Pikir Lagi Sebelum Beli, Ini Kekurangan Suzuki Every yang Wajib Diketahui

Suzuki Every (foto: Agung)

Sering disebut sebagai Carry versi mewah, Suzuki Every diluncurkan secara resmi di Indonesia pada tahun 2003. Keberadaan Every dalam meramaikan kancah otomotif Tanah Air merupakan mobil contoh untuk melihat bagaimana respon terhadap mobil ini.

Sebagai mobil contoh, tak ayal apabila populasi Every di jalan sangat amat jarang dijumpai. Melansir beberapa sumber disebutkan bahwa jumlah Every yang berhasil terjual saat itu hanyalah 550 unit.

Di negara asalnya mobil ini ditujukan sebagai kendaraan keluarga atau niaga terjangkau yang hemat bahan bakar. Dengan begitu jangan heran apabila Every dituntut serba bisa, yakni nyaman dan bisa membawa barang banyak.

Pada bagian tengah Every menggunakan pintu model sliding. Tentunya dengan pintu seperti ini akomodasi keluar masuknya punumpang maupun barang terasa mudah.

Hal menarik lainnya yang ada pada mobil ini yaitu fitur. Seperti yang bisa dilihat di zamannya mobil ini sudah dilengkapi AC dengan pengaturan beberapa arah semburan. Bahkan untuk AC nya sudah dibekali heater dan defogger.

Di bagian pengemudi terdapat tachometer dan odometer berpenampilan digital. Setirnya tersematkan airbags yang dapat meminimalisir cedera ketika mengalami benturan cukup keras.

Tidak seperti Carry, untuk menaikan dan menurunkan keempat kacanya sudah menggunakan power window. Untuk memudahkan mengunci pintu, mobil ini turut dibekali central lock.

Menjadi daya tarik, pada plafon antara baris pertama dan keduanya Suzuki Every mendapatkan panoramic sunroof berukuran besar. Bahkan jok baris keduanya sudah menggunakan model captain seat. Wow!

Agar penumpang merasa nyaman, tak ketinggalan mobil ini telah dilengkapi AC double blower yang tersedia di setiap barisnya.

Sekedar informasi, Suzuki Every untuk harga bekasnya kini ditawarkan mulai dari Rp65 jutaan. Jika kalian berencana ingin membeli mobil ini, ada baiknya simak beberapa kekurangannya berikut ini.

1. Spare Part Slow Moving Suzuki Every Sulit Dijumpai

Untuk spare part, Suzuki Every cukup sulit dijumpai khususnya bagian slow moving seperti body, kaca, lampu dan beberapa bagian lainnya. Mau tidak mau, kalian harus hunting ke spesialis kampakan seperti di Parung dan beberapa tempat lain.

Namun untuk urusan mesin, suku cadangnya memiliki banyak kesamaan dengan Carry Futura dan Esteem. Dengan begitu apabila mengalami trouble kalian masih bisa dengan mudah memperbaikinya.

Oh iya, untuk parts slow moving apabila di Indonesia sulit mendapatkannya, mungkin kalian bisa mencarinya di negara tetangga. Mengingat mobil ini juga pernah dijual sebagai mobil contoh di Malaysia.

Baca juga: 3 Hal Menarik Suzuki Every, Kembaran Carry Versi Built Up Jepang yang Harga Bekasnya Rp65 Jutaan

2. Bantingan Suzuki Every Keras Setara Gran Max

Bicara sistem suspensi, di bagian depannya menggunakan independen dengan per keong dan gardan pikul dengan per keong untuk roda belakang. Mengenai gaya berkendara yang dihasilkan, untuk bantingannya cenderung lebih ke stiff. Bahkan beberapa pengguna menyebutkan bahwa bantingannya tersebut setara dengan Daihatsu Gran Max.

Selain bantingannya keras, mobil ini juga terasa limbung ketika dipacu dalam kecepatan tinggi berkat bodi-nya yang tinggi.

3. Hanya Tersedia Transmisi Matic

Transmisi matic Suzuki Every (foto: Agung)

Suzuki Every hadir dengan pilihan transmisi matic 4-percepatan torque converter yang selanjutnya diteruskan ke roda belakang untuk membuatnya berjalan. Bagi yang tinggal di kota besar, mobil ini mungkin sudah lebih dari cukup. Karena saat posisi terjebak dalam kemacetan, kalian tidak perlu menginjak kopling.

Namun bagi yang tinggal di kota kecil yang lalu lintasnya cenderung lancar maka matic ini sensasinya kurang fun.

Baca juga: Suzuki Carry ala Sultan, BMW Mau Bikin Pickup?

4. Tarikan Kurang Responsif

Jantung pacunya Suzuki Every dibekali mesin G13B 4-ilinder segaris SOHC 1.300 cc dengan teknologi multi-point injection. Menurut data di atas kertas performa yang dihasilkan sebesar 82 PS dan torsi 111 Nm.

Perpaduan antara mesin 1.300 cc dengan transmisi otomatis 4-percepatan, membuat karakter tenaga yang dihasilkan terasa kurang responsif pada tarikan bawahnya.

5. Mesin dan Aki Diletakkan di Bawah Jok Depan

Mesin G13B (foto: Agung)

Kekurang lainnya yang ada pada Suzuki Every yakni mesin yang diletakan di bawah jok pengemudi dan penumpang depan. Karenanya mesin yang diletakan di bawah tersebut dapat meningkatkan suhu di dalam kabin.

Selain itu juga menghasilkan suara mesin lebih bising di dalam kabin. Sensasi ala Suzuki Carry dapat mengurangi rasa nyaman dalam berkendara.

Baca juga: Tiruan Suzuki Carry 1.0 Asal China, Changan SC 1011 CG Pernah Dijual di Indonesia

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Lanjut membaca

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki Carry

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota CALYA G 1.2

Rp 150,00 Juta
Rp 3,06 Juta/bln

12.503 km

2 tahun

Jakarta

Lihat Rincian

2022 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 178,00 Juta
Rp 3,63 Juta/bln

5.503 km

0,5 tahun

Jawa Barat

Lihat Rincian

2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 149,00 Juta
Rp 3,04 Juta/bln

5.751 km

1 tahun

Jawa Barat

Lihat Rincian

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 152,00 Juta
Rp 3,10 Juta/bln

15.855 km

2,5 tahun

Jakarta

Lihat Rincian

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

16.096 km

3 tahun

Jawa Barat

Lihat Rincian
Lihat Lebih

Related Videos

Akhir Perjalanan Tour ILMU Suzuki New Carry Pick Up

Berita Terbaru

Honda City Hatchback Facelift 2023 Juga Bersiap untuk Dirilis

Honda City Hatchback facelift 2023 sepertinya akan menyusul versi sedannya yang mendapatkan penyegaran. Hal ini diketahui dari beberapa spyshot yang diambil oleh Maek Wongvedchasarn di Thailand. Foto-foto ini memperlihatkan dua unit City Hatchback dengan kamuflase di bagian bumper belakang yang sedang melintas di jalanan negara tersebut. Baca juga: Honda City Facelift 2023 Dapatkan Update, Kini Pakai Mesin Hybrid dan VTEC Turbo Spekulasi pun mencuat kalau ini adalah persiapan munculnya Honda Cit

Mitsubishi Pastikan Nama SUV Barunya Bukan Destinator, Netizen Sebut Xforce hingga Xplorer

Sebelum Mitsubishi resmi meluncurkan mobil Sport Utility Vehicle atau SUV terbaru, muncul nama Destinator yang digadang-gadang disematkan pada mobil tersebut. Ya, penyebutan Mitsubishi Destinator mencuat di sebuah di media sosial setelah tercatat di Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Indonesia Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM RI (Kemenkumham). Baca juga: Mitsubishi Daftarkan Nama Destinator, Inikah Calon SUV yang Jadi Penantang Honda HR-V Cs? Nama Destin

20 Persimpangan Jalan di Jakarta Sudah Pakai Teknologi AI Supaya Bisa Urai Kemacetan

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kini telah memiliki lampu lalu lintas atau lampu merah canggih yang mampu mengurai kepadatan lalu lintas di persimpangan jalan. Setidaknya, ada 20 persimpangan yang memiliki lampu merah telah dilengkapi sistem pemantauan lalu lintas bertajuk Network Operation Centre (NOC) Intelligent Traffict light System (ITS). Baca juga: Siap-siap, Akan Ada Lampu Merah Pakai Teknologi AI Buat Bantu Mengurai Kemacetan Jalan Menurut Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, deng

Hasil Tes Konsumsi BBM Suzuki XL7 Hybrid Full-To-Full, Apakah Bisa Irit Banget?

Melalui kegiatan energetic adventure – media test drive, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengajak rekan media untuk merasakan secara langsung bagaimana impresi berkendara menggunakan Suzuki XL7 (Spesifikasi | Berita) Hybrid. Sebagai produk terbarunya yang menempati segmen Low SUV 7-seater, saat ini XL7 Hybrid merupakan satu-satunya mobil di kelasnya yang mengusung teknologi hybrid dengan sebutan Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Dalam kegiatan media test drive kali ini terbagi menjadi 2 bat

Adu Fitur dan Spesifikasi di Honda City Facelift Lawan Toyota Vios, Dapat Honda Sensing dan Pakai Turbo

Honda City facelift pada hari ini, Rabu (5/7) resmi meluncur di Thailand. Small sedan ini tak cuma hadir dengan penampilan baru tapi juga beragam fitur kekinian yang canggih. Bahkan, Honda City kini hadir dengan mesin turbo dan juga versi hybrid. Desain Honda City menonjolkan kesan sporty premium, dengan perubahan desain pada grill depan, bumper depan, bumper belakang, dan velg dengan desain baru. Tak lupa, Honda Automobile (Thailand) Co., Ltd. juga menambah beragam teknologi baru termasuk Honda

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Hot
Toyota

Toyota Agya

Rp 144,90 - 173,30 Juta

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Suzuki Carry
Lihat