Dirancang sebagai mobil grand touring, tipe 49 adalah yang terakhir yang menampilkan mesin camshaft tunggal, inline-delapan yang dibangun oleh Bugatti. Tidak seperti mobil Bugatti lainnya dari era itu dibangun untuk kecepatan, tipe 49 mungkin dianggap sebagai convertible mewah pribadi. Itu dibangun dengan gairah, dan meskipun itu membangun kurang dari 1000 unit, itu menjadi kendaraan terkenal yang menarik perhatian. Di luar, bentuk sepatu kuda radiator unik di pasaran. Roda cadangan mengapit kompartemen mesin. Lengkungan roda yang panjang dan melengkung mendukung lampu depan dengan bilah krom. Salah satu fitur paling menarik dari mobil adalah roda turbin, yang dilemparkan di aluminium. Sebagian besar mobil dari era itu masih menampilkan roda artileri atau roda baja dengan caps. Tapi bukan tipe 49. Bugatti memasang batang terpisah di belakang kabin pendek hanya dapat diakses dari luar. Di dalam, pembuat mobil Prancis memasang interior berpakaian kulit dan kayu asli di dasbor dan panel pintu. Semua tuas dan kancing logam, dan beberapa dari mereka dipoles. Roda kemudi empat-berbicara itu besar dan menampilkan mahkota kayu. Bugatti merawat pelanggannya dengan baik dan menawarkan mobil dengan bangku depan split dan bangku yang lebih kecil di belakang. Meskipun sulit untuk percaya bahwa seseorang dapat duduk di belakang pengemudi, pembuat mobil masih memasangnya. Di bawah kap, mesin inline-delapan menampilkan sistem pengapian twin-spark. Meskipun itu menampilkan satu camshaft, ia memiliki tiga katup per silinder: dua untuk asupan dan satu untuk knalpot. Bugatti memasangkannya ke gearbox manual empat percepatan.