window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Lebih Murah Rp8 Juta, Hyundai Stargazer Essential Unggul Fitur Dari Mitsubishi Xpander Exceed

Yongki Sanjaya · 2 Agu, 2023 09:30

Lebih Murah Rp8 Juta, Hyundai Stargazer Essential Unggul Fitur Dari Mitsubishi Xpander Exceed 01

Pertarungan segmen low MPV cukup sengit di range harga antara Rp250-300 juta. Segmen harga tersebut dianggap masih cukup terjangkau oleh kebanyakan masyarakat. Bagi kalian yang mencari MPV dengan tingkat kenyamanan di atas rata-rata dengan harga segitu, ada Hyundai Stargazer Essential dan Mitsubishi Xpander Exceed.

Kedua model ini ditawarkan dengan selisih harga tidak terlalu jauh. Hyundai Stargazer Essential dijual dengan harga Rp258.800.000 untuk tipe manual dan Rp272.500.000 untuk tipe IVT. Kemudian Mitsubishi Xpander Exceed diniagakan Rp271,5 juta untuk pilihan transmisi manual dan Rp280,7 juta versi matic CVT.

Untuk varian matic, selisih kedua model ini sekitar Rp8 jutaan. Lantas mana yang paling proporsional di range harga tersebut melihat fitur yang ditawarkan? Berikut ini ulasannya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mitsubishi Xpander Exceed, Unggulkan Aspek Kenyamanan Berkendara

Lebih Murah Rp8 Juta, Hyundai Stargazer Essential Unggul Fitur Dari Mitsubishi Xpander Exceed 01

Melihat kelengkapan fitur di tipe Exceed, sebenarnya merupakan lungsuran dari tipe Ultimate, atau tipe termahal Xpander pre facelift. Mitsubishi Xpander Exceed memiliki fitur yang proporsional, tapi bukan yang terlengkap.  Xpander Exceed dilengkapi DRL LED, dengan lampu utamanya sudah dibekali teknologi LED projector.

Dukungan sistem multimedia pada mobil ini dibekali head unit layar sentuh berukuran 7 inci yang mendukung smartphone connection, dengan tombol pengaturan dari setir. Xpander Exceed dilengkapi fitur tilt steering yang memudahkan penggunanya ketika ingin mendapatkan posisi setir yang pas.

Lebih Murah Rp8 Juta, Hyundai Stargazer Essential Unggul Fitur Dari Mitsubishi Xpander Exceed 02

Pengaturan AC di varian ini masih memakai knob putar, dengan mode semburan yang cukup beragam. Dan soal akomodasipenyimpanan barang, tercatat mobil ini memiliki total 17 ruang penyimpanan.

Bicara fitur keselamatan, Xpander Exceed telah didukung Speed Sensing Door Lock, ABS, EBD dengan Brake Assist, Dual SRS Airbags, Seatbelt di baris depan dengan 3p ELR Seatbelt Pretensioner x2 with Force Limiter and Seatbelt Reminder Buzzer, Seatbelt baris kedua dengan 3p ELR Seatbelt x3, dan Seatbelt baris ketiga dengan 3p ELR Seatbelt x2.

Bukan cuma itu, kalian juga bisa menemukan fitur lain seperti; ISOFIX Child Seat Anchor x2 untuk baris kedua, Active Stability Control (ASC), Hill Start Assist (HSA), dan Immobilizer dengan alarm keamanan.

Spesifikasi Mitsubishi Xpander Exceed, Pakai Suspensi Baru Super Nyaman

Lebih Murah Rp8 Juta, Hyundai Stargazer Essential Unggul Fitur Dari Mitsubishi Xpander Exceed 03

Nilai jual utama yang ditawarkan oleh Xpander pada versi facelift ialah aspek kenyamanan dan pengendalian yang makin baik. Pada bagian shock absorber mengalami perubahan valve, mengadopsi milik Pajero Sport yang mempunyai katup berperforma tinggi. 

Kemudian, Mitsubishi menambahkan insulator di bawah bonnet dan di belakang mesin pada body kabin serta peredam suara yang terpasang pada undercover di bawah mesin.

Mitsubishi Xpander juga telah didukung sistem pengereman Active Yaw Control (AYC) yang dapat menjaga performa dan kestabilan mobils saat menikung. Fitur AYC akan memastikan penggunanya tidak akan keluar dari jalur yang ditentukan. Selain itu fitur ini membantu mengoptimalkan kestabilan kendaraan khususnya ketika di jalan yang licin. 

Lebih Murah Rp8 Juta, Hyundai Stargazer Essential Unggul Fitur Dari Mitsubishi Xpander Exceed 04

Bicara soal performa mesin tidak ada perubahan dibanding versi awal. Xpander masih mengandalkan mesin 4A91 MIVEC 4-silinder segaris DOHC 16 Valve Euro4 1.500 cc. Mesin tersebut memproduksi tenaga hingga 105 PS di 6.000 rpm dengan torsi puncak 141 Nm pada 4.000 rpm.

Hyundai Stargazer Essential, Lebih Murah dan Lebih Kaya Fitur

Lebih Murah Rp8 Juta, Hyundai Stargazer Essential Unggul Fitur Dari Mitsubishi Xpander Exceed 05

Mitsubishi harus waspada atas sepak terjang Hyundai saat merilis Stargazer Essential beberapa waktu lalu. Alasannya, Stargazer Essential dijual dengan harga lebih murah tapi fitur lebih melimpah. Secara penampilan, kini tipe Essential sama seperti tipe Style dan Prime yang menggunakan lampu model LED Multi Focus Reflector (MFR) dengan DRL. 

Pada sisi interior, Stargazer Essential mengobral fitur terbaik di segmen harga Rp270 jutaan. Interiornya mendapat dashboard baru dan pada sisi pengemudi telah dilengkapi Supervision Color TFT LCD Cluster 4,2 inci. Ruang kemudi telah memiliki fitur Telescopic Steering yang memungkinkan pengguna mengatur posisi setir demi mendapatkan posisi mengemudi yang lebih ergonomis.

Lebih Murah Rp8 Juta, Hyundai Stargazer Essential Unggul Fitur Dari Mitsubishi Xpander Exceed 06

Multimedia dalam kabin didukung head unit Touch Display Audio 8 inci dengan USB Multimedia Port, Bluetooth, serta dukungan Wireless Phone Connectivity untuk Android Auto dan Apple Carplay.

Stargazer juga  memiliki lebih dari 20 tempat penyimpanan dan volume interior besar dengan kapasitas bagasi 200L di belakang baris ketiga dan 585L di belakang baris kedua (dalam kondisi baris ketiga dilipat).

Fitur Keselamatan Lebih Beragam di Hyundai Stargazer Essential

Stargazer Essential mendapat upgrade kelengkapan fitur keselamatan, mulai dari  Hill-Start Assist Control (HAC) di varian transmisi IVT, Electronic Stability Control (ESC), Brake Assistant System (BAS), dan Vehicle Stability Management (VSM). Terdapat fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS) untuk membantu memantau kondisi angin pada ban mobil yang bisa dipantau melalui menu MID. 

Stargazer Essential tipe IVT sudah dilengkapi fitur Remote Start untuk menyalakan mobil dari jauh. Bahkan, kaca juga bisa dinaik turunkan melalui kunci tersebut.

Spesifikasi Mesin Lebih Bertenaga

Lebih Murah Rp8 Juta, Hyundai Stargazer Essential Unggul Fitur Dari Mitsubishi Xpander Exceed 07

Hyundai Stargazer Essential masih mempertahankan mesin Smartstream G1.5 MPI Inline 4 Cylinder DOHC yang dapat menghasilkan tenaga 115 Ps pada 6.300 rpm dan torsi maksimal sampai 143,8Nm pada 4.500rpm. Pada tipe ini tersedia opsi transmisi manual 6-percepatan dan otomatis Intelligent Variable Transmission (IVT). 

Lebih lanjut, Hyundai Stargazer Essential IVT kini juga sudah memiliki 4 pilihan Drive Mode seperti pada tipe Style dan Prime yang memberikan pengemudi keleluasaan dalam memilih respon mesin sesuai karakter berkendara.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Mitsubishi Xpander Upcoming 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil