window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kelebihan dan Kekurangan Ford EcoSport Bekas, SUV Kompak Rp120 Jutaan

Enda · 17 Apr, 2024 14:01

Kelebihan dan kekurangan Ford EcoSport bekas

Kelebihan dan kekurangan Ford EcoSport bekas layak untuk kalian ketahui dengan cermat sebelum memutuskan membeli mobil ini.

Masyarakat Indonesia mungkin sudah tidak asing mendengar nama Ford EcoSport.

Yup, SUV kompak berdarah Amerika Serikat (AS) ini pertama kali meramaikan kancah otomotif Tanah Air pada tahun 2014.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kalau dikulik sejarahnya, EcoSport sejatinya tidak lahir di Negeri Paman Sam, namun ia adalah sebuah Mini MPV hasil rancangan Ford Brazil.

Model EcoSport sendiri sebenarnya sudah ada sejak tahun 2003, namun model yang kita kenal dan pernah hadir di Indonesia adalah EcoSport generasi kedua yang dihadirkan secara global di New Delhi Auto Expo 2012 di India.

Mobil ini mengambil basis dari Ford Fiesta, sehingga tak heran kalau posisi berkendara dan beberapa teknologi yang diterapkan juga serupa.

Bicara Ford EcoSport, pesaing dari Chevrolet Trax dan Honda HR-V itu untuk harga bekasnya sekarang sudah terbilang menarik yaitu hanya Rp120 jutaan.

Di Indonesia, usia mobil ini terbilang singkat, tercatat EcoSport yang didatangkan secara utuh dari Thailand hanya mampu bertahan selama dua tahun berbarengan dengan angkat kakinya PT Ford Motor Indonesia (FMI) selaku APM kendaraan Ford di Tanah Air saat itu.

Dengan pasaran harga bekas di angka segitu kalian bisa mendapatkan mobil yang cocok digunakan di dalam kota dan diajak berpetulang dengan fitur lengkap.

Namun apabila kalian tertarik membelinya terlebih dulu ketahui kelebihan dan kekurangan Ford EcoSport berikut ini.

Baca juga: Harga Bekas Setara Daihatsu Ayla Baru, Ketahui 4 Hal Menarik Ford EcoSport

  • 2015 Ford ECOSPORT TITANIUM 1.5

    Rp 141,00 Juta
    Rp 2,55 Juta
    /bulan

    78.608 km

    8,5 tahun

    Jawa Barat

  • 2015 Ford ECOSPORT TITANIUM 1.5

    Rp 136,00 Juta
    Rp 3,01 Juta
    /bulan

    54.255 km

    8,5 tahun

    Jawa Barat

Kelebihan Ford EcoSport

1. Fitur Modern

Kelebihan dan kekurangan Ford EcoSport

Ford EcoSport memiliki fitur modern

Ford EcoSport yang hadir untuk pasar di Indonesia, ditawarkan dalam 5 varian, yakni; Ambiente MT, Trend MT, Trend AT, Titanium MT dan Titanium AT. 

Sebagai tipe teratas, satu dari beberapa ciri dari EcoSport Titanium adalah dibekali fitur sunroof yang diketahui dapat meningkatkan visibilitas selama berkendara serta cocok ketika digunakan berpetualang di alam terbuka. 

Disisi lain, mobil ini juga mendapatkan layar kecil pada center clusternya yang dapat menampilkan informasi atau status berkendara bagi pengemudi.

Untuk sistem hiburannya, mobil ini didukung dengan head unit modern meski tidak dilengkapi layar sentuh.

Sistem hiburannya sendiri dapat dikendalikan melalui tombol pada lingkar kemudi serta dapat dijalankan menggunakan perintah suara dengan adanya fitur voice command.

AC nya, EcoSport memiliki beberapa pengaturan serta heater yang sangat cocok digunakan ketika berkendara di dataran tinggi.

Mengenai kompartemen penyimpanan barang, mobil ini memiliki jumlah yang cukup banyak.

Mulai dari cup holder, serta laci pada door trim, bahkan di bawah jok penumpang depan terdapat tray yang bisa dipakai untuk menyimpan barang bawaan dengan ringkas.

Guna memudahkan penggunanya ketika ingin melakukan pengisian daya pada smartphone, baris pertama dan kedua dilengkapi power outlet.

Di bagian pengemudi, untuk joknya mendapatkan pengaturan tinggi serta rendah, setir dengan fitur tilt dan telescopic, arm rest, terakhir layar MID dengan tampilan informatif.

2. Ground Clearance Tinggi

Kelebihan dan kekurangan Ford EcoSport

Karakter SUV-nya kental dengan ground clearance tinggi dan ada ban serep model konde

Kelebihan lain dari mobil ini adalah memiliki jarak terendah ke tanah atau ground clearance mencapai 220 mm.

Dengan bagian kolong yang luas kalian tidak perlu merasa khawatir mentok ketika melewati jalan yang rusak.

Sebagai informasi, untuk panjang keseluruhan tubuhnya EcoSport berada di angka 4.245 mm, lebar 2.054 mm dan tingginya 1.708 mm. 

Membawa kesan SUV tangguh, roda cadangannya diletakan secara menggantung di pintu bagasi yang sekaligus memudahkan ketika hendak mengganti ban.

Meskipun terbilang berukuran compact, namun secara fisik mobil ini mencirikan SUV sejati sehingga tampil cukup berbeda dengan SUV modern yang malah terlihat mirip sebuah MPV.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Ford Escape Bekas, SUV 5-Seater dengan Standar Terbaik Amerika

3. Fitur Keselamatan Lengkap di Zamannya

Kelebihan dan kekurangan Ford EcoSport

Kelebihan dan kekurangan Ford EcoSport

Keunggulan lain yang dimiliki Ford EcoSport yakni fitur keselamatan.

Pada sistem pengeremannya mobil ini sudah dilengkapi dengan ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake-force Distribution), dan Brake Assist (BA).

Di bagian lain, mobil ini memperoleh dual SRS airbags, Hill Launch Assist, Stability Control, Traction Control, auto wiper dan sensor parkir guna memberikan perlindungan secara lebih. 

Dari segi keamanan berkendara, EcoSport dibekali immobilizer, alarm system, dan keyless entry untuk varian teratas.

Untuk sebuah mobil perkotaan di harga setara LCGC baru, fitur-fitur pada EcoSport memang lebih lengkap.

4. Irit BBM

Kelebihan dan kekurangan Ford EcoSport

Punya tenaga yang cukup untk menemani aktifitas di perkotaan

Berbekal mesin Sigma Ti-VCT 4-silinder segaris DOHC berkapasitas 1.499 cc dengan menghasilkan tenaga 110 PS dan torsi sebesar 140 Nm, untuk konsumsi BBM Ford EcoSport terbilang irit.

Seperti yang dikatakan beberapa pemiliknya, untuk penggunaan dalam kota sanggup menempuh jarak 11-12 km/liter. Sedangkan pemakaian luar kotanya dapat berjalan 13-15 km/liter.

Oh iya, mesin Ford EcoSport diletakan sedikit ke bawah, dengan begitu menghasilkan titik gravitasi yang dapat meminimalisir gejala limbung.

Untuk diketahui mesinnya dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan dan ada juga varian dengan otomatis 6-percepatan yang selanjutnya ditranslasi ke penggerak roda depan.

Baca juga: Kekurangan Ford Everest Gen 2, Harga Bekas Anjlok Karena Punya Banyak Masalah?

Kekurangan Ford EcoSport

1. Bantingan Keras

Kelebihan dan kekurangan Ford EcoSport

Suspensinya tidak senyaman mobil Ford lain

Seperti kebanyakan SUV umumnya, untuk bantingan yang dihasilkan Ford EcoSport terasa stiff ketika melewati jalan yang berkontur, meski begitu masih bisadi tolerir untuk penggunaan sehari-hari.

Sebagai informasi, untuk suspensi bagian depan mobil ini menggunakan MacPherson Strut dengan Coil Spring dan Semi-Independent dengan Coil Spring di belakang.

Untuk pemakaian harian yang lebih nyaman, kalian bisa lakukan opsi penggantian ban dengan karakter soft compound dan noise reduction yang baik, sehingga pengendaraan jadi lebih nyaman sekaligus makin kedap.

2. Spare Part Mulai Jarang di Pasaran

Kelebihan dan kekurangan Ford EcoSport

Titanium merupakan tipe tertinggi Ford EcoSport

Hengkangnya Ford dari Indonesia membuat pemilik mobil ini merasa sedikit kesulitan ketika mencari parts yang dibutuhkan, khususnya slow moving.

Untungnya saat ini Ford sudah kembali ke Tanah Air melalui pihak RMA Group, sehingga ketersediaan bengkel resmi atau suku cadang original kondisi baru lebih mudah didapat.

Namun jika di daerah kalian belum ada jaringan dealer resmi Ford, biasanya pemilik kendaraan ini akan mencari ke bengkel spesialis atau toko onderdil yang menyediakan khusus suku cadang Ford.

Beberapa pengguna mobil ini juga kerap melakukan inden secara langsung ke Thailand melalui internet.

Jika kalian awam soal pilihan bengkel dan toko sparepart yang terpercaya, ada baiknya join dengan komunitas Ford khususnya EcoSport untuk mengetahui jaringan bengkel-bengkel dan toko onderdil yang biasa jadi langganan mereka.

Apalagi biasanya untuk member komunitas ada diskon tertentu, serta saling tolong ketika mobil mengalami masalah di jalan.

3. Pelipatan Jok Belakang Tidak Bisa Rata

Kelebihan dan kekurangan Ford EcoSport

Kapasitas bagasi memang besar, tapi pelipatan jok penumpang belakang ckup mengganggu

Kekurangan berikutnya yang ada pada Ford EcoSport yakni pelipatan jok belakang.

Dimana untuk jok belakangnya tersebut ketika dilipat tidak rata sehingga sedikit menyulitkan penggunanya ketika membawa barang dengan jumlah banyak.

Meski demikian, sebenarnya dalam kondisi jok penumpang belakang posisi tegak pun, EcoSport sudah memiliki kapasitas bagasi yang cukup lega.

Spesifikasi Ford EcoSport
Dimensi
Panjang 4.245 mm 
Lebar 2.054 mm
Tinggi 1.708 mm
Jarak sumbu roda 3.000 mm
Jarak ke tanah 220 mm
Ukuran roda 195/65 R15
  205/60 R16 (Titanium)
Kapasitas tangki BBM 52 liter
Mesin
Tipe mesin Sigma Ti-VCT DOHC
Kapasitas silinder 1.499 cc
Jumlah silinder 4
Daya maksimum 110 PS @6.000 rpm
Torsi maksimum 142 PS @4.500 rpm
Transmisi Manual 5-percepatan
  Otomatis 6-percepatan
Sistem penggerak roda Penggerak roda depan
Sasis
Suspensi depan McPherson Strut
Suspensi belakang Twist Beam
Rem depan Ventilated Disc
Rem belakang Drum

Kesimpulan

Harga bekas di angka Rp120 jutaan, kelebihan dan kekurangan Ford EcoSport pantas untuk dipertimbangkan secara matang.

Mobil ini memang menjadi pilihan menarik bagi kalian yang sedang mencari SUV kompak seken tahun muda dengan harga terjangkau dan memiliki fitur komplit.

Tapi sebagai catatan untuk dipertimbangkan, ketersediaan suku cadang mobil ini di pasaran sudah mulai jarang dijumpai, khususnya sparepart slow moving.

Namun tenang, kalian kini bisa mendatangi bengkel-bengkel resmi Ford yang mulai kembali banyak dibuka di bawah naungan RMA Group.

Jika kalian tertarik membeli mobil ini, sebaiknya gabung juga dengan komunitas yang ada, baik secara online maupun offline untuk mengetahui informasi baik kendala yang kerap dialami serta bengkel yang banyak menyediakan parts dan perbaikan secara khusus.

Kelebihan dan Kekurangan Ford EcoSport

Kelebihan:

  • Banyak teknologi modern di zamannya
  • Bodi jangkung dengan ban cadangan model konde
  • Fitur keselamatan lebih lengkap ketimbang LCGC baru
  • Mesin irit BBM

Kelemahan:

  • Suspensi cukup keras
  • Sparepart mulai langka
  • Jok belakang kurang ergonomis

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2021 Ford Everest

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil