Hyundai Stargazer X Karakter Suspensinya Terasa Keras, Bukan Cuma Karena Pakai Velg Besar

Hyundai resmi memperkenalkan Stargazer X pada ajang GIIAS 2023 lalu. Mobil berjenis low SUV tersebut dibangun dari basis Hyundai Stargazer. Artinya banyak kemiripan spesifikasi teknis dengan versi low MPV Hyundai tersebut. 

Selang dua pekan setelah peluncuran, PT Hyundai Motors Indonesia mengadakan sesi test drive Stargazer X untuk kalangan media. Tim redaksi Autofun Indonesia berkesempatan merasakan langsung bagaimana performa mobil tersebut dalam rute Yogyakarta menuju Solo hingga kawasan Pantai Selatan.

Lebih Murah Rp8 Juta, Hyundai Stargazer Essential Unggul Fitur Dari Mitsubishi Xpander Exceed

Rekomendasi Mobil Keluarga 2023: Hyundai Stargazer Goda Keluarga Muda dengan Fitur Paling Komplit

Intip Detail Hyundai Stargazer X 2023, SUV yang Cuma Nambah Body Kit?

Dalam sesi test drive tersebut, kami merasakan adanya perbedaan karakter bantingan suspensi dari Hyundai Stargazer X. Ayunannya lebih keras ketimbang Stargazer, padahal jenis suspensi yang digunakan sama persis.

Perbedaan spesifikasi terdapat pada diameter velg yang digunakan, dimana Stargazer memakai ring 16 sementara Stargazer X berukuran 17 inci. Kondisi ini lantas membuat profil ban keduanya berbeda. 

Bonar Pakpahan selaku Product Expert dari PT HMID menyebut bila hal tersebut jadi alasan utama mengapa karakter bantingan Stargazer X cenderung lebih keras. 

"Kalau bicara keras, tapi saya menyebut (karakter bantingan) itu firm. Itu karena ban yang profilnya jadi lebih kecil. Biasanya kalau ban yang lebih kecil, kekuatan dindingnya dibuat lebih keras dibanding profil yang lebih tebal," sebut Bonar saat Media Test Drive Hyundai. 

Sebagai informasi, Hyundai Stargazer memakai ban Kumho berukuran 205/55 R16 yang minim noise. Sementara itu pada Stargazer X memakai ban 205/50 R17 dari brand Goodyear. Nah, inilah penyebab utama mengapa kenyamanan berkendara di Stargazer X Prime tak senyaman Stargazer Prime.

Bonar menyebut bila memakai rasio 55 atau 60 yang membuat profil bannya lebih tebal, berdampak pada deviasi speedometer. Maksudnya, selisih akurasi kecepatan pada speedometer dan kondisi real saat berkendara semakin jauh bedanya. 

"Karena perubahan velg itulah maka ground clearance naik dari 195mm jadi 200 mm. Kalau bantingan terasa lebih keras itu bukan efek dari suspensi tapi karakter ban. Kalau bannya juga ditebalkan maka diameternya ikut berubah dan akurasi speedometer berubah," ungkap Bonar. 

 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Hyundai Stargazer X

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Berita Terbaru

Test Drive Hyundai Stargazer X Yogya - Solo, Banyak Bedanya dari Stargazer Versi MPV

Beberapa waktu lalu redaksi Autofun Indonesia berkesempatan diundang langsung oleh PT Hyundai Motors Indonesia untuk mengendarai langsung Hyundai Stargazer X. Meskipun dibangund dari basis Stargazer, namun versi Low SUV tersebut memiliki banyak pembeda. Pihak HMID menyebut bila ubahan yang dilakukan tak sekedar kosmetik seperti menambah cladding dan mengganti velg saja. Agen pemegang merek Hyundai tersebut turut melakukann upgrade pada sisi pengereman dengan memakai rem cakram di roda belakang s

Ford Recall Ranger dan Everest Akibat Mobil Bisa Berhenti Mendadak

Ford Australia baru saja mengumumkan recall Ford Ranger dan Everest model 2021-2023 akibat adanya kendala teknis yang bisa mengancam keselamatan penggunanya. Dikutip dari 9news.com.au, Kamis (31/08/2023), recall Ford Ranger dan Everest ini diumumkan setelah Australian Department of Infrastructure, Transport, Regional Development, Communications mengeluarkan dokumen resmi adanya masalah pada 4.841 unit Ranger dan Everest. Baca juga: Ford Ranger Raptor dan Everest Titanium 2023 Meluncur di Indones

Toyota Rumion Dijual Jauh Lebih Mahal dari Suzuki Ertiga, Padahal Speknya Sama

Toyota Rumion 2023 yang merupakan kembaran Suzuki Ertiga baru saja rilis di India setelah sebelumnya lebih dulu debut di Afrika Selatan (Afsel). Ada enam varian yang ditawarkan Toyota Bharat sebagai APM Toyota di Negeri Bollywood itu untuk LMPV terbarunya ini, termasuk tipe yang berbahan bakar CNG. Namun harga Toyota Rumion ini ternyata jauh lebih mahal dibanding Suzuki Ertiga. Bagaimana tidak Rumion tipe terendah dibanderol 1.029.000 rupee atau kira-kira Rp189 jutaan, sementara harga Suzuki Ert

Outlet MINI Eurokars Studio PIK Resmi Dibuka, Tampilkan Kecanggihan MINI Electric

MINI Countryman, MINI 3 Door dan MINI Electric merupakan tiga model yang sangat diminati di Tanah Air. Agar lebih dekat dengan customer, MINI Indonesia meresmikan outlet terarunya MINI Eurokars Studio yang berlokasi di Central Market PIK, Rabu (30/8). Baca juga: Dibandrol Mulai dari Rp945 Juta, MINI Electric Mampu Menarik Minat Masyarakat Indonesia? “Strategi dari MINI, kita mau lebih dekat dengan customer. Dengan begitu kita luncurkan outlet baru hari ini. Karena marketnya sekarang makin berkem

BBM Pertalite Bakal Dihapus Mulai 2024, Pertamina Ganti dengan Pertamax Green 92

BBM Pertalite dengan RON 90 rencananya dihapus oleh PT Pertamina (Persero) dan menggantinya menjadi Pertamax Green 92 mulai tahun 2024. Hal ini diungkapkan Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati saat menggelar Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VII DPR RI, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (30/8/2023). Menurut Nicke, langkah ini merupakan lanjutan dari program Pertamina 'Langit Biru, dimana saat dua tahun lalu, Pertamina menaikan BBM subsidi dari RON 88 menjadi RON 90. Baca juga: Sah,

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Hyundai Stargazer X
Lihat