window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mitsubishi Kuda Diesel vs Isuzu Panther, Mana Raja Diesel Sesungguhnya?

Nussa · 19 Feb, 2022 08:02

Mitsubishi Kuda Diesel vs Isuzu Panther, Mana Raja Diesel Sesungguhnya? 01

  • Mitsubishi Kuda Diesel vs Isuzu Panther adalah mobil diesel yang banyak dicari di Indonesia.
  • Diantara keduanya punya banyak kemiripan.
  • Harga mobil bekas Mitsubishi Kuda sata ini cukup menarik.

Mobil diesel di Indonesia memiliki peminat yang cukup tinggi. Pilihan mobil dengan mesin diesel juga beragam. Namun, untuk mobil diesel yang harganya terjangkau, tidak terlalu banyak pilihannya. Dari sekian banyak model yang ada di pasaran, beberapa yang banyak direkomendasikan atau populer adalah Mitsubishi Kuda diesel dan Isuzu Panther.

Selain sama-sama mengandalkan mesin diesel, kedua mobil ini juga punya banyak kesamaan lainnya. Masing-masing mobil ini juga memiliki konfigurasi 7 penumpang. Mesin yang tangguh dan harga yang terjangkau, sehingga tak heran kondisi bekasnya masih tetap banyak dicari.

Mitsubishi Kuda diesel pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997. Mobil ini baru disuntik mati pada tahun 2006, karena kalah bersaing. Sedangkan Isuzu Panther, usianya lebih lama. Mobil ini sudah dipasarkan sejak tahun 1987 dan baru disuntik mati pada tahun 2020. Tapi, bukan berarti Isuzu Panther lebih unggul dibandingkan dengan Mitsubishi Kuda diesel.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mitsubishi Kuda Diesel vs Isuzu Panther, Mana Raja Diesel Sesungguhnya? 01

Mitsubishi Kuda diesel bekas memiliki harga pasaran yang lebih terjangkau dibanding Isuzu Panther

Baik Mitsubishi Kuda diesel dan Isuzu Panther, masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Bagi Anda yang ingin meminang salah satu dari kedua mobil di atas dan sedang bimbang, ada baiknya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan tersebut. Agar tidak menyesal dengan pilihannya nanti.

Baca juga : Berburu MPV Bensin Rp50 Jutaan, Mending Beli Chevrolet Tavera Daripada Mitsubishi Kuda?

Mitsubishi Kuda diesel vs Isuzu Panther: Harga

Dari segi harga, Mitsubishi Kuda diesel jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan Isuzu Panther. Mobil bekas ini di pasaran harganya ada di kisaran Rp55 jutaan hingga Rp80 jutaan. Untuk harga Rp 80 jutaan, dibanderol untuk Mitsubishi Kuda diesel dengan tahun produksi 2004 atau 2005.

Sementara Isuzu Panther, kondisi bekasnya memiliki harga yang jauh lebih tinggi. Untuk tahun yang sama, yakni 2004 atau 2005, mobil ini dipasarkan di kisaran Rp 90 jutaan hingga Rp 120 jutaan. Tentunya, harga tersebut sangat tergantung dari kondisi kendaraan, kelengkapan surat, dan lain-lainnya.

Mitsubishi Kuda diesel vs Isuzu Panther: Performa Mesin

Mitsubishi Kuda Diesel vs Isuzu Panther, Mana Raja Diesel Sesungguhnya? 02

Isuzu Panther punya mesin yang lebih bertenaga dan irit konsumsi BBM

Untuk performa mesinnya, antara Mitsubishi Kuda diesel dengan Isuzu Panther juga memiliki perbedaan. Kuda diesel dibekali dengan mesin berkapasitas 2.500 cc, tapi belum dilengkapi dengan turbo. Tenaga maksimum yang dihasilkan mencapai 75 PS pada putaran mesin di 4.200 rpm dan torsi maksimum hingga 143 Nm pada putaran mesin di 2.500 rpm.

Basis mesin yang digunakan masih sama seperti Mitsubishi L300. Tapi, untuk Kuda diesel ada beberapa peningkatan. Sehingga, tenaga yang dihasilkan juga lebih besar dibandingkan dengan L300. Selain itu, ketahanan atau durabilitas yang dimiliki mesin tersebut juga sudah terkenal hingga sekarang ini.

Menurut pengakuan beberapa konsumen Mitsubishi Kuda, mobil ini memiliki karakter pengendaraan yang menyenangkan. Khususnya, saat dikendarai di jalan yang datar, seperti di dalam perkotaan maupun perjalanan ke luar kota. Pengendaliannya juga cukup tangkas, meskipun usianya sekarang juga sudah tua.

Mitsubishi Kuda Diesel vs Isuzu Panther, Mana Raja Diesel Sesungguhnya? 03

Kemampuan menanjak Isuzu Panther lebih baik dibandingkan Mitsubishi Kuda diesel

Sementara itu, Isuzu Panther dibekali juga dengan mesin berkapasitas 2.500 cc. Tapi, mesinnya sudah memiliki turbo. Sehingga, tenaga maksimum yang dihasilkan lebih besar, yakni 80 PS pada putaran mesin 3.500 rpm dan torsi maksimumnya mencapai 191 Nm pada putaran mesin 1.800 rpm.

Jika dibandingkan di antara kedua mobil ini, Isuzu Panther memiliki tenaga yang sedikit lebih besar dan torsi yang jauh lebih unggul. Menurut pengakuan beberapa konsumen Isuzu Panther, mobil ini memang lebih tangguh untuk melahap kondisi jalanan yang menanjak, seperti di pegunungan.

Baca juga : Punya Banyak Opsi, Ini Varian Mitsubishi Kuda yang Sangat Cocok Untuk Dipilih

Mitsubishi Kuda diesel vs Isuzu Panther: Konsumsi BBM

Beda tenaga yang dihasilkan, tentu saja berbeda juga konsumsi bahan bakar minyak (BBM) yang dihasilkan antara Mitsubishi Kuda diesel dan Isuzu Panther. Dirangkum dari pengakuan beberapa konsumen Mitsubishi Kuda diesel, konsumsi BBM mobil ini tembus 1:12 alias dapat menempuh jarak 12 km untuk setiap pemakaian 1 liter solar. Sementara untuk penggunaan ke luar kota, konsumsi BBM yang dihasilkan lebih irit lagi, yakni di kisaran 15-16 kilometer per liter.

Sedangkan Isuzu Panther, dengan mesin yang lebih bertenaga karena sudah dilengkapi turbo, konsumsi BBM yang dihasilkan untuk penggunaan di dalam kota ada di kisaran 12-14 kilometer per liter. Lalu, untuk penggunaan ke luar kota atau di jalan tol, konsumsi BBM yang dihasilkan dapat tembus 18 kilometer per liter.

Mitsubishi Kuda diesel vs Isuzu Panther: Kenyamanan

Mitsubishi Kuda Diesel vs Isuzu Panther, Mana Raja Diesel Sesungguhnya? 04

Interior Mitsubishi Kuda diesel terlihat lebih mewah

Bicara soal kenyamanan, kedua mobil ini termasuk ke dalam mobil keluarga, karena memiliki kapasitas penumpang hingga 7 orang. Mitsubishi Kuda diesel memiliki interior yang lebih modern.

Pada dasbor dan trim pintu, Mitsubishi menghiasinya dengan aksen kayu, sehingga terkesan lebih elegan. Selain itu, joknya juga diklaim cukup tebal dan nyaman. Pada bagian tengah, sudah disematkan konsol, sehingga tidak terkesan lebih berisi pada baris pertama.

Mitsubishi Kuda Diesel vs Isuzu Panther, Mana Raja Diesel Sesungguhnya? 05

Interior Isuzu Panther terlihat sederhana

Untuk kenyamanan Isuzu Panther, keunggulannya terletak pada suspensinya yang nyaman saat melewati permukaan jalan yang tidak rata atau rusak. Banyak penggunanya yang mengungkapkan bahwa bantingan suspensinya lebih baik di antara kompetitor sekelasnya.

Namun, kekedapan kabinnya tidak begitu baik. Sebab, suara dan getaran mesin dapat dirasakan oleh pengemudi dan penumpang. Sehingga, kenyamanan Isuzu Panther jadi berkurang karena hal tersebut.

Kesimpulan

Mitsubishi Kuda diesel dan Isuzu Panther masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika membutuhkan mobil diesel dengan harga yang terjangkau, maka pilihannya bisa jatuh pada Mitsubishi Kuda diesel. Selain terjangkau, kabinnya juga lebih nyaman dan untuk penggunaan di dalam kota juga lebih unggul.

Sementara jika Anda mencari mobil diesel yang lebih bertenaga dan irit konsumsi BBM, maka bisa memilih Isuzu Panther. Tapi, konsekuensinya adalah kenyamanan kabin yang kalah unggul.

Baca juga : Masih Ingat Mitsubishi Kuda? Ini 5 Alasan Mengapa MPV Keluarga ini Perlu Masuk Daftar Beli

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Isuzu Panther SMART

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil