya. Memiliki desain yang terbilang cukup unik dengan bentuk tegas, dan membulat, dari segi berkendara mobil ini juga terasa kompak sekaligus reliable saat digunakan di dalam kota maupun luar kota.

Untuk variannya, melansir situs resminya kini Suzuki Ignis hanya ditawarkan dalam dua model, GX MT yang dibandrol Rp207,2 juta dan GX AT yang diniagakan Rp217,5 juta. Padahal sebelumnya Ignis hadir dengan varian lain, yaitu GL MT, GL AT dan GL Sport Edition.

Hanya menyisakan dua pilihan saja, antara Suzuki Ignis GX MT dengan GX AT mana yang paling cocok untuk dipilih?

Baca juga: Harga Bekasnya Beda Tipis, Pilih Suzuki SX4 Gen 1 atau Suzuki Ignis?

1. Suzuki Ignis GX MT Jadi Varian yang Paling Cocok Dipilih

Suzuki Ignis GX MT paling cocok untuk dipilih

GX sendiri merupakan varian tertinggi di Suzuki Ignis. Untuk fiturnya, jelas tipe teratas Ignis ini paling lengkap. Seperti yang bisa dilihat pada tampilan luarnya, untuk sistem pencahayaannya telah mengadopsi LED projector headlamp dengan DRL yang mampu meningkatkan visibilitas serta memberikan sinar secara lebih fokus. Bukan cuma itu, di bumpernya pun mendapatkan foglamp.

Melihat bagian samping, mobil ini pun dilengkapi dengan roof rail yang bisa kalian manfaatkan ketika sedang membawa barang banyak. Di buritan, varian ini juga telah tersematkan deffoger, diffuser, high mount stoplamp serta spoiler.

Menyoal kenapa varian GX MT Suzuki Ignis layak dipilih ketimbang GX AT karena transmisi manualnya dirasa lebih nyaman digunakan. Karenanya tak sedikit pengguna GX AT merasakan gejala seperti tersendat setiap melakukan perpindahan gigi secara otomatis yang diperintahkan oleh ECU.

Rasa seperti tersendat ini sebenarnya bisa diatasi. Setiap melakukan perpindahan gigi secara otomatis di angka 2.000-2.500 rpm, kalian bisa sedikit mengangkat kaki dari pedal gas dan kemudian menginjak pedal gas lagi untuk menambahkan kecepatan. Terasa sedikit repot ya...

Sebagai informasi, transmisi AGS (Auto Gear Shift) yang digunakan kerap disebut Auto atau Self-Shifting transmission. Gearbox ini merupakan transmisi manual tanpa adanya pedal kopling. Perpindahan gear dilakukan secara otomatis yang dilakukan sistem elektronik (ECU) yang terpasang pada mobil.

Transmisi AGX di Suzuki Ignis GX AT

Penamaan AGS sendiri sebenarnya hanya untuk produk Suzuki saja. Pada umumnya transmisi jenis ini dinamai Automated Manual Transmission (AMT). AMT didasarkan pada konsep transmisi manual sementara teknologi AGS lebih maju dan berdasarkan pada transmisi DSG dan CVT. AMT membutuhkan waktu hingga satu detik untuk gigi upshift atau downshift - yang dapat menimbulkan rasa seperti sentakan kecil.

Cara kerja AGS sendiri menggantikan pedal kopling kaki yang kemudian digantikan oleh kopling hidrolik yang dikendalikan oleh Transmission Control Module (TCM) bekerja sama dengan Electronic Control Unit (ECU). Ketika mode otomatis diaktifkan, sistem akan bekerja menentukan perpindahan gigi saat dibutuhkan berdasarkan sensor yang ada di putaran mesin.

2. Suzuki Ignis GX AT Dihindari Karena Dianggap Kurang Responsif

Suzuki Ignis GX AT dianggap kurang begitu responsif

Sebagian besar pengguna Suzuki Ignis dengan transmisi AGS mengeluhkan soal tingkat responsif yang dihasilkan. Varian ini dirasa ‘lemot’ dan kehabisan tenaga di saat menggunakan mode otomatis melewati jalan yang menanjak dan ketika ingin menyalip kendaraan didepannya.

Melihat hal tersebut, menjadikan salah satu alasan kenapa Ignis GX MT dirasa lebih cocok dipilih. Karena untuk performa gaya berkendaranya Ignis dengan transmisi manual bisa lebih disesuaikan dengan kebutuhan pengemudi.

Baca juga: Beragam Kelemahan yang Muncul di Suzuki Ignis Pre Facelift, Bikin Pemiliknya Bisa Senewen

3. Lebih Murah Rp10,3 Juta, Suzuki Ignis GX MT Lebih Mudah Dalam Perawatan

Suzuki Ignis GX MT mudah dan murah dalam perawatan

Baik Suzuki Ignis GX MT maupun GX AT sama-sama menggunakan plat kopling dalam memindahkan gigi. Untuk pelumas yang digunakan pun sepadan, yaitu memakai Suzuki Genunie Oil (SGO) dengan spesifikasi SAE 75W-80 GL-4 sebanyak 2,5 liter.

Meski menggunakan kopling serta jenis oli transmisi yang sama, untuk perawatannya Ignis GX AT lebih mahal. Karena perangkat yang digunakan transmisi AGS Suzuki Ignis untuk memindahkan gigi secara otomatis sebagian besar dikendalikan oleh komputer atau ECU.

Apabila perangkat ini mengalami kerusakan, pengguna diharuskan mengganti modul kopling elektroniknya secara utuh. Modul elektronik yang wajib diganti adalah actuator assy ketika terjadi transmission failure. Untuk harga modul elektronik transmisi AGS Suzuki Ignis tidaklah murah. Di pasaran, modul tersebut ditawarkan Rp10 jutaan.

Kesimpulan

Mahalnya perawatan serta memiliki jeda setiap melakukan perpindahan gigi secara otomatis, membuat Suzuki Ignis GX AT menuai pertimbangan bagi beberapa calon konsumennya saat ingin membeli varian ini.

Dengan begitu tak sedikit dari calon konsumennya tersebut justru menjatuhkan pilihan pada GX MT karena dianggap lebih mudah dan murah dalam perawatan. Selain itu, untuk performanya juga Ignis dengan transmisi manual bisa disesuaikan dengan keinginan pengemudi serta kondisi jalan.

Baca juga: Terkenal Irit BBM, Semahal Apa Sih Biaya Service Suzuki Ignis Hingga 100.000 Km?

 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki Ignis

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 178,00 Juta
Rp 3,63 Juta/bln

5.503 km

0,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

16.096 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Honda BRIO RS 1.2

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

17.289 km

2,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 188,00 Juta
Rp 3,83 Juta/bln

3.226 km

3,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Suzuki Ignis Tersedia Dalam Tujuh Warna Untuk Dipilih Pemiliknya

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Suzuki Ignis
    Rp 175,50 Juta
    VS
    Renault Kwid
    Rp 149,90 Juta
    Ignis vs Kwid
  • Suzuki Ignis
    Rp 175,50 Juta
    VS
    Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    Ignis vs Brio
  • Suzuki Ignis
    Rp 175,50 Juta
    VS
    Toyota Agya
    Rp 175,40 Juta
    Ignis vs Agya
  • Suzuki Ignis
    Rp 175,50 Juta
    VS
    Suzuki Baleno
    Rp 235,00 Juta
    Ignis vs Baleno
  • Suzuki Ignis
    Rp 175,50 Juta
    VS
    Wuling Air EV
    Rp 238,00 Juta
    Ignis vs Air EV
Suzuki Ignis
Lihat