Isuzu Panther Touring Versi Bensin, Ini 5 Hal Penting tentang Chevrolet Tavera yang Wajib Diketahui

Tak banyak yang tahu bahwa Isuzu Panther Touring sempat mempunyai saudara kembar yang sangat identik, yakni Chevrolet Tavera.

Diluncurkan oleh General Motor pada 2001, Tavera dibangun berdasarkan Panther Touring. 

Hadirnya Chevrolet Tavera sekaligus mengisi kekosongan segmen SUV 7-seater bermesin bensin yang saat itu hanya diisi dengan beberapa model, salah satunya Suzuki Escudo.  

Saat itu Chevrolet dan Isuzu melakukan kerjasama dengan menghadirkan Tavera yang diambil dari Panther Touring, untuk menghindari proses Research dan Development (R&D) yang terbilang mahal.

Berbeda dengan Panther, Tavera memiliki nasib yang kurang baik.

Tercatat SUV berlogokan Chevy bowtie tersebut hanya dapat bertahan selama kurang lebih empat tahun saja.

Oh iya, untuk pasaran harga bekas Chevrolet Tavera saat ini berada di angka Rp50 jutaan.

Punya harga bekas terjangkau, berikut 5 hal penting Chevrolet Tavera yang wajib diketahui apabila kalian tertarik membeli mobil ini.

Baca juga: 5 Keunggulan Chevrolet Spin yang Tidak Dimiliki Avanza, Ertiga Dkk

1. Berbeda dengan Isuzu Panther, Chevrolet Tavera Gunakan Mesin Bensin

Mesin 2.200 cc GM Family II C22NE

Jika Isuzu Panther andalkan mesin diesel 2.500 cc direct injection, berbeda dengan Chevrolet Tavera.

Seperti diketahui mobil ini dibekali mesin bensin 2.200 cc GM Family II C22NE 4-silinder segaris SOHC, Multi Port Fuel Injection, yang dapat meletupkan tenaga 116 PS di 5.000 rpm serta torsi maksimal 180 Nm pada putaran 3.600 rpm.

Tak hanya transmisi manual 5-percepatan, mesinnya juga dipadukan transmisi otomatis 4-percepatan torque converter.

Menggunakan mesin kepunyaan Blazer Montera, untuk performanya terasa saat berada di putaran tengah hingga atas.

2. Tavera Boros BBM

Tampilan depan Chevrolet Tavera

Bobot yang berat serta tarikan bawah yang tidak terlalu responsif, berdampak pada penggunaan bahan bakarnya.

Menurut pengalaman dari penggunanya, konsumsi bahan bakar untuk pemakaian dalam kota berada di angka 7 km/liter dan 9-10 km/liter ketika mobil digunakan berpergian ke luar kota.

Meski boros bahan bakar, dibandingkan Isuzu Panther kesenyapan kabin mobil ini jauh lebih unggul serta tidak mengeluarkan asap hitam pekat berkat penggunaan mesin bensinnya tersebut.

Baca juga: Berburu MPV Bensin Rp50 Jutaan, Mending Beli Chevrolet Tavera Daripada Mitsubishi Kuda?

3. Bisa Pakai Spare Part Isuzu Panther

Tampilan belakang Tavera

Dibangun berdasarkan Isuzu Panther Touring, untuk suku cadang Chevrolet Tavera memiliki banyak persamaan.

Dengan begitu kalian tidak perlu khawatir kesulitan mencari spare part seperti bagian kaki-kaki, parts bodi, interior, dan lampu.

Memiliki banyak persamaan, untuk harganya pun terjangkau sehingga tidak perlu khawatir mengeluarkan uang banyak.

Bicara suku cadang mesin, di beberapa toko spare part masih ada yang menjualnya lantaran untuk jantung pacunya mempunyai persamaan dengan Blazer Montera.

4. Pengendalian Terasa Limbung

SUV berdarah Amerika

Chevrolet Tavera menggunakan suspensi MacPherson Strut di bagian depan dan Leaf Spring pada roda belakang.

Untuk karakter suspensinya terasa empuk di bagian depan, sedangkan bagian belakang lebih ke arah stiff.

Memiliki ground clearance cukup tinggi mencapai 184 mm, membuat mobil ini terasa limbung ketika dipacu dalam kecepatan tinggi, terlebih juga saat bermanuver.

5. Kaki-kaki Depan Lemah

Kaki-kaki Tavera

Menggunakan kaki-kaki kepunyaan Isuzu Panther Touring, Chevrolet Tavera memiliki bantingan yang empuk khususnya di bagian depan.

Mempunyai bantingan yang empuk, justru membuat kaki-kaki bagian depannya sering mengalami masalah.

Kerusakan seringkali menimpa pada bagian bearing, bushing strutbar, shockbreaker, ball joint, bahkan tie rod dan long tie rod.

Untuk ball joint sendiri seringkali ditemui kasus tiba-tiba copot yang menyebabkan roda depan seperti keseleo.

Pada bearing roda depannya, mobil ini menggunakan jenis tapered roller bearing.

Bearing ini mudah sekali longgar, karena tapered bearing adalah jenis bearing yang dapat disetel dan bukan termasuk bearing paten.

Supaya bearing awet, sebaiknya melakukan pengecekan secara rutin terlebih pada tingkat kekencangan setelan bearing.

Dibalik kekurangannya, bearing yang digunakan memiliki kelebihan mampu menahan tekanan beban dari arah samping sisi luar dan samping sisi dengan sangat baik.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Tavera, Rebadge Isuzu Panther Touring Mesin Bensin

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Isuzu Panther

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Lima Hal Menarik dari Isuzu Panther!

Isuzu Panther Bekas, Layak Jadi Alternatif Calya-Sigra?

Kasus STNK Subaru WRX lama terbit kini jadi perbincangan dikalangan konsumen pabrikan Jepang yang satu ini. Subaru WRX yang dipasarkan di Indonesia langsung mendapatkan sorotan, bukan karena dikenal sebagai mobil Rally modern, melainkan surat-surat tak kunjung datang ke tangan konsumen hingga delapan bulan. Bagaimana tidak, kabar tak sedap ini tersebar karena Subaru WRX yang diluncurkan pada Februari 2023 di ajang IIMS, kemudian secara perdana unitnya diserahkan pada April 2023, hingga bulan Okt
Mazda 2 Hatchback 2023 dan Mazda CX-5 2023 menjadi kado akhir tahun dari Mazda Indonesia. Melalui PT Eurokars Motor Indonesia kedua mobil baru Mazda ini resmi diperkenalkan di Jakarta, Rabu (29/11/2023). "Di penghujung tahun ini kami menambah lini produk terbaru Mazda dengan New Mazda 2 Hatchback dan New CX-5," ujar Ricky Thio, Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia. Baca juga: Susul MX-30, Mazda2 2024 Pakai Mesin Rotary 830 Cc Perubahan di New Mazda 2 Hatchback 2023 Mazda 2 Hatchback ter
Memudahkan pelanggan dalam melakukan perawatan dan perbaikan bodi, PT Honda Prospect Motor (HPM) melalui Dealer Honda Megatama menambah bengkel bodi repair sekaligus cat untuk wilayah Jakarta Timur dan sekitarnya. Fasilitas bengkel cat dan bodi mobil Honda yang berlokasi di Jalan Cikunir Raya, Jakamulya, Bekasi Selatan ini memiliki berbagai peralatan canggih guna perbaikan rangka mobil, dan pengelasan mobil tanpa mengurangi kekuatan struktur bodi. Dari segi pengecetan pun dilakukan oleh teknisi
Setelah menyelesaikan penugasannya sebagai Presiden Suzuki Motor (Thailand) Co., Ltd. efektif per November 2023, Mr. Minoru Amano dijadwalkan akan menduduki jabatan sebagai presiden direktur PT. Suzuki Indomobil Motor (SIM) yang baru menggantikan Mr. Shingo Sezaki. Dituliskan secara resmi melalui press realase Suzuki Thailand, Mr. Minoru Amano memulai karirnya sebagai presiden Suzuki Thailand pada 31 Januari 2019. Selama 5 tahun terakhir menjabat, beliau mampu bertahan dalam situasi yang sangat
Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander lama lansiran tahun 2017-2020 disebut-sebut lebih boros dibandingkan versi faceliftnya yang meluncur pada November 2021. Sebagai informasi, Xpander lansiran awal dipadukan transmisi matic 4-percepatan torque converter, berbeda dengan model faceliftnya sudah menggunakan transmisi otomatis tipe CVT. Bermain di segmen LMPV, harga bekas Mitsubishi Xpander saat ini berada di angka Rp170 jutaan. Berapa Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander Lama? Diluncurkan pertama kali pada

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Isuzu Panther
Lihat