Adu Mobkas yang Irit BBM, Ini Perbandingan Honda Brio Gen 1 vs Suzuki Ignis 2017

Di tengah harga BBM yang kian mahal seperti sekarang ini, masyarakat dituntut supaya hemat dalam setiap aktivitas, salah satunya kebutuhan transportasi. Bagi kalian yang membutuhkan mobil irit dan lincah namun cukup terjangkau, pilihannya ada di Honda Brio Gen 1 atau Suzuki Ignis bekas.

Sebagai informasi, Honda Brio Satya keluaran 2017 dijual dengan harga mulai dari Rp115-162 juta. Sementara itu Suzuki Ignis pre facelift 2017 dijual dengan kisaran harga antara Rp105-Rp137 juta. Dengan kisaran harga yang mirip, Brio dan Ignis memiliki keunggulan yang sama yaitu bensin yang irit. 

Baca juga:

Jadi Mobil Incaran Anak Muda, Ini Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio 2022

Perbandingan Daihatsu Rocky 1.2 M vs Suzuki Ignis GL, Si Pendatang Baru Kalah Tampang Menang Fitur

Ingin Beli Suzuki Ignis Baru Atau Bekas, Seberapa Mahal Biaya Servisnya Setelah Garansi Berakhir?

Untuk Brio Satya, bahkan bisa menembus angka 20 km/liter sesuai regulasi pemerintah untuk mobil LCGC. Suzuki Ignis juga tak mau kalah, kisaran angka konsumsi bahan bakarnya yaitu 17 km/liter. 

Nah, mana sih yang paling menarik antara kedua city car ini dari segi penampilan maupun fitur yang diusungnya? Berikut perbandingan antara Suzuki Ignis vs Honda Brio Satya 2017.

Suzuki Ignis, City Car Bergaya Crossover yang Tangguh 

Suzuki Ignis keluaran awal di tahun 2017 dilengkapi headlamp LED proyektor dengan DRL, fog lamps, lampu belakang kombinasi dan roof rails. Ignis ini digadang-gadang akan dapat diandalkan saat melintas di jalanan beraspal hingga off-road. Mobil ini memiliki ukuran panjang 3.700 mm, lebar 1.690 mm dengan tinggi 1.595 mm. Ground clearance yang tingginya 180 mm membuat Ignis lebih fleksibel untuk berbagai situasi berkendara. 

Interior Modis yang Kaya Fitur dan Warna

Suzuki Ignis 2017 hadir dengan mengusung desain yang minimalis modern. Hal ini dapat terlihat pada bentuk dashboard, pemilihan aksen warna pada handle senada body, hingga pemilihan cover jok yang juga memiliki desain stylish. Ignis pun dilengkapi head unit dashboard yang sayangnya belum memiliki fitur touch screen untuk tipe GL. 

Untuk fitur hiburan, Suzuki Ignis dibekali dengan head unit 2DIN yang dilengkapi dengan radio dan pemutar musik CD atau USB dengan format MP3 atau WMA di tipe GL, dan untuk tipe GX memakai head unit touch screen. Adapun head unit ini sudah terkoneksi dengan tombol pengaturan yang berada di setir.

Fitur kenyamanan lainnya yaitu sistem penyejuk udara (AC) sudah digital auto climate plus pemanas. Hadir pula fitur push start-stop button dan keyless entry guna menambah kepraktisan berkendara.

Performa Suzuki Ignis, Cukup dan Tidak Terlalu Istimewa

Bagaimana soal performa Suzuki Ignis? City car dengan julukan 'urban SUV' ini mengusung mesin 4-silinder berkode K12M berkapasitas 1.197 cc, yang mampu menyuplai tenaga sebesar 83 PS di 6.000 rpm dan torsi maksimal 113 Nm pada 4.200 rpm. Mesin tersebut dipadukan dengan pilihan transmisi manual 4-percepatan dan Auto Gear Shift (AGS) 5-percepatan.

Untuk opsi transmisi berjenis AGS memakai kopling kering dengan perpindahan gigi yang diatur oleh Transmission Control Module (TCM). Jadi pengoperasian mobil bertransmisi AGS ini sama dengan mobil matik karena pengemudinya tak perlu lagi menginjak pedal kopling.  

Honda Brio 2017, City Car yang Stylish dan Modis

Bagi kalian yang tidak suka melihat sosok Suzuki Ignis yang kelihatan cingkrang dan jangkung, dapat menjatuhkan pilihan kepada Honda Brio 2017. Mobil ini memiliki desain yang imut, minimalis, tapi tetap stylish. Untuk kalangan remaja, Brio ini jelas sangat ideal dari penampilan dan karakternya yang fun to drive.

Eksterior Honda Brio generasi pertama ini cukup modis dengan fitur yang menarik. Sebut saja projector headlamp dengan LED light guide, power retractable door mirror dengan LED turning signal, side under spoiler, rear glass garnish dan side sill garnish. 

Secara dimensi, Brio memiliki spesifikasi ukuran panjang 3.640 mm, lebar 1.680 mm dan tinggi 1.485 mm.  Bicara masalah eksterior, Brio memiliki aksesoris yang lebih beragam dan membuat penampilannya jadi modis. Namun demikian, untuk soal dimensinya Ignis lebih unggul dibandingkan Brio.

Interior Elegan dan Berkelas Untuk Anak Muda

Masuk ke dalam kabin, interior Brio pada tipe RS ini punya aksen yang lebih berkelas. Interior Brio RS ini didominasi oleh warna hitam, desain dashboard yang mengadopsi bentuk milik Honda Jazz. 

Untuk hiburan selama perjalanan, kamu bisa mengandalkan layar sentuh berukuran 6.2 inci yang dapat digunakan untuk menonton hingga memilih lagu favorit dari smartphone-mu via jack kabel USB. Kekurangan Satya hanya ada pada head unit 2DIN belum ada Bluetooth. 

Bentuk sisi belakang dengan panel kaca besar dan rata seperti punggung setrika selalu jadi perhatian karena kaca dan pintu bagasi jadi satu. Konsekuensi terbesar ada pada kapasitas bagasi minim sehingga tak cocok dijadikan mobil keluarga yang sering membawa banyak barang.

Performa Honda Brio 2017, Halus Bertenaga Untuk Pemakaian Dalam dan Luar Kota

Bagaimana soal performa? Brio RS atau Satya 2017, didukung mesin i-VTEC L12B 4-silinder 1,2-liter. Mesin ini mampu memproduksi tenaga mencapai 89 hp pada putaran 6.000 rpm dengan torsi maksimum 110 Nm pada 4.800 rpm. 

Honda Brio adalah mobil kota yang menyenangkan saat dikendarai dengan pengendaliannya pun lincah tipikal Honda.  Mesin 1.2L lumayan kencang dan terbukti irit, dengan rasio BBM mudah tembus 20 km/liter.

Kesimpulan

Bicara soal keleluasaan kabin, Brio harus mengakui keunggulan Suzuki Ignis karena secara dimensi kalah besar. Suzuki Ignis lebih unggul dalam beberapa aspek seperti memiliki ukuran kabin yang lebih luas dan eksterior yang memikat perhatian. Namun, buat kamu yang lebih suka desain yang lebih minimalis, Honda Brio New RS adalah pilihan yang tepat walau harganya di atas Ignis. 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Brio

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 178,00 Juta
Rp 3,63 Juta/bln

5.503 km

0,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 149,00 Juta
Rp 3,04 Juta/bln

5.751 km

1 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 152,00 Juta
Rp 3,10 Juta/bln

15.855 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

16.096 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

5 Hal Menarik di Daihatsu Ayla X ADS Buat Lawan Honda Brio

Jadi Mending Agya Baru, Brio Satya, atau Cukup Ayla? | Komparasi Mobil di Bawah Rp 200 juta!

2021 Honda Brio RS Urbanite yang Lebih Sporty Dengan

All New Honda Brio Pada Sisi Desain yang Semakin Dinamis dan Sporty

Suzuki Ignis Tersedia Dalam Tujuh Warna Untuk Dipilih Pemiliknya

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer X Penantang Xpander Cross Dipastikan Meluncur di GIIAS 2023

Hyundai akan terus melakukan inovasi di pasar otomotif nasional, termasuk mempersiapkan produk baru berupa Hyundai Stargazer X. Kemunculan Stargazer X ini disebutkan langsung oleh President Director PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Woojune Cha, di Jakarta, Senin (17/7/2023). Baca juga: Senggol Xpander Cross, Hyundai Stargazer X 2023 Bakal Hadir Pakai Rem Cakram di Semua Roda Menurut Woojune Cha, Stargazer X bakal diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang dimu

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Suzuki Ignis
    Rp 175,50 Juta
    VS
    Renault Kwid
    Rp 149,90 Juta
    Ignis vs Kwid
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Toyota Agya
    Rp 175,40 Juta
    Brio vs Agya
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Suzuki Baleno
    Rp 235,00 Juta
    Brio vs Baleno
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Wuling Air EV
    Rp 238,00 Juta
    Brio vs Air EV
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Daihatsu Sirion
    Rp 201,75 Juta
    Brio vs Sirion
Honda Brio
Lihat