Hyundai Stargazer X Ada Opsi Warna Cat Matte, Begini Cara Perawatan yang Benar Untuk Menjaga Teksturnya

Cat kendaraan jenis matte kini semakin populer karena terkesan gagah dan maskulin. Hanya saja, masih banyak orang yang belum mengerti bagaimana cara merawat cat mobil jenis matte atau doff agar teksturnya bisa tetap bertahan lama.

Seringkali mobil dengan cat matte lama kelamaan tekstur kasarnya terkikis hingga kemudian catnya berubah halus. Jika dibiarkan, maka tekstur matte malah jadi berubah jadi glossy karena aksen kasarnya habis sehingga catnya mengkilap.

Baca juga:

Perlu kalian ketahui, perawatan cat matte ini gampang-gampang susah karena berbeda dengan perawatan cat glossy. Mobilnya dianjurkan harus dicuci manual, dan tidak boleh memakai cuci mobil robotik yang otomatis.

"Untuk cat matte ini tidak disarankan untuk dicuci di pencucian mobil otomatis. Sikat yang berputar itu berpotensi menyebabkan goresan," sebut Putra Samiaji selaku General Manager of Aftersales Service Department at PT. Hyundai Motors Indonesia.

Putra menjelaskan bila untuk metode pencuciannya tidak dianjurkan untuk menggunakan sikat dengan permukaan kasar. Lebih lanjut, cara pencuciannya secara garis besar mirip seperti cat glossy namun tidak perlu dipoles.

"Sebelum mulai mencuci permukaan mobil, bilas sisa kotoran dengan air. Kemudian, cuci permukaan mobil dengan sabun dan bersihkan sisa busa dengan wash pad atau sponge. Keringkan air menggunakan handuk microfiber," bebernya.

Kotoran Bekas Minyak Harus Segera Dibersihkan

Kelemahan umum dari cat jenis matte ini lebih menyimpan bercak kotoran yang berbahan minyak. Untuk membersihkan noda tersebut tidaklah sulit karena cukup banyak zat kimia yang aman untuk cat matte seperti pada di Stargazer X.

Untuk noda kotor seperti terkena minyak goreng dari tangan, bisa dibersihkan langsung memakai tissue alkohol. Sementara itu untuk noda yang sulit dibersihkan seperti kotoran burung, tar atau aspal, hingga gemuk bisa memakai car treatment berupa bug and tar remover. 

Dalam presentasinya, Putra menyebut bila ada bagian mobil yang terkena cipratan bensin atau oli maka perlu memerlukan pelarut cat untuk membersihkan permukaan yang terkontaminasi zat tersebut.

Cat Matte Haram Untuk Dipoles atau Waxing

Umumnya pemilik mobil dengan cat glossy merawat kendaraan mereka dengan memoles kemudian waxing. Tujuannya agar permukaan catnya terlihat mengkilap dan wet look. 

Namun ternyata, perawatan seperti itu tidak diperbolehkan untuk cat jenis doff. Sederhana saja, sifat waxing ini dapat mengikis tekstur kasar pada cat doff. Alhasil, lapisan cat malah jadi mengkilap karena tak ada lagi tekstur kasarnya.

Itulah mengapa, mobil dengan cat doff tidak diperbolehkan memakai bahan compound abrasif, termasuk polish dan wax. Bahkan car treatment seperti Paint Cleaner. 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Hyundai Stargazer X

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Berita Terbaru

Pasaran Harga Bekas Sama, Ini Kelebihan Daihatsu Xenia Xi Sporty Ketimbang Toyota Avanza E 2007

Pasaran harga bekas Daihatsu Xenia Xi Sporty dan Toyota Avanza E lansiran 2007 saat ini sama-sama berada di angka Rp70 jutaan. Baik Xenia maupun Avanza, keduanya merupakan produk yang sama diproduksi di pabrik PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Meski sama, Xenia dan Avanza memiliki beberapa perbedaan sebagai ciri khasnya terutama pada fitur. Punya harga bekas sama, kalian lebih tertarik pilih Xenia Xi Sporty atau Avanza E? Supaya tidak penasaran, simak perbandingannya di bawah ini. Baca juga: Harga

Ratusan Unit Suzuki XL7 Hybrid Buatan Indonesia Dikirim ke Luar Negeri, Teknologi SHVS Makin Mendunia

Pada medio Juni 2023, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan Suzuki XL7 Hybrid. Berbeda dengan sebelumnya, pesaing Toyota Rush, Daihatsu Terios, Mitsubishi Xpander Cross, Honda BR-V dan juga Hyundai Stargazer X ini mengusung teknologi elektrifikasi mild hybrid yang dinamakan Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). SHVS sendiri mampu mengoptimalkan penggunaan bahan bakar sesuai kebutuhan, sekaligus menekan emisi gas buang yang lebih baik. Teknologi ini dilengkapi dengan Integrated Starter Gen

Test Drive Hyundai Stargazer X Yogya - Solo, Banyak Bedanya dari Stargazer Versi MPV

Beberapa waktu lalu redaksi Autofun Indonesia berkesempatan diundang langsung oleh PT Hyundai Motors Indonesia untuk mengendarai langsung Hyundai Stargazer X. Meskipun dibangund dari basis Stargazer, namun versi Low SUV tersebut memiliki banyak pembeda. Pihak HMID menyebut bila ubahan yang dilakukan tak sekedar kosmetik seperti menambah cladding dan mengganti velg saja. Agen pemegang merek Hyundai tersebut turut melakukann upgrade pada sisi pengereman dengan memakai rem cakram di roda belakang s

Ford Recall Ranger dan Everest Akibat Mobil Bisa Berhenti Mendadak

Ford Australia baru saja mengumumkan recall Ford Ranger dan Everest model 2021-2023 akibat adanya kendala teknis yang bisa mengancam keselamatan penggunanya. Dikutip dari 9news.com.au, Kamis (31/08/2023), recall Ford Ranger dan Everest ini diumumkan setelah Australian Department of Infrastructure, Transport, Regional Development, Communications mengeluarkan dokumen resmi adanya masalah pada 4.841 unit Ranger dan Everest. Baca juga: Ford Ranger Raptor dan Everest Titanium 2023 Meluncur di Indones

Toyota Rumion Dijual Jauh Lebih Mahal dari Suzuki Ertiga, Padahal Speknya Sama

Toyota Rumion 2023 yang merupakan kembaran Suzuki Ertiga baru saja rilis di India setelah sebelumnya lebih dulu debut di Afrika Selatan (Afsel). Ada enam varian yang ditawarkan Toyota Bharat sebagai APM Toyota di Negeri Bollywood itu untuk LMPV terbarunya ini, termasuk tipe yang berbahan bakar CNG. Namun harga Toyota Rumion ini ternyata jauh lebih mahal dibanding Suzuki Ertiga. Bagaimana tidak Rumion tipe terendah dibanderol 1.029.000 rupee atau kira-kira Rp189 jutaan, sementara harga Suzuki Ert

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Hyundai Stargazer X
Lihat