window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Test Drive Suzuki Jimny 5 Pintu, di Jalur Offroad Masih Tetap Tangguh?

Herdi · 12 Mar, 2024 10:20

test drive suzuki jimny 5 pintu

Suzuki Jimny 5 pintu menjadi produk otomotif yang saat ini hangat diperbincangkan. 

Terlebih lagi sempat adanya isu harga 'digoreng' atau mark up oleh oknum sales dealer resmi Suzuki sendiri beberapa hari setelah peluncurannya di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. 

Nah, bicara soal Jimny 5 pintu, kali ini AutoFun mendapatkan kesempatan melakukan pengujian mobil tersebut melalui program Test Drive Experience.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Program ini memang sengaja diberikan oleh Suzuki, dimana untuk pengujiannya dilakukan di medan offroad di Desa Pelangi Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. 

Lokasi yang memiliki jalur trek offroad sejauh 1,4  km itu menjadi tempat untuk bisa merasakan berbagai macam medan jalan mulai dari tanjakan, jalanan berbatu, medan dengan tanah gembur, aliran air, dan lain sebagainya. 

Baca juga: Ungkap Perbedaan Suzuki Jimny 5 Pintu dan 3 Pintu Mulai dari Dimensi Sampai Harga

Lantas bagaimana performa Suzuki Jimny 5 pintu saat melintasi jalur di habitatnya? Berikut ulasannya.

Desain Suzuki Jimny 5 Pintu

Sebelum menjelaskan bagaimana performa Jimny 5 door, maka ada baiknya mengupas desain terlebih dahulu. 

Eksterior

test drive suzuki jimny 5 pintu

Secara fisik masih sama dengan versi 3 pintu

Ya, secara tampang memang mirip dengan Jimny 3 pintu dengan bentuk boksi, serta tampilan wajah depan, ditambah bentuk lampu yang disematkan pada mobil ini. 

Akan tetapi ada beberapa hal yang berbeda dari sisi lainnya, seperti dimensi panjang jadi lebih melar yaitu 3.965 mm dan wheelbase 2.590 mm. 

Dimensi ini membuat kapasitas Jimny 5 pintu mempunyai bagasi yang sanggup menampung 211 liter.

Dengan bentuk yang lebih panjang, maka ada lima pintunya yang memudahkan penumpang masuk ke dalam kabin. 

Oia, Jimny versi panjang ini juga memiliki aksen Chrome yang ada pada bagian grill depan dengan bentuk kotak sehingga jadi pembeda sekaligus agak keren. 

Jimny 5 Pintu maupun 3 pintu sudah menggunakan headlamp berupa lampu LED Projector, foglamp, DRL tailgate Window Demister, hingga handle pintu. 

Baca juga: Resmi Diluncurkan, Suzuki Jimny 5-door Jadi Bintang di IIMS 2024

Interior

Interior Suzuki Jimny 5 pintu

Interior Jimny 5 pintu 

Pada bagian kabin, Jimny 5 door sudah dilengkapi berbagai hal yang dapat menunjang pengemudi maupun penumpang, seperti Power Steering, Tachometer, Driver & Passenger Seat Belt Reminder, Digital Clock, Electric Windows

Selain itu ada juga Central Door Locking, Remote Control Door Locks, AC, Heater, Cruise Control, Driving & Passenger Sun Visor, Shift Knob, Parking Brake Release Button, USB, Remote Fuel Lid Opener, hingga Inside Door Handles dibalut Krom. 

Untuk sistem hiburan ada layar head unit berukuran 9 inci plus Bluetooth yang dilengkapi kamera belakang. 

Jimny 5 pintu dan 3 pintu memiliki beberapa perbedaan pada bagian fitur keamanan dan keselamatan 

Untuk Jimny 5 pintu sudah dilengkapi SRS Side Airbags depan dan Curtain Airbags, sedangkan untuk Jimny 3 pintu bagian seatbelt penumpang belakang belum dilengkapi Force Limiter, demikian juga tidak ada parking sensor belakang.

Baca juga: Pesanan Suzuki Jimny 5 Pintu dan 3 Pintu Selalu Membludak, Akankah Diproduksi Lokal?

Fitur keamanan dan keselamatan

Pilihan transmisi manual dan matik Suzuki Jimny

Memiliki pilihan transmisi manual dan matik 

Jimny 5 pintu sudah dilengkapi sejumlah fitur seperti keselamatan seperti SRS Front Dual Airbags, ISOFIX, Pedal Release System, Side Impact Door Beams. 

Selain iti ada juga Anti Lock Brake System (ABS), Electronic Stability Program (ESP), Hold Control, Brake Assist Function, dan High-mount Stop Lamp.

Ada juga fitur keamanan yang disematkan pada mobil ini seperti Hill Descent Control (HDC), Hill Hold Assist (HHA), serta Shift Lock/ Key Interlock,  Immobilizer, dan Security Alarm.

Menjajal Performa Berkendara di Medan Offroad

test drive suzuki jimny 5 pintu

Pengujiannya langsung di trek offroad

Saat menjajal Suzuki Jimny 5 pintu, ada beberapa hal yang menjadi fokus dalam sesi pengujian, yaitu memanfaatkan bagaimana cara fitur-fitur ditawarkan bekerja sesuai dengan fungsinya.

Terlebih lagi, karena jalur yang ditawarkan berbeda-beda kesulitannya, maka tiga mode berkendara sangat dimanfaatkan oleh pengemudi, yaitu:

  • 2H: Cocok untuk jalanan normal dan efisiensi bahan bakar (Penggunaan di jalanan perkotaan)
  • 4H: Jalanan offroad (Penggunaan dengan kecepatan <100 km/jam)
  • 4L: Penggunaan di jalanan bebatuan, kasar, lumpur, dan medan yang berat

Untuk detail pengujiannya berikut ulasannnya:

Kehandalan Saat Kondisi Jalanan Menanjak dan Menurun

test drive suzuki jimny 5 pintu

Mesin 1.500 cc N/A ternyata masih sangat andal di jalan menanjak

Pengujian pertama saat menjajal Suzuki Jimny 5 pintu adalah ketika kondisi jalan menanjak.

Untuk pengujian ini sejatinya perlu dilakukan, mengingat kondisi jalanan di Indonesia memang terkadang harus menghadapi medan menanjak.

Nah, untuk Jimny 5 pintu kondisi jalan menanjak memang tak ada masalah bahkan cenderung sangat mudah. 

Hal ini karena mobil tersebut sudah dilengkapi fitur Hill Hold Assist (HHA), dimana fitur ini membantu mencegah kendaraan berjalan mundur. 

Dengan adanya fitur HHA, maka traksi ban terjaga berada di jalurnya, alhasil mobil dapat menahan selama tiga detik untuk tidak mundur, meski pedal rem dilepas.

test drive suzuki jimny 5 pintu

Dilengkapi berbagai fitur agar perjalanan lebih aman

Ya, fitur ini akan sangat terpakai, apalagi jika kondisi jalanan macet, sehingga mobil tak mundur ke belakang setelah pedal rem diangkat.

Adapun waktu tiga detik cenderung cukup terlalu lama, namun begitu hal ini bisa memberikan kesempatan agar kaki kanan si pengemudi untuk bergerak berpindah dari pedal rem ke gas.

Dimana ada tanjakan, pasti ada turunan. Terlebih turunan kali ini kondisi jalan sudah mulai tanah bebatuan, sehingga cukup menantang.

Namun kondisi jalanan ini cukup mudah jika dilalui oleh Jimny 5 pintu, tatkala model berkendara 4H digunakan. 

Selain itu, karena mobil ini ini punya fitur penunjang aktivitas offroad, pengendara cukup menekan tombol Hill Descent Control (HDC) yang terletak di dashboard di bawah AC. 

test drive suzuki jimny 5 pintu

Hill Descent Control membantu saat turunan

Dengan adanya fitur ini, maka ketika mobil berada di turunan, kaki si pengemudi tak perlu repot untuk menginjak pedal rem. 

Sebab, komputer pada mobil dapat mengendalikan kecepatan putaran roda menggunakan sistem kendali  yang akan secara otomatis memperlambat laju mobil.

Jika mereka offroader pemula sekalipun berkendara di jalanan sendirian, fitur ini tentu saja sangat membantu, sehingga Anda tak perlu cemas atau khawatir.

Bahkan, saat pengujian kondisi jalanan memang cukup menantang, dengan kondisi tanah bebatuan, ditambah mobil harus berbelok secara langsung.

Jalur Tanah dan Bebatuan

test drive suzuki jimny 5 pintu

Fitur Brake LSD sangat membantu di kondisi ini

Pengujian selanjutnya dilakukan dengan medan yang tak kalah menantang, namun mobil ini dirasa sanggup melewatinya. 

Terlebih kondisi jalanan bergelombang, dimana gundukan tanah kali ini cukup terasa bergoyang jika berada di dalam kabin.

Beruntung kondisi jalanan ini tak perlu dikhawatirkan secara berlebihan, karena Jimny 5 pintu sudah dilengkapi dengan Brake Limited Slip Differential Traction Control (Brake LSD).

Alhasil saat jalanan dengan permukaan berundak-undak maka sistem komputer akan mendistribusikan torsi ke roda disisi lain yang memiliki traksi. 

test drive suzuki jimny 5 pintu

Desain bodi dan sasisnya memudahkan saat melintas di trek offroad

Demikian juga ketika melewati jalanan yang cukup miring, mobil ini tergolong handal dan nyaman. 

Hal ini juga ditunjang berkat penggunaan suspensi depan belakang yaitu 3-Link Rigid Axle with Coil Spring. 

Belum lagi, saat meliuk-liuk di jalanan offroad ini sangat mudah dikontrol karena radius putarnya 5,7 meter. 

Tak hanya itu, sang desainer juga membuat approach angle sebesar 36 derajat, departure angle 47 derajat, serta ramp breakover angle 24 derajat.

Lewati Lumpur

test drive suzuki jimny 5 pintu

Jalan berlumpur juga bukan masalah

Offroad tanpa kubangan lumpur dan becekan bagaikan sayur tanpa garam. 

Hal inilah yang kami alami saat trek yang dilalui diilustrasikan melewati kondisi jalanan berlumpur dan becek atau Mud Bogger. 

Saat melintasi kondisi jalanan sejatinya fitur Electronic Stability Programme (ESP) akan secara otomatis menjaga stabilitas kendali mobil di kondisi jalanan yang licin dan berkelok. 

Ya, intinya fitur tersebut dapat menghindari adanya oversteer dan understeer.

Perlu dicatat, saat sesi test drive ini, kondisi masih standar yaitu ukuran velg 15 inci dibalut profil ban 195/80.

test drive suzuki jimny 5 pintu

Gunakan mode 4L biar gak slip

Meski ban standar mobil ini tetap bisa melaju, karena kami juga menggunakan mode 4L sehingga jalanan lumpur dan becek dengan sangat mudah dilalui tanpa slip.

Ya, ketangguhan Jimny 5 pintu ini juga tak lepas dari jeroan mesin yang dibenamkan yaitu, K15B, 4 Cylinder, 16 katup berkapasitas 1.462 cc. 

Di atas kertas, mesin ini menghasilkan tenaga 102 PS pada 6.000 rpm dan torsi 130 Nm pada 4.000 rpm. 

Kesimpulan

Karena Suzuki Jimny 5 pintu ini memiliki dimensi yang panjang dibandingkan dengan 3 pintu, secara garis besar memang mobil ini masih nyaman digunakan di jalur onroad maupun offroad.

Hal ini karena di jalur on road Suzuki Jimny masih menggunakan ban standar bawaan pabrikan.

Nmun jika masuk ke medan offroad, fitur-fitur yang ditawarkan rupanya sanggup membantu kelancaran mobil meski melewati kondisi jalan tanah bebatuan, serta lumpur dan kubangan.

Nah, gimana Anda tertarik dengan Jimny 5 pintu?

Jika memang tergiur, maka Anda siapkan mahar:

  • Single Tone M/T: Rp462.000.000
  • Dual Tone M/T: Rp465.000.000
  • Single Tone A/T: Rp475.600.000
  • Dual Tone A/T: Rp478.600.000

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Suzuki Jimny MT Single Tone 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil