window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

64 Mobil Daihatsu Terbukti Lakukan Kecurangan Saat Uji Keselamatan, Termasuk Avanza

Prasetyo · 20 Des, 2023 16:49

64 Mobil Daihatsu Terbukti Lakukan Kecurangan Saat Uji Keselamatan, Termasuk Avanza 01

Daihatsu Motor Co., Ltd secara resmi mengumumkan untuk menghentikan sementara distribusi model baik di Jepang maupun di negara lain.

Hal ini karena adanya temuan investigasi Komite Independen Pihak Ketiga yang menemukan adanya penyimpangan prosedur saat proses pengujian.

Investigasi tersebut menemukan ada 174 kasus baru pada 64 model di 25 item pengujian berbeda, termasuk model Daihatsu yang dipasarkan oleh Toyota Motor Corporation (Toyota), Mazda Motor Corporation (Mazda), dan Subaru Corporation.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

toyota town ace

Mobil Daihatsu yang ganti nama jadi Toyota Town Ace

"Kami sangat meminta maaf kepada pelanggan kami dan pemangku kepentingan lainnya karena telah menyebabkan ketidaknyamanan dan kekhawatiran serta mengkhianati kepercayaan mereka.

Menanggapi temuan ini kami memutuskan untuk menghentikan sementara pengiriman semua model yang dikembangkan Daihatsu yang saat ini sedang diproduksi, baik di Jepang maupun di luar negeri," tulis pernyataan resmi Daihatsu Rabu (20/12/2023).

Baca juga: Waduh, Daihatsu Manipulasi Hasil Uji Tabrak Toyota Agya 2023 Hingga All New Vios!

Temuan Kejanggalan Saat Proses Pengujian Mobil Daihatsu

daihatau ayla 2023

Daihatsu Ayla yang juga punya nama lain Perodua Axia dan Toyota Wigo

Hasil temuan penyidik Komite Independen Pihak Ketiga itu melihat adanya beberapa kejanggalan saat proses pengujian mobil-mobil Daihatsu.

Setelah ditelusuri berdasarkan data forensik digital, kuesioner, wawancara dengan karyawan, dan cara lainnya, maka terdeteksi ada modifikasi trim pintu yang tidak tepat pada saat uji tabrakan samping.

Kemudian pihak penyidik juga menemui temuan tak wajar antara lain berupa orang yang bertugas saat melakukan pengujian, dengan sengaja merubah atau menyesuaikan bentuk kendaraan serta menggunakan laporan pengujian yang tdiak akurat dengan memalsukan data pengujian.

Baca juga: Daihatsu dan Toyota Kembali Manipulasi Data Uji Tabrak, Kali Ini Rocky Serta Raize

Berimbas ke Seluruh Mobil Daihatsu yang Ada di Indonesia

daihatsu xenia

Xenia diproduksi oleh Astra Daihatsu Motor (ADM)

Akibat temuan kecurangan saat proses pengujian tersebut, maka Daihatsu akan menghentikan sementara distribusi kendaraannya.

Tercatat ditemukan kejanggalan sebanyak 174 kasus pada 25 tes yang mencakup total 64 model dan 3 mesin, termasuk model merek Daihatsu dan model yang dipasok sebagai model OEM ke perusahaan lain.

Berikut ini beberapa model Daihatsu yang terdampak kasus kecurangan pengujian tabarakan tersebut yang dipasarkan di Indonesia:

Daftar mobil Daihatsu yang terdampak pemalsuan data uji tabrak
Model Manufacture Producing entity
Agya Toyota ADM
Avanza Toyota ADM/TMMIN
Gran Max Van/pickup Daihatsu ADM
Raize Toyota ADM
Rocky Daihatsu ADM
Rush Toyota ADM
Town Ace Toyota ADM
Veloz Toyota TMMIN
Xenia Daihatsu ADM
Yaris Cross Toyota TMMIN

 Baca juga: Daihatsu Rocky Buatan Indonesia Aman, Tidak Ada Manipulasi Data Uji Tabrak

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Ayla 1.0L 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil