Test Drive Daihatsu Sirion 2022: Bisa Bikin Nyesel Pemilik Honda Brio RS?

  • Daihatsu Sirion 2022 meluncur, lengkap dengan fitur baru untuk bersaing dengan Honda Brio RS.
  • Mobil perkotaan yang juga jago nanjak.
  • Transmisi baru yang responsif, andal di tanjakan sekaligus aman di turunan

Sebagai langkah menggairahkan pasar otomotif tanah air, Daihatsu Indonesia merilis model penyegaran Daihatsu Sirion 2022. Bukan yang mayor memang, terbilang rombakan kecil-kecilan, namun dinilai bisa membuat persaingan dengan Honda Brio RS lebih kompetitif lagi. 

Ya, Daihatsu Sirion 2022 ini punya kelengkapan fitur yang tak dimiliki Honda Brio RS. Mulai dari Idling Stop System, air purifier, penyetel ketinggian sorot lampu, Hill Start Assist, koneksi Android Auto/Apple CarPlay, panel meter dengan TFT, dan transmisi dual CVT/D-CVT.

Khusus yang disebutkan terakhir ini menjadi barang baru di segmen city car Indonesia. Singkatnya sebuah pengembangan mekanisme CVT konvensional yang menggabungkan planetary gear, sehingga lebih responsif, bertenaga pada putaran mesin tinggi, namun tetap efisien konsumsi bahan bakarnya. 

Daihatsu Sirion 2022, paket lengkap city car dengan fitur mumpuni

Tentu menarik dijajal sistem transmisi yang satu ini. Karena beda dari CVT biasa atau auto gear shift yang ditawarkan Suzuki. Berikut ini ulasan test drive Daihatsu Sirion 2022 yang telah dilakoni tim AutoFun Indonesia. 

Sulit Mendapatkan Posisi Duduk yang Ideal

Saat pertama kali duduk sebagai pengemudi, agaknya sulit mendapatkan posisi duduk yang ideal. Walaupun sudah ada pengaturan ketinggian, reclining, dan sliding, rasa-rasanya posisi jok paling rendah tetap tinggi untuk pengemudi yang postur tubuhnya 171 cm. 

Selain itu, sandaran punggung jok rasanya sedikit menyembul keluar sehingga mengurangi kenyamanan saat berkendara. Kekurangan lainnya menurut adalah absen pengaturan teleskopik pada setir Sirion terbaru ini. Meskipun hal itu bisa dikompromi oleh desain jok ala semi bucket. 

Nuansa interior Daihatsu Sirion 2022

Selain itu asyiknya duduk sebagai pengemudi adalah banyaknya tombol di dashboard sebelah kanan. Membuat operasional mobil lebih taktikal dan sesuai keinginan pemiliknya. Ada tombol pengaturan spion, headlamp adjuster, sensor sonar, traction control, air purifier, dan Idling Stop. 

Baca Juga: Pakai Transmisi Matic D-CVT, Konsumsi BBM Daihatsu Sirion 2022 Bisa Setara LCGC!

Akselerasi yang Responsif, Jagonya Nanjak

Seatbelt Daihatsu Sirion facelift ini juga sudah bisa diatur ketinggiannya. Sebuah sentuhan kecil tapi memiliki arti besar. Jadinya mobil perkotaan ini cocok dikendarai oleh berbagai postur tubuh. 

Lalu tiba saatnya menggeber mobil yang didatangkan langsung dari Malaysia ini. Pengetesan ini kami lakukan bukan di habitat aslinya di jalur perkotaan yang datar, tetapi di jalanan perbukitan dengan kontur naik-turun dan berkelok di Tomohon, Sulawesi Utara. 

Si jagonya nanjak karena pakai transmisi baru

Dalam sesi Media Test Drive Daihatsu Sirion 2022, pabrikan agaknya sengaja ingin membuktikan keandalan city car andalannya yang cuma bukan jago di perkotaan, tapi juga cocok dibawa berkelana bahkan sampai naik turun bukit. Terlebih didukung dengan teknologi transmisi baru seperti yang ada di Rocky.

Yang dirasakan sejatinya sudah diprediksi sejak awal, akselerasi khas CVT yang halus dan tanpa hentakan. Responsif tentu saja, namun bukan yang superior karena mesin harus meraung dulu sampai mencapai laju menengah dari 20 ke 40 km/jam. Tapi cocok kok buat sruntulan atau stop and go saat macet.

Transmisi D-CVT membuatnya lincah dan mudah menanjak

Kenapa demikian? Saat gasnya diinjak sedikit saja sudah membuatnya melaju instan. Jadinya ketika di kemacetan pengemudi tidak perlu mengeluarkan effort besar. Alhasil keletihan bisa diminimalisir. Kemudian yang jadi pertanyaan lain, bagaimana tarikan Daihatsu Sirion anyar di jalur pegunungan? 

Sebagian besar pengemudi mobil bertransmisi CVT pasti merasakan distribusi tenaga yang kurang maksimal, mesin ngeden, tapi keluaran dayanya tidak masif. Ini yang juga saya rasakan di kembaran Perodua Myvi ini. Namun saya merasakan sesuatu, untuk bisa gesit ketika menanjak, mobil ini nyatanya tidak butuh effort besar. 

Pilihan mode transmisi Daihatsu Sirion 2022

Sebab pada kecepatan di atas 60 km/jam, mekanisme split gear pada transmisi Daihatsu Sirion mengaktifkan gear yang bekerja. Jadinya menanjak di jalur perbukitan bukan masalah besar. Mudah saja melibasnya. Kalau dirasa belum puas, ada mode S agar menanjak lebih gampang. 

Oh iya, selain itu ada juga mode B pada pilihan di transmisinya. B ini artinya Brake, bukan 'bablas' atau 'blong'. Cocok digunakan untuk memaksimalkan perlambatan menggunakan engine brake. Ulasan mengenai dua mode ini bisa klik pada tautan di bawah. 

Baca Juga: Mirip Mobil Listrik, Ada Mode B di Transmisi Daihatsu Sirion 2022, Apa Fungsinya?

Suspensi Empuk, Tapi... 

Selebihnya soal bantingan suspensi. Ketika menuju Puncak Tetetana di Tombulu dengan akses jalan berkeriting, sistem peredam kejut Daihatsu Sirion baru ini ternyata empuk, bisa menyerap benturan dengan baik. Tapi untuk bagian depannya saja. Untuk belakang terasa mentok, jedugnya lebih berasa. 

Bantingan suspensi tergolong lembut

Bukannya tanpa sebab. Pada pengetesan kali ini semua mobil diisi penuh empat penumpang dengan barang bawaannya di bagasi. Shockbreaker belakang sampai ambles. Dari awalnya tanpa diisi seluruh jari tangan bisa masuk bahkan ada space lebih, kini menyisakan 3-4 jari ketika diisi penuh. 

Profil bantingan suspensi ini tentu akan dirasakan di city car lain dengan kondisi yang sama. Tapi menurut saya, suspensi Daihatsu Sirion 2022 menawarkan hal yang lebih. Tetap stabil di kondisi berbelok, melibas garis kejut juga bukan yang membuat limbung hingga mual. 

City car yang cocok di perkotaan juga dibawa berkelana ke pegunungan

Konsumsi BBM Daihatsu Sirion 2022

Alhasil dari pengetesan ini dapat disimpulkan bahwa berkat transmisi baru, mobil ini andal di berbagai kondisi jalan. Diajak nanjak pun bukan masalah. Dibawa keliling kota apalagi. Singkatnya Daihatsu berhasil menunjukkan bahwa mobil anyarnya itu sanggup mengakomodasi kebutuhan penggunaanya saat harian maupun akhir pekan tiba. 

Soal konsumsi BBM Daihatsu Sirion 2022. Sayangnya pengujian kali ini tidak menitikberatkan pada seberapa besar efisiensinya. Tapi sebagai gambaran, mengacu data di panel instrumen, setelah mobil dibejek gasnya menanjak hingga menurunin bukit, konsumsi BBM mobil ini sekitar 8 km/liter.

Baca Juga: Gara-gara Fitur Ini Konsumsi BBM Daihatsu Sirion 2022 Jadi Lebih Irit

 

Jika Anda tertarik untuk membeli Daihatsu Sirion ini dengan dukungan konsultasi keuangan, sehingga proses beli mobil baru menjadi yang lebih mudah, nyaman, dan aman, Anda bisa cek ke SEVA pada https://www.seva.id/ atau mengunduh aplikasi SEVA di PlayStore atau App Store.   

 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Daihatsu Sirion

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Honda BRIO RS 1.2

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

17.289 km

2,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 188,00 Juta
Rp 3,83 Juta/bln

3.226 km

3,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 187,00 Juta
Rp 3,81 Juta/bln

16.906 km

3,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 187,00 Juta
Rp 3,81 Juta/bln

46.441 km

3 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Memperkenalkan Daihatsu Sirion True Perfection Baru

Pameran Daihatsu Sirion yang Serba Baru

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Daihatsu Sirion
Lihat