Kekurangan Suzuki Neo Baleno, Sedan Rasa Crossover

Suzuki Neo Baleno (foto: DeeOne)

Suzuki Neo Baleno untuk pasaran harga bekasnya saat ini ditawarkan mulai dari Rp60 jutaan. Sebagai small sedan yang berhadapan langsung dengan Toyota Vios dan Honda City, generasi ketiga Baleno memiliki daya tarik tersendiri.

Dari segi berkendara, mobil ini menawarkan keleluasan kabin dengan head room paling luas di kelasnya. Selain itu memiliki jok lebar serta leg room di baris kedua yang renggang.

Mengenai fitur, mobil ini pun tak kalah menarik dari para pesaing terdekatnya. Terlihat mobil ini sudah dilengkapi head unit double din dengan format MP3, CD dan radio yang dipadukan 4 speaker split pada pintu dengan 2 tweeter.

Menariknya, setirnya sudah dilengkapi switch control steering yang terhubung dengan sistem hiburan guna melakukan pengaturan. Bukan cuma itu, setirnya pun dilengkapi fitur tilt steering sehingga pengemudi bisa mengatur posisi tinggi rendahnya setir.

Oh iya, Neo Baleno turut mendapatkan layar kecil di atas sistem hiburan yang secara visual dapat menampilkan informasi secara digital baik suhu serta rata-rata penggunaan konsumsi bahan bakar.

Mengetahui fitur lainnya, mobil ini memiliki AC dengan beberapa pengaturan arah semburan, kemudian power window di semua pintu, central lock, electric mirror dengan retractable serta Electronic Power Steering (EPS).

Sedangkan untuk keselamaan berkendara mendapatkan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), dual SRS airbag, keyless entry dan juga immobilizer guna mencegah dari tindak pencurian.

Sebelum tertarik membeli Suzuki Neo Baleno, ada baiknya simak beberapa kekurangannya di bawah ini.

Baca juga: Sedan Jepang Rp60 Jutaan, Ketahui 5 Keunggulan Suzuki Neo Baleno

1. Konsumsi BBM Suzuki Neo Baleno Tak Seirit Rivalnya 

Suzuki Neo Baleno menggunakan mesin M15A 4 silinder segaris 16 valve, Multi Point Injection - VVT DOHC dengan kubikasi 1.490 cc dengan menghasilkan tenaga 100 PS di angka 6.000 rpm serta torsi puncak 133 Nm di putaran 4.000 rpm.

Mesin dengan durabilitas tinggi tersebut dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Menggunakan mesin 1.500 cc, performa yang dihasilkan tidak terlalu spesial dan cenderung boros bahan bakar bila dibandingkan pesaing terdekatnya.

Beberapa sumber menyebutkan untuk konsumsi BBM penggunaan dalam kota dapat menempuh jarak 9-11 km/liter, dan 13-14 km/liter pemakaian luar kota.

2. Mesin Suzuki Neo Baleno Ngelitik di Kecepatan Rendah

Mesin M15A

Kekurangan berikutnya, mobil ini kerap muncul gejala ngelitik (knocking) disertai dengan getaran mesin. Kejadian seperti itu terjadi saat berjalan pada kecepatan rendah saat hendak meningkatkan kecepatan secara sontak atau ketika ingin menanjak.

Sebenarnya gejala knocking sendiri bisa ditangani dengan mudah. Kalian cukup melakukan tune up, mengganti busi dan filter udara.

Tak lupa untuk menggunakan BBM ber oktan tinggi untuk menghasilkan pembakaran yang lebih maksimal.

Baca juga: Suzuki Baleno Cross Kepergok Lagi Dites, Persiapan Buat Lawan Honda WR-V

3. AC Tidak Dingin Secara Maksimal

Seringkali ditemui kasus AC Suzuki Neo Baleno kurang dingin secara tiba-tiba saat terjebak dalam kemacetan. Kasus AC yang tidak dingin dikarenakan extra fan tidak bekerja secara maksimal membuang udara panas dari kondensor.

Kerja extra fan yang tidak maksimal karena masa pakai serta peletakannya yang berdekatan dengan header sehingga membuat motor melemah.

4. Bantingan Suspensi Keras

Suzuki Neo Baleno melakukan manuver

Pada bagian depannya Neo Baleno gunakan suspensi berjeniskan MacPherson Strut, dan Torsion Beam di roda belakang. Untuk bantingan yang dihasilkan terbilang stiff bila dibandingkan beberapa pesaingnya.

Meski bantingan suspensinya cenderung lebih kaku, mobil ini memiliki handling yang lebih rigid ketika diajak bermanuver.

5. Setir Terasa Berat

Terakhir kekurangan dari Suzuki Neo Baleno ada pada bagian setirnya. Beberapa kasus ditemui setir mobil ini terasa berat ketika diputar. Setir yang berat bisa terjadi karena rack steer sudah mulai bermasalah.

Baca juga: Update Harga Bekas Suzuki Baleno Hatchback, Mulai Rp150 Jutaan Banyak Keistimewaannya

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki Baleno

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Rekomendasi Mobil Keluarga AutoFun Indonesia 2023 (FCR)

Suzuki Baleno Hatchback Hadir Kembali Dengan Tampilan Premium

Berita Terbaru

5 Hal Menarik Suzuki Grand Escudo, SUV 5-seater yang Ekonomis

Suzuki Grand Escudo merupakan salah satu model legendaris Suzuki di Indonesia. Mobil ini secara silsilah merupaman generasi penerus dari Escudo kotak. Grand Escudo diperkenalkan di Indonesia pertama kali pada tahun 2001. Melihat layout yang ditawarkan, Grand Escudo bisa jadi alternatif hemat ketimbang Nissan X-Trail T30 ataupun Honda CR-V gen 2. Baca juga: Harga Bekas Sama, Kia Sportage II Lebih Menarik dari Hyundai Tucson Gen-1? Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Grand Escudo, SUV Tangguh Rp50 Jut

7 Keunggulan Honda Brio Satya Bekas, Solusi Cerdas Buat Mobil Harian

Honda Brio Satya bekas merupakan pilihan yang menarik jika Anda mencari sebuah mobil perkotaan untuk kebutuhan komuter harian. Tentunya mobil yang bisa menemani aktifitas sehari-hari tak perlu yang besar dengan fitur paling lengkap serta modern Apalagi dengan kondisi jalan raya di berbagai kota besar yang padat seperti Jakarta, maka penggunaan mobil dengan dimensi kompak dan efisien dalam pemakaian bahan bakar adalah solusi cerdas. Nah berikut ini setidaknya ada 7 alasan mengapa Honda Brio Satya

Penjualan Chery Secara Global Sudah Sentuh 1,06 Juta Unit, Tiggo 8 Paling Diminati

Penjualan Chery dari tahun ke tahun terus alami kemajuan yang pesat, bahkan Chery kini masuk urutan ketiga pabrikan otomotif China terbesar. Dilansir dari Dongchedi, pada Senin, 4 September 2023, Chery baru saja merilis hasil penjualan mereka untuk periode Agustus 2023. Dan datanya menunjukkan penjualan Chery secara global selama bulan tersebut mencapai lebih dari 170 ribu unit kendaraan, atau naik 20,8% dibanding penjualan periode yang sama tahun lalu. Baca juga: Chery Tiggo 7 dan 8 Pro Dapat P

Kalah Saing Lawan Alphard, Hyundai Bakal Bawa Staria Blind Van ke Indonesia?

Selain Indonesia, Hyundai Staria (Spesifikasi | Berita) juga dijual di beberapa negara. Jika di Tanah Air mobil ini hadir sebagai van premium, untuk pasar Filipina, Australia serta Eropa, Staria datang dengan wujud blind van atau mobil kargo yang dinamai Staria Load. Apakah Staria Load ini nantinya juga akan dijual di Indonesia sama seperti beberapa negara lain? Menanggapi hal tersebut Astrid Ariani Wijana, selaku Head of Marketing Department PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) pun angkat bicara.

Petinggi Produsen Mobil VinFast Bertemu Menteri Perdagangan, Bahas Kerjasama dengan RI

Sejumlah manajemen perusahaan mobil asal Vietnam, VinFast, datang ke Indonesia, untuk bertemu langsung Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, di Kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag). Melansir situs Kemendag, pertemuan yang dilakukan pada Senin, 4 September 2023 itu membahas tentang peluang kerja sama dan investasi antara Indonesia dan Vietnam di bidang kendaraan listrik. "Indonesia terbuka untuk kerja sama dan kolaborasi dengan negara-negara mitra dalam rangka pengembangan kendaraan listrik,

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Suzuki Baleno
Lihat